J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Cara Membersihkan RAM Laptop yang Penuh & Kotor, Gampang!

Sabtu, 14 Nov 2020, 14:00 WIB
Cara membersihkan RAM laptop bisa membuat kinerja laptop lebih optimal dan gak lemot. Simak cara membersihkan RAM laptop Windows 7/8/10 di sini!

Cara membersihkan RAM laptop sebenarnya bisa dilakukan dengan beberapa trik sederhana dan mudah. Cara ini tentunya ampuh untuk meningkatkan kinerja laptop, sehingga kamu nggak perlu keluar budget lebih untuk upgrade RAM.

Random Access Memory (RAM) merupakan salah satu komponen terpenting dalam laptop. Tempat penyimpanan ini nggak boleh sampai benar-benar penuh supaya laptop nggak lemot.

Untuk itu, kamu harus rutin membersihkan RAM laptop maupun PC yang kamu gunakan agar kinerja laptop tetap optimal dan nggak menghambat aktivitasmu, geng.

Kalau masih awam soal membersihkan RAM laptop, gak usah khawatir! Kamu bisa mengikuti cara membersihkan RAM laptop Windows 10, 8, dan 7 berikut ini!

Cara Membersihkan RAM di Laptop Windows 7/8/10

Membersihkan RAM PC atau laptop membantu meningkatkan kembali performa perangkat. Bahkan, bisa juga menambah kapasitas penyimpanan agar lebih lega.

Nah, di bawah ini Jaka beberkan cara membersihkan RAM laptop yang penuh maupun kotor. Kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkah yang sesuai dengan kebutuhanmu. Simak, ya!

1. Nonaktifkan Aplikasi Autostart di Windows

Aplikasi yang berjalan otomatis pada saat laptop pertama kali dihidupkan biasanya menyebabkan proses booting menjadi lambat dan lemot saat akan masuk ke desktop Windows.

Untuk itu, kamu perlu menonaktifkan aplikasi startup dan service Windows untuk membantu mengurangi beban RAM. Ikuti langkah-langkahnya di bawah ini!

1. Buka Task Manager

Klik kanan pada taskbar di bagian bawah layar laptop atau PC. Lalu pilih menu Task Manager.

Startup1 7ca6e

2. Buka menu Startup

Setelah terbuka, klik menu Startup dan kamu akan melihat aplikasi apa saja yang berjalan di latar belakang dan bikin kinerja laptop lemot.

Startup2 F42ff

Kolom status impact berisi informasi tentang seberapa besar pengaruh aplikasi tersebut terhadap komputer saat berjalan otomatis.

Ada beberepa tingkatan, yaitu not measured, low, medium, dan high. Semakin tinggi status impact, maka semakin besar pengaruh terhadap sistem.

Kalau statusnya high, lebih baik kamu menonaktifkan startup aplikasi tersebut karena sangat membebani sistem.

Startup3 340b0

3. Pilih aplikasi

Pilih aplikasi apa saja yang nggak kamu kehendaki untuk terus beroperasi di latar belakang.

4. Disable aplikasi

Klik kanan pada aplikasi tersebut lalu pilih Disable. Kamu bisa juga klik aplikasi tersebut dan klik Disable di bagian kanan bawah.

Startup4 7e660

5. Restart laptop

Kemudian, restart laptop atau komputer kamu dan cek kembali apakah aplikasi tadi masih berjalan di latar belakang.

6. Sudah selesai!

Selesai. Aplikasi yang di-disable sudah nggak akan berjalan otomatis lagi di layar belakang.

Selain melalui taskbar, kamu juga bisa mengakses Task Manager melalui menu Run. Caranya, klik Windows + R dan masukkan "msconfig".

Setelah terbuka, kamu akan diarahkan ke menu Task Manager dan kamu bisa menonaktifkan semua aplikasi startup yang nggak kamu kehendaki, geng.

2. Hapus Cache Laptop

Apa itu cache? Cache adalah data yang dikumpulkan oleh laptop setiap kali kamu menggunakan sebuah aplikasi untuk mempercepat proses loading data saat aplikasi dibuka lagi.

Meski begitu, cache yang tertimbun di laptop bisa menyebabkan RAM penuh. Jadi, sebaiknya kamu menghapus cache kalau laptopmu mulai sering nge-lag, nge-hang, dan sejenisnya.

Kalau belum tahu cara menghapus cache laptop, kamu bisa mengikuti langkah-langkah yang Jaka jelaskan di bawah ini, geng!

1. Ketik 'temp' di program Run Windows

Buka program RUN dengan klik tombol Windows dan huruf R di keyboardmu secara bersamaan. Ketik temp di kolom yang tersedia, lalu klik OK.

Cara Menghapus Data Cache Di Laptop B5fcf

2. Pilih file yang akan dihapus

Kamu akan dialihkan ke jendela baru dan melihat ada banyak folder dan file didalamnya. Untuk memilih seluruh file dan folder, tekan Ctrl + A. Lalu, klik kanan dan pilih Delete.

Cara Membersihkan File Cache Di Laptop 4c618

3. Buka lagi program Run dan ketik '%temp%'

Setelah folder temp kamu kosong, ulangi lagi langkah 1 untuk membuka program RUN. Kali ini, ketik %temp% di kolom yang tersedia ya, geng.

Cara Menghapus File Cache Di Laptop 6c959

4. Pilih file yang ingin dihapus

Kembali tekan Ctrl + A dan hapus seluruh file dan folder seperti di langkah 2 tadi.

Setelah menerapkan cara mengatasi RAM penuh di Windows 10, 8, atau 7 ini, laptop kamu dijamin makin ngebut dan enteng, loh!

3. Lakukan Scan Virus di Laptop

Cara Agar Laptop Tidak Lemot B887b
Sumber foto: hostpapa.ca (Melakukan scan virus sukses sebagai cara mengatasi laptop ngelag karena virus.)

Merasa jarang download file besar tapi RAM laptop malah cepat terkuras dan bikin laptopmu lemot? Bisa jadi laptop kamu diserang virus, geng!

Virus membuat kinerja laptop menjadi lebih ekstra sehingga akan terasa lemot saat digunakan. Salah satu solusi permasalahan ini tentu dengan menginstall software antivirus terbaik.

Setelah install, kamu cukup membuka aplikasinya dan langsung melakukan scanning virus. Jaka sarankan untuk melakukan full scan secara rutin minimal seminggu sekali.

Selain itu, pastikan juga kamu mematikan fitur automatic scan agar antivirus nggak berjalan di background dan malah membuat laptop tambah lemot!

4. Uninstall Software yang Tidak Diperlukan

Cara Memperbaiki Laptop Lemot E999c
Sumber foto: ghacks.net

Laptop lemot padahal baru kamu beli? Saat menggunakan laptop, Jaka yakin kamu pasti sudah install banyak software hingga nggak terhitung jumlahnya, kan?

Kenyataannya, banyak dari software tersebut yang jarang kamu pakai dan ujung-ujungnya malah bikin RAM semakin penuh.

Nah, untuk cara membersihkan memori laptop yang penuh, kamu bisa menghapus software di laptop yang sebenarnya nggak kamu perlukan, geng.

Cara ini bisa kamu lakukan melalui menu bawaan yang terdapat pada Settings atau menggunakan software uninstaller, seperti CCleaner dan lainnya.

5. Gunakan Aplikasi RAM Cleaner

Selanjutnya, kamu juga bisa membersihkan RAM di laptop atau PC kamu dengan menggunakan aplikasi pembersih RAM yang banyak tersedia secara gratis.

Ada banyak rekomendasi aplikasi pembersih RAM komputer, PC atau laptop. Tapi di sini Jaka akan menggunakan aplikasi CCleaner. Ikuti langkahnya di bawah ini!

1. Download aplikasi CCleaner

Download dan install program CCleaner pada laptop atau pada PC yang kamu gunakan. Buat yang belum punya bisa langsung download melalui link di bawah ini.

Download Software CCleaner di sini!

CCleaner_icon
CCleaner 5.55
Apps Cleaning & Tweaking Piriform
DOWNLOAD

2. Buka aplikasi

Setelah proses instalasi selesai, buka program CCleaner. Perhatikan bagian di sebelah kiri, klik bagian mana saja yang ingin kamu bersihkan.

01 3bb53

Jika tidak yakin ingin menghapus file yang mana saja, kamu bisa membiarkan bagian ini. Beberapa ceklis default dari CCleaner sudah cukup baik untuk membersihkan sampah di laptop kamu.

3. Klik tombol Analyze

Setelah selesai memilih file yang mana saja yang ingin dihapus, klik tombol Analyze yang terletak di kiri bawah. Tunggu beberapa saat hingga proses analisa selesai.

02 76119

4. Klik Run Cleaner

Klik Run Cleaner yang ada di sebelah kanan bawah untuk mulai menghapus file yang tidak diperlukan di laptop kamu.

03 392a4

Mudah, kan? Langkah-langkah tadi wajib kamu coba kalau kamu sedang mencari cara mengatasi RAM penuh di Windows 7 maupun versi lainnya agar RAM sedikit lebih lega.

6. Install Ulang OS Windows

Cara Mengatasi Laptop Lemot 795de
Sumber foto: tipstrix.com

Jalan keluar terakhir untuk membersihkan RAM PC atau laptop supaya kinerja makin ngebut adalah dengan melakukan install ulang Windows, geng.

Selain itu, cara ini juga membantumu mengetahui penyebab laptop lemot, seperti error karena software atau hardware, maupun karena update Windows, geng.

Untuk melakukan install ulang OS Windows, Jaka sudah pernah ulas pada artikel sebelumnya. Caranya gampang dan kamu hanya cukup menggunakan flashdisk, loh!

7. Cara Membersihkan RAM Laptop yang Kotor

Ram7 Kotor Custom 3edbe

Sebenarnya, hanya membersihkan bagian internal RAM seperti membersihkan sampah di laptop masih belum cukup untuk membuat kinerja RAM maksimal, loh!

Pasalnya, kamu juga harus rutin membersihkan RAM secara fisik agar laptop nggak cepat panas dan kamu nggak perlu membeli cooling pad laptop.

Untuk itu, kamu bisa mencoba trik paling sederhana, yakni cara membersihkan RAM laptop dengan penghapus pada bagian pin RAM laptop.

Nggak usah berlama-lama, langsung saja praktikkan langkah-langkah membersihkan RAM laptop kotor yang Jaka uraikan di bawah ini, yuk!

  1. Lepas dan buka tabung komputer atau PC. Jika menggunakan laptop, biasanya ada di bagian bawah dan kamu cukup membuka sekerup pengencangnya saja.

  2. Jika sudah terbuka, selanjutnya kamu cari RAM tersebut. Biasanya ada dua jenis, yaitu single RAM dan double RAM.

  3. Jika sudah ketemu, buka pengunci RAM terlebih dahulu. Setelah itu, kamu bisa mulai membersihkan RAM dengan penghapus.

  4. Gunakan penghapus dengan tekstur halus yang nggak mudah hancur untuk menghindari kotoran penghapus terlalu banyak.

  5. Cara menggosoknya cukup satu arah saja, jangan bolak balik. Arah gosok sebaiknya ke luar dari pin RAM untuk meminimalisir risiko pin rusak.

  6. Gosok pin sampai bersih di bagian hitam atau kotoran maupun karat kuningan di pin RAM hilang.

  7. Pasang kembali RAM ke dalam slot secara bersamaan di bagian kanan dan kirinya. Pastikan bahwa RAM nggak miring. Setelah itu, kaitkan kembali pengunci RAM.

Bonus: Cara Cek RAM Laptop

Info mengenai kapasitas RAM dalam sebuah laptop gak seperti info VGA Card dan CPU yang biasanya tertera di stiker yang menempel pada laptop, geng.

Cara paling umum adalah mengecek box laptop tersebut. Tapi, gimana kalau box-nya nggak ada? Tenang! Kamu bisa baca cara cek RAM laptop pada artikel di bawah ini!

Kumpulan 5 Cara Cek Ram Laptop Paling Mudah Gak Perlu Lihat Box 14505
5 Cara Cek RAM Laptop Paling Mudah, Gak Perlu Lihat Box!
Pengen ngecek RAM di laptop tapi bingung karena box-nya sudah hilang? Tenang, Jaka punya beberapa cara cek RAM laptop & PC yang lengkap dan mudah
LIHAT ARTIKEL

Akhir Kata

Nah, itu tadi 7 cara membersihkan RAM laptop yang penuh maupun kotor. Setelah mempraktikkan cara-cara tadi, kinerja RAM dijamin bakal ngebut lagi, deh!

Kalau sewaktu-waktu RAM laptop terkuras lagi, kamu bisa mengulangi cara yang Jaka jelaskan di atas. Pilih saja yang sesuai dengan masalah utamamu, ya!

Baca juga artikel seputar Tech Hack atau artikel menarik lainnya dari Reishatia.

ARTIKEL TERKAIT
Untitled 2 B1fe6
7 Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Tidak Berfungsi | Bisa Normal Lagi!
Laptop Ram 8gb 65f9e
15 Laptop RAM 8GB Murah Terbaik 2021, Spek Tinggi Mulai Rp4 Jutaan!
10 Anti Virus Terbaik Untuk Pc Dan Laptop Dijamin Gratis Dan Bikin Bersih 9d2f6
10 Anti Virus Terbaik untuk PC dan Laptop, Dijamin Gratis dan Bikin Bersih!
Cara Install Windows 10 Menggunakan Flashdisk Ba988
Cara Install Windows 10 dengan Flashdisk | Lengkap dengan Gambar!
D5c5bb6e4addbc05944b6a01bf6171e3 B6e9e
12 Laptop Core i5 Berkualitas Terbaik di 2020, Mulai 5 Jutaan!
Laptop Gaming Murah 67dda
17 Laptop Gaming Murah Terbaik 2021, Main GTA V Lancar Jaya!
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
5 Cara Cek RAM Laptop Paling Mudah, Gak Perlu Lihat Box!
5 Cara Cek RAM Laptop Paling Mudah, Gak Perlu Lihat Box!
Cara Upgrade RAM Laptop Mudah & Anti Gagal, Gak Perlu ke Toko Komputer!
Cara Upgrade RAM Laptop Mudah & Anti Gagal, Gak Perlu ke Toko Komputer!
12 Cara Mengatasi Laptop Lemot Terbaru 2020, Langsung Ngebut!
12 Cara Mengatasi Laptop Lemot Terbaru 2020, Langsung Ngebut!
7 Laptop RAM 4GB Murah dan Terbaik 2020, Cocok Untuk Pelajar & Mahasiswa!
7 Laptop RAM 4GB Murah dan Terbaik 2020, Cocok Untuk Pelajar & Mahasiswa!

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal