J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Cara Aman Internetan Saat Naik Pesawat

Cara Aman Internetan Saat Naik Pesawat

Kamis, 14 Feb 2019, 18:00 WIB
Jaka mau berbagi tips cara aman internetan saat naik pesawat.

Penerbangan jauh dan memakan waktu berjam-jam memang membosankan. Terlebih, sedikit yang bisa kita lakukan saat naik pesawat.

Tapi tahukah kamu bahwa sekarang kamu bisa membunuh bosan saat terbang dengan internetan?

Nah kali ini Jaka mau berbagi cara internetan saat naik pesawat dan 100% dijamin aman, serta tidak bakalan menganggu navigasi.

Dua Poin Penting Keselamatan Saat Mengakses Internet di Pesawat

Seperti diketahui, sejak dulu penggunaan handphone di dalam pesawat sangat dibatasi, karena dapat menganggu sistem navigasi pesawat. Namun penggunaan handphone saat penerbangan bukan lagi hal yang mustahil berkat kemajuan teknologi.

Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi, internetan saat terbang pun bisa saat ini bisa dilakukan dengan fasilitas bernama Wifi on board .

Tapi sebelum menghubungkan handphonemu ke wifi yang ada di dalam pesawat, ada dua hal penting yang harus kamu lakukan.

  1. Kamu harus tetap mematikan sinyal handphone dan menggunakan airplane mode atau mode pesawat. Aturan ini wajib berlaku sejak kamu naik hingga turun dari pesawat.

  2. Kamu bisa menggunakan fasilitas internet lewat wifi setelah pesawat mencapai titik aman batas ketinggian tertentu, sekitar 3 ribu kaki.

Cara Internetan Saat Naik Pesawat

Cara Internetan Dalam Pesawat Fd8d3

Walaupun kamu harus tetap menggunakan airplane mode selama di dalam pesawat, tapi kamu tetap bisa internetan karena saat ini sudah ada beberapa maskapai penerbangan yang memberikan fasilitas koneksi wifi di dalam pesawat.

Berikit ini adalah daftar maskapai penerbangan yang menyediakan layanan internetan gratis!

1. Garuda Indonesia

Internetan Di Pesawat Garuda Indonesia B0e62
Sumber foto: Traveloka

Maskapai kebanggaan Indonesia ini menyediakan layanan wifi di dalam pesawat bagi para penumpangnya. Layanan internet ini bisa dinikmati tak Cuma penumpang first class, tapi juga business class dan economy class.

Namun tidak semua jenis pesawat mempunyai layanan tersebut. Hanya pesawat Garuda Indonesia tipe Boeing 777-300 ER dan Airbus A330-200/300 yang menyediakan layanan internet.

Sayangnya, untuk bisa mengakses internet di dalam pesawat, biayanya tidak gratis. Kamu akan dikenakan biaya sekitar 11,95 USD atau kurang lebih Rp177.000 selama satu jam. Untuk yang 24 jam biayanya sekitar 21,95 USD atau Rp326.000.

Garuda Indonesia juga menawarkan koneksi internet gratis selama 15 menit di semua pesawat Airbus yang memiliki fitur in-flight connectivity.

2. Citilink

Internetan Di Pesawat Citilink 552c7
Sumber foto: Aviatren

Bagi kamu yang suka melakukan perjalanan menggunakan maskapai Citilink, tahukah kamu sejak 28 Desember 2018 lalu pesawat Citilink menyediakan fasilitas internetan gratis?

Namun, fasilitas ini baru ada di satu pesawat rute Cengkareng-Denpasar. Dirangkum dari berbagai sumber, Citilink menggunakan teknologi wifi GX Aviation System yang membuat layanan tersebut tidak berbahaya bagi navigasi pesawat.

3. Sriwijaya Air

Internetan Di Pesawat Sriwijaya 09711

Seperti Citilink, anak usaha Garuda Indonesia lainnya, Sriwijaya Air, juga sudah mengoperasikan layanan SJ In-flight Entertainment atau AirFi di beberapa penerbangannya. Dengan fasilitas ini penumpang bisa leluasa menggunakan internet di pesawat.

Untuk menikmati layanan ini, kamu cukup menghubungkan handphone, tablet, atau laptopmu dengan jaringan yang tersedia di pesawat.

4. AirAsia

Cara Internetan Dalam Pesawat Airasia 51bf8

Maskapai penerbangan AirAsia juga menawarkan hiburan inflight dan konektivitas selama penerbangan melalui layanan WiFi bernama ROKKI.

Layanan internetan tersebut dapat diakses langsung di handphone masing-masing penumpang dan memungkinkan kamu untuk tetap terhubung dengan akses internet ketika sedang berada di dalam pesawat.

Penumpang dapat mengakses layanan wifi ROKKI yang tersedia dalam dua pilihan paket, yaitu Paket Chat dengan harga Rp30.000 untuk kapasitas 3 MB dan Paket Internet dengan harga Rp 60.000 berkapasitas 10 MB.

Saat ini, fasilitas internetan tersebut sudah terdapat di beberapa pesawat dengan kode PK-AXV yang melayani penerbangan berbagai rute domestik maupun internasional.

5. Singapore Airlines

Cara Internetan Dalam Pesawat SQ 267d4
Sumber foto: Singapore Airlines

Maskapai penerbangan milik negara tetangga ini, juga menawarkan layanan Wifi kepada para penumpangnya ketika sedang berada di dalam pesawat.

Namun, hanya tipe-tipe pesawat tertentu saja yang menyediakan layanan internetan tersebut, yakni Airbus A350, A380, Boeing 777-300 ER dan 787-10.

Untuk paket harganya pun bervariasi, tergantung pada penyedia layanan Wifi, jenis pesawat dan juga kelas yang dipilih.

Untuk penumpang kelas satu, akan mendapat akses internet 100 MB sedangkan penumpang kelas Bisnis atau anggota klub member pps sebesar 30 MB.

6. THAI Airways

Cara Internetan Dalam Pesawat Thai 4d374

Layanan WiFi di maskapai THAI Airways juga hanya bisa dinikmati di beberapa pesawat tertentu saja, seperti Airbus A380-800, A350-900, dan beberapa pesawat A330-330 tertentu, dan Boeing 787.

Paket internet yang ditawarkan mulai dari 10 MB dengan harga 4.99 USD atau sekitar Rp74.000 hingga 100 MB dengan harga 34.99 USD atau sekitar Rp530.000.

Khusus untuk pesawat Airbus A350-900 dan Boeing 787, pilihan paket internetnya mulai dari 30 MB atau sekitar Rp143 ribu hingga seharga 39.99 USD atau sekitar Rp500.000.

7. Philippines Airlines

Cara Internetan Dalam Pesawat Philipines 4e67c

Berbeda dengan beberapa maskapai yang telah Jaka sebutkan sebelumnya, kalau kamu naik Philippines Airlines kamu bisa internetan dan mengakses media sosialmu secara gratis selama 30 menit atau 15 MB.

Layanan WiFi pada maskapai ini terdapat di pesawat tipe Boeing 777, rute London - Manila PP. Selain itu, layanan WiFi juga dapat dinikmati penumpang pesawat Airbus tipe A330, dan A340.

Akhir Kata

Sekian cara aman internetan saat naik pesawat dari Jaka. Semoga info tadi berguna bagi traveler!

Untuk internetan menggunakan kuota saat airplane mode dinyalakan, kamu bisa baca artikel ini.

ARTIKEL TERKAIT
Plane

10 Tips Penting Agar Selamat Dari Kecelakaan Pesawat

Game Simulator Pesawat 50adb

15 Game Simulator Pesawat Terbaik 2018 | PC & Android

Pesawat Airasia Hilang

5 Aplikasi Terbaik Untuk Pantau Keberadaan Pesawat AirAsia QZ8501

Alasan Airplane Mode Di Pesawat Banner

Apa yang Terjadi Jika Tidak Aktifkan Airplane Mode Saat di Pesawat?

Google Chrome Koneksi Internet Banner Rev

10 Cara Mempercepat Koneksi Internet Google Chrome di PC

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal