J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              6 Cara Hack Instagram yang Biasa Digunakan Hacker (Update 2019)

              6 Cara Hack Instagram yang Biasa Digunakan Hacker (Update 2019)

              00
              Jumat, 22 Feb 2019, 09:30 WIB
              Penasaran bagaimana hacker bisa hack akun IG kamu? Berikut Jaka ulas lengkap kumpulan cara hack Instagram yang digunakan hacker, beserta cara mencegahnya.

              Pernahkah kamu merasa penasaran, sebenarnya bagaimana hacker atau peretas meng-hack akun Instagram kamu? Wah pastinya bikin khawatir ya!

              Memang saat ini Instagram menjadi aplikasi sosial media favorit dan banyak orang bekerja dan mencari uang di sini, contohnya saja para selebgram yang akun IG-nya rawan di-hack.

              Nah sebenarnya apa saja cara hack Instagram yang biasa dilakukan oleh seorang peretas? Berikut ulasannya!

              Kumpulan Cara Hack Instagram yang Biasa Peretas Lakukan

              Salah satu tujuan hacker menyadap Instagram adalah mendapatkan akun dan menjualnya untuk berbagai kepentingan, misal menambah jumlah followers atau dijadikan sebagai akun online shop.

              Entah untuk alasan apapun, tentu mencuri data dan akun IG sangat tidak dibenarkan dan melanggar hukum. Seperti beberapa metode berikut yang biasa dilakukan loh.

              1. Password Guessing

              Pertama, cara hack Instagram dengan Password Guessing alias menebak password merupakan cara paling standar yang biasa dilakukan untuk hack akun Instagram.

              Hacker atau peretas akan melakukan dan memasukan password pada akun IG yang diincar secara paksa berkali-kali dengan menggunakan teknik Dictionary atau Brute Force Attack.

              Nah penjelasan mengetahu teknik Brute Force Attack juga bisa kamu temukan di sini loh: 10 Teknik Hacking Berbahaya dan Paling Sering Digunakan di Dunia.

              Teknik Hacking Berbahaya
              10 Teknik Hacking Berbahaya Dan Paling Sering Digunakan Di Dunia
              Hacking memang menjadi momok yang paling menakutkan dan jadi ancaman. Berikut Jaka mau mengulas 10 teknik hacking berbahaya dan paling sering digunakan di dunia. Mau tahu apa saja?
              LIHAT ARTIKEL

              Dengan teknik ini, hacker akan berusaha sebisa mungkin memasukan password secara random atau asal (baik angka, huruf maupun simbol).

              Hal ini dilakukan sebanyak-banyaknya hingga akhirnya akun Instagram kamu bisa dibuka oleh hacker. Namun cara ini tentu sangat berisiko ketahuan oleh si pemilik akun loh.

              2. Exploiting Password Reuse

              Cara Hack Instagram 01 Ac1ff
              Sumber foto: Kirbside Consulting

              Kemudian ketika kamu menggunakan password yang sama persis untuk banyak akun media sosial, kemungkinan hacker bisa membobol akun Instagram kamu akan lebih besar.

              Dengan teknik Exploiting Password Reuse, hacker akan sangat dengan mudah menyadap akun Instagram kamu apabila sebelumnya akun media sosialmu yang lain pernah di-hack.

              Sebenarnya solusinya sih gampang banget. Jadi mulai sekarang, jangan pernah membuat satu password yang sama untuk banyak akun yang kamu gunakan di internet.

              Lebih baik kamu gunakan banyak password sekaligus. Kalaupun kamu takut lupa ada beberapa aplikasi password manager, contohnya sebagai berikut: Rekomendasi Aplikasi Password Manager Terbaik di HP Android.

              Aplikasi Penyimpan Password Android
              5 Aplikasi Password Manager Terbaik di HP Android (Wajib Coba!)
              Seiring dengan makin banyaknya akun dan kata sandi yang kita gunakan, memang cukup merepotkan jika harus mengingatnya. Maka dari itu, berikut 5 aplikasi password manager terbaik di Android.
              LIHAT ARTIKEL

              Cara Hack Instagram Lainnya...

              3. Aplikasi Auto Likes atau Auto Followers

              Siapa sih yang nggak mau menambah followers Instagram atau likes postingan foto maupun video secara instan? Apalagi kalau sudah "ngiri" sama postingan selebgram.

              Nah buat kamu yang pernah menambahkan aplikasi pihak ketiga untuk menambah likes atau followers secara otomatis di Instagram, ada kemungkinan besar akun Instagram kamu bisa di-hack dengan mudah loh.

              Kenapa bisa begitu? Karena dengan memasukan kata sandi ke aplikasi pihak ketiga untuk menambah likes atau followers, maka password-mu akan terekam di sistem pelacakan yang dibuat oleh hacker.

              Dan buat kamu yang hendak mengetahui risiko lainnya, bisa baca artikel Jaka berikut nih: Awas! Ini Dia 3 Bahaya Menggunakan Aplikasi Auto Likes Instagram.

              Bahaya Menggunakan Autolike 43c20
              Awas! Ternyata Ini Bahaya Menggunakan Auto Like di Instagram
              Banyak cara untuk meningkatkan popularitas di media sosial Instagram, salah satunya menggunakan auto like. Meski sukses dulang banyak like di posting-an, fitur satu ini ternyata berisiko lho! Berikut 3 bahaya menggunakan auto like di Instagram.
              LIHAT ARTIKEL

              4. Metode "Lupa Password"

              Cara hack Instagram yang satu ini juga terbilang sangat sederhana dan bahkan bisa dilakukan oleh peretas pemula.

              Hacker hanya perlu menekan fitur "Lupa Password" pada akun Instagram kamu. Setelah itu Instagram pasti akan mengirim email notifikasi bahwa kamu "Lupa Password" dan perlu menggantinya.

              Nah, pada saat itu hacker akan mengirimkan email palsu seakan-akan email tersebut adalah email resmi dari Instagram.

              Padahal kamu sedang dijebak untuk memasukan password ke sistem mereka untuk di-hack. Waduh, ngeri banget kan ya?

              5. Social Engineering

              Cara Hack Instagram 02 Ebc2c
              Sumber foto: Lifehacker

              Social Engineering bisa dikatakan sebagai metode terbaru yang digunakan dalam dunia hacking, dan belum tentu semua hacker bisa menguasainya loh.

              Biasanya cara hacking seperti ini akan dimulai dengan obrolan biasa via kolom komentar atau DM si korban untuk mengetahui kebiasaan dan psikologisnya.

              Setelah tau kebiasaan dan tingkah laku korban dalam membuat password, maka pada saat itu hacker akan mengambil alih akun Instagram si korban.

              Makanya mulai sekarang kita harus berhati-hati apabila ada orang tidak dikenal bertanya hal pribadi dan privat ya guys!

              6. Keyloggers dan Phising

              Terakhir dan tentu cara paling ampuh yang biasa digunakan hacker untuk meretas akun Instagram adalah menggunakan metode Keylogger dan Phising.

              Teknik Phising adalah sebuah teknik hacking menggunakan halaman login pada situs palsu yang menyerupai situs aslinya.

              Hal ini jelas akan membuat korban percaya dan terjerat dalam perangkap, apalagi jika hacker bisa meniru halaman login Instagram semirip mungkin loh.

              Setelah berhasil terkena "phising" selanjutnya bisa menggunakan Keylogger untuk merekam segala aktifitas pengguna komputer, termasuk mencatat password Instagram yang kamu gunakan.

              Bagaimana Cara Mengetahui Password Instagram Orang Lain?

              Sebenarnya kamu sendiri pun bisa juga menjadi hacker untuk mengetahui password Instagram orang lain secara diam-diam loh.

              Bagaimana caranya? Nah kamu bisa ikuti langkah dan cara mengetahui password IG terbaru seperti di bawah ini guys.

              • Langkah - 1: Di sini kamu akan menggunakan situs bernama Spyzie, jadi kamu pertama kali wajib memiliki akun dengan mendaftar pada laman berikut. Jangan lupa pasang Spyzie secara diam-diam pada smartphone yang jadi incaran kamu.

              • Langkah - 2: Kemudian ikuti segala proses pendaftaran dan sinkronisasi control panel antara perangkatmu dengan smartphone korban.

              • Langkah - 3: Jika sudah berhasil tersinkronisasi, maka kamu bisa mengetahui berbagai informasi dari smartphone korban. Untuk mengetahui password Instagram, kamu tinggal pilih menu Social Apps.

              Cara Mengetahui Password Instagram 01 1a82e
              • Langkah - 4: Pilih Instagram dan kamu bisa melihat berbagai aktivitas Instagram yang dilakukan oleh korban.
              Cara Mengetahui Password Instagram 02 Cf614
              • Langkah - 5: Segala informasi dapat kamu dapatkan, mulai dari notifikasi hingga direct message (DM) Instagram yang diterima oleh korban.
              Cara Mengetahui Password Instagram 03 0987c

              Selain mengetahui aktivitas hingga password Instagram menggunakan Spyzie, ada pula metode-metode lain yang bisa kamu gunakan. Selengkapnya tinggal baca di sini: Cara Mengetahui Password Instagram Orang Lain, Dijamin Ampuh!

              Cara Hack Instagram Terbukti 2019 Banner 43017
              Cara Mengetahui Password Instagram Orang Lain | Dijamin Ampuh!
              Mau tahu cara hack IG orang lain? Berikut ulasan lengkap hack Instagram terbaru di 2019 dan cara melindungi Instagram sendiri dari hacker (dijamin ampuh).
              LIHAT ARTIKEL

              Disclaimer:
              Jaka tidak menjamin cara mengetahui password Instagram di atas 100 persen berhasil. Dan Jaka juga hanya memberikan informasi, dan akibat dari penggunaan langkah di atas menjadi tanggung jawab masing-masing.

              Inilah Tanda-Tanda Akun Instagram Kamu Sedang Di-Hack

              Setelah kamu memahami mengenai berbagai cara hack Instagram yang biasa dilakukan oleh para hacker, sekarang tampaknya kamu wajib cek deh, apakah akun kamu punya tanda-tanda sedang di-hack atau nggak?

              Nah untuk mengetahuinya, tentu ada beberapa tanda-tanda yang bisa kamu amati seperti:

              1. Sering Menerima Notifikasi Keamanan

              Instagram bukan berarti tidak memiliki fitur keamanan terhadap akun kamu, sehingga sangat mudah dibobol oleh para peretas.

              Aplikasi chatting sekaligus sosial media ini akan terus memberitahukan padamu jika terjadi upaya untuk menembus password yang dianggap mencurigakan.

              Makanya kamu wajib sering-sering membuka email, untuk mengetahui apakah akun kamu sedang bermasalah atau tidak guys.

              Nah selain itu, kamu juga bisa secara bijak menambahkan autentikasi dua langkah untuk mencegah celah para hacker membobol akun IG kamu nih.

              2. Ada Data yang Berubah

              Tanda Akun Instagram Dihack 01 5cf12
              Sumber foto: sproutsocial.com

              Data yang berubah di sini maksudnya adalah informasi-informasi yang mungkin jarang kamu jamah. Seperti foto profil, biodata, alamat hingga link yang terdapat di bawah profil.

              Sesekali memang nggak ada salahnya untuk mengecek apakah terjadi perubahan pada bagian-bagian di atas. Kalau memang ada dan kamu merasa nggak pernah melakukannya, kamu wajib waspada tuh!

              3. Jumlah Followers Bertambah

              Salah satu kerugian jika Instagram kamu di-hack orang lain adalah akun kamu dijual oleh para pedagang jual-beli followers. Terus efeknya apa?

              Nah, salah satu kemungkinan terbesar adalah jumlah followings yang bertambah dan kamu tidak mengenali akun yang kamu follow guys.

              Waduh bahaya, kan? Makanya sering-sering cek jumlah followings deh.

              4. Ada Postingan Foto dan Video Mencurigakan

              Kalau yang satu ini pasti bakal kelihatan banget. Soalnya jika kamu posting foto maupun video, pastinya kamu akan mendapatkan likes dan komentar dari akun teman-temanmu deh.

              Namun sayangnya cara ini kayanya jarang dilakukan oleh para hacker. Pasalnya korban pasti bakal sadar dan mengetahui kalau akunnya sedang dibajak oleh orang lain.

              5. Tidak Bisa Login Akun Instagram

              Tanda Akun Instagram Dihack 02 B0e32
              Sumber foto: thinkholmes.com

              Terakhir tentu menjadi risiko yang paling berat adalah kamu tidak bisa login ke akun Instagram yang kamu miliki. Kenapa?

              Nah bisa saja hacker atau peretas sudah mampu membobol akun Instagram beserta email yang kamu miliki nih. Jadi parahnya hacker bisa saja telah mengganti password yang berbeda.

              Makanya sudah diingatkan dari awal kalau sebaiknya kamu membedakan password setiap akun yang kamu miliki guys.

              Kumpulan Cara Mengembalikan Akun Instagram yang Di-Hack

              Kamu sudah mendapati tanda-tanda kalau akun Instagram kamu sudah di-hack orang lain? Mending kamu cari tahu bagaimana cara mencegah sekaligus mengembalikan akun Instagram yang sudah ke-hack.

              Pokoknya jangan sampai menyesal seumur hidup, apalagi kalau banyak postingan bareng orang terkasih deh! Penasaran cara apa saja yang Jaka rekomendasikan? Cek selengkapnya di sini ya!

              1. Buru-Buru Mengubah Kata Sandi

              Langkah awal dan paling cepat yang bisa kamu lakukan pertama kali adalah tentu dengan buru-buru mengubah kata sandi atau password akun Instagram kamu.

              Untuk melakukannya pun sebenarnya cukup mudah. Jika kamu masih bisa mengakses Instagram, tinggal buka profil, pilih menu opsi dengan ikon tiga titik dan pilih Atur Ulang Kata Sandi.

              Selanjutnya Instagram akan memberikan panduan jelas langkah-langkah yang harus kamu lakukan. Dan ingat bikin ulang password yang rumit dan sulit ditebak, misal menggunakan paduan huruf kapital dan angka.

              Atau lebih lengkapnya, coba bikin password seperti pada artikel berikut deh: 7 Langkah Mudah Membuat Password yang Anti Hacker!

              Cara Membuat Password Yang Kuat
              Begini Membuat Password Anti Hacker | Gampang dan Mudah!
              Seperti halnya smartphone, password sudah menjadi hal lazim yang banyak digunakan dalam kehidupan. Karena sangat penting, yuk buat password yang kuat dan anti hacker!
              LIHAT ARTIKEL

              2. Aktifkan Autentikasi Dua Faktor

              Walau terdengar sepele, namun dengan mengaktifkan autentikasi dua faktor akan membuat akun Instagram kamu bakal lebih aman.

              Untuk mengaktifkannya, kamu tinggal pergi ke opsi dan aktifkan Autentikasi Dua Faktor. Sebelumnya pastikan juga kamu memiliki alamat email dan nomor telepon yang aman.

              Nah setelah kamu mengaktifkan fitur ini, maka setiap kali kamu login maka Instagram akan mengirim kode OTP ke nomor kamu masing-masing.

              Jadi bakal memperkecil kesempatan hacker untuk membobol akun kamu deh.

              3. Putuskan Hubungan dengan Aplikasi Pihak Ketiga

              Cara Cegah Akun Instagram Dihack 01 F7668
              Sumber foto: iphonehacks.com

              Seperti Jaka sudah sebutkan di atas, kalau kamu yang menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti untuk menambah followers kemungkinan besar rawan untuk di-hack.

              Makanya kamu wajib juga untuk memutuskan hubungan dengan aplikasi pihak ketiga ini. Caranya kamu tinggal pergi menuju laman https://www.instagram.com/accounts/manage_access/.

              Di sini kamu tinggal putuskan dengan aplikasi-aplikasi yang kamu anggap nggak perlu bahkan mencurigakan guys.

              4. Hubungi Pusat Bantuan Instagram

              Terakhir kalau lagi apes, mungkin akun Instagram kamu sudah tidak bisa diakses sama sekali sehingga kamu tidak bisa login ke akun kamu.

              Jika sudah sampai tahap ini, mending kamu tinggal menghubungi Pusat Bantuan Instagram yang bisa diakses kapan saja.

              Biasanya kamu akan dimintai nama akun beserta password terkahir yang kamu ingat. Jadi pastikan kamu melampirkan data sebenar-benarnya deh.

              Akhir Kata

              Nah begitulah beberapa cara hack Instagram yang biasa dilakukan. Para hacker pun pasti akan terus mencari celah lain untuk meretas privasi kamu dan data-data penting di dalamnya.

              Makanya kamu wajib waspada dan berhati-hati saat bersosial media. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa untuk tuliskan pendapat kamu pada kolom komentar di bawah.

              Baca juga artikel seputar Instagram atau artikel menarik lainnya dari Naufaludin Ismail.

              Keluar dari JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal