J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

5 Cara Melihat Tipe Laptop dengan Lengkap & Mudah, 100% Akurat!

5 Cara Melihat Tipe Laptop dengan Lengkap & Mudah, 100% Akurat!

Minggu, 21 Jun 2020, 20:00 WIB
Kepo dengan tipe laptop yang kamu pakai sekarang? Buka artikel ini untuk mengetahui cara cek tipe laptop yang lengkap dan akurat!

Pernah nggak sih kamu kepo untuk melihat tipe laptop yang kamu gunakan? Jika pada bagian luar atau body, kamu pasti hanya akan melihat merek laptop ataupun logonya saja, sementara untuk tipe dan spesifikasi hanya baru ketahuan saat melihat di sistem operasinya.

Apalagi di luar sana banyak sekali laptop rakitan yang mungkin bisa saja menipu kamu ketika kamu ingin membeli laptop second.

Nah, kali ini Jaka akan memberi tahumu cara melihat tipe laptop yang kamu gunakan, khususnya di Windows bermerk Asus, Dell, Acer, MSI, Lenovo, maupun HP. Berikut ulasannya!

Cara Melihat Tipe Laptop

Seiring berkembangnya zaman, laptop yang kita gunakan makin canggih dan modern. Bisa jadi, laptop yang kamu pakai memiliki kualitas yang bagus biarpun harganya murah.

Cara mengetahuinya nggak cuma dengan melihat bodynya saja, namun juga harus melihat tipe laptop yang kita pakai. Penasaran cara cek tipe laptop secara lengkap, cepat, mudah, dan akurat? Ini dia panduannya!

1. Melalui DXDIAG (DirectX Diagnostic)

Singkatnya, DXDIAG berfungsi untuk mengetahui system information yang dimiliki oleh PC ataupun laptop mu.

Ini adalah cara paling gampang untuk melihat tipe laptop, di samping kamu juga akan menemukan info seputar RAM, BIOS, Prosesor, hingga Sistem Operasi yang digunakan di device mu. Berikut caranya!

  • Buka Run, lalu ketik dxdiag, kemudian Enter. Atau bisa juga klik Start > ketik dxdiag > klik aplikasi dxdiag yang muncul.
  • Nanti, kamu bakal menemukan jendela berisi spesifikasi laptop. Terus di mana kamu bisa menemukan tipe laptopnya? Silakan lihat yang Jaka tandai di bawah.

2. Melalui System Information

Cara lainnya yang nggak kalah mudah adalah melalui System Information. Di sini, kamu juga bisa mengetahui merk laptop terbaik yang kamu gunakan, mulai dari Asus, Dell, Acer, MSI, Lenovo, maupun HP.

Selain itu, kalau kamu mencoba cara cek laptop dengan cara ini, kamu akan mendapat informasi yang lebih lengkap seputar RAM, BIOS Mode, BIOS Version, Sistem Operasi, Prosesor, hingga tipe laptop yang dipakai.

Langsung aja, tanpa perlu berlama-lama, berikut caranya!

  • klik Start lalu ketik System Information, kemudian klik.
  • Secara default, kamu bakal langsung diarahin ke System Summary. Kamu bakal melihat tipe laptop dan berbagai macam informasi lainnya seperti di bawah ini.

3. Melalui Command Prompt (CMD)

Ternyata cara cek tipe laptop juga bisa dilakukan dengan menggunakan Command Prompt, loh! Nantinya, informasi yang kamu dapat juga terbilang lengkap dan akurat.

Selain itu, lewat cara ini, kamu juga bisa mengetahui apakah laptopmu masih layak digunakan atau nggak. Jika sudah merasa ketinggalan zaman tapi malas beli baru, kamu bisa mencoba tips dan trik untuk meningkatkan performa laptop seperti baru.

Buat kamu yang kepo cara melihat tipe laptop dengan CMD, berikut caranya!

  • Pertama, buka Command Prompt di laptopmu.
  • Setelah itu, ketikkan systeminfo, kemudian tekan Enter.
  • Tunggu proses hingga selesai. Nanti kamu bisa melihat tipe laptop pada bagian System Model seperti di bawah ini.

4. Melalui BIOS

Sumber foto: HP Support

Buat kamu yang belum tahu, Basic Input Output System (BIOS) adalah sebuah program dasar pada sistem komputer. Fungsinya adalah mengatur beberapa settings pada perangkat keras PC atau laptop.

Untuk masuk ke pengaturan BIOS sendiri sebenarnya nggak sulit kok, geng. Kamu hanya butuh menekan tombol tertentu pada keyboard di saat proses booting agar bisa masuk BIOS.

Biasanya, tombol yang paling sering digunakan untuk masuk ke BIOS adalah F2, F12, Del, F1, ataupun Fn+F2. Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa membaca panduan cara masuk BIOS pada PC atau Laptop yang sudah Jaka tulis di sini.

5. Melihat Dus atau Pembungkus Laptop

Sumber foto: MCS Technology

Mau tahu cara paling praktis untuk melihat seri ataupun tipe pada laptop? Cari aja informasinya pada dus atau pembungkus laptopmu, geng!

Nantinya kamu bakal menemukan informasi yang amat lengkap tentang laptop yang kamu pakai, termasuk tahun produksi dan pembeliannya. Biasanya infonya akan lebih lengkap tertulis di manual book.

Cara ini sangat bermanfaat bagi kamu yang ingin melihat tipe laptop tanpa menyalakannya, apalagi di saat laptopmu lagi rusak dan kamu butuh membeli sparepart laptop secara urgent. Jadi, jangan dibuang ya!

Akhir Kata

Demikianlah penjelasan Jaka mengenai cara melihat tipe laptop Windows dengan lengkap dan akurat. Selamat mencoba!

Baca juga artikel seputar Tech Hack atau artikel menarik lainnya dari Diptya.

ARTIKEL TERKAIT

10 Aplikasi Sadap HP Android Terbaik 2020, Gak Bakal Ketahuan!

10 Aplikasi Pelacak HP Paling Akurat 2020, Bisa Pantau HP Pacar!

10 Cara Mempercepat Koneksi Internet Google Chrome di PC

4 Cara Mempercepat Download Game di Steam Hingga 10 Kali Lipat

Daftar Harga Paket Internet Unlimited All Operator Terbaru 2020

Cara Menyadap Panggilan Telepon Pasangan di HP Android, Ampuh 100%!

Tags Terkait:

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal