Cara Edit Background Foto Bergerak di Android, Step by Step!

Sosial media menjadi salah satu platform untuk berbagi kreativitas. Beragam foto dan video menarik di upload tiap harinya. Salah satu yang tengah hits adalah foto yang bergerak. Foto dengan background bergerak menarik perhatian karena bisa membuat foto jadi lebih hidup.

Kamu mau foto dengan background yang bergerak juga? Cocok sekali, karena Jaka punya tipsnya untuk kalian. Dijamin postingan foto kamu jadi lebih keren dengan tips ini. Berikut tips cara membuat background foto bergerak.

BACA JUGA
  • Cara Membuat Foto Selfie bisa Bergerak dan Bersuara
  • Begini Cara Bikin Animasi dari Aplikasi Foto Bergerak di Android
  • 3 Aplikasi Foto Bergerak Terbaik Untuk Membuat GIF dan Video Pendek Kreatif

Inilah Cara Membuat Background Foto Bergerak di HP Android

Membuat background foto bergerak membutuhkan beberapa tahap guys. Sebelumnya kalau kamu masih bingung seperti apa background foto bergerak itu, berikut Jaka beri preview-nya:

Jadi, kita akan membuat foto background bergerak seperti preview di atas guys. Jaka akan berikan cara membuat foto bergerak step by step. Semua tools-nya juga akan Jaka berikan untuk kalian. Tahapannya akan dibagi menjadi 3 bagian, di antaranya:

  • Menghapus Background Foto
  • Download Video untuk Background Foto
  • Edit Foto Menggunakan KineMaster

Step 1: Menghapus Background Foto

Tahap pertama cara membuat background foto bergerak adalah dengan menghapus latar dari foto kita. Siapkan dulu foto mana yang akan kamu edit menjadi foto bergerak. Kalau Jaka menggunakan foto yang berlatar awan. Setelah itu kamu harus download aplikasi untuk menghapus background foto bernama Background Eraser.

Download APK Background Eraser

Kalau kamu sudah menentukan foto mana yang ingin diedit dan sudah instal aplikasi di atas, sekarang ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Pertama buka aplikasi Background Eraser yang sudah terinstal tadi. Setelah itu pilih Load Photo guys. Selanjutnya pilih foto mana yang ingin kamu edit menjadi foto bergerak dari file manager kamu.
Cara Edit Foto Bergerak 1 3529e
  • Lalu kamu akan masuk ke menu cropping, Jaka sarankan buat foto menjadi skala 1:1 jadi ketika di upload ke Instagram pas di feed. Jika sudah selesai memotong, tap ikon Done yang ada di sudut kanan atas. Selanjutnya adalah menghapus gambar awannya guys, gunakan tools auto atau manual yang ada di bagian bawah.
Cara Edit Foto Bergerak 2 2e912
  • Pastikan kamu menghapusnya dengan bersih dan rapih ya. Jika sudah tap ikon Done lagi. Tahap selanjutnya adalah menyimpan foto yang sudah kita hapus latarnya tadi, dengan cara tap ikon Save guys.
Cara Edit Foto Bergerak 3 67779
  • Tunggu hingga prosesnya selesai, tenang tidak akan memakan waktu lama. Jika sudah selesai langsung saja tap Finish untuk melanjutkan proses membuat background foto bergerak.
Cara Edit Foto Bergerak 4 05058

Step 2: Mencari Background Awan Bergerak

Tahap kedua dari cara membuat background foto bergerak adalah dengan mencari video sebagai latar foto kita. Tadi kan kita sudah menghapus gambar awan di foto kita, sekarang kita harus mencari video awan untuk mengisinya. Kita bisa dengan mudah mencarinya lewat Youtube.

Cara Edit Foto Bergerak 5 D0e18

Kamu bisa coba pakai keyword seperti moving clouds atau cloud background video. Setelah kamu menemukan video yang sesuai maka kamu harus download videonya. Tenang, kamu tidak perlu menggunakan aplikasi tambahan lagi guys. Kamu bisa lihat caranya lewat link di bawah ya:

Cara Menyimpan Video Dari Youtube Ke Galeri 55909
Cara Download Video Youtube Ke Galeri Tanpa Aplikasi
Cara menyimpan video dari YouTube ke galeri ternyata bisa dilakukan dengan dan tanpa aplikasi lho! Simak cara save video YouTube selengkapnya di sini!
LIHAT ARTIKEL

Step 3: Membuat Foto Bergerak Menggunakan KineMaster

Tahap terakhir cara membuat background foto bergerak adalah dengan mengolah kedua bahan tadi menggunakan aplikasi edit video KineMaster. Kalau kamu belum punya aplikasinya, santai! Jaka beri kamu link download aplikasinya di bawah ini:

Kinemaster Pro Video Editor Icon
KineMaster - Video Editor 4.12.3.15162.GP
Apps Video & Audio KineMaster Corporation
DOWNLOAD

Membuat foto bergerak menggunakan aplikasi ini mudah kok. Kamu hanya perlu menggabungkannya saja. Berikut langkah-langkah membuat background foto bergerak menggunakan KineMaster:

  • Langkah pertama adalah buka aplikasi KineMaster yang sudah terinstal di HP kamu. Setelah itu tap ikon bulat untuk memulai project baru. Setelah itu pilih opsi Empty Project untuk mulai membuat foto bergerak.
Cara Edit Foto Bergerak 6 8def4
  • Setelah itu kamu akan masuk ke menu editing KineMaster. Pertama-tama kita harus memasukkan video awan yang sudah kita download tadi. Caranya tap ikon Media, setekah itu cari dan tap video unduhan tadi.
Cara Edit Foto Bergerak 7 A3158
  • Kalau sudah, tap deretan gambar (sequence) yang ada di bagian bawah hingga terlihat tanda kuning tanda bahwa menu editing aktif. Geser kursor berwarna merah hingga detik ke 15. Kamu bisa saja pakai durasi lebih panjang, tapi Jaka menggunakan 15 detik agar video ini bisa diposting di Instagram Stories juga tanpa terpotong. Setelah itu tap ikon Gunting untuk memotong video.
Cara Edit Foto Bergerak 8 Ba64c
  • Selanjutnya, kamu akan diberi beberapa pilihan. Pilih saja opsi Trim to Right of Playhead untuk memotong sisa video yang tidak terpakai. Dengan begitu kini video awan tersebut tersisa 15 detik saja.
Cara Edit Foto Bergerak 9 A51ca
  • Langkah cara membuat foto bergerak selanjutnya adalah menambahkan foto yang sudah kita hapus background-nya tadi. Caranya tap ikon Layer lalu pilih Image atau gambar.
Cara Edit Foto Bergerak 10 A0fb0
  • Cari dan pilih foto yang sudah kita edit tadi. Sesuaikan ukuran foto dengan video awan. Pastikan kamu meletakan fotonya di tengah ya guys. Jangan lupa untuk menyesuaikan durasi foto. Tap sequence foto yang ada dibawah sequence video awan. Drag hingga panjang durasinya sama dengan video awan.
Cara Edit Foto Bergerak 11 44469
  • Tahap selanjutnya adalah menyesuaikan ukuran video awan dengan foto kita. Caranya adalah dengan tap ikon Crop setelah itu tap ikon sama dengan (=). Kamu bisa merubah ukuran video awan dengan cara cubit layar menggunakan dua jari.
Cara Edit Foto Bergerak 12 7087d
  • Sesuaikan hingga ukuran videonya pas dengan ukuran foto kita guys. Kamu bisa lihat contonhnya seperti gambar di bawah. Kalau sudah sesuai langsung saja tap ikon centang untuk melanjutkan proses membuat background foto bergerak.
Cara Edit Foto Bergerak 13 D3d4d
  • Sekarang foto background bergerak kamu sudah siap. Sebelum menyimpannya kamu bisa preview dulu dengan tap ikon Play. Kalau sudah puas dengan hasilnya kamu bisa langsung menyimpannya. Caranya dengan tap ikon Share yang ada di bagian kiri. Setelah itu pilih opsi Save Video to Gallery.
Cara Edit Foto Bergerak 14 358fd
  • Kamu bisa memilih menyimpan file foto bergerak dengan berbagai ukuran. Mulai dari medium hingga 4K. Kamu bisa melihat juga estimasi size dari filenya. Pilih sesuai keinginan, lalu tunggu hingga proses rendering selesai.
Cara Edit Foto Bergerak 15 B5a2e
  • Saat rendering selesai kamu akan mendapat pemberitahuan seperti di bawah. Kamu bisa langsung menutup sesi editing dengan tap OK. Kamu juga bisa langsung share vodeonya ke sosial media dengan tap opsi Share.
Cara Edit Foto Bergerak 16 C5eb2

Akhir Kata

Nah, itu tadi guys tips bagaimana cara membuat background foto bergerak dari Jaka. Kamu bisa mengembangkan tips tadi dengan mencoba berbagai foto dengan background yang lebih keren. Saran Jaka edit dulu fotonya dengan aplikasi edit foto lain agar fotonya kinclong jadi hasil foto bergeraknya akan lebih bagus.

Baca juga artikel seputar Edit Foto Bergerak atau artikel menarik lainnya dari Chaeroni Fitri.

ARTIKEL TERKAIT
Aplikasi Foto Melayang C9bd4
10 Aplikasi Edit Foto Melayang Android Paling Canggih 2018
Aplikasi Edit Foto Anti Alay Banner
5 Aplikasi Edit Foto Anti Alay Bikin Muka Mulus Seperti Artis Korea
Aplikasi Edit Foto Banner 08061
10 Aplikasi Edit Foto Jadi Bokeh dan Blur di Android, Gak Perlu Kamera DSLR!
Cara Membuat Foto Blur Banner 061e0
7 Cara Foto Bokeh di HP Android Modal 1 Kamera Doang!
APPS TERKAIT
Vsco Icon
VSCO: Photo & Video Editor 150
Apps VSCO
Snapseed Icon
Snapseed 2.19.0.201907232
Apps Google LLC
Adobe Lightroom Icon
Adobe Lightroom CC20187.0.0.10
Apps Adobe Systems Inc
Kinemaster Pro Video Editor Icon
KineMaster - Video Editor 4.12.3.15162.GP
Apps KineMaster Corporation
Tags Terkait: Productivity
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal