J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Cara Investasi Emas di Pegadaian Langsung Lewat HP Android

Cara Investasi Emas di Pegadaian Langsung Lewat HP Android

Selasa, 25 Sep 2018, 14:30 WIB
Pegadaian bukan cuma tempat gadai barang. Kini kamu juga bisa buka tabungan emas lho. Kalau tertarik simak artikel cara investasi emas di Pegadaian ini ya!

Bagi siapapun yang ingin mengamankan aset keuangan mereka, investasi di sektor emas bisa jadi pilihan. Investasi emas bisa dilakukan melalui berbagai lembaga, salah satunya adalah Pegadaian.

Pegadaian sendiri punya 3 produk investasi emas. Buat kamu yang masih pemula, Pegadaian punya produk yang sangat sesuai lho.

Tertarik? Kalau iya, simak artikel cara investasi emas di Pegadaian dari Jaka ini ya!

BACA JUGA
  • 5 Aplikasi Investasi Emas Online Cocok untuk Pemula
  • Tips Cara Investasi Bitcoin Mudah Untuk Pemula
  • Aplikasi Penghasil Emas! Ini Cara Investasi dan Jual Beli Emas di Smartphone

Penjelasan Lengkap Produk Investasi Emas dari Pegadaian


Sebelum masuk ke cara investasinya, ada beberapa hal yang harus kamu ketahui dulu. Berikut daftar pembahasan dari artikel ini :

  1. Macam-Macam Investasi Emas Pegadaian
  2. Kelebihan dan Kekurangan Investasi Emas Pegadaian
  3. Persyaratan Buka Tabungan Emas
  4. Cara Investasi Emas Pegadaian lewat HP Android

Ada 3 Macam Investasi Emas yang Disediakan Pegadaian

Sebelum mulai investasi emas kamu harus pahami dulu 3 produk yang dimiliki oleh Pegadaian. Setelah mengetahuinya, baru tentukan investasi mana yang cocok dengan kondisi serta kebutuhan kamu.

1. Program Mulia

Cara Investasi Emas Di Pegadaian 10 6dd3d

Sumber foto: Website Resmi Pegadaian

Mulia merupakan layanan penjualan emas batangan yang bisa kita dapatkan secara tunai maupun kredit. Kamu bisa membeli emas secara perseorangan atau patungan dengan orang lain.

Emas batangan yang disediakan mulai dari berat 5 gram sampai 1 kilogram. Jika membeli secara kredit kamu bisa memilih jangka waktu angsuran mulai dari 3 bulan sampai 36 bulan.

Untuk bisa berinvestasi melalui program mulia kamu harus datang ke kantor cabang Pegadaian yang ada di sekitar kamu.

2. Konsinyasi Emas

Konsinyasi emas ini mirip dengan gadai artinya kamu menjual emas yang kamu miliki ke pihak Pegadaian. Setelah itu Pegadaian akan menjual emas tersebut ke orang lain, dan kamu akan mendapat keuntungan dari penjualan tersebut.

Cara Investasi Emas Di Pegadaian 12 3fea0

Sumber foto: Website Resmi Pegadaian

Pembagian keuntungannya sendiri 1/3 untuk pemilik emas dan 2/3 untuk Pegadaian. Emas tersebut masih tercatat sebagai aset pribadi milikmu. Jadi kamu masih bisa mengambil kembali emas tersebut setelah kontrak berakhir.

Syarat melakukan investasi melalui program ini kamu harus membawa fotocopy identitas diri (KTP/SIM/Passport) yang masih berlaku, kuitansi pembelian emas atau Berita Acara Serah Terima Emas yang dibeli di Pegadaian, serta mengisi dokumen pengajuan konsinyasi dan Materi 6000 (sebanyak 2 lembar). Semua ini harus dilakukan di kantor cabang Pegadaian terdekat.

3. Tabungan Emas

Tabungan emas ini mirip dengan tabungan biasa. Bedanya ketika kamu menabung, uang yang kamu setorkan akan dikonversikan ke dalam besaran gram. Kamu bisa menabung mulai dari 0,01 gram atau saat ini (24 September 2018) seharga RP 6120.

Harga emasnya akan selalu berubah mengikuti harga emas dunia. Kamu juga bisa mencetak saldo tabungan emas kamu menjadi emas batangan. Tabungan emas ini sangat Jaka rekomendasikan untuk kamu yang baru memulai investasi emas.

Cara Investasi Emas Di Pegadaian 11 8d0b6

Sumber foto: Website Resmi Pegadaian

Tabungan emas ini sangat mudah, bahkan bisa mendaftar lewat aplikasi android. Oleh karena itu kali ini Jaka akan membahas tabungan emas ini lebih dalam. Mulai dari persyaratan hingga cara membuka tabungan emas lewat aplikasi.

Gimana, sudah menentukan pilihan mau investasi emas lewat produk yang mana? Kalau belum, rekomendasi Jaka buka tabungan emas saja!

Banner Shutterstock Investasibitcoin
Mau Nabung? Ini Dia 4 Alasan Kamu Harus Investasi BitCoin
Yang paling menarik, yaitu harga satu BitCoin saat ini. Dimana mencapai Rp 33 juta untuk satu koin. Sebuah harga yang sangat fantastis, melebihi harga semua uang kertas di dunia. Mau punya BitCoin?
LIHAT ARTIKEL

Kelebihan dan Kekurangan Investasi Tabungan Emas Pegadaian

Cara Investasi Emas Di Pegadaian 13 12ae4

Agar kamu makin mantap untuk memulai beinvestasi di Pegadaian maka Jaka akan jelaskan beberapa kelebihan serta kekurangannya untuk kamu.

Kelebihan Tabungan Emas Pegadaian

  • Terjamin Aman. Salah satu kekhawatiran orang yang akan berinvestasi adalah sektor keamanan. Nah untuk satu hal ini kamu tidak perlu khawatir. Pegadaian merupakan lembaga resmi milik pemerintah, jadi dijamin keamanannya.

  • Emas Besertifikat Resmi. Emas batangan yang ditawarkan oleh Pegadaian adalah cetakan dari Antam. Selain emas, kamu juga akan diberi sertifikat kepemilikan agar bisa menjadi bukti otentik yang kuat.

  • Harga yang Terjangkau. Untuk memulai investasi emas apalagi dengan program tabungan emas kamu tidak perlu mempersiapkan modal yang besar. Mulai dari 5000 saja sudah bisa investasi.

  • Bisa Dicairkan Menjadi Uang dan Emas Batangan. Jika membutuhkan uang darurat, kamu bisa mencarikan saldo tabungan emas kamu ke dalam bentuk uang. Selain itu kamu juga bisa mencetak saldo kamu menjadi emas batangan.

  • Transaksi dan Pembuatan Mudah. Saat ini kamu bisa melakukan semua transaksi tabungan emas seperti pembelian, penjualan, dan pencairan melalui aplikasi resmi Pegadaian Digital. Jadi jika ingin menabung tidak perlu pergi ke kantor cabang pegadaian.

  • Bebas Pajak. Sampai saat ini belum ada aturan pajak yang mengatur kepemilikan investasi emas. Jadi kamu tidak perlu khawatir dengan biaya-biaya potongan.

Kekurangan Tabungan Emas Pegadaian

  • Emas Belum Bisa Dicetak di Semua Cabang. Jika kamu ingin mencetak saldo tabungan emas menjadi emas batangan maka kamu harus mendatangi kantor cabang dimana kamu membuka tabungan tersebut. Begitu pula jika kamu ingin mencairkannya menjadi uang.

  • Ada Minimal Saldo untuk Pencairan. Jika kamu ingin mencairkan saldo menjadi uang maka kamu harus punya minimal saldo 1 Gram emas. Begitu pula kalau kamu mau mencetaknya jadi emas batangan.

Crowdo Connect Ios Banner
Butuh Pinjaman Dana? Coba Aplikasi Investasi Ini Yuk!
Usaha kecil menengah biasanya terkendala masalah dana. Beruntung sekarang sudah hadir aplikasi investasi pertama di Asia Tenggara, Crowdo Connect untuk pengguna smartphone.
LIHAT ARTIKEL

Persyaratan Membuka Tabungan Emas Pegadaian

Cara investasi melalui program Tabungan Emas ini bisa dilakukan dengan 2 cara. Langsung datang ke kantor cabang pegadaian atau bisa juga lewat aplikasi Pegadaian Digital. Syarat dan ketentuannya bisa kamu lihat pada tabel ini :

Melalui Kantor Pegadaian Melalui Aplikasi Pegadaian Digital
Fotokopi identitas diri (KTP/ SIM/ Passpor) yang masih berlaku Siapkan identitas diri (KTP/ SIM/ Passpor) yang masih berlaku
Mengisi formulir pembukaan Rekening Tabungan Emas Biaya Fasilitas Titipan selama 12 Bulan Rp. 30.000,-
Membayar Biaya Administrasi sebesar Rp. 10.000, Pembelian Saldo Awal sebesar Rp. 70.000,-
Membayar biaya fasilitas titipan selama 12 bulan sebesar Rp. 30.000
Siapkan uang untuk setoran awal, minimal seberat 0,01 Gram
Biaya Materai

Cara Investasi Emas di Pegadaian Lewat HP Android

Jika kamu ingin membuka Tabungan Emas tapi tidak punya waktu untuk datang ke kantor cabang Pegadaian, tenang karena sekarang sudah ada aplikasi khususnya. Aplikasi ini bernama Pegadaian Digital. Kamu bia dapatkan aplikasinya lewat link di bawah :

Pegadaian Digital Icon
Pegadaian Digital - Aplikasi Resmi 1.1.1
Apps Productivity PT Pegadaian (Persero)
DOWNLOAD

Melalui aplikasi ini kamu bisa melakukan buka rekening, top up saldo tabungan, menjual saldo emas, bahkan melakukan gadai barang. Untuk tahu cara investasi di Pegadaian melalui aplikasi langsung saja simak tutorialnya berikut ini.

Langkah 1

Saat pertama membuka aplikasi kamu akan mendapat beberapa pengenalan. Lewati sampai kamu masuk ke halaman Login, pilih Register untuk membuat akun baru.

Cara Investasi Emas Di Pegadaian 1 9d696

Langkah 2

Setelah itu masukkan nama lengkap serta nomor telepon kamu yang masih aktif. Kamu akan mendapat SMS berisi kode OTP yang harus kamu masukkan pada tahap selanjutnya.

Cara Investasi Emas Di Pegadaian 2 0f91a

Langkah 3

Setelah melalui proses verifikasi nomor, masukkan email kamu yang masih aktif dan tap Selanjutnya. Setelah itu kamu akan diminta untuk membuat password untuk akun kamu.

Cara Investasi Emas Di Pegadaian 3 E7afb

Langkah 4

Setelah membuat password, kamu akan langsung diarahkan ke halaman utama aplikasi ini. Tap Buka Tabungan untuk membuka tabungan emas baru.

Cara Investasi Emas Di Pegadaian 4 79ec9

Langkah 5

Selanjutnya masukkan data diri kamu sesuai dengan kartu identitas yang kamu pilih. Kamu juga harus memasukkan foto identitas diri kamu. Jika sudah tap Selanjutnya.

Cara Investasi Emas Di Pegadaian 5 39707

Langkah 6

Selesai mengisi data diri, pilih dimana kantor cabang kamu ingin mengambil Buku Tabungan Emas. Setelah itu kamu akan diminta untuk membayar biaya administrasi dan setoran awal. Beri tanda centang pada Syarat dan Ketentuan lalu tap Selanjutnya.

Cara Investasi Emas Di Pegadaian 6 56ba5

Langkah 7

Selanjutnya adalah pilih metode pembayaran, bisa dengan BNI atau Mandiri lalu tap Selanjutnya. Setelah itu kamu akan mendapat rincian biaya yang harus kamu bayarkan. Bayar sesuai rincian tersebut, bisa melalui ATM, SMS Banking, Mobile Banking, atau lewat teller.

Cara Investasi Emas Di Pegadaian 7 Ef91c

Langkah 8

Setelah melakukan tahap registrasi kamu harus mengaktifkan akun kamu. Buka email yang kamu daftarkan, maka kamu akan mendapat link untuk aktivasi akun baru kamu. Selain itu kamu juga mendapat email berisi rincian tagihan yang harus kamu bayar.

Cara Investasi Emas Di Pegadaian 8 094b1

Langkah 9

Lakukan pembayaran sesuai rincian tadi, jika transaksi kamu sukses maka kamu akan mendapat SMS serta email konfirmasi langsung dari pihak Pegadaian. Seperti ini tampilannya :

Cara Investasi Emas Di Pegadaian 9 0b386

Nah langkah terakhir adalah mendapatkan buku tabungannya. Datanglah ke kantor cabang Pegadaian sesuai yang kamu pilih di proses registrasi tadi. Bawa email bukti tersebut beserta identitas diri.

Akhir Kata

Itu dia penjelasan lengkap cara investasi emas di Pegadaian dari Jaka. Jika kamu membutuhkan info terkait produk Pegadaian secara utuh, kamu bisa menghubungi customer service mereka di nomor 0213155550 atau mention melalui akun Twitter mereka di @Pegadaian.

Baca juga artikel seputar Investasi Emas atau artikel menarik lainnya dari Chaeroni Fitri.

ARTIKEL TERKAIT
Crowdo Connect Ios Banner

Butuh Pinjaman Dana? Coba Aplikasi Investasi Ini Yuk!

Banner Shutterstock Mitosbitcoin

Jangan Tertipu! 4 Mitos Investasi BitCoin Ini Menyesatkan

5109a3e3bbfe5f419e205b240e86eedb

Main Game Aja Bisa Pinter Bisnis! Ini 5 Game Virtual Stock Market Supaya Kamu Jago Investasi

Banner Shutterstock Investasibitcoin

Mau Nabung? Ini Dia 4 Alasan Kamu Harus Investasi BitCoin

Tags Terkait:

APPS TERKAIT
Pegadaian Digital Icon
Pegadaian Digital - Aplikasi Resmi 1.1.1
Apps PT Pegadaian (Persero)
Tamasia Beli Emas Sukasuka 06a6e
Tamasia - Beli Emas Suka-suka 1.2.3
Apps
Bukalapak Icon
Bukalapak - Jual Beli Online 4.3.2
Apps BukaLapak
Tokopedia
Tokopedia 2.5.1
Apps Tokopedia
Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal