J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              Memori Full? Begini Cara Menghemat Memori Internal iPhone 16GB

              Memori Full? Begini Cara Menghemat Memori Internal iPhone 16GB

              00
              Sabtu, 15 Okt 2016, 09:00 WIB
              Pake iPhone 16GB itu emang nggak enak. Mau instal aplikasi dan simpan banyak data, cepet banget penuh memorinya. Tapi kali ini nggak usah bingung, begini cara menghemat memori internal iPhone 16GB.

              Berbeda dengan kebanyakan smartphone Android yang dibekali dukungan memori eksternal menggunakan MicroSD, semua iPhone tidak dibekali slot memori eksternal. Sebagai gantinya, Apple menyediakan pilihan memori internal beragam, ada 16GB, 64GB, hingga 256GB. Makin besar memori internalnya, semakin mahal pula harganya.

              Agar murah tapi tetap bisa menggunakan iPhone, banyak orang membeli iPhone 16GB. Dampaknya, mereka jadi kesulitan menginstal banyak aplikasi dan menyimpan data. Jadi, gimana ya cara menghemat memori di iPhone 16GB?

              BACA JUGA
              • Cara Mudah Memindahkan Koneksi WiFi Secara Otomatis di iPhone
              • Main Game di Android Dapat iPhone 7 dan Uang Jutaan Rupiah? Begini Caranya!
              • Cara Pake 3D Touch ala iPhone di Semua Android Tanpa Root

              Cara Menghemat Memori iPhone 16GB

              Buat kamu yang suka foto-foto, selfie dan merekam video, tentu memori 16GB tidak akan cukup. Ditambah banyaknya aplikasi sosial media dan aplikasi chatting. Terus, masa nggak install game di iPhone? Makanya, biar cukup install dan simpan ini itu, yuk hemat memori iPhone 16GB kamu dengan cara berikut:

              1. Hapus Foto, Gunakan Layanan Cloud Storage

              Tidak bisa dipungkiri, kamera iPhone itu memang keren. Maka tak heran jika kamu jadi suka banget mengabadikan foto pake iPhone. Dampaknya, memori internal kamu cepat penuh oleh foto. Nggak percaya? Cek saja menu Settings - General - Storage & iCloud Usage - Manage Storage, lalu lihat apa yang paling banyak makan memori.

              cara-menghemat-memori-iphone-16gb-2

              Solusinya, hapus foto (bukan screenshot) yang tidak terpakai. Setelah itu jangan lupa cek folder Recently Deleted, dan hapus foto-foto tidak terpakai yang ada di sana. Jika memang suka foto-foto, ada baiknya kamu gunakan layanan iCloud Drive atau Google Photos untuk menyimpan foto-foto hasil jepretan iPhone 16GB milikmu.

              Google Photos 2.6.0.141921143
              Apps Photo & Imaging Google Inc.
              DOWNLOAD

              2. Kurang-kurangin Install Aplikasi

              cara-menghemat-memori-iphone-16gb

              Udah tahu memori internal iPhone cuma 16GB, kamu jangan serakah pengen install aplikasi ini-itu. Pada dasarnya semua aplikasi baru itu sama fungsinya dengan aplikasi lain yang lebih dulu ada, cuma beda UI dan fitur pelengkapnya. Jadi, kurang-kurangin deh install aplikasi yang punya fungsi serupa dengan aplikasi lain yang ada di iPhone kamu.

              3. Rajin-Rajin Bersihkan Data Aplikasi

              cara-menghemat-memori-iphone-16gb-3

              Serunya chatting sama teman dan posting ini-itu di media sosial ternyata bisa membuat memori 16GB di iPhone kamu cepat habis, loh! Pasalnya, banyak data dan cache yang tersimpan di smartphone kamu. Untuk solusinya, silakan kamu coba bersihkan data yang ada di setiap aplikasi yang terinstal di iPhone kamu. Caranya, masuk menu Settings - General - Storage & iCloud Usage, lalu klik aplikasi yang akan kamu hapus Document & Data-nya.

              4. Say No to Games

              cara-menghemat-memori-iphone-16gb-4

              Jika kamu memang menggunakan iPhone dengan memori internal cuma 16GB, ada baiknya untuk tidak menginstal game sama sekali. Tapi jikapun kamu memang bandel dan ingin main game, install game yang memang kamu sering mainkan saja. Jangan setiap ada game baru kamu brutal ingin mencicipinya sampe membuat memori iPhone kamu tekor.

              5. Butuh Hiburan? Streaming Aja

              Era Internet super cepat 4G LTE harusnya menjadi era baru dalam menikmati banyak hal, termasuk hiburan di smartphone. Jika dulu untuk mendengarkan musik dan nonton video selalu di-download sehingga makan memori, sekarang ada baiknya kamu serba streaming agar memori internal 16GB iPhone kamu tetap lega.

              cara-menghemat-memori-iphone-16gb-5

              Banyak aplikasi streaming yang tersedia di App Store. Untuk streaming musik, kamu bisa coba Apple Music atau Spotify dan JOOX. Tapi ingat, streaming ya, jangan download. Jikapun terpaksa, download hanya musik-musik yang memang kamu sukai saja. Dan jika suka nonton, streaming di Netflix atau iFlix bisa membantu menghemat memori internal iPhone kamu.

              Netflix 6.26.1
              Apps Video & Audio Netflix, Inc.
              DOWNLOAD
              Apple Music 0.9.0
              Apps Video & Audio Apple Inc
              DOWNLOAD

              6. Beli Flashdrive Khusus iPhone

              cara-menghemat-memori-iphone-16gb-6

              Pengguna Android pasti akrab dengan istilah USB OTG. Nah, USB OTG ini ada juga loh buat iPhone. Jadi, kalo kamu nggak mau memori internal kamu cepat habis tanpa harus hapus ini-itu lagi, coba saja gunakan flashdrive khusus yang super USB lightning. Sayangnya, harga flashdrive ini cukup mahal, jadi kamu harus nabung dulu.

              Nah, buat kamu yang punya iPhone 16GB, sekarang nggak perlu khawatir lagi memori penuh ya. Dengan melakukan langkah-langkah yang disebutkan di atas, pasti iPhone kamu akan tetap lega deh.

              APPS TERKAIT
              CleanUI 2.0.2
              Apps CleanUI DevTeamHK
              Air iPhone Emulator 01
              Apps Genuitec
              Move to iOS 1.57.1
              Apps Apple Inc
              Apple Music 0.9.0
              Apps Apple Inc
              Komentar

              Keluar dari JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal