J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Cara Membuat Virtual Memory di PC / Laptop, Ampuh Atasi Lemot!

Cara Membuat Virtual Memory di PC / Laptop, Ampuh Atasi Lemot!

Jumat, 24 Apr 2020, 15:00 WIB
Komputer kamu terasa lemot karena RAM-nya kecil? Solusinya mudah, kamu bisa membuat virtual memory untuk mempercepat kinerja PC dengan cara berikut ini

Siapa yang selama di rumah aja selalu di depan laptop atau PC? Komputer memudahkan kita untuk main game, nonton film, atau ngerjain tugas dan pekerjaan.

Namun, semua berubah ketika negara api menyerang. Eh, maksud Jaka, ketika lemot menyerang. Sebenarnya ada banyak faktor yang bikin komputer kamu jadi lemot.

Solusinya pun beragam. Nah, dalam artikel ini, Jaka akan memberi tahu kamu bagaimana cara untuk membuat virtual memory agar PC kamu nggak lemot.

Apa Itu Virtual Memory?

8 20043

Sebelum kita masuk ke bahasan utama, mungkin banyak dari kamu yang masih bertanya-tanya apa itu virtual memory. Nggak perlu khawatir, Jaka juga akan jelasin, kok.

Virtual memory adalah sebuah sistem yang digunakan oleh sistem operasi untuk menggunakan sebagian dari memori di harddisk kamu untuk mengurangi beban kerja RAM.

Dengan kata lain, sistem di komputer kamu bakal menggunakan sebagian memori fisik (harddisk) untuk mengakomodasi memori virtual (RAM) yang penuh.

Misalkan RAM kamu terlalu kecil untuk menjalankan sebuah aplikasi berat seperti game, virtual memory ini bakalan membantu PC kamu untuk menjalankan aplikasi dengan lancar.

9 Be361

Seperti yang kita ketahui bahwa kapasitas RAM menentukan kecepatan PC kamu dalam memroses pekerjaan. Makin berat penggunaan RAM, makin berat juga kinerja komputer.

Apalagi jika kamu membuka beberapa aplikasi sekaligus. Misalnya kamu sedang browsing internet, sambil dengerin lagu, sambil ngedit foto di Photoshop.

Nah, di sinilah virtual memori mulai bekerja. Beban RAM kamu bakal sedikit dialokasikan ke virtual memory. PC kamu pun bakal bekerja dengan lebih cepat.

Pasti kamu sudah nggak sabar pengen tahu caranya, kan? Kalau begitu, langsung saja, yuk, simak artikel berikut ini!

Cara Membuat Virtual Memory di PC / Laptop

Berikut adalah cara membuat virtual memory di PC / laptop. Caranya cukup mudah kok, geng!

  • Langkah 1: Buka Windows Exlorer kamu. Itu, lho, ikon berbentuk folder warna kuning yang ada di taskbar sebelah ikon Start.

  • Langkah 2: Klik kanan pada tulisan This PC, lalu pada menu yang muncul klik Properties.

1 36d53
  • Langkah 3: Pilih Opsi Advance System Settings yang ada di bagian kiri layar.
2 E20be
  • Langkah 4: Klik pada tab Advanced, kemudian pilih Settings pada kolom performance.
3 51526
  • Langkah 5: Pilih tab Advance pada halaman Performance Options. Kemudian, klik pada tombol Change yang ada di dalam kolom Virtual Memory.
4 9c742
  • Langkah 6: Kamu bakal masuk ke halaman untuk menyetel Virtual Memory. Uncheck pada box yang bertuliskan Automatically manage paging file size for all drives.

  • Langkah 7: Selanjutnya, pilih salah satu drive yang kamu miliki. Klik pada drive tersebut. Kalau drive kamu telah dipartisi, pilihlah drive selain C.

  • Langkah 8: Pastikan drive yang kamu pilih sebelumnya memiliki space yang cukup leluasa karena akan digunakan sebagian untuk virtual memory.

5 4b938
  • Langkah 9: Setelah kamu klik drive pilihanmu, scroll ke bawah kemudian klik pada Custom Size. Isi Initial Size dan Maximum Size dalam satuan MB.

  • Langkah 10: Setelah selesai mengalokasikan memori pada drive tersebut, klik Set.

  • Langkah 11: Ukuran paging file size yang telah kamu atur bakal terlihat pada pilihan drive di atas. Kalau kamu merasa sudah yakin, klik OK di bagian bawah window tersebut.

6 C284b
  • Langkah 12: Klik OK selama beberapa kali hingga Windows memunculkan pesan yang menyarankan kamu untuk me-restart PC kamu. Plih Restart Now kalau kamu ingin langsung me-restart.
7 4297f
  • Langkah 13: Setelah restart, kamu bakal merasakan sendiri performa PC kamu yang semakin kencang. Kalau mau lebih maksimal, kamu bisa menghapus file cache dan folder temp dengan aplikasi cleaner.

Akhir Kata

Demikian artikel Jaka mengenai tutorial cara membuat virtual memory di PC maupun laptop. Meskipun bisa mempercepat PC kamu, namun kamu nggak boleh terlalu bergantung dengan virtual memory.

Untuk mengurangi beban kerja pada harddisk, kamu bisa mengakalinya dengan menutup program tidak penting yang berjalan di latar belakang.

Kalau kamu punya bujet, kamu juga bisa mempertimbangkan untuk membeli RAM baru supaya lebih maksimal.

Sampai jumpa lagi di artikel menarik Jaka lainnya. Jangan lupa tinggalkan jejak berupa komentar di kolom yang tersedia.

Baca juga artikel seputar Tech Hack atau artikel menarik lainnya dari Prameswara Padmanaba

ARTIKEL TERKAIT
Cara Ganti Huruf Instagram 43d6c

2 Cara Mengganti Font Instagram dengan Mudah| 100% Works!

Banner 9757a

3 Cara Mengganti Background Pas Foto Paling Mudah dan Efisien

Cara Mengganti Tema Whatsapp Tanpa Aplikasi 31ff2

3 Cara Mengganti Tema WhatsApp Tanpa Aplikasi & Root, Sudah Coba?

Cara Mengganti Background Foto Banner F005d

Cara Mengganti Background Foto dengan Photoshop

Cara Mengganti Background Power Point Banner Db7a9

Cara Mengganti Background Power Point | Mudah dan Cepat!

Cara Mengganti Default Bahasa Indonesia Di Android 5c2ce

Cara Mengganti Bahasa Default Menjadi Bahasa Indonesia di HP Android | Anti Ribet!

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal