J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Cara Melihat Barcode WhatsApp di Android & iPhone Paling Mudah

Cara Melihat Barcode WhatsApp di Android & iPhone Paling Mudah

Minggu, 21 Jun 2020, 21:00 WIB
Barcode atau QR Code bisa memudahkanmu untuk mengakses suatu aplikasi hanya dengan memindai kodenya saja. Tapi, bagaimana cara melihat barcode WhatsApp?

Hingga saat ini, WhatsApp menjadi salah satu aplikasi chatting terbaik dan terpopuler. Bahkan, aplikasi ini sudah digunakan oleh lebih dari 1 miliar orang di dunia.

WhatsApp nggak hanya bisa diakses melalui Android, tapi juga dari laptop atau PC. Kamu pun bisa dengan mudah chatting sambil kerja dengan membuka WA di laptop yang kamu gunakan.

Tapi, untuk bisa mengakses WA lewat perangkat laptop atau PC, kamu memerlukan barcode, geng. Lalu, bagaimana cara melihat barcode WA? Yuk, simak penjelasan berikut ini!

Pengertian Barcode WhatsApp

Barcode merupakan susunan garis vertikal berwarna hitam dan putih dengan ketebalan yang berbeda. Meski terlihat simple, tapi kode ini sangat berguna.

Kode ini berguna untuk menunjukkan data yang dapat terbaca oleh mesin, dan salah satu cara membacanya adalah dengan memindai atau melakukan scan.

Barcode ini juga bisa disebut dengan nama kode batang, tapi lebih populer dengan sebutan QR code. Saat in, kamu bisa memindai QR code dari HP.

Ternyata, barcode juga sering dilihat pada berbagai aplikasi, salah satunya pada aplikasi Whatsapp. Biasanya, barcode digunakan saat akan mengakses WA pada PC ataupun laptop.

Tapi, masih banyak orang yang belum mengetahui fungsi barcode maupun cara melihat barcode WA di Android maupun iPhone. Apakah kamu salah satunya?

Fungsi Barcode WhatsApp

Saat kamu ingin menggunakan WhatsApp Web di PC atau laptop, kamu harus memindai barcode WhatsApp terlebih dahulu. Tapi lebih dari itu, ada fungsi barcode WA yang perlu kamu tahu.

1. Akses Akun

Fungsi utama dari barcode Whatsapp adalah untuk akses masuk ke akun yang kamu miliki. Barcode harus dipindai oleh pemilik akun saat ingin membuka aplikasi Whatsapp Web.

Sebelum bisa diakses, kamu akan diminta untuk melakukan scan dari HP yang berisi akun utama Whatsapp milikmu. Tujuannya agar mendapat izin untuk mengkases akun tersebut.

Dengan cara ini, orang lain yang nggak mengetahui akun WhatsApp milikmu nggak akan bisa mengakses akunmu. Singkatnya, barcode tersebut cuma bisa dipindai melalui HP pemilik akun.

2. Keamanan Akun

Fungsi di poin pertama tadi sudah cukup menunjukkan bahwa barcode WhatsApp berfungsi untuk keamanan akun. Tapi, agar lebih aman, barcode akan terus berubah.

Perubahan bentuk barcode di WhatsApp Web berguna untuk keamanan pengguna akun Whatsapp. Karena selalu berubah, setiap barcode pun hanya bisa digunakan sekali.

Barcode yang ditampilkan di PC atau laptop bersifat dinamis. Jadi setelah ditampilkan, kamu bisa langsung memindainya untuk login ke akun WhatsApp.

Cara Melihat Barcode WhatsApp

Sebenarnya, cara melihat barcode WhatsApp sendiri bisa dilakukan dengan mengakses WhatsApp Web. Biar lebih jelas, simak penjelasannya berikut ini!

- Langkah 1: Buka WhatsApp Web pada aplikasi browser di PC atau laptop. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi WhatsApp Web.

Kamu bisa download aplikasi WhatsApp Web pada tautan di bawah ini.

Whatsapp Web Icon
WhatsApp Web 0.4.315
Apps Productivity WhatsApp Inc.
DOWNLOAD

- Langkah 2: Setelah dibuka, kamu akan langsung melihat barcode yang harus dipindai untuk masuk ke akunmu.

Code1 Custom 5e61f

- Langkah 3: Buka aplikasi WhatsApp di HP. Klik tanda titik tiga di pojok kanan atas layar. Kemudian, pilih menu WhatsApp Web.

Code3 Custom Aaad9

- Langkah 4: Klik tombol + di bagian pojok kanan atas. Setelah itu, kamu bisa langsung pindai barcode WhatsApp di WhatsApp Web tadi.

Code4 Custom A4ca9

- Langkah 5: Setelah berhasil, kamu akan masuk ke aplikasi WhatsApp versi desktop. Semua chat pun akan ditampilkan dengan lengkap.

Code5 Custom A452d

- Langkah 6: Pada HP juga kamu bisa melihat informasi perangkat apa saja yang terhubung pada akun WhatsApp milikmu.

Code6 Custom Bcf0f

Mudah, kan? Melihat barcode WhatsApp bisa dilakukan melalui WhatsApp Web. Tapi ingat, barcode tersebut akan berubah dalam beberapa menit, geng.

Selesai menggunakan WhatsApp Web, sebaiknya kamu langsung logout akun agar nggak ada orang lain yang menggunakannya. Tapi kalau menurutmu aman, kamu nggak perlu logout.

Cara Membuat Barcode WhatsApp

Kamu mungkin berpikir apakah ada cara membuat QR Code WhatsApp milikmu sendiri agar orang lain cukup memindainya saat ingin menghubungimu via WA.

Jawabannya, bisa. Kamu bisa membuat barcode WhatsApp milikmu sehingga orang lain bisa menghubungi WA-mu hanya dengan memindai barcode tersebut.

- Langkah 1: Buat link WhatsApp terlebih dahulu. Caranya dengan mengetikkan https://wa.me/62xxx(nomor WA milikmu). Misalnya https://wa.me/6281234567890.

- Langkah 2: Install aplikasi Barcode Generator.

- Langkah 3: Selesai diinstall, buka aplikasinya. Klik tombol plus (+) di pojok kanan bawah. Lalu, klik tombol Add Code.

Qr1 Custom Aaf59

- Langkah 4: Pilih opsi QR Code. Lalu tekan Text.

Qr2 Custom 5bd77

- Langkah 5: Masukkan link WhatsApp milikmu tadi di kolom QR Code. Kamu juga bisa menambahkan deskripsi dan label. Setelah itu, klik tombol centang di pojok kanan atas.

- Langkah 6: QR Code WhatsApp milikmu akan muncul. Klik tombol Save di atas untuk menyimpannya di HP.

Qr3 Custom 4264e

Mudah banget, kan? Dengan QR code ini, orang lain cukup memindainya saat ingin menghubungimu via WhatsApp. Jadi, gak perlu lagi save nomor di kontak terlebih dahulu!

Bonus: Cara Membuat Link WhatsApp

Pernahkah kamu mendengar fitur WhatsApp yang bernama "Click to Chat"? Fitur ini biasanya dipakai para pelaku bisnis yang hendak berkomunikasi dengan calon konsumennya.

Tanpa perlu repot-repot memasukkan nomor telepon baru, calon konsumen bisa menghubungi WhatsApp hanya dengan mengeklik link WA yang diberikan.

Nah, kira-kira gimana sih cara membuat link WA tersebut? Untuk tutorial selengkapnya, kamu bisa klik artikel di bawah ini!

Coverpage 5745c
Cara Membuat Link WhatsApp Ke Chat Langsung Buat Media Sosialmu
Bingung cara membuat link WA buat konsumen Olshop atau Instagrammu? Jangan khawatir, berikut cara membuat link Whatsapp paling gampang!
LIHAT ARTIKEL

Akhir Kata

Itu tadi cara melihat barcode WhatsApp yang bisa kamu lakukan dengan mudah. Tapi, barcode tersebut akan terus berubah dalam beberapa menit.

Setelah mengetahui barcode WA, kamu bisa langsung memindainya melalui HP untuk bisa mengakses WhatsApp Web, geng. Gampang banget, kan?

Baca juga artikel seputar Tech Hack atau artikel menarik lainnya dari Tia Reisha.

ARTIKEL TERKAIT
Cara Menggunakan Whatsapp Web Terbaru Banner 99174

WhatsApp Web (WA Web): Download & Cara Menggunakan WA di Laptop

Banner 1d624

Cara Membuat Status WhatsApp Selalu Online, Eksis 24 Jam!

10 Whatsapp Mod Apk Dengan Fitur Terbaik 2020 Bisa Dark Mode 67ef9

10 WhatsApp MOD APK dengan Fitur Terbaik 2020, Bisa Dark Mode!

1 Hp 2 Wa 3934f

4 Cara Menggunakan 1 HP 2 WA Sekaligus, Ga Usah Beli HP Baru!

Cara Untuk Menyembunyikan Status Online Yang Ada Di Whatsapp 1 1280x720 A9188

Cara Mengetahui Teman Sedang Online di WhatsApp, Bisa Buat Stalking!

Cara Merekam Video Call Whatsapp 3918f

Cara Merekam Video Call WhatsApp dengan Mudah | 100% Works!

Tags Terkait:

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal