• HOME
  • APPS
  • GAMES
  • TIPS & TRIK
  • GADGET
  • GOKIL
  • TECH NEWS
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              4 Cara Membuka Situs yang Terblokir dengan Mudah

              4 Cara Membuka Situs yang Terblokir dengan Mudah

              00
              Selasa, 30 Jan 2018, 09:39 WIB
              Sekarang ini banyak situs-situs yang diblokir oleh pemerintah Indonesia. Tapi, jika kamu ingin mengaksesnya, ikutin cara-cara yang JalanTikus berikan ini.

              Indonesia merupakan salah satu negara dengan peraturan tentang Internet paling ketat yang ada di dunia. Banyak daftar situs-situs yang menjadi korban keganasan peraturan tersebut dan akhirnya tidak dapat diakses di Indonesia.

              Namun, ternyata ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengakses situs-situs yang terblokir tersebut. Mau tau bagaimana caranya? Inilah 4 cara yang dapat kamu gunakan jika ingin mengakses situs yang terblokir.

              BACA JUGA
              • 5 Situs Belajar Photoshop Terbaik 2018
              • Heboh Nikahsirri.com, Ini 5 Situs yang Ternyata Sejenis!
              • 11 Situs Streaming Film Terbaik yang 100% Gratis!

              Cara Membuka Situs yang Terblokir

              1. Gunakan VPN

              VPN atau singkatan dari Virtual Private Network merupakan suatu koneksi antara satu jaringan dengan jaringan lain secara pribadi melalu jaringan internet. VPN dapat membuatmu mengakses sebuah situs yang terblokir dari jaringan rumah kamu.

              cara-mengakses-situs-blokir

              Jika kamu menggunakan Android, caranya adalah pergi ke Settings > pada Wireless & Network, pilih More > VPN. Lalu tekan ikon '+' di pojok kanan atas lalu isi kolom-kolom tersebut seperti contoh di bawah ini.

              Name: VPNGrais Typ: PPTP Server Address: us1.vpnbook.com

              Nah, contoh di atas itu menggunakan server Amerika, tapi juga ada beberapa server lainnya. Berikut daftarnya:

              • euro217.vpnbook.com (Eropa)
              • euro 214.vpnbook.com (Eropa)
              • us1.vpnbook.com (US)
              • us2.vpnbook.com (US)
              • ca1.vpnbook.com (Kanada)
              • de233.vpnbook.com (Jerman)

              2. Menggunakan Website Proxy

              Proxy adalah server yang memungkinkan kamu untuk terhubung dan 'keluar' jaringan kamu. Dengan menggunakan proxy ketika berselancar di dunia maya, IP kamu akan tertutupi dan lalulintas data terbaca sebagai lalulintas dari server proxy.

              cara-mengakses-situs-blokir-1

              Ada banyak jenis proxy untuk membuka situs yang diblokir, namun yang paling umum dan mudah digunakan adalah proxy berbasis web. Ada banyak situs yang mendaftarkan proxy yang dapat kamu gunakan, salah satunya proxy.org. Setelah masuk ke situs tersebut, pilihlah salah satu dari situs proxy yang tersedia di web itu.

              Jika sudah, masukkan alamat website yang ingin kamu kunjungi di kolom yang tersedia, dan web yang kamu inginkan segera terbuka. Tapi perlu diingat, selalu gantilah website proxy yang kamu gunakan agar tidak mudah diketahui dan diblokir ya guys.

              3. Ganti URL dengan IP

              Website yang diblokir ternyata terkadang hanya diblokir sesuai dengan URL-nya saja lho. Menggunakan IP website yang terblokir, justru berhasil terbuka dalam beberapa kasus. Lalu bagaimana cara mengetahui alamat IP dari sebuah website?

              cara-mengakses-situs-blokir-2

              Cara membuka situs yang diblokir dengan IP adalah lewat Command Prompt di komputermu, dengan cara ketik CMD di kolom search. Jika sudah terbuka, ketik 'ping www.namawebsite.com' dan tekan Enter. Lalu akan muncul IP dari website tersebut, copy dan paste ke dalam browser kamu.

              4. Ubah Jaringan Proxy di Browser

              Kamu juga bisa setting proxy di browser Chrome kamu untuk mengakses situs-situs yang telah terblokir. Caranya juga mudah banget, masuk ke Setelan atau Settings pada Chrome, lalu scroll ke bawah sampai ketemu dengan Advance atau Tampilkan setelan lanjutan.

              c

              cara-mengakses-situs-blokir-3

              Lalu cari Open proxy Settings dan akan muncul window baru berisi Internet Properties. Klik Connections, lalu pilih LAN settings, centang pilihan 'Use a proxy.....' dan 'Bypass proxy...'.

              Kembali ke Chrome, buka freeproxylist.net untuk mengisi kolom Address dan Port di window LAN Settings yang tadi. Lalu, cari salah satu proxy yang mempunyai kualitas yang bagus, copy dan paste IP dan Port di windows LAN Settings.

              Akhir Kata

              Nah, itulah 4 cara membuka situs yang diblokir oleh penyedia internet di Indonesia. Perlu diingat, walaupun JalanTikus memberikan trik untuk mengaksesnya, gunakanlah cara tersebut dengan bertanggung jawab ya guys!

              APPS TERKAIT
              Google Chrome 64-bit 53.0.2785.80
              Apps Google Inc.
              Mozilla Firefox Quantum 57.0
              Apps Mozilla Organization
              Netcut 3.5.4
              Apps Arcai
              Betternet 3.7.2
              Apps Betternet Technologies Inc.
              Komentar
              BERIKAN KOMENTAR
              Langganan Artikel
              Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!