J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Cara Membuat Kuesioner di Google Form Terbaru | Gak Pakai Lama!

Cara Membuat Kuesioner di Google Form Terbaru | Gak Pakai Lama!

Minggu, 27 Sep 2020, 15:00 WIB
Butuh tahu cara membuat kuesioner di Google Form? Jaka bakalan kasih tahu cara membuat Google Form untuk kuesioner di HP maupun PC. Simak ya!

Formulir kuesioner biasanya banyak digunakan untuk survei dalam berbagai keperluan, misalnya skripsi atau penelitian.

Dengan kemajuan teknologi, kuesioner kini bisa dilakukan secara online, salah satunya dengan menggunakan Google Forms. Cara melihat hasilnya pun mudah, bahkan lebih praktis daripada cara yang konvensional.

Apakah kamu sedang mencari cara membuat kuesioner di Google Form yang mudah dan praktis? Simak di artikel Jaka berikut ini ya!

Cara Bikin Kuesioner di Google Form

Cara membuat Google Form untuk kuesioner bisa kamu lakukan baik di PC/laptop maupun smartphone kamu. Jadi, kamu bisa membuatnya kapan saja dan di mana saja, geng.

Sehingga, kini survey bisa dilakukan dengan praktis bahkan kamu nggak perlu lagi berkeliling menyebarkan kuesioner. Kamu hanya perlu menyebarkan link dengan jumlah orang sesuai yang kamu butuhkan.

Berikut ini Jaka bakalan kasih langkah-langkah cara membuat kuesioner online Google Forms yang bisa kamu coba.

Cara Membuat Kuesioner di Google Form Pakai PC/Laptop

Membuat kuesioner online di Google Form menggunakan PC atau laptop lebih mudah jika kamu membutuhkan survei yang cukup panjang dan waktu yang cukup banyak.

Untuk bisa membuat kuesioner Google Form di PC maupun laptop, kamu perlu membuat akun Gmail terlebih dahulu. Kalau kamu sudah memiliki akun Gmail, maka kamu tinggal mengikuti langkah-langkah berikut ini:

Langkah 1 - Masuk ke Google Drive

Cara Membuat Kuesioner Online Selain Google Form C1357
  • Setelah login ke akun Gmail kamu, klik bagian Menu Lainnya yang ada di pojok kanan atas berbentuk ikon titik sembilan. Lalu kemudian pilih Drive.

Langkah 2 - Pilih Google Forms

Cara Membuat Kuesioner Online Di Hp B42ae
  • Setelah masuk ke Google Drive, cara membuat kuesioner di Google Forms selanjutnya adalah klik tombol New di sebelah kiri lalu pilih More dan klik Google Forms.

Langkah 3 - Ketik judul kuesioner

Cara Membuat Google Form Di Hp 21f71
  • Masuk ke Google Forms lalu akan ditampilkan tayangan formulir. Kamu bisa mengganti judul kuesioner di bagian atas berikut dengan deskripsinya.

Langkah 4 - Ketik isi kuesioner

Cara Membuat Kuesioner Online Google Form 52ac3
  • Kemudian kamu bisa mengisi kuesioner awal misalnya dengan pengisian data diri. Contohnya pengisian nama, kamu bisa mengganti pilihan jawabannya dengan Short Answer untuk jawaban singkat.

Langkah 5 - Tambah isi kuesioner

Cara Membuat Google Form Untuk Kuesioner F37d5
  • Untuk menambah isi kuesioner, kamu bisa klik di tanda + di tool box sebelah kanan. Kemudian tambahan isi kuesioner bisa kamu isi dengan data diri lainnya.

  • Misalnya alamat dan jenis kelamin. Pilihan pengisian jawaban juga bisa kamu ganti dengan klik box yang ada di gambar, sesuaikan dengan jenis pertanyaan.

Contoh Kuesioner Google Form 631a6

Langkah 6 - Tambah section

Cara Buat Kuesioner Di Google Form Eaaa1
  • Setelah selesai dengan data diri, kamu bisa berpindah ke bagian atau section baru dengan klik tanda seperti yang ada di gambar, yang berada di tool box sebelah kanan.

Langkah 7 - Tambah pertanyaan kuesioner

Cara Buat Kuesioner Google Form 8dd67
  • Di section baru, kamu bisa mulai memasukkan pertanyaan kuesioner, dengan cara yang sama seperti kamu memasukkan judul dan juga isi kuesioner di bagian pertama.

Langkah 8 - Bagikan kuesioner

Cara Membuat Kuesioner Online Di Google Form Fd9fb
  • Setelah kamu selesai memasukkan isi kuesioner, maka kuesioner kamu sudah selesai. Kamu bisa membagikannya dengan cara klik Send lalu copy link, atau cukup dengan menyalin link url yang ada di bagian atas.
Membuat Kuesioner Google Form 439b1

Gampang banget kan cara membuat kuesioner di Google Form? Kamu bisa menyelesaikan survey kuesioner sembari mencari-cari rekomendasi situs jurnal ilmiah untuk skripsi kamu, geng.

Cara Membuat Kuesioner di Google Form Pakai HP

Jika kamu butuh membuat kuesioner Google Form dengan waktu dan isi yang tidak terlalu banyak, kamu bisa membuatnya di ponsel kamu dengan mudah dan cepat.

Nggak perlu ribet, cara membuat Google Form di HP bisa kamu lakukan dengan cara yang hampir mirip dengan membuat di PC/laptop, namun hanya berbeda perangkat saja.

Buat kamu yang ingin mencoba, berikut cara membuat kuesioner online di HP menggunakan Google Form:

Langkah 1 - Buka situs Google Form

  • Berbeda dengan cara membuat kuesioner di Google Form menggunakan PC/laptop, kamu tidak bisa membuat di ponsel dengan mengakses Drive.
Cara Bikin Kuesioner Di Google Form 9c45c
  • Buka browser di ponsel kamu, lalu klik forms.google.com. Pastikan kamu sudah login ke akun Google milik kamu untuk masuk ke menu pengisian form kuesioner baru.

Langkah 2 - Isi judul kuesioner

Cara Membuat Kuesioner Di Google Forms B1cf0
  • Kemudian, kamu bisa mengganti judul kuesioner sama seperti yang dilakukan di PC/laptop sesuai dengan judul penelitian atau skripsi kamu.

  • Setelah mengisi judul, kamu bisa mengisi bagian pertama dengan data diri terlebih dahulu dan sesuaikan dengan pilihan jawaban.

Langkah 3 - Tambah isi kuesioner

Cara Membuat Kuesioner Menggunakan Google Form 861c4
  • Untuk menambah isi kuesioner, kamu bisa klik tanda + yang berada di tool box bagian bawah. Tanda + terletak di sebelah paling kiri.

Langkah 4 - Tambah section

Cara Buat Kuesioner Pakai Google Form F652e
  • Selanjutnya setelah selesai membuat bagian pertama yang berisi data diri, kamu bisa menambahkan bagian atau section kedua dengan cara klik tanda seperti yang ada di gambar.

Langkah 5 - Isi pertanyaan kuesioner

Cara Bikin Kuesioner Google Form 31b89
  • Di bagian kedua, isi dengan pertanyaan kuesioner kamu. Kamu bisa menambahkan pertanyaan dengan cara yang sama, dan kamu bisa menambahkan section sesuai kebutuhan kamu.

Langkah 6 - Bagikan kuesioner

Cara Bikin Kuesioner Di Google Forms 2b51a
  • Setelah selesai membuat kuesioner, kamu bisa membagikan kuesioner kamu dengan cara klik ikon pesawat kertas di bagian kanan atas, kemudian klik copy link. Bagikan dan sebarkan link tersebut sesuai kebutuhan kamu.

Kamu juga bisa membuat kuesioner online dengan menggunakan aplikasi pembuat survei lainnya yang memiliki fitur-fitur yang lebih banyak dari Google Forms.

Cara Membuat Kuesioner Online Selain Google Form

Google Form bukan satu-satunya alat untuk membuat survei ataupun kuesioner online, geng. Ada banyak aplikasi dan situs lainnya yang bisa digunakan untuk membuat kuesioner online.

Jaka sudah menghimpun beberapa di antaranya yang bisa kamu gunakan sebagai cara membuat kuesioner online selain Google Form.

1. Qualtrics

Cara Membuat Kuesioner Lewat Google Form Qualtrics 34ab1
Sumber foto: news.wsu.edu

Qualtrics XM menjadi salah satu layanan kuesioner online terbaik di dunia. Keunggulannya menggunakan Qualtrics adalah mudah, cepat, dan lengkap.

Selain Qualtrics XM, produk kuesioner andalan lainnya adalah Qualtrics Customer XM, Qualtrics Product XM, Qualtrics Employee XM, Qualtrics Brand XM.

Namun, situs ini tidak semuanya gratis ya, geng. Untuk bisa menggunakan paket pro, kamu perlu merogoh kocek sekitar Rp1.750.000,- per bulan.

2. SoGoSurvey

Cara Membuat Kuesioner Lewat Google Form Sogosurvey F039f
Sumber foto: sogosurvey.com

SoGoSurvey adalah layanan survei online yang berbasis cloud. Keunggulannya adalah dapat mendistribusikan dan menganalisis survei online dengan sangat akurat, tampilan profesional, dan multi fungsi.

Produk kuesioner andalan SoGoSurvery adalah Employee Experience Management Surveys, Customer Experience Management Surveys, Online Survey Tools, dan Assessment Tools.

Situs ini bisa diakses dan digunakan secara gratis. Akan tetapi untuk bisa menggunakan layanan premiumnya kamu harus membayar sejumlah Rp1.386.000,- per bulan.

3. Zoho Survey

Cara Membuat Kuesioner Lewat Google Form Zoho Survey 9b8ce
Sumber foto: zoho.com

Zoho Survey umumnya digunakan sebagai aplikasi yang memiliki paket gratis dan berbayar. Pada versi berbayar, kamu bisa mendapatkan fitur-fitur canggih seperti multilingual support, branded surveys, advanced reporting, dan project collaboration.

Selain itu, Zoho Survey juga terintegrasi dengan layanan Zoho CRM, Zoho Campaigns, Facebook, MailChimp, Google Spreadsheet, dan Google Apps Marketplace.

Dengan paket layanan yang cukup murah, yakni Rp350.000,- per bulan, kamu sudah bisa mendapatkan layanan kuesioner online yang mudah digunakan dan mendukung 70 bahasa dari seluruh dunia.

4. SurveyMonkey

Cara Membuat Kuesioner Lewat Google Form Survey Monkey Fe2df
Sumber foto: gsuite.google.com

Satu lagi layanan survei online yang berbasis cloud, yakni SurveyMonkey. Keunggulannya adalah aplikasi ini punya desain kuesioner yang cantik dan profesional.

Selain itu, aplikasi SurveyMonkey juga terdapat fitur layanan perform deeper data analysis dan collaboration project.

Ada dua versi yakni gratis untuk tester dan berbayar untuk profesional. Produk kuesioner online andalan SurveyMonkey adalah audience SM, CX, usabilla, dan techvalidate.

5. Survey Gizmo

Cara Membuat Kuesioner Lewat Google Form Survey Gizmo Dfc06
Sumber foto: surveygizmo.com

Cara membuat kuesioner online selain Google Form yang lainnya adalah menggunakan Survey Gizmo. Situs ini memiliki bentuk survei yang unik meskipun kamu menggunakan versi gratis.

Namun dalam versi gratis ini, jumlah responden yang bisa kamu berikan link-nya terbatas, yakni hanya 50 responden.

Akan tetapi kamu akan mendapatkan beberapa pilihan jenis pertanyaan dasar, template, dan sejumlah pilihan untuk ekspor data ke CSV.

Akhir Kata

Itulah dia penjelasan Jaka tentang cara membuat kuesioner Google Form. Dan nggak hanya menggunakan Google Form, kamu juga bisa membuat kuesioner online dengan beberapa aplikasi dan situs bagus lainnya.

Semoga artikel Jaka bermanfaat untuk kalian ya. Selamat mencoba dan sampai jumpa di artikel lainnya!

Baca juga artikel seputar Tech Hack atau artikel menarik lainnya dari Frieda Isyana

ARTIKEL TERKAIT
Pencarian Google Terpopuler 2017

Pengabdi Setan! Inilah Daftar Pencarian Google Terpopuler 2017

20130520154410_1493

1 Miliar Terjemahan per Hari di Google Translate

10 Alasan Kenapa Google Inbox Jauh Lebih Baik Dari Gmail

10 Alasan Kenapa Google Inbox JAUH Lebih Baik dari Gmail

Survey Jalantikus Milenial Gen Z Indonesia Gak Nonton Tv 005aa

Survey JalanTikus: 58% Milenial dan Gen Z di Indonesia Nggak Suka Nonton TV

20130619111628_1838

Hasil Survei: Remaja Pria Lebih Narsis dari Wanita di Sosial Media

IPhone 6

Survei: Hanya 5 Persen Pengguna Android yang Beralih ke iPhone 6

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Cara Melihat Hasil Google Form dan Cara Mencetaknya

Cara Melihat Hasil Google Form dan Cara Mencetaknya

Cara Membuat Google Form di HP & Cara Melihat Hasilnya, 1 Menit Kelar!

Cara Membuat Google Form di HP & Cara Melihat Hasilnya, 1 Menit Kelar!

7 Aplikasi Google untuk Kerja dan Belajar dari Rumah (WFH), Anti Ribet!

7 Aplikasi Google untuk Kerja dan Belajar dari Rumah (WFH), Anti Ribet!

7 Prank April Mop Google Paling Terseru,  Ada Teknologi Time Travel?

7 Prank April Mop Google Paling Terseru, Ada Teknologi Time Travel?

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal