J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              5 Cara Mudah Menghemat Kuota Untuk Kamu yang Kecanduan Media Sosial

              5 Cara Mudah Menghemat Kuota Untuk Kamu yang Kecanduan Media Sosial

              00
              Rabu, 6 Mar 2019, 09:00 WIB
              Untuk kamu yang sering merasa kehabisan kuota saat bermain media sosial, Jaka punya solusi amouh menghemat kuota saat bermain media sosial.

              Kamu hobi banget melihat video-video lucu di YouTube? Atau kamu nge-fans banget sama selebgram sehingga kamu harus like semua postingannya?

              Sekarang semua era digital memang. Semua terkoneksi dengan internet dan banyak hal menghibur yang bisa kita dapatkan saat bermain internet, terutama media sosial.

              Tetapi, sadarkah kamu dengan menggunakan media sosial secara simultan membuat kamu menjadi lebih boros dalam menggunakan internet? Belum lagi untuk kamu yang hobi streaming film, pasti kuota akan semakin cepat habis, kan?

              Jika kamu merasa kuota internet kamu cepat habis padahal hanya digunakan untuk bermain sosmed saja, Jaka punya tips untuk hal ini!

              Dibaca dan dipraktikan ya, guys supaya kamu bisa hemat kuota!

              Cara Menghemat Kuota Saat Bermain Media Sosial

              Untuk kamu yang sudah dalam tahap [kecanduan bermain sosial media](https://jalantikus.com/tips/mengurangi-kecanduan-hanphone/), pasti sangat sulit untuk mengurangi kebiasaan ini.

              Maka dari itu, kamu bisa melakukan 5 tips simple untuk menghemat kuota kamu saat bermain sosmed.

              1. Aktifkan Data Saver

              1 Ff05c

              Hampir setiap media sosial kini mempunyai mode pengehemat kuota. Baik Facebook, WhatsApp hingga YouTube bisa memberikan kamu limit untuk menggunakan aplikasi tersebut.

              Bahkan di beberapa aplikasi media sosial lainnya, kamu bisa mendapatkan informasi yang detail mengenai jumlah penggunaan data yang sudah akmu habiskan untuk aplikasi tersebut.

              Kalau kamu merasa ribet harus mengaktifkan data saver di semua aplikasi kamu, sebenarnya hampir semua smartphone kini mempunyai fitur untuk menghemat data kamu. Baik itu di Android maupun iPhone.

              2. Menggunakan Aplikasi Medsos Versi Lite

              2 7dfca

              Nah, cara kedua ini bisa menjadi alternatif yang paling ampuh untuk menghemat kuota kamu dalam ber-medsos. Alasan mengapa ada aplikasi versi lite selain lebih ringan, juga dapat menghemat kuota kamu.

              Dengan kamu memilih aplikasi-aplikasi versi lite dari media sosial kamu, mungkin bisa menghemat kuota lebih banyak, sehingga kamu tidak perlu berlangganan paket internet unlimited yang mahal itu.

              Sebut saja Facebook Lite, Line Lite, Twitter Lite hingga YouTube Go, bisa dijadikan pilihan alternatif untuk menghemat kuota kamu dalam ber-sosmed ria.

              3. Buka Sosial Media Saat Terhubung Wi-Fi Saja

              3 626ad

              Ini adalah salah satu trick ampuh yang bisa kamu lakukan untuk menghemat kuota kamu. Cara ketiga ini sangat rasional meski sulit dilakukan.

              Mungkin di saat-saat tertentu kamu sedang bosan bermain game dan iseng membuka akun sosial media kamu, tanpa sadar kuota kamu sudah terkuras habis.

              Tetapi, kalau kamu bisa sedikit berhemat dengan hanya menggunakan Wi-Fi ketika terhubung dengan Wi-Fi saja, kamu bisa menghemat sampai dengan 50% kuota kamu, lho!

              Plus,terhubung dengan jaringan Wi-Fi saat ini bukanlah hal yang sulit. Hampir di setiap tempat publik terhubung dengan Wi-fi Gratis.

              4. Jangan Terlalu Sering Melihat Konten Video

              4 2adc1

              Siapa di antara kamu yang sering melihat stories Instagram sampai selesai atau melihat semua status WhatsApp lucu milik teman-teman kamu? Hal ini sebenarnya membuat kamu semakin boros kuota.

              Sebenarnya, tanpa kamu sadari, kamu sudah membuang-buang kuota dengan menonton semua video milik teman-teman kamu di media sosial tersebut. Belum lagi kalau kamu rajin banget melihat semua video Youtuber favorit kamu.

              Jelas konten video memang lebih banyak memakan kuota dibandingkan dengan yang berupa gambar saja. Kalau kamu tetap kekeuh untuk menonton berbagai konten video, lebih baik kamu download video dari YouTube atau menggunakan cara ketiga yang sebelumnya sudah Jaka bahas.

              5. Menggunakan Aplikasi

              5 5c762

              Ada dua aplikasi yang sangat Jaka rekomendasikan untuk menghemat kuota kamu yang terlalu sering bermain sosial media tetapi merasa sering kehabisan kuota.

              Aplikasi pertama yang Jaka rekomendasikan adalah Datally dari Google. Aplikasi ini resmi buatan Google dan memang bertujuan untuk lebih menghemat dan mengelola penggunaan internet kamu.

              Datally juga bisa membuat kamu menabung kuota untuk digunakan pada saat yang kamu tentukan sendiri juga. Pembahasan lengkap mengenai Datally sebelumnya sudah Jaka bahas di artikel terpisah.

              Datally Mobile Data Saving Wifi App By Google Icon
              Datally: Mobile Data-Saving & WiFi App by Google 1.0
              Apps Productivity Google LLC
              DOWNLOAD

              Aplikasi kedua yang Jaka rekomendasikan adalah Greenify. Mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan aplikasi yang satu ini. Aplikasi Greenify memang multifungsi.

              Dengan aplikasi Greenify, kamu bisa memblokir aplikasi-aplikasi yang sedang berjalan di Android kamu. Kamu jadi mempunyai kontrol penuh untuk menentukan aplikasi mana yang ingin kamu koneksikan ke internet saat HP kamu tidak digunakan.

              Jadi, Greenify benar-benar bisa membantu kamu dalam menghemat kuota. Oh iya, aplikasi Greenify juga sering digunakan banyak orang untuk menghemat kuota saat bermain game, lho!

              Greenify Icon
              Greenify
              Apps Developer Tools Oasis Feng
              DOWNLOAD

              Akhir Kata

              Demikian tips untuk menghemat kuota internet untuk kamu yang sering bermain media sosial apapun.

              Mulai sekarang irit-irit de, guys! Lebih baik kamu tabung uang kamu untuk membeli hal lain daripada membuang kuota hanya untuk bermain sosmed.

              Silakan share dan komen artikel ini untuk terus mendapatkan informasi, tips & trik dan berita seputar teknologi dari Jalantikus.com

              Baca juga artikel seputar Media Sosial atau artikel menarik lainnya dari Naufal.

              Keluar dari JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal