10 Cara Membuat PPT yang Menarik | Pesan Tersampaikan & Anti Bosan!

Sebagai seorang pelajar atau pekerja, pasti kamu sudah nggak asing dengan presentasi. Sayangnya, kegiatan menyampaikan materi tersebut cenderung menimbulkan kebosanan, sehingga kamu harus tahu cara membuat PPT yang menarik.

Apalagi di masa pandemi seperti saat ini, ketika kegiatan belajar atau bekerja banyak dilakukan dengan menggunakan aplikasi Zoom, termasuk untuk urusan presentasi.

Jika PPT yang kamu tampilkan di layar melalui fitur Screen Sharing nggak menarik, maka bisa jadi peserta rapat lainnya mematikan tampilan video mereka dan justru asyik bermain ponsel. Pasti kamu nggak ingin mengalami hal tersebut, kan?

Oleh karena itu, kamu perlu tahu cara membuat presentasi Power Point keren supaya perhatian para audiens tetap terjaga hingga kamu selesai menyampaikan materi.

Cara Membuat PowerPoint (PPT) yang Menarik, Efektif, dan Komunikatif

Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dalam membuat PowerPoint yang menarik agar hasilnya bagus dan kreatif, namun tetap simpel.

Selain download PPT yang menarik, kamu juga harus tahu cara penyampaian materi yang baik supaya para pendengar tetap bersemangat untuk menyimak materinya hingga akhir.

Kalau kamu ingin tahu lebih lengkapnya, berikut cara membuat presentasi PPT yang menarik, baik di HP maupun laptop.

1. Membuat Slide Pembuka yang Eye-Catching

Cara Membuat Ppt Yang Menarik C0755
Sumber foto: Business - Envato Tuts+

Sebagai bagian paling awal dari sebuah presentasi, kamu harus mampu membuat slide pembuka yang langsung menarik perhatian para audiens. Caranya, kamu bisa menggunakan warna-warna cerah, kontras, dan gambar yang unik, namun tetap nyaman untuk dilihat.

Hal ini dikarenakan jika sejak awal PPT yang kamu buat sudah bagus, maka para peserta akan tertarik untuk terus menyimak slides selanjutnya.

Oleh karena itu, kamu harus memperhatikan cara membuat cover PPT yang menarik tanpa memasukkan elemen-elemen yang saling bertabrakan.

2. Minimalkan Jumlah Slide

Downoad Ppt Yang Menarik Dffad
Sumber foto: ShapeChef

Seperti namanya, PowerPoint dimaksudkan untuk meringkas presentasimu dalam bentuk poin-poin, sehingga fungsinya adalah sebagai pengingat apa yang akan kamu jelaskan dan supaya audiens bisa mencatat materi dengan singkat.

Oleh karena itu, hal yang perlu kamu perhatikan bukan hanya cara membuat PPT aesthetic, melainkan efisiensi dari PPT milikmu tersebut. Minimalkan jumlah slide dan item yang ada supaya terkesan simpel, namun tetap komunikatif.

Dengan demikian, pesan dalam presentasimu tetap tersampaikan dengan baik kepada audiens dan mereka mendapatkan pemaparan materi yang asyik dan nggak membosankan.

3. Gunakan Poin atau Kalimat Singkat

Cara Membuat Ppt 3d C4f5e
Sumber foto: PresentationLoad PowerPoint Blog

Berkaitan dengan poin sebelumnya, cara membuat PPT yang menarik adalah dengan membuat bullet points dan kalimat yang singkat untuk materi yang kamu jelaskan. Contohnya, buatlah masing-masing poin dalam satu baris saja.

Hal ini bertujuan agar audiens lebih banyak memperhatikan kamu sebagai pemberi materi dan nggak hanya berfokus pada layar monitor karena sibuk mencatat kalimat yang panjang.

Selain itu, jika kamu memberikan penjelasan yang terlalu panjang di PPT, konsentrasi para pendengar tentu akan terpecah antara menyimak penjelasan dari kamu atau mencatat materi di layar.

4. Pilih Jenis dan Ukuran Font yang Tepat

Cara Membuat Presentasi Power Point Keren 7ca21
Sumber foto: Buffalo 7

Selain membuat poin-poin penjelasan dalam kalimat yang singkat, cara membuat PPT yang menarik dan komunikatif lainnya adalah dengan memilih jenis font yang mudah dibaca, contohnya Helvetica atau Arial.

Kalau kamu nggak menemukan jenis font bawaan PowerPoint yang sesuai dengan keinginanmu, kamu bisa download di website penyedia font gratis.

Hal yang nggak kalah penting adalah memperhatikan ukuran font yang pas. Karena dengan begitu, audiens yang berada di kursi paling belakang pun bisa membaca tulisan di PPT yang kamu buat.

5. Gunakan Background yang Simpel dan Konsisten

Cara Membuat Powerpoint Yang Menarik 2007 32612
Sumber foto: Free Design Resources

Jika kamu sudah membuat teks presentasi dengan jenis dan ukuran font yang tepat, maka kamu juga harus menyesuaikan background alias latar belakang PPT agar warna dan desainnya nggak bertabrakan dengan font yang kamu pilih.

Kamu bisa menggunakan latar belakang yang sederhana, dalam arti nggak terlalu banyak elemen yang bisa mengganggu fokus para audiens. Selain itu, gunakan template yang konsisten pada setiap slide, sehingga menciptakan suatu kesinambungan.

Kalau ternyata kamu merasa latar belakang PPT yang kamu gunakan kurang pas, cara mengganti background PowerPoint sangat mudah, kok, geng. Sehingga kamu bisa menyesuaikannya kapan pun dengan praktis.

Cara Membuat Power Point yang Menarik Lainnya...

6. Gunakan Item Visual Pendukung

Cara Membuat Powerpoint Yang Menarik 2010 2667f
Sumber foto: VirtualSpeech

Cara membuat PPT yang menarik dan kreatif bukan hanya dengan tulisan, geng. Meskipun sudah dibuat sesingkat mungkin, namun audiens bisa bosan jika slide presentasimu hanya berisi kata-kata.

Oleh karena itu, kamu bisa menambahkan grafik, bagan, atau diagram untuk membantu menyampaikan materi. Saat ini, aplikasi PowerPoint dari Microsoft maupun aplikasi presentasi selain PowerPoint sudah menyediakan berbagai pilihan item visual yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan.

Tapi, jangan gunakan ketiga hal tersebut terlalu banyak dalam satu slide. Hal ini dapat membingungkan audiens sekaligus membuat PPT terkesan berlebihan.

7. Berikan Label pada Grafik, Bagan, dan Diagram

Aplikasi Membuat Ppt Menarik 96207
Sumber foto: Creative Boost

Selain menggunakan grafik, bagan, dan diagram sebagai media pendukung materi, jangan lupa tambahkan label penjelas setiap kali kamu menambahkan salah satu dari ketiganya ke dalam slide presentasimu.

Bisa jadi beberapa audiens masih bingung dengan grafik yang kamu buat jika nggak dijelaskan secara langsung. Oleh karena itu, supaya memudahkan penjelasan yang kamu sampaikan, tambahkan keterangan untuk setiap grafik.

Dengan demikian, item visual yang kamu tambahkan nggak hanya menarik. Apalagi jika kamu menggunakannya secara warna-warni, pesanmu pun akan tersampaikan dengan jelas kepada para peserta diskusi.

8. Masukkan Video ke PPT

Cara Membuat Ppt Yang Menarik Untuk Presentasi 0ef1d
Sumber foto: Business - Envato Tuts+

Selain menggunakan bentuk-bentuk visual, seperti bagan, grafik, dan diagram, kamu juga bisa menambahkan video ke dalam file PPT. Biasanya, video terhitung efektif untuk menjelaskan suatu materi karena penjelasannya lengkap.

Kamu bisa menggunakan video-video dari YouTube karena pilihannya banyak, geng. Sesuaikan saja dengan tema materi yang kamu sampaikan.

Lagipula, saat ini sudah tersedia banyak aplikasi download video YouTube yang cara pakainya simpel, sehingga kamu bisa mendapatkan video dengan mudah.

9. Periksa Kesalahan Penulisan

Cara Membuat Ppt Yang Menarik Untuk Sidang 1607a
Sumber foto: PCMag

Meskipun terkesan sepele, namun adanya kesalahan pada tulisan bikin kamu terkesan kurang profesional. Oleh karena itu, penting untuk selalu memeriksa kembali PPT yang kamu buat guna menghindari typo.

Setelah kamu selesai mengerjakan PPT, periksa kembali ejaan dan tata bahasa yang kamu gunakan. Jangan sampai kamu baru menyadari adanya kesalahan penulisan ketika sedang presentasi.

Dengan memerhatikan hal tersebut, baik kamu sebagai pemberi materi maupun audiens akan nyaman ketika membaca tulisan yang ditampilkan pada layar karena ejaan dan tata bahasa yang digunakan sudah benar.

10. Berikan Kesimpulan

Cara Membuat Ppt Agar Menarik Fdfd4
Sumber foto: Shannon Gronich

Meskipun kamu sudah mengikuti semua tips di atas, namun cara membuat PPT yang menarik kurang lengkap rasanya jika kamu nggak menyertakan kesimpulan sebagai penutup presentasi.

Kesimpulan berisi ringkasan dari seluruh materi presentasi yang telah kamu sampaikan. Walau kesannya hanya sebagai penutup, namun hal ini penting agar para pendengar bisa mengingat kembali poin-poin penting dengan mudah.

Tentu kamu nggak ingin, kan, sudah menjelaskan materi panjang lebar namun di akhir presentasi audiens lupa dengan pembahasanmu? Kalau begitu, jangan lupa untuk membuat kesimpulan, geng.

Akhir Kata

Itu dia 10 cara membuat PPT yang menarik agar pesanmu tersampaikan dengan efektif dan para pendengar berminat menyimaknya hingga akhir sesi.

Dengan demikian, presentasi jadi nggak membosankan dan justru berkesan bagi para audiens.

Baca juga artikel seputar Out Of Tech atau artikel menarik lainnya dari Sheila Aisya Firdausy.

ARTIKEL TERKAIT
5005917 637199556406230502 16x9 Aafd2
7 Aplikasi Office Android Ringan & Terbaik 2020, Buat Makin Produktif!
Wps Office Banner 1d747
Download WPS Office MOD APK 12.7.3 | Semua Fitur Ms Office Jadi Satu!
Cara Membuat Flowchart 779b1
Cara Membuat Flowchart di Word dan PPT | Cepat dan Gak Ribet!
Untitled 3 Ce061
Cara Mengubah PDF ke PPT Gratis 2020 | Dijamin WORKS 100%!
Cara Membuat Daftar Isi Di Word Eda30
Cara Membuat Daftar Isi yang Rapi di Microsoft Word, Lengkap Semua Versi!
Cara Membuat Pivot Table Di Excel Untuk Mengolah Data Gak Pake Ribet C2aa3
Cara Membuat Pivot Table di Excel dan Google Sheet untuk Mengolah Data, Mudah Banget!
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal