J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Cara Memindahkan Data dari Android ke iPhone Secara Cepat dan Aman

Cara Memindahkan Data dari Android ke iPhone Secara Cepat dan Aman

Selasa, 21 Apr 2020, 13:00 WIB
Pengen ganti HP Android ke iPhone tapi nggak tahu cara pindahin data? Nih, Jaka kasih tutorial cara memindahkan data dari Android ke iPhone secara lengkap

Meskipun HP Android zaman sekarang makin canggih, namun iPhone dengan segala kemudahannya tetap saja mampu menarik hati. Nggak heran kalau ada banyak pengguna Android yang beralih ke iPhone.

Awalnya memang cuma coba-coba, namun pengoperasian iPhone yang simpel dan desainnya yang kece abis bikin orang jadi kepincut. Makanya jarang banget kita dengar pengguna iPhone yang beralih ke Android.

Meskipun begitu, memindahkan data dari 2 perangkat dengan sistem operasi berbeda seringkali bikin bingung, geng. Tapi tenang, Jaka akan kasih tahu kamu cara memindahkan data dari Android ke iPhone secara lengkap.

Cara Memindahkan Data dari Android ke iPhone

Smartphone masa kini nggak cuma berfungsi sebagai alat komunikasi saja. Segala fitur canggih di smartphone membuatnya menjadi multifungsi. Mulai dari kamera, agenda harian, perangkat multimedia, dan lain-lain.

Tentu sayang banget kalau data-data di Android hangus begitu saja karena kamu nggak tahu cara memindah data dari Android ke iPhone barumu.

Terdapat 2 cara memindahkan data dari Android ke iPhone yang bisa kamu ikuti, yakni secara manual maupun dengan bantuan aplikasi Move to iOS yang bisa kamu download dari Google Play Store.

Daripada menunggu lebih lama, langsung saja simak artikel berikut ini ya, geng!

Cara Memindahkan Data dari Android ke iPhone Secara Manual

Meskipun lebih ribet dibandingkan memindahkan data dengan aplikasi, namun langkah manual ini bakal membantu kamu untuk memindahkan semua jenis file dengan lebih terperinci.

Terdapat beberapa cara memindahkan data dari Android ke iPhone secara manual berdasarkan situs Apple, yakni:

1. Cara Memindahkan Kontak dari Android ke iPhone (Email, Kalender, dan Lain-lain)

5 D62de

Kalau untuk memindahkan kontak, email, kalender, dan lain-lain sebenarnya kamu sudah nggak perlu khawatir, geng. Zaman sekarang, semua data-data di atas sudah disinkronisasikan dengan akun Google yang kamu miliki.

Kalau kamu berniat untuk ganti HP dari Android ke iPhone, jangan lupa untuk mensinkronisasikan data kamu dengan membuka Settings > Google Account > Synchronize Account.

Nah, setelah kamu pindah ke iPhone, kamu bisa me-restore hasil backup kamu yang telah kamu sinkronisasikan sebelumnya. Dengan begitu, kontak, email, kalender, dan lain-lain bakal langsung muncul di iPhone barumu.

2. Cara Memindahkan Multimedia dari Android ke iPhone

6 779e1

Untuk melakukan hal ini, kamu membutuhkan komputer/laptop dan juga kabel USB, geng. Sambungkan Hp Android-mu ke komputer dengan menggunakan kabel USB, lalu pilih opsi File Transfer.

Setelah data dipindah ke PC, cabut HP Android-mu dan gantian colok iPhone-mu, geng. Buka iTunes, lalu sinkronisasikan data kamu ke iPhone. Kalau kamu menggunakan Mac dengan MacOS Catalina, kamu bisa langsung buka aplikasi Finder.

Kalau kamu ingin memindahkan lagu, kamu bisa mengikuti langkah yang sama, hanya saja kamu perlu membuka Music pada aplikasi iTunes lalu sinkronisasikan dengan iPhone-mu.

3. Cara Memindahkan Dokumen dari Android ke iPhone

7 C98cb

Untuk memindahkan dokumen dari Android ke iPhone, caranya juga mirip dengan cara di atas, geng. Namun, kamu perlu meng-install aplikasi iWork terlebih dahulu di iPhone yang bisa kamu download dari App Store.

Caranya, hubungkan Android-mu ke komputer, lalu pindahkan dokumen berupa eBook, PDF, dan file-file lain ke komputermu. Setelah itu cabut HP Android.

Langkah selanjutnya adalah menghubungkan iPhone ke PC atau Mac. Kalau kamu menggunakan PC, klik dan seret dokumen tersebut ke iTunes. Sementara kalau kamu menggunakan Mac, kamu bisa klik dan seret dokumen ke aplikasi Apple Books.

Setelah itu, sinkronisasikan sehingga data-data tersebut ter-download ke iPhone-mu. Gampang kan, geng?

Cara Memindahkan Data dari Android ke iPhone dengan Aplikasi

Kalau menurut kamu cara di atas lumayan ribet, maka kamu bisa menggunakan cara yang satu ini. Dengan aplikasi bernama Move to iOS yang dikembangkan oleh Apple, pemindahan file bakal jauh lebih mudah.

  • Langkah pertama dari cara memindahkan data dari Android ke iPhone yang satu ini adalah men-download aplikasi Move to iOS yang bisa kamu download melalui link di bawah ini:

Download aplikasi Move to iOS melalui link berikut

  • Langkah kedua, install aplikasi Move to iOS di HP Android kamu.

  • Langkah ketiga, sambungkan HP Android dan iPhone-mu ke charger. Hal ini dilakukan untuk mencegah kegagalan dalam mentransfer file karena baterai habis.

  • Langkah keempat, Pilih menu Apps & Data pada iPhone, lalu pilih opsi Move Data from Android. Klik Agree pada syarat dan ketentuan untuk melanjutkan.

1 77a3e
  • Langkah kelima, klik Next pada halaman Find Your Code, lalu Continue sehingga muncul kode sebanyak 6 digit pada iPhone-mu.
2 1fecc
  • Langkah keenam, buka aplikasi Move to iOS pada HP Android-mu. Klik Continue, lalu pilih Agree pada halaman Terms & Conditions.

  • Langkah ketujuh, pilih Continue pada halaman Find Your Code, lalu masukkan 6 digit kode yang muncul di layar iPhone.

3 78cea
  • Langkah kedelapan, pada halaman Transfer Data, pilih data-data apa saja yang ingin kamu transfer. Perlu diingat bahwa kamu membutuhkan koneksi WiFi yang stabil untuk dapat melakukan langkah ini.

  • Langkah kesembilan, aplikasi yang ter-install di Android-mu bakalan langsung di-download di iPhone asalkan aplikasi tersebut tersedia di App Store. Klik Next untuk memulai transfer.

4 353ad
  • Langkah kesepuluh, tunggu beberapa saat hingga proses transfer selesai, lalu pada iPhone-mu pilih opsi Continue setting on your iPhone. Selesai, deh!

Akhir Kata

Sekian artikel Jaka mengenai cara memindahkan data dari Android ke iPhone secara manual maupun melalui aplikasi Move to iOS di Android. Caranya gampang dan simpel ya, geng?

Sampai jumpa lagi di artikel menarik Jaka lainnya. Jangan lupa tinggalkan jejak berupa komentar di kolom yang tersedia.

Baca juga artikel seputar Tech Hack atau artikel menarik lainnya dari Prameswara Padmanaba

ARTIKEL TERKAIT
Cara Ganti Huruf Instagram 43d6c

2 Cara Mengganti Font Instagram dengan Mudah| 100% Works!

Page22 4f06f

3 Cara Mengganti Background Pas Foto | Paling Mudah dan Efisien!

Cara Mengganti Tema Whatsapp Tanpa Aplikasi 31ff2

3 Cara Mengganti Tema WhatsApp Tanpa Aplikasi & Root, Sudah Coba?

Cara Mengganti Background Foto Keren Di Photoshop Banner 909b6

Cara Mengganti Background Foto di Photoshop Paling Cepat & Gak Ribet!

Cara Mengganti Background Ppt 14887

Cara Mengganti Background PowerPoint di HP dan PC, Mudah & Cepat!

Cara Mengganti Default Bahasa Indonesia Di Android 5c2ce

Cara Mengganti Bahasa Default Menjadi Bahasa Indonesia di HP Android | Anti Ribet!

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
3 Cara Memindahkan Kontak dari Android ke iPhone, Gak Sampai 2 Menit!

3 Cara Memindahkan Kontak dari Android ke iPhone, Gak Sampai 2 Menit!

Begini Cara Melacak iPhone yang Hilang dengan Mudah & Cepat

Begini Cara Melacak iPhone yang Hilang dengan Mudah & Cepat

iPhone 7 Plus vs iPhone 8 | Duel iPhone Jadul, Masih Worth It Dibeli?

iPhone 7 Plus vs iPhone 8 | Duel iPhone Jadul, Masih Worth It Dibeli?

8 Kelebihan dan Kekurangan iPhone SE 2 (2020), Setara iPhone 11 Pro!

8 Kelebihan dan Kekurangan iPhone SE 2 (2020), Setara iPhone 11 Pro!

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal