J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Ga Nyangka! Ini 5 Cara Hacker Sebarkan Virus Berbahaya Lewat WhatsApp

Ga Nyangka! Ini 5 Cara Hacker Sebarkan Virus Berbahaya Lewat WhatsApp

Jumat, 31 Agt 2018, 11:00 WIB
Kepopuleran WhatsApp dan semakin banyaknya orang yang menggunakan aplikasi ini, membuat para hacker memanfaatkannya untuk melakukan cybercrime yang berbahaya bagi pengguna. Para hacker menyebarkan virus berbahaya lewat WhatsApp yang kemudian akan menyerang perangkat dan membocorkan data-data penting.

Popularitas WhatsApp sebagai aplikasi chatting memang nggak perlu diragukan lagi. Aplikasi ini telah digunakan oleh sebagian besar pengguna smartphone sebagai media untuk chatting, panggilan suara maupun video call. Aplikasi yang ringan serta fitur-fitur yang bermanfaat membuat semakin banyak orang memilih WhatsApp sebagai aplikasi messenger.

Namun, kepopuleran WhatsApp dan semakin banyaknya orang yang menggunakan aplikasi ini, membuat para hacker memanfaatkannya untuk melakukan cybercrime yang berbahaya bagi pengguna. Para hacker menyebarkan virus berbahaya lewat WhatsApp yang kemudian akan menyerang perangkat dan membocorkan data-data penting.

Nah, biar kamu nggak terjebak oleh hacker, berikut Jaka kasih tahu 5 Cara Hacker Sebarkan Virus Berbahaya Lewat WhatsApp. Yuk, simak artikel berikut!

BACA JUGA
  • Cara Keluar dari Grup WA Tanpa Ketahuan, Bye-Bye Grup Hoax!
  • Cara Mengubah Tema WhatsApp Terbaru 2020 | Tanpa Aplikasi!
  • Cara Menyimpan Foto WhatsApp Secara Diam-diam, 100% Tanpa Ketahuan

5 Cara Hacker Sebarkan Virus Berbahaya Lewat WhatsApp

1. Pesan Berantai

Waspada Online Be7c9
Sumber foto: waspadaonline

Maraknya pesan berantai yang dikirimkan lewat WhatsApp patut diwaspadai. Sebab tak sedikit dari pesan tersebut yang ternyata mengandung virus. Pesan berantai yang mengandung virus biasanya disertai perintah atau ajakan menyebarkan pesan tersebut kepada pengguna WhatsApp lainnya dengan iming-iming hadiah seperti kuota internet dan sebagainya. Biasanya pesan tersebut juga mengajak pengguna mendownload aplikasi tertentu yang padahal mengandung virus dan bisa membahayakan perangkat jika terlanjur di-download.

2. Pesan Berisi Link

Money Id A80f0
Sumber foto: money.id

Jika kamu menerima pesan berisi link menuju sebuah halaman yang nggak jelas, sebaiknya kamu mengabaikannya atau hapus saja pesan tersebut. Sebab, hacker seringkali menyebarkan virus lewat link-link yang mereka kirimkan bersama pesan ajakan atau undangan. Ketika link tersebut diklik, maka pengguna akan dibawa ke sebuah halaman yang biasanya berisi banyak sekali iklan. Tanpa kamu sadari, ketika kamu masuk ke halaman tersebut, perangkat kamu mungkin saja sudah terkena virus yang siap mencuri data-data penting seperti password, identitas, dan lain sebagainya.

3. Ajakan Download Warna Baru untuk WhatsApp

Kompas Tekno 4e04f
Sumber foto: kompastekno

WhatsApp sejatinya memiliki ikon dan tampilan yang didominasi warna hijau. Para pengguna mungkin banyak yang merasa bosan dengan tampilan dan warna tersebut. Para hacker kemudian memanfaatkan hal tersebut untuk menyebarkan virus dengan ajakan mendownload warna baru untuk WhatsApp. Biasanya ajakan tersebut akan dikirimkan lewat pesan beserta link untuk mendownload. Pengguna yang tertarik akan membuka link tersebut dan menginstal aplikasi WhatsApp dengan warna baru. Padahal sebenarnya warna baru pada WhatsApp dibuat hacker untuk menyebarkan virus.

4. Skygofree

Soc Prime 3e3c8
Sumber foto: socprime

Hacker telah menciptakan malware berbahaya bernama Skygofree yang dapat memata-matai pengguna WhatsApp lewat kamera smartphone untuk mencuri sejumlah data atau pun melakukan peretasan pada smartphone korban. Pengguna yang terkena malware ini nggak akan tahu bahwa kamera smartphone-nya diam-diam aktif dan mengintai setiap aktivitas yang dilakukan.

5. Whatsapp Gold

Arabic Rtcom F04c8
Sumber foto: arabicrt.c

Satu lagi cara hacker menipu orang-orang yang bosan dengan warna hijau pada WhatsApp yaitu dengan WhatsApp Gold. Yap, WhatsApp dengan ikon dan tampilan berwarna emas tentu cukup menarik minat pengguna. Apalagi, WhatsApp Gold disebut-sebut hanya digunakan oleh kalangan selebriti. Padahal, itu hanya tipuan hacker supaya pengguna tergiur membuka link yang dikirimkan dan mendownload WhatsApp Gold. Sejatinya, WhatsApp Gold dibuat untuk menyebarkan virus dan malware yang berbahaya oleh para hacker.

Akhir Kata

Nah, itulah 5 Cara Hacker Sebarkan Virus Berbahaya Lewat WhatsApp. Gimana? Apa kamu pernah menjadi korban para hacker yang memanfaatkan WhatsApp untuk menjalankan aksi cybercrime-nya? Sebagai pengguna, kita memang harus hati-hati dan nggak sembarangan percaya dengan pesan-pesan nggak jelas yang masuk ke WhatsApp kita, guys. Semoga bermanfaat ya.

ARTIKEL TERKAIT
Kumpulan Video Lucu Pak Eko Banner 858ec

VIRAL! Kumpulan Video Kocak 'Masuk Pak Eko' dari Pisau Hingga Cangkul Loh!

Mob Picsay 8d2e7

7 Negara dengan Koneksi Internet Tercepat di Dunia, Indonesia Termasuk?

Weibo Background E1498640020877 Picsay E1d06

Ga Ada Facebook, Ini 5 Sosial Media Paling Terkenal Buatan Cina

Banner 1280 X 555 B05a2

Beasiswa Penuh Bagi Mahasiswa, Ini 5 Fakta Beasiswa Sea!

06 2d977

7 Cara Ampuh Mengatasi Baterai HP Android Bocor

Tags Terkait:

APPS TERKAIT
Jalantikus Icon
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
Whatsapp Icon
WhatsApp Messenger 2.20.64
Apps WhatsApp Inc.
App Cloner Icon
App Cloner 1.2.1
Apps AppListo
Babe Baca Berita Indonesia Icon
Babe - Baca Berita 7.6.2
Apps Mainspring
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
5 Virus/Malware Berbahaya yang Disebarkan Lewat WhatsApp

5 Virus/Malware Berbahaya yang Disebarkan Lewat WhatsApp

51 Tips & Trik Fitur Baru WhatsApp 2019 yang Belum Diketahui

51 Tips & Trik Fitur Baru WhatsApp 2019 yang Belum Diketahui

8 Hal yang Kamu Benci dari WhatsApp

8 Hal yang Kamu Benci dari WhatsApp

Cara Logout WhatsApp Tanpa Menghapus Akunnya

Cara Logout WhatsApp Tanpa Menghapus Akunnya

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal