Cara Membuat Artikel yang Menarik

22 March 2017

Apakah kamu punya minat bakat, atau cita-cita untuk menjadi seorang penulis? Atau mungkin kamu punya blog, tapi bingung mau nulis artikel apa? Nah, kali ini Jaka mau mencoba berbagi pengalaman selama menulis artikel-artikel yang ada di JalanTikus. Inilah cara membuat artikel yang menarik dan pasti dibaca banyak orang.

Artikel menarik nggak selalu harus berisi hal-hal yang luar biasa. Yang terpenting adalah pengemasannya. Kamu bisa menuliskan apa saja sesuai keinginan kamu. Hal-hal sederhana pun bisa menjadi luar biasa kalau kamu kemas secara menarik. Ini dia beberapa tipsnya.

Rajin Membaca

Mustahil bisa membuat artikel yang menarik, kalau kamu sendiri nggak pernah membaca artikel apa pun. Dengan banyak membaca buku, majalah, atau artikel-artikel di internet, kamu jadi punya banyak referensi untuk menulis. Kamu juga bisa menilai artikel-artikel seperti apa yang menurut kamu bagus dan menarik.

Memilih Tema yang Menarik

Kalau tema artikel kamu menarik, pasti banyak orang yang membacanya. Untuk menemukan tema yang menarik, kamu bisa mencari inspirasi lewat berbagai cara. Misalnya browsing di internet, membaca buku, atau mengobrol dan bertukar pikiran dengan teman-teman kamu. Pastikan tema tersebut menarik buat kamu, dan menarik pula buat orang lain. Usahakan juga agar tema tersebut merupakan hal yang cukup kamu kuasai. Kalau belum, kamu bisa melakukan riset lebih dalam tentang tema tersebut.

Penggunaan Bahasa yang Ringkas dan Mudah Dipahami

Gunakan bahasa yang sederhana dalam tulisan kamu. Jangan terlalu banyak menggunakan bahasa asing, bahasa daerah, atau istilah-istilah asing yang tidak umum. Hindari penggunaan kalimat atau paragraf yang terlalu panjang, karena akan membuat pembaca kamu lelah. Pastikan juga tulisan kamu mudah dipahami dan tidak berbelit-belit.

Fokus Terhadap Tema yang Sedang Dibahas

Berusahalah untuk fokus terhadap tema artikel yang sedang kamu buat. Jangan terlalu banyak membahas hal-hal di luar tema, atau istilah kerennya Out of Topic. Kalau kamu tiba-tiba mendapat ide lain, jangan langsung dimasukkan ke dalam tulisan tersebut. Kamu bisa catat dan simpan ide tersebut untuk digunakan pada tulisan berikutnya.

Format Tulisan yang Rapi

Usahakan agar format tulisan kamu terlihat rapi dan sistematis. Jangan terlalu sering melakukan kesalahan penulisan kata alias typo. Walaupun temanya menarik, orang cenderung malas membaca jika artikelnya terlihat berantakan. Jadi, sebelum di-post atau diterbitkan, selalu baca kembali tulisan kamu dari awal sampai akhir untuk melihat kesalahan yang mungkin terjadi.

Lengkapi dengan Gambar atau Video yang Menarik

Orang cenderung akan bosan kalau artikel kamu hanya berisi tulisan saja. Penambahan gambar atau video yang menarik sangat penting untuk meningkatkan kualitas artikel kamu. Carilah gambar yang keren, unik, dan informatif sesuai dengan tema yang kamu bahas. Usahakan juga resolusi gambarnya tinggi agar dapat terlihat dengan jelas.

Pilih Judul yang Menarik

Judul sangat penting bagi sebuah artikel. Walaupun isi artikel kamu menarik dan bermanfaat bagi orang banyak, orang nggak akan terpancing untuk membaca tulisan kamu kalau judulnya nggak menarik. Buatlah judul artikel yang bisa bikin orang penasaran dengan isi artikel kamu.

Minta Pendapat Orang Lain

Kalau sempat, mintalah orang lain untuk membaca tulisan kamu, lalu tanyakan pendapat mereka. Karena orang lain bisa memberikan informasi dan inspirasi yang biasanya nggak terduga, loh!

Itulah beberapa tips dari Jaka tentang cara membuat artikel yang menarik. Kalau kamu punya tips tambahan, informasi, dan pendapat lain, silakan tulis pada kolom comment di bawah. Selain itu, sekarang kamu bisa jadi Guest Writer alias penulis tamu di JalanTikus.com, loh! Kalau kamu berminat, kamu bisa baca artikel berikut:

Yuk, Jadi Penulis di JalanTikus! Numpang Beken, Traffic Blog Kamu Ikutan Keren!

SUKA
0%
LUCU
0%
KAGET
0%
ANEH
0%
TAKJUB
0%
SEDIH
0%
MARAH
0%
TAKUT
0%

Tentang Penulis

Profile Picture
REPUTASI
KONTRIBUSI

Komentar