J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Cara Menggunakan Google Spreadsheet Terlengkap 2021, Mudah!

Sabtu, 23 Jan 2021, 15:30 WIB
Cara membuat Google Sheet terbilang cukup mudah. Hasilnya pun bisa dibagikan kepada orang lain. Simak cara menggunakan Google Spreadsheet di sini!

Cara membuat Google Sheet mungkin dianggap cukup rumit bagi orang yang masih belum paham. Padahal, kalau sudah mengerti, cara mengoperasikannya cukup mudah, loh!

Google Sheet atau Google Spreadsheet bisa membantumu dalam urusan pekerjaan, termasuk juga mengolah file Microsoft Excel, geng.

Sayangnya, hingga saat ini masih banyak orang yang belum mengerti bagaimana cara menggunakan Google Sheet sebagai salah satu fitur Google terpopuler.

Kalau kamu juga masih terbilang awam, gak usah khawatir! Kali ini Jaka bakal menjelaskan cara menggunakan Google Spreadsheet dengan mudah. Simak baik-baik, ya!

Apa itu Google Sheet?

Sebelum masuk ke pembahasan utama, ada baiknya kamu mengetahui dulu apa itu Google Sheet atau yang juga dikenal dengan sebutan Google Spreadsheet.

Google Sheet adalah software atau aplikasi berbasis web yang dikembangkan oleh Google dan berfungsi untuk membuat tabel, perhitungan, hingga pengolahan data.

Sebenarnya, Google Sheet nggak jauh beda dengan Microsoft Excel. Kamu juga bisa membuat formula data di dalam cell yang tersedia seperti saat menggunakan rumus Excel.

Software berbasis cloud computing ini mengandalkan koneksi internet untuk dapat digunakan. Meski begitu, kamu juga bisa mengedit hasilnya secara offline, loh!

Cara Menggunakan Google Spreadsheet

Seperti yang Jaka sebutkan tadi, Google Sheet memiliki fungsi yang nggak jauh beda dengan Microsoft Excel. Jadi, kamu bisa mengolah data dengan berbagai rumus yang tersedia.

Lalu, bagaimana cara buat Google Sheet dan mengoperasikannya untuk mengolah data? Gak usah bingung! Simak saja penjeleasan selengkapnya berikut ini!

  1. Pertama, buka aplikasi browser di laptop atau PC, lalu masukkan alamat situs https://www.google.com/docs/about/. Klik pada tab Spreadsheet yang ada di atas halaman.
Sheet1 Custom 3c415
  1. Untuk dapat mengakses Google Sheet secara gratis, pilih opsi Pribadi dan klik Buka Google Spreadsheet. Pastikan kamu sudah login dengan akun Google kamu.
Sheet2 Custom B9fa7
  1. Buat tabel dengan memilih Blank pada Start a New Spreadsheet.
Sheet3 Custom 179fa
  1. Tampilan spreadsheet baru terdiri dari sel, baris, dan kolom seperti Microsoft Excel. Pada bagian atas, kamu bisa mengganti judul spreadsheet.
Sheet4 Custom 7e758
  1. Di bagian bawah, klik kanan pada Sheet dan pilih Rename untuk mengganti nama sheet tersebut.
Sheet5 Custom 4593f
  1. Isi setiap sel, kolom, dan baris pada file spreadsheet tersebut sesuai kebutuhan pekerjaan. Caranya, klik Insert dan pilih opsi yang diperlukan.
Sheet6 Custom 9c109
  1. Selain itu, klik kanan pada sel yang diinginkan dan kamu akan melihat berbagai opsi mulai dari menambahkan kolom, menghapus kolom, dan lainnya.
Ss Klik Kanan Custom 72aa1

Cara Mengonversi Excel ke Google Sheets

Buat kamu yang memiliki file Excel dan ingin mengeditnya di Spreadsheet, jangan khawatir! Sebab, kamu bisa convert Excel ke Sheets dan mengeditnya dengan mudah.

Lalu, bagaimana cara memindahkan file Excel ke dalam Google Sheets? Gampang, kok! Kamu tinggal ikuti langkah-langkahnya di bawah ini!

  1. Buka Spreadsheet, klik File, lalu pilih opsi Import.
Sheet7 Custom Fa4ac
  1. Setelah itu, cari file Excel yang mau kamu konversikan dan kamu bisa langsung mengeditnya di Google Sheets.
Sheet8 Custom Ee247

Cara Membuat Pivot Tabel di Google Spreadsheet

Google Sheet bisa jadi opsi untuk kamu yang ingin membuat pivot table tapi nggak memiliki software Microsoft Excel di laptop maupun PC.

Lalu, bagaimana cara membuat pivot table di Google Sheet? Yuk, simak pembahasan selengkapnya di bawah ini, geng!

  1. Langkah pertama dalam membuat pivot table di Google Sheet adalah menyiapkan tabel yang kamu inginkan. Cara mengoperasikannya cukup mirip dengan di Excel hanya saja dengan sedikit modifikasi.

  2. Masukkan alamat situs https://www.google.com/docs/about/ di kolom pencarian browser. Klik pada tab Sheet yang ada di kiri atas halaman.

  3. Untuk dapat mengakses Google Sheet secara gratis, pilih opsi Personal. Setelah itu, login dengan akun Google kamu. Buatlah tabel dengan memilih Blank pada Start a new spreadsheet.

  4. Kalau kamu ingin mencoba fitur pivot table di aplikasi pengolah angka ini tapi nggak punya tabel sendiri, kamu bisa contoh tabel yang Jaka buat seperti yang ada dalam gambar di bawah ini:

1 05f42
  1. Setelah tabel siap, kini saatnya kamu membuat pivot table, geng. Pertama-tama, klik pada ribbon Data yang ada di bagian atas layar kamu. Pada menu yang muncul, pilih Pivot Table.

  2. Kalau kamu ingin membuat pivot table di dalam spreadsheet yang sama, pilih Existing Sheet. Setelah itu, pilih lokasi di mana kamu ingin menempatkan pivot table dengan pilih ikon dengan bentuk jendela.

  3. Klik pada kolom yang kamu inginkan. Saran Jaka, taruh pivot table beberapa kotak di bawah tabel yang telah kamu buat sebelumnya. Setelah selesai, pilih OK.

2 0f798
  1. Pivot table kamu akan muncul, hanya saja belum ada data yang muncul. Tengok ke sebelah kanan layarmu lalu carilah Pivot Table Editor.

  2. Masukkan Row, Coloumns, dan Value sesuai dengan yang kamu inginkan. Misalkan Jaka ingin mengetahui total penjualan setiap harinya, maka Jaka mengatur pivot table editor seperti berikut:

3 E80fd
  1. Setelah kamu menyetel pivot table editor, maka di spreadsheet kamu akan muncul tabel seperti ini, geng.
4 Bf925

Cara Membuat Grafik di Google Spreadsheet

Selain pivot table, kamu juga bisa membuat grafik atau chart di Google Sheets. Caranya juga tidak jauh beda dengan cara membuat grafik di Excel, loh!

Untuk tahu langkah-langkah mengenai cara membuat grafik di Google Sheets, langsung saja simak tutorial selengkapnya di bawah ini!

  1. Buka file Google Sheets yang akan diedit. Lalu, blok sel atau kolom yang akan diubah ke dalam bentuk grafik.
Chart1 Custom C8d02
Sumber foto: Ablebits.com
  1. Klik Insert, lalu pilih Charts.
Chart2 Custom 8e675
Sumber foto: Ablebits.com
  1. Google Sheet akan secara otomatis mengubah data ke dalam bentuk chart. Jika tidak sesuai keinginan, kamu masih bisa mengubah tipe chart.
Chart3 Custom 436bc
Sumber foto: Ablebits.com
  1. Untuk mengganti bentuk chart, klik kolom Chart Type yang berisi pilihan tipe grafik seperti Line, Area, Column, Bar, Pie, Map, dan lainnya. Pilih dan buat grafik yang dibutuhkan.
Chart4 Custom 27fe8
Sumber foto: Ablebits.com

Cara Mengisi Spreadsheet di HP

Selain lewat PC atau laptop, kamu juga bisa membuat Google Sheet di HP Android, loh! Bahkan, kamu juga bisa mengeditnya dengan sangat mudah.

Nah, untuk tahu bagaimana cara edit spreadsheet di Android, kamu bisa simak tutorial selengkapnya di bawah ini, geng!

  1. Pertama, kamu harus download Google Spreadsheet di HP kamu terlebih dahulu. Kamu bisa mendapatkannya di Play Store atau melalui tautan di bawah ini:
Google Sheets Icon
Google Sheets 1.20.082.04.45
Apps Office & Business Tools Google Inc.
DOWNLOAD
  1. Kamu bisa membuat spreadsheet baru seperti yang Jaka bahas di atas, atau bisa juga membuka spreadsheet yang sudah ada sebelumnya.

  2. Setelah terbuka, klik sel yang ingin di edit. Klik tombol + untuk memunculkan beragam opsi. Pilih opsi yang diperlukan dan kamu bisa mengedit sesuka hati.

WhatsApp Image 2020 11 18 At 8 09 35 PM Custom A8b9d

Cara Menggunakan Google Sheets Offline

Saat kuota internet hampir habis, atau internet lemot, kamu masih bisa mengoperasikan Spreadsheet offline, loh! Caranya seperti di bawah ini!

  1. Sebelum menggunakan Google Sheets secara offline, pertama pastikan kamu terhubung ke internet dan gunakan browser Google Chrome.

  2. Install dan aktifkan ekstensi Google Docs Offline. Pastikan juga ruang penyimpanan cukup untuk file tersebut.

  3. Selanjutnya, kamu bisa langsung mengaktifkan sistem offline dengan cara buka Google Drive, lalu pilih menu Settings. Centang kotak Offline.

Offline1 Custom 83473
  1. Di bagian atas, klik tombol Ready for Offline dan aktifkan opsi Offline Preview.
Offline2 Custom 831c0
  1. Sekarang, kamu sudah bisa mengedit Spreadsheet secara offline. Mudah, kan?

Cara Membagikan File Google Sheets

Selain untuk diakses oleh diri sendiri, file Google Sheets juga bisa kamu bagikan kepada orang lain yang kamu kehendaki.

Menariknya, kamu juga bisa mengatur apakah orang tersebut bisa mengedit filenya secara langsung atau hanya melihat isinya saja.

Nah, untuk share Spreadsheets, kamu bisa ikuti langkah-langkah sederhana di bawah ini dan pilih pengaturan yang kamu mau!

  1. Klik tombol Share di pojok kanan atas, lalu klik tombol Change to anyone with the link.
Sheet9 Custom 051c8
  1. Kamu juga bisa menambahkan orang lain dengan memasukkan alamat emailnya pada kolom Add People and Groups, atau bisa juga klik Copy Link dan membagikan link tersebut melalui aplikasi chatting seperti WhatsApp.

  2. Kamu juga bisa mengatur apakah orang tersebut bisa mengedit, meninggalkan komentar, atau hanya melihat isinya saja. Caranya, centang kolom pada pengaturan yang dikehendaki.

Ss Share Custom A28ec

Cara Melindungi Data Google Sheets

Selain membagikan file Spreadsheets, kamu juga bisa melindungi file tersebut dengan melalukan beberapa pengaturan yang cukup praktis. Simak caranya di bawah ini!

  1. Buka file Spreadsheet. Klik Data, lalu pilih Protected Sheets and Ranges.
Ss Data1 Custom Bd568
  1. Pilih Range atau Sheet untuk melindungi seluruh lembar. Pilih data yang ingin kamu lindungi. Kamu juga bisa menambahkan deskripsi. Klik Set Permissions jika sudah selesai.
Ss Data2 Custom 520bd
  1. Kemudian, pilih opsi untuk menampilkan peringatan kesalahan kepada siapa saja yang mencoba untuk mengedit file tersebut. Klik Done jika sudah selesai.
Ss Data3 Custom A71d9

Akhir Kata

Nah, itu tadi penjelasan mengenai cara membuat Google Sheet atau Google Spreadsheet yang nggak jauh beda dari Microsoft Excel, geng.

Dengan aplikasi spreadsheet ini, kamu bisa mengolah data secara online dan membagikannya kepada orang lain dengan sangat mudah.

Baca juga artikel seputar Tech Hack atau artikel menarik lainnya dari Reishatia.

ARTIKEL TERKAIT
Aplikasi Database Terbaik 3d42d
7 Aplikasi Database Gratis Terbaik, Cocok untuk Pemula & Profesional!
Aplikasi Saham A449c
7 Aplikasi Saham Online Terbaik 2021, Terdaftar di OJK!
Rumus Vlookup Excel 5c429
Rumus VLOOKUP Terlengkap + Cara Penggunaannya, Paling Mudah!
Cara Memperbaiki File Excel Corrupt Ed261
Cara Memperbaiki File Excel yang Corrupt, Mudah dan Gak Perlu Bikin Ulang
Cara Membuat Tabel Di Excel Banner C8058
Cara Mudah Membuat Tabel di Excel (Windows dan Android)
Download Ppt Keren Gratis Dan Terbaru 2020 Sudah Jadi Bisa Diedit 51970
Download PPT Keren Gratis dan Terbaru 2020, Sudah Jadi & Bisa Diedit!
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Cara Membuat Pivot Table di Excel dan Google Sheet untuk Mengolah Data, Mudah Banget!
Cara Membuat Pivot Table di Excel dan Google Sheet untuk Mengolah Data, Mudah Banget!
Cara Membuat Google Form Mudah Tanpa Ribet, Terlengkap!
Cara Membuat Google Form Mudah Tanpa Ribet, Terlengkap!
Cara Melihat Hasil Google Form dan Cara Mencetaknya, Mudah Banget!
Cara Melihat Hasil Google Form dan Cara Mencetaknya, Mudah Banget!
Cara Membuat Soal di Google Form, Bisa Pilihan Ganda dan Essay!
Cara Membuat Soal di Google Form, Bisa Pilihan Ganda dan Essay!

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal