J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Cara Melihat Harga Saham di IDX Terbaru 2021 dan Paling Mudah

Kamis, 25 Feb 2021, 15:00 WIB
Ingin melihat perkembangan harga saham di Indonesia terbaru? Yuk, ikuti cara melihat harga saham di IDX (Indonesia Stock Exchange) berikut ini!

Apakah kamu ingin membeli saham baru untuk menuhin portofolio? Sebaiknya, kamu mengetahui dulu cara melihat harga saham di IDX.

Sebagai seorang investor, melakukan analisis teknikal dan fundamental suatu saham tentu menjadi hal penting yang tak boleh dilewatkan agar bisa meraih cuan besar.

Namun, jauh sebelum ke arah situ, kamu juga perlu tahu berapa harga saham yang ingin dibeli untuk dapat menilai harga wajarnya dan apakah memang worth it untuk dibeli.

Lalu, bagaimana sih caranya? Langsung saja simak pembahasan cara melihat daftar harga saham perusahaan yang terdaftar di BEI berikut ini.

Apa Itu Saham?

Sebelum masuk ke pembahasan cara melihat harga saham, akan lebih baik lagi kalau kamu mengenal terlebih dulu apa itu saham.

Pada dasarnya, saham adalah surat berharga yang berisi bukti kepemilikan individu atau instansi pada suatu perusahaan perseroan terbatas, yang kemudian diterbitkan oleh pemilik perusahaan.

Tujuan dari penerbitan saham itu sendiri adalah untuk menghimpun dana dari masyarakat dengan perantara IDX dan sekuritas (pialang saham).

Dengan begitu, para investor pun memiliki klaim atas pendapatan perusahaan, klaim atas asset perusahaan, dan berhak hadir dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

Saat ini, saham menjadi salah satu jenis intrumen investasi yang paling banyak diminati karena dianggap menguntungkan dan bisa menghasilkan cuan besar.

Cara Melihat Harga Saham di IDX

Cara Melihat Harga Saham Di Idx Terbaru 985f4

Sebagai calon investor mandiri yang ingin mengetahui perkembangan pasar saham di Indonesia, selalu melihat harga saham di IDX menjadi syarat mutlak.

Untungnya, kamu bisa kok melihat harga saham di IDX dengan mudah secara online asalkan kamu memiliki kuota internet yang cukup. Hanya dengan berkunjung ke website resmi IDX, kamu pun sudah bisa melihat harga-harga saham perusahaan di Indonesia.

Untuk caranya sendiri, kamu bisa langsung ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Buka website resmi IDX (https://www.idx.co.id/).
  2. Pilih menu Data Pasar, kemudian ke menu Ringkasan Saham.
  3. Tentukan tanggal serta filter pencarian yang diinginkan.
  4. Klik tombol Cari.
  5. Lihat harga saham pada tabel yang disajikan.

Melalui situs IDX ini kamu juga bisa melihat harga saham terendah ataupun tertinggi dari masing-masing emiten pada tanggal tersebut.

Namun, perlu digaris bawahi, bahwa harga saham yang ditampilkan pada situs IDX ini bukanlah harga real-time melainkan ringkasan saham pada tanggal yang kamu pilih tersebut.

Cara Melihat Harga Saham di Google

Cara Cek Harga Saham Terbaru Di Google 42294

Selain melalui situs IDX, kamu juga bisa mengecek harga saham suatu emiten melalui mesin pencarian Google.

Metode satu ini dapat menjadi alternatif terbaik kalau kamu hanya ingin melihat harga saham emiten tertentu saja, bukan semua yang terdaftar pada BEI.

Selain lebih praktis, cara cek harga saham di Google pun sangat mudah. Kamu bisa mengikuti langkah-langkahnya di bawah ini:

  1. Buka aplikasi browser di HP atau laptop.
  2. Ketikkan kode saham pada kolom pencarian Google.
  3. Lihat ringkasan harga saham yang ditampilkan.

Bukan hanya dapat melihat harga suatu saham dalam periode waktu sehari, kamu juga bisa menarik mundur durasinya menjadi 5 hari atau bahkan 5 tahun ke belakang.

Namun, biasanya harga saham yang ditampilkan delay alias tidak real-time, sehingga kamu perlu mengeceknya kembali dari aplikasi investasi saham yang digunakan pada saat jam pasar saham buka.

Cara Melihat Harga Saham di Yahoo Finance

Cara Lihat Harga Saham Di Pc Online 9ffe6

Yahoo Finanace adalah salah satu situs media informasi dan layanan email terkenal yang bisa kamu gunakan untuk melihat harga saham.

Selain harga, di sini kamu juga akan disajikan dengan sejumlah berita yang berkaitan dengan emiten tersebut, loh. Jadi, kamu bisa sekalian melakukan analisis terhadap perkembangan terbaru perusahaan tersebut.

Tidak cukup sampai di situ, ada juga menu pendukung lainnya seperti Chart, Conversation, Statistics, Historical Data, Profile, dan lain-lain yang bisa kamu cari tahu infonya. Lengkap banget, deh!

Berikut ini beberapa langkah yang harus kamu ikuti untuk melihat harga saham di Yahoo Finance:

  1. Buka aplikasi browser di HP atau komputer.
  2. Kunjungi website Yahoo Finance di (https://finance.yahoo.com/).
  3. Tulis kode saham di kolom Search dan tekan Enter.
  4. Lihat informasi harga saham yang ditampilkan.

Melihat Saham melalui Aplikasi RTI Business

Tren penggunaan aplikasi untuk investasi kini semakin meningkat, bahkan aplikasi trading saham pun nggak kalah banyak dicari untuk mendapatkan keuntungan dalam jangka pendek.

Namun, memilih untuk investasi saham, berarti kamu harus bersedia belajar lebih giat lagi untuk menganalisis performa perusahaan yang ingin kamu beli sahamnya.

Tujuannya, tentu agar bisa mendapatkan return maksimal dengan risiko minimal. Kamu juga jadi bisa terhindar dari saham-saham gorengan yang sering kali bikin jantungan.

Nah, aplikasi RTI Business adalah salah satunya yang bisa kamu gunakan untuk belajar menganalisa performa perusahaan serta melihat harga saham terbarunya.

Kalau kamu masih belum paham cara penggunaannya, berikut Jaka berikan langkah-langkah cara cek harga saham melalui aplikasi RTI Business:

  1. Download dan buka aplikasi RTI Business.

  2. Ketuk ikon menu Search dan ketikkan kode saham yang ingin dilihat harganya, lalu Enter.

  3. Lihat harga saham pada informasi yang ditampilkan.

Cara Melihat Harga Saham Di Idx Di Hp 5dacf

Aplikasi ini juga bisa kamu gunakan sebagai alternatif cara melihat harga saham di IDX dengan memilih menu Market. Harga yang ditampilkan pun real-time pada saat jam pasar saham dibuka.

Akhir Kata

Itulah kumpulan cara melihat harga saham di IDX, Google, Yahoo Finance, dan melalui aplikasi di HP yang bisa kamu lakukan saat ini.

Mengecek harga saham wajib banget buat kamu lakukan sebelum memutuskan untuk membelinya. Karena dengan begitu, kamu bisa melakukan anilisa lebih dalam lagi mengenai kelayakannya untuk dibeli sekarang atau tidak.

Pastinya kamu nggak mau, kan, cut loss saham emiten tertentu karena beli di harga pucuk? Semoga informasi dari Jaka kali ini membantu, ya. Selamat mencoba!

Baca juga artikel tentang Out of Tech dari Nabila Ghaida Zia

ARTIKEL TERKAIT
Untitled Design 2021 01 13t221152 080 22b7f
10 Cara Main Saham untuk Pemula, Jangan Takut Gagal Lagi!
Aplikasi Saham A449c
7 Aplikasi Saham Online Terbaik 2021, Terdaftar di OJK!
Aplikasi Simulasi Trading Saham Android C16e4
8 Aplikasi Simulasi Trading Saham Terbaik untuk Android
Cara Bermain Saham Dengan Modal Kecil 518be
Cara Investasi Saham Online untuk Pemula, Lengkap dengan Tips Biar Cuan!
Tips Menabung Untuk Pelajar 82f03
11 Tips Menabung untuk Pelajar SD, SMP, dan SMA/SMK | Cepat Terkumpul Banyak
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal