J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Bahaya Sindrom Visi Komputer, Ini Cara Melindungi Mata di Depan Komputer

Bahaya Sindrom Visi Komputer, Ini Cara Melindungi Mata di Depan Komputer

Kamis, 20 Apr 2017, 12:00 WIB
gangguan pada mata yang disebabkan oleh penggunaan komputer yang berlebihan dan disebut Computer Visi Syndrome (CVS) atau sindrom visi komputer.

Apakah pekerjaan kamu setiap hari menatap layar komputer? Jika iya, tentunya kamu sering mengalami mata lelah, iritasi mata, mata merah, dan pandangan agak kabur. Bahkan, ada pula yang sampai sakit kepala.

Gejala-gejala tersebut merupakan gangguan pada mata yang disebabkan oleh penggunaan komputer yang berlebihan dan disebut Computer Visi Syndrome (CVS) atau sindrom visi komputer. Sindrom ini memengaruhi sekitar 64 sampai 90 persen pekerja kantoran.

BACA JUGA
  • AWAS! Siap-Siap Kena 5 Penyakit ini Jika Terlalu Lama di Depan Komputer
  • Cara Menjadikan Android Sebagai Monitor Komputer (Gratis) 100% WORK!
  • Tes Kejelian Mata! Ini Foto Asli Atau Gambar Komputer Ya?

Waspadai Sindrom Visi Komputer, Jika Terlalu Lama di Depan Komputer

Sindrom visi komputer memang penyakit di era modern yang tak bisa dihindari. Namun jangan biarkan itu terus menerus terjadi, karena tidak menutup kemungkinan muncul gangguan mata yang lebih serius seperti mata minus, katarak, dan glaukoma.

Ada beberapa hal yang menurut para ahli dapat kamu lakukan untuk meminimalkan resiko dari sindrom visi komputer akibat menatap layar sepanjang hari. Berikut adalah empat tips yang bisa kamu terapkan, yang akan membuat perbedaan besar.

1. Perbesar Ukuran Font

Perbesar Ukuran Font

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan untuk mencegah sindrom visi komputer adalah dengan memperbesar font teks di komputer kamu atau melakukan zoom di program komputer.

Kamu juga bisa menyetel ukuran font di smartphone menjadi besar. Atur pula warna dan kontras yang paling nyaman bagi kamu.

Pasalnya, ukuran huruf yang kecil akan membuat mata kamu bekerja ekstra untuk membaca. Hal ini juga membuat jarak mata dengan layar lebih dekat.

Tips Kerja Di Depan Komputer
7 Tips Agar Mata Tidak Rusak Ketika Berada di Depan Komputer
Kebanyakan orang yang menghabiskan sebagian besar waktu di depan layar komputer, berikut tips menjaga kesehatan mata di depan komputer, tips kerja di depan komputer, dan posisi duduk yang benar di depan komputer.
LIHAT ARTIKEL

2. Jangan Lupa Berkedip

Jangan Lupa Berkedip

Tahu kah kamu? Orang yang menggunakan komputer berkedip 66 persen lebih sedikit dibandingkan mereka yang tidak. Pengguna komputer rata-rata berkedip tujuh kali per menit, tingkat normalnya adalah dua puluh kali per menit.

Alhasil, mata jadi kering sehingga cepat lelah dan kemerahan. Tentu saja, kadang kita suka lupa. Namun, usahakan kedipan mata sebagai kebiasaan sehingga bisa dilakukan tanpa sadar.

3. Sesuaikan Kecerahan Layar

Sesuaikan Kecerahan Layar

Atur tingkat kecerahan layar sesuai dengan kondisi ruangan. Jika cahaya sekitar ruangan gelap, atur layar supaya tidak terlalu silau. Sebaliknya, jika cahaya sekitar terang, kamu bisa sedikit meninggikan tingkat kecerahan layar.

Untuk menjaga kesehatan mata. Selain menyesuaikan kecerahan layar, kamu juga harus membuat tampilan layar lebih hangat dengan warna cenderung kuning.

Dengan begitu, dapat membuat mata kamu lebih nyaman. Khususnya buat kamu yang sering menggunakan komputer hingga larut malam. Caranya bisa kamu baca di artikel berikut.

Lindungi Mata Begini Cara Mengaktifkan Fitur Blue Light Pada Komputer
Sayangi Mata Begini Cara Mengurangi Efek Buruk Layar Komputer
Untuk kamu yang sering berada di depan layar monitor, berikut ini Jaka jabarkan cara mengurangi efek buruk layar komputer untuk menjaga kesehatan mata kamu..
LIHAT ARTIKEL

4. Terapkan aturan 20-20

Terapkan Aturan 20 20

Jaka tau, kita semua sibuk dan harus menyelesaikan pekerjaan dengan cepat. Namun, jangan lupa untuk terapkan aturan 20-20.

Jadi, setelah 20 menit bekerja di depan layar, ambil 20 detik untuk beranjak. Kamu bisa melakukan perenggangan otot-otot, pergi ke toilet, mengambil minum, atau sekadar melihat sekeliling.

Intinya, buat mata kamu fokus ke objek lain yang jaraknya cukup jauh selain layar. Ini akan membantu merenggangkan otot-otot mata kamu sehingga tidak tegang. Terapkan terus aturan 20-20 ini untuk menghindari mata lelah.

Akhir Kata

Dengan mengetahui bahaya resiko akibat sindrom visi komputer, diharapkan kamu bisa melakukan berbagai upaya pencegahan untuk melindungi mata kamu sebelum terlambat. Selamat mencoba ya.

Baca juga artikel seputar Komputer atau tulisan dari Lukman Azis lainnya.

ARTIKEL TERKAIT
Dari Goole Pixel 2 Ini 20 Smartphone Bezel Less Bezel Tipis Terbaik 2017

Dari Goole Pixel 2, Ini 20 Smartphone Bezel-less (Bezel Tipis) Terbaik 2017

Inilah Data Yang Dimata Matai Microsoft Di Windows 10 Creators Update

Inilah Data yang Dimata-matai Microsoft di Windows 10 Creators Update

5 Fitur Samsung Galaxy S8 Yang Tidak Bakal Kamu Temui Di Iphone 7

5 Fitur Samsung Galaxy S8 yang Tidak Bakal Kamu Temui di iPhone 7

Mengatasi Masalah Windows 10

Cara Mengatasi Masalah pada PC/Laptop Windows 10

APPS TERKAIT
Capsa Royale Icon
Capsa Royale 3.1.1
Games 88 Entertaiment
Jalantikus Icon
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
Babe Baca Berita Indonesia Icon
Babe - Baca Berita 7.6.2
Apps Mainspring
Dress Up Diary Icon
Dress Up Diary 1.3.43
Games Maingames
Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal