J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Cara Membuat Website dengan WordPress.org

Cara Membuat Website dengan WordPress.org

Kamis, 19 Jun 2014, 10:56 WIB
Berbeda dengan WordPress.com yang segalanya sudah diurus oleh pihak provider. WordPress.org memberikan keleluasaan dalam melakukan kustomisasi, mulai dari plug-in, tema, dll.

Jaman sekarang, Website adalah salah satu alat yang cukup penting, entah itu untuk mempulikasikan sesuatu, promosi atau sekedar mengenalkan diri kepada publik dengan cara yang berbeda. Hanya saja, tidak semua orang dapat membuat sebuah Website, dengan berbagai keterbatasan dan membutuhkan pengetahuan tentang coding, membuat website seperti terlihat sulit.

Sebenarnya kita bisa dengan mudah menggunakan layanan gratis, seperti Blogger.com atau Wordpress.com. Namun, yang akan Jaka bahas kali ini adalah WordPress.org. Mungkin kamu akan bertanya-tanya, Apa perbedaan antara ketiga Platform tersebut? Oke, Blogger.com dan WordPress.com adalah Blogging Platform, artinya, kamu menggunakan Jasa mereka sebagai 'nyawa' dari Blog kamu nantinya, dengan begini kamu bisa dengan mudah membuat online Blog kamu, biasanya ditandai dengan penggunaan subdomain, seperti namakamu.wordpress.com.

Sedangkan WordPress.org, adalah CMS (Content Management System), yaitu sekumpulan Source Code yang membentuk sebuah Web, berbeda dengan WordPress.com yang segalanya sudah diurus oleh pihak provider. WordPress.org memberikan pengguna keleluasaan dalam melakukan kustomisasi, mulai dari plug-in, tema, dll.

Langkah Persiapan [list=1] [li]Ini adalah Web Lokal, Jadi tidak perlu membutuhkan koneksi Internet[/li] [li]Download Source Code WordPress (6.4 MB)[/li] [li]Download XAMPP (Server Lokal)

XAMPP Icon
XAMPP 7.0.6
Apps Developer Tools Apache Friends
DOWNLOAD
[/li] [/list]

Langkah Kerja [list=1] [li]Download dan Install XAMPP di Komputer kamu, Mudah saja, cukup klik Next hingga selesai, tidak perlu ada setting lagi.[/li] [li]Jalankan XAMPP, Kemudian perhatikan Kotak hijau yang ada di gambar ini.

Xampp1
[/li] [li]Klik tombol "Start" pada Apache dan MySQL. Ini adalah proses pembuatan server lokal agar WordPress dapat berjalan.
Xampp2
[/li] [li]Lalu Extract file WordPress b[/b] yang tadi sudah didownload menggunakan WinRAR atau WinZIP, sehingga akan terbentuk folder dengan nama "wordpress".
Winrar 630ee
WinRAR 64-bit 5.80
Apps Compression & Backup RARLab
DOWNLOAD
Xampp3
[/li] [li]Selesai Extract, Copy-kan folder "wordpress" kedalam folder "htdocs". Lokasinya di : C:\xampp\htdocs INGAT! Yang di-copy adalah Folder "wordpress"-nya, bukan file ZIP-nya.
Xampp4
[/li] [li]Jika sudah semua, sekarang saatnya mulai membuat Web dengan WordPress.[/li] [li]Sebelumnya, kamu harus membuat Database untuk WordPress. Caranya, buka Browser lalu ketikan http://localhost/phpmyadmin
Xampp5
[/li] [li]Lalu klik Tab "Databases", dan tuliskan nama Database yang kamu inginkan. Misal "db_wordpress", jika sudah Klik - CREATE.
Xampp6
[/li] [li]Pembuatan Database sudah selesai. Sekarang saatnya Instalasi, ketik http://localhost/wordpress di Address Bar kamu. Karena berkas konfigurasi belum dibuat, maka kamu klik tombol "Ciptakan Berkas Konfigurasi".
Xampp7
[/li] [li]Terus lanjutkan - Klik Ayo!
Xampp8
[/li] [li]Kamu akan diminta memasukan Konfigurasi, Isikan sebagai berikut : - Nama Basis Data :  db_wordpress (ini sesuaikan dengan yang tadi kamu buat) - Nama Pengguna :  root (ini adalah default nama pengguna bawaan dari XAMPP) - Kata Sandi :  (kosongkan saja, jika belum melakukan perubahan apa-apa) - Host Basis Data : localhost (ini sudah menjadi default diberbagai server, termasuk XAMPP) Untuk Prefiks Table biarkan saja seperti itu, Jika sudah - Klik KIRIM.
Xampp9
[/li] [li]Jika data berhasil dicocokan, Maka akan ada tombol "Jalankan Instalasi" - Klik.[/li] [li]Kamu akan diminta memasukan Data-data untuk Web, Isikan Data tersebut sesuai dengan keinginan, mulai dari Judul Website, Admin Login, dll. Jika sudah, Klik - Instal WordPress.
Xampp9
[/li] [li]BERHASIL! WordPress kamu sudah Siap, Sekarang klik "Log Masuk" untuk masuk ke Admin Panel.
Xampp11
[/li] [li]Login menggunakan Nama Pengguna dan Kata Sandi yang tadi sudah dibuat.
Xampp12
[/li] [li]Ini adalah Halaman Admin WordPress, Disini kamu bisa melakukan segala hal, seperti membuat Tulisan baru, Ganti Tema, Instal Plug-in dan lainnya. Halaman ini bisa kamu akses dengan cara mengetikan http://localhost/wordpress/wp-admin di Address bar.
Xampp13
[/li] [li]Sedangkan untuk mengakses Halaman Web utama, kamu bisa pergi ke http://localhost/wordpress yang tertampak seperti gambar dibawah.
Xampp14
[/li] [li]Untuk mulai membuat sebuah tulisan, kamu bisa masuk ke Admin panel > Tulisan > Tambah baru. Silahkan mulai bereksplorasi dengan itu.[/li] [/list]

Untuk saat ini Jaka tidak akan menjelaskan bagaimana cara bermain dengan WordPress, Silahkan kamu cari tau sendiri, mulai dari cara menulis, ganti tema, slogan judul dan lainnya. Karena akan terasa lebih seru jika kita bisa memecahkan masalah tersebut sendiri.

XAMPP Icon
XAMPP 7.0.6
Apps Developer Tools Apache Friends
DOWNLOAD

Like Facebook Page, Gabung Grup Facebook, Follow Twitter atau Add Google+ JalanTikus untuk terus mendapatkan informasi terbaru seputar teknologi dan download software terbaru untuk PC dan Apps Android dengan Gratis, Aman dan Cepat.

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Cara Unik Bikin Folder Tanpa Nama

Cara Unik Bikin Folder Tanpa Nama

Cara Backup dan Hapus Akun Facebook

Cara Backup dan Hapus Akun Facebook

Men-Disable Apps Bawaan Android yang Tidak Digunakan

Men-Disable Apps Bawaan Android yang Tidak Digunakan

Jadwal Puasa Ramadhan 2014/1435H

Jadwal Puasa Ramadhan 2014/1435H

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal