J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • APPS
  • GAMES
  • TIPS & TRIK
  • GADGET
  • GOKIL
  • TECH NEWS
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              Jangan Sampai Tertipu! Begini Cara Membedakan Smartphone KW/Replika Dengan Yang Asli

              Jangan Sampai Tertipu! Begini Cara Membedakan Smartphone KW/Replika Dengan Yang Asli

              00
              Kamis, 11 Mei 2017, 12:00 WIB
              Terkadang ponsel palsu yang telanjur beredar di pasaran ini dibuat dengan kualitas yang baik sehingga kamu hampir tidak dapat membedakannya. Berikut ini beberapa tips yang akan membantu kamu mengenali ponsel palsu sebelum telanjur membeliny

              Kamu pasti sudah tahu kalau sekarang ini banyak sekali gadget terutama ponsel dari merek ternama yang memiliki tiruannya. Ponsel-ponsel tiruan ini beredar dengan menggunakan embel-embel KW dan Replika yang artinya sama saja alias PALSU.

              Terkadang ponsel palsu yang telanjur beredar di pasaran ini dibuat dengan kualitas yang baik sehingga kamu hampir tidak dapat membedakannya dengan yang asli. Namun, bila kamu teliti, akan tampaklah perbedaannya. Berikut ini beberapa tips yang akan membantu kamu mengenali ponsel palsu sebelum kamu telanjur membelinya.

              BACA JUGA
              • Ini Bedanya HP Replika, BM, dan Refurbish
              • Nggak Mau Rugi, Apple Jual iPhone Refurbished Secara Resmi!
              • Hal yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Beli Smartphone Refurbish

              Jangan Sampai Tertipu! Begini Cara Membedakan Smartphone KW/Replika Dengan yang Asli

              1. Periksa Kotak Kemasan

              masukkan deskripsi gambar disini
              Sumber foto: Foto: dargadgetz

              Produsen ponsel palsu sering kali mengabaikan desain kemasan, sementara produsen resmi akan selalu menjaga desain dan kemasan barang-barang mereka sendiri secara detail sampai hal terkecil. Cobalah lihat secara seksama paket kemasan ponsel yang hendak kamu beli, kemudian perhatikan kualitas cetaknya. Font sekecil apa pun harus dapat dibaca dan konsisten di mana-mana.

              Perhatikan juga kemasan di dalamnya. Seharusnya sangat presisi, tidak ada yang longgar. Produsen asli selalu menempatkan barang-barang mereka dengan baik di dalam kemasannya sehingga tidak akan rusak selama transportasi. Bahkan, sambungan dan sudut kemasan harus sempurna.

              2. Lihatlah User Manual

              masukkan deskripsi gambar disini
              Sumber foto: Foto: puntocellulare

              Buku manual adalah paspor dari gadget apa pun. Semua informasi penting tentang perangkat harus ada dalam bahasa Indonesia. Jika ditulis dalam beberapa bahasa lain dan kamu tidak bisa membacanya, maka kemungkinan perangkat ponsel itu hasil selundupan atau barang palsu.

              3. Perhatikan Material

              masukkan deskripsi gambar disini
              Sumber foto: Foto: penyakki

              Setiap material, baik itu plastik, karet, atau aluminium, ada yang berkualitas tinggi atau berkualitas rendah. Merek terkenal biasanya tidak menghemat material. Penutup plastik harus mulus, tanpa cacat atau ketidaksempurnaan lainnya.

              Jika kamu memperhatikan dengan teliti dan lebih dekat pada barang palsu, kamu akan dengan mudah menyingkap bahwa material yang digunakan biasanya berupa plastik murah dengan nuansa matte dan permukaan yang tidak merata.

              4. Perhatikan Logo Atau Font

              masukkan deskripsi gambar disini
              Sumber foto: Foto: penyakki

              Sebuah logo adalah wajah atau etalase untuk merek apa pun dan harus mendapat perhatian khusus. Produsen asli biasanya selalu membuat logo tercetak yang tidak mudah rusak. bahkan setelah beberapa tahun penggunaan, logo akan tetap mudah dikenali.

              Semua font dan simbol atau logo pada ponsel asli harus mulus, mudah dibaca, dan tahan lama. Ini sering terjadi dengan barang palsu yang sering kali mencetak logo dengan kualitas rendah, mudah terkelupas, bahkan kadang salah dalam penulisannya.

              5. Periksa Charger

              masukkan deskripsi gambar disini
              Sumber foto: Foto: penyakki

              Charger harus sesuai untuk digunakan di negara Indonesia. Jika kamu tinggal di Eropa, harus ada blok khusus untuk soket Eropa. Jika kamu harus membeli adaptor atau bahkan charger terpisah, itu adalah tanda peringatan.

              Charger asli tidak akan memiliki sambungan antara bagian plastik yang tidak rapi, lain halnya dengan yang palsu. Ingat, produsen asli bertanggung jawab untuk keselamatan kamu saat menggunakan gadget mereka. Itu sebabnya charger asli selalu memiliki logam yang rapi dan isolasi yang berkualitas.

              6. Periksa Kabel dan Colokan

              masukkan deskripsi gambar disini
              Sumber foto: Foto: penyakki

              Kualitas kabel adalah salah satu tanda-tanda paling jelas dari produk palsu. Pada produk asli, colokan kabel akan terpasang dengan kuat pada soketnya, sementara di produk palsu kamu akan melihat sudut yang tidak sempurna dan bagian yang longgar. Kadang-kadang panjang plug tidak sama dengan kedalaman soket.

              Juga, perhatikan kualitas isolasi dan simbol-simbol di atasnya. Kabel harus fleksibel dan font serta simbol-simbolnya mudah dibaca dan tidak cepat luntur.

              Jadi, sekarang kamu sudah tahu kan cara membedakan gadget asli dengan yang palsu? Jangan sampai tertipu ya. Punya pengalaman menggunakan produk yang ternyata palsu? Jangan sungkan bagikan pengalamanmu di kolom komentar di bawah ini ya. Semoga bermanfaat!

              APPS TERKAIT
              Babe - Baca Berita 7.6.2
              Apps Mainspring
              Phone Tester (hardware info) 2.0.6
              Apps Miguel Torres
              Headphones Equalizer 2.0.8
              Apps ManyThingsDev
              CamScanner -Phone PDF Creator 3.4.0.20140624
              Apps IntSig Information Co.,Ltd
              Komentar
              BERIKAN KOMENTAR
              Langganan Artikel
              Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!