J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Cara Format Harddisk di PC / Laptop dengan Mudah, Gak Lemot Lagi!

Cara Format Harddisk di PC / Laptop dengan Mudah, Gak Lemot Lagi!

Jumat, 7 Agt 2020, 10:00 WIB
Cara format harddisk ternyata mudah dilakukan, lho geng! Kamu bisa format harddisk tanpa aplikasi dengan mudah supaya PC/Laptop kamu gak lemot lagi!

Kalau kamu adalah pengguna PC, pasti sudah gak asing dong dengan Harddisk atau Hardisk? Yup, harddisk merupakan salah satu komponen penting dalam PC yang berfungsi untuk menyimpan data.

Kapasitas harddisk memang bervariasi, namun kapasitas yang paling umum digunakan di PC saat ini adalah 1TB. Ukuran software yang semakin besar bikin varian ini semakin umum digunakan.

Biasanya ketika menghapus software di PC, kita sering kelupaan untuk menghapus data-data sisa dari software tersebut yang bikin PC jadi terasa lemot.

Sisa-sisa data tersebut juga bisa menimbulkan error atau bahkan terkontaminasi virus sehingga membahayakan PC. Daripada nyesel, mending simak artikel Jaka mengenai cara format hardisk berikut ini!

Kumpulan Cara Format Hardisk di PC dengan Mudah

Dalam artikel ini, Jaka bakal membahas mengenai beberapa cara format hardisk external maupun internal dengan mudah tanpa aplikasi tambahan.

Gak cuma itu, Jaka juga bakal kasih tahu kamu mengenai alasan kenapa kamu harus coba memformat harddisk serta manfaatnya. Daripada makin penasaran, langsung simak saja, yuk!

Alasan Format Hardisk

A 6ed2a

Terdapat beberapa alasan yang bikin pengguna PC atau laptop memformat harddisk mereka. Alasan ini bisa karena kerusakan atau untuk menjaga kondisi harddisk.

Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Harddisk Kepenuhan

Harddisk yang sudah mendekati kapasitas penyimpanan maksimal dapat memengaruhi kinerja PC kamu. Apalagi jika harddisk penuh tersebut merupakan drive yang kamu gunakan untuk booting.

Semakin penuh kapasitas sebuah harddisk, semakin lamban juga kinerja komponen tersebut dalam membaca atau menulis memori. Bisa-bisa, PC kamu malah hang dan gak bisa digunakan.

2. Terinfeksi Virus

Alasan selanjutnya adalah karena harddisk kamu tersebut terserang virus. Akses internet bikin pengguna semakin mudah dalam men-download software ataupun game terbaru.

Masalahnya, gak semua software yang kamu download di internet aman. Banyak hacker jahat yang menyelipkan virus atau malware yang bisa merusak PC, bahkan memata-matai kamu. Ngeri!

3. Sering Error

Bug pada software, registry error, dan aplikasi crash apabila didiamkan dapat merusak harddisk dan PC kamu. Mendingan di-format aja, geng.

4. Mengganti Sistem File

Harddisk memiliki file system yang berbeda tergantung dengan sistem operasi yang digunakan. Windows biasanya menggunakan system file NTFS.

Misalkan kamu ingin mengubah harddisk-mu menjadi HD External, kamu bisa mulai dengan mengubah file system HDD tersebut dari NTFS menjadi FAT32.

Manfaat Memformat Hardisk

S A1de4

Nah, kalau sebelumnya Jaka sudah ngomongin alasan dari memformat HDD, kini Jaka mau kasih tahu kamu beberapa manfaat yang bisa kamu rasakan setelah memformat hardisk.

1. Kinerja Lebih Ringan

Semakin besar space yang tersisa di harddisk, terutama boot drive (Drive C), maka semakin ringan juga kinerja PC. Hal ini juga bisa untuk meminimalisir error yang terjadi di PC kamu.

2. Membersihkan Virus

Meskipun kini sudah banyak software antivirus canggih, namun software tersebut gak bisa membersihkan 100% dari harddisk kamu. Kalau virusnya parah, kamu bisa coba memformat HDD untuk menghapusnya.

3. Memastikan Kondisi Harddisk

Dengan memformat, kamu jadi bisa mengetahui kondisi harddisk. Entah ada kerusakan pada hardware atau ada partisi yang error, kamu jadi bisa mendeteksinya, geng.

Cara Format Harddisk

Meskipun kini sudah banyak PC dan laptop yang menggunakan SSD (Solid State Drive), namun masih banyak orang yang memilih menggunakan harddisk karena lebih murah.

Meskipun begitu, harddisk lebih cepat usang karena masih menggunakan cakram. Adapun, terdapat 2 macam kerusakan pada hardisk, yakni hardware dan software.

Kerusakan pada hardware agak sulit untuk diperbaiki. Sementara, kerusakan pada software masih dapat diperbaiki, salah satunya dengan cara format hardisk kamu.

Sebelumnya, jangan lupa backup dulu data-data pentingmu, geng. Berikut adalah cara paling ampuh yang bisa kamu lakukan untuk memformat HDD tanpa aplikasi tambahan:

Cara Format Harddisk lewat My Computer

Pertama-tama, Jaka akan ajari kamu cara memformat harddisk lewat My Computer atau yang di Windows 10 dikenal sebagai menu This PC.

Cara ini adalah yang paling basic sehingga mudah sekali untuk dilakukan. Check it out!

  • Langkah 1: Pada desktop-mu, klik pada ikon Windows Explorer yang memiliki ikon berwarna kuning di sebelah tombol Start.

  • Langkah 2: Pada This PC, klik sekali pada Drive yang kamu ingin format.

1 28274
  • Langkah 3: Klik pada opsi Format.
2 83f85
  • Langkah 4: Kamu bisa menggunakann opsi default NTFS pada File System. Beri nama baru pada harddisk pada kolom Volume Label.

  • Langkah 5: Beri centang pada Quick Format kalau kamu ingin memformat HDD dengan cepat. Namun perlu diingat, opsi ini gak akan memformat HDD-mu dengan sempurna. Kalau mau bersih banget, jangan beri centang pada opsi tersebut.

3 9463e
  • Langkah 6: Klik Start untuk mulai memformat HDD. Tunggu hingga proses selesai.

Cara Format Harddisk lewat CMD

Seperti yang kita ketahui, CMD adalah command line interpreter (CLI) yang berfungsi untuk menjalankan perintah yang dimasukkan oleh penggunanya.

Ternyata CMD juga bisa kamu manfaatkan untuk memformat HDD, lho. Bagaimana cara format hardisk lewat CMD? Yuk, kita simak sama-sama, geng!

  • Langkah 1: Pada desktop, pencet tombol Windows + R pada keyboard-mu untuk membuka menu Run. Pada kolom yang muncul, masukkan perintah CMD, kemudian tekan Enter.
4 D4c86
  • Langkah 2: CMD kamu bakal terbuka. Ketikkan command 'diskpart' pada CMD, kemudian tekan Enter.
5 4e615
  • Langkah 3: Untuk melihat daftar harddisk yang tersambung di PC-mu, ketikkan command 'list disk', kemudian tekan Enter.
6 B5cb1
  • Langkah 4: Daftar HDD kamu bakal muncul. Ketikkan salah satu nama Disk yang ingin kamu format seperti yang Jaka contohkan pada gambar, kemudian Enter.
7 4dfd5
  • Langkah 5: Pada CMD kamu bakal muncul banyak banget perintah yang bisa kamu gunakan. Ketikkan 'Clean' untuk memformat hardisk yang kamu pilih sebelumnya, kemudian tekan Enter.
8 7649e
  • Langkah 6: Ketikkan perintah 'Create Partition Primary', kemudian tekan Enter.

  • Langkah 7: Setel System File baru HDD tersebut dengan mengetikkan perintah 'format fs=ntfs', kemudian Enter.

  • Langkah 8: Terakhir, kamu tinggal mengetikkan perintah 'Assign', kemudian tekan Enter. Mudah kan, geng?

Cara Format Harddisk lewat Disk Management

Kalau cara sebelumnya terlalu ribet buat kamu, tenang saja. Jaka punya cara yang mudah banget, yakni format hardisk melalui Disk Management. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Langkah 1: Klik tombol Start pada desktop-mu, kemudian ketikkan 'Disk Management'. Klik pada opsi pertama yang muncul.
9 Dd3c7
  • Langkah 2: Pilih salah satu Drive yang ingin kamu format. Klik kanan pada drive tersebut, kemudian pilih opsi Format.
10 412c6
  • Langkah 3: Pilih opsi Delete Volume, kemudian klik OK. Tunggu hingga proses format selesai.

Akhir Kata

Demikian artikel Jaka mengenai kumpulan cara format harddisk dengan mudah tanpa menggunakan aplikasi tambahan. Semoga PC / laptop kamu gak lemot lagi ya, geng!

Sampai jumpa lagi di artikel menarik JalanTikus selanjutnya!

Baca juga artikel seputar Tutorial atau artikel menarik lainnya dari Prameswara Padmanaba

ARTIKEL TERKAIT
Channel Youtube Tutorial Hijab 96678

10 Channel Youtube Tutorial Hijab untuk Lebaran | Anti Ribet Tapi Unik!

Pesan Tiket Bioskop Ea22e

7 Aplikasi Beli Tiket Bioskop Online 2020 | Lengkap dengan Tutorial!

Untitled 3 6b59b

Kumpulan Cara Screenshot di Laptop/PC Terbaru 2020 | Lengkap Semua OS

Alamat Situs Moviegan Terbaru 2019 Cara Download Nonton Film Favorit Makin Mudah 88438

Alamat Situs Moviegan Terbaru 2020 | Lengkap dengan Tutorial Download!

Cara Membuat Google Drive Banner 93be6

Cara Membuat Google Drive + Link Share (Tutorial Lengkap)

Tips Vsco Cam F9157

Ini Dia Tutorial Mudah Edit Foto ala Selebgram Pakai VSCO, Dijamin Banyak Like!

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
8 Cara Memperbaiki Harddisk Eksternal Tidak Terbaca, 100% Works!

8 Cara Memperbaiki Harddisk Eksternal Tidak Terbaca, 100% Works!

Cara Membuat Virtual Memory di PC / Laptop, Ampuh Atasi Lemot!

Cara Membuat Virtual Memory di PC / Laptop, Ampuh Atasi Lemot!

5 Website Simulasi Rakit PC Gaming Idaman, Biar GTA 5 Bisa Rata Kanan!

5 Website Simulasi Rakit PC Gaming Idaman, Biar GTA 5 Bisa Rata Kanan!

5 Cara Cek RAM Laptop Paling Mudah, Gak Perlu Lihat Box!

5 Cara Cek RAM Laptop Paling Mudah, Gak Perlu Lihat Box!

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal