J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Mudah! Begini Cara Cek Akreditasi Kampus & Prodi Melalui Situs BAN-PT

Selasa, 24 Nov 2020, 22:00 WIB
Cara cek akreditasi kampus bisa dilakukan dengan mudah melalui situs resmi BAN-PT. Berikut langkah-langkah cek akreditasi kampus!

Cara cek akreditasi kampus sering kali dicari oleh para calon mahasiswa ketika mempersiapkan diri untuk berkuliah. Selain itu, para pelamar kerja, baik CPNS maupun perusahaan swasta, juga memerlukannya sebagai syarat pendaftaran.

Untungnya, cek akreditasi kampus dapat dilakukan dengan mudah melalui situs cek kampus Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) selaku lembaga resmi negara yang bertugas untuk menilai dan menerbitkan akreditasi kampus dan program studi (prodi).

Melalui situs tersebut, kamu bisa melihat akreditasi semua jenis perguruan tinggi, seperti universitas, sekolah tinggi, institut, politeknik, dan akademi, baik negeri maupun swasta.

Nah, kalau kamu belum tahu cara cek akreditas kampus, langsung saja simak penjelasan Jaka di bawah ini.

Cara Cek Akreditasi Kampus dan Prodi Melalui BAN-PT

Selain cara mengganti background pas foto menjadi merah atau biru, biasanya yang banyak dicari oleh para calon mahasiswa adalah cara mengecek akreditasi kampus.

Hal ini penting untuk dilakukan agar kamu yakin bahwa kampus dan prodi incaranmu sudah memenuhi parameter kelayakan untuk menyelenggarakan program yang ditawarkan.

Tapi, apakah kamu sudah tahu apa saja faktor-faktor yang dinilai dalam sebuah akreditasi? Lalu, apa itu BAN-PT yang bertugas menerbitkan akreditasi kampus dan prodi?

Apa Itu Akreditasi Kampus dan BAN-PT?

Cara Cek Akreditasi Kampus Dd9d0
Sumber foto: Reed College

Akreditasi perguruan tinggi adalah bentuk pengakuan mutu dari pihak eksternal tentang input, proses, dan hasil dari sistem maupun manajemen mutu pendidikan di suatu kampus dan program studi.

Sesuai UU Nomor 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, BAN-PT mendapat peran sentral dalam upaya menjaga dan meningkatkan mutu pendidikan tinggi di Indonesia. Salah satu tugasnya adalah melakukan proses penilaian serta menentukan akreditasi kampus dan prodi.

Ada tiga peringkat akreditasi yang dikeluarkan oleh BAN-PT, yaitu A, B, dan C. Peringkat tersebut berlaku selama lima tahun sejak tanggal dikeluarkannya Surat Keputusan (SK) dari BAN-PT.

Berdasarkan Peraturan BAN-PT No. 3 Tahun 2019, terdapat sembilan kriteria dalam rangka penilaian akreditasi yang bisa kamu cek sebagai berikut.

  • Visi, misi, tujuan, dan strategi

  • Tata kelola, tata pamong, dan kerja sama

  • Mahasiswa

  • SDM

  • Sarana, prasarana, dan keuangan

  • Pendidikan

  • Penelitian

  • Pengabdian

  • Output dan tercapainya Tridharma Perguruan Tinggi

Akreditasi menjadi tolok ukur yang menunjukkan mutu atau kualitas dari suatu kampus maupun prodi. Selain itu, akreditasi juga digunakan sebagai pendorong agar pihak kampus dapat mempertahankan, bahkan meningkatkan, mutu pendidikannya.

Jelas, kan, geng, bahwa persiapan kuliah bukan hanya soal memilih laptop sesuai jurusan, melainkan juga pertimbangan mengenai akreditasi kampus tujuanmu.

Semakin tinggi nilai akreditasinya, maka semakin tinggi juga kesempatanmu untuk diterima bekerja di perusahaan ternama. Hal ini dikarenakan biasanya perusahaan akan melihat peringkat akreditasi kampus asal si pelamar.

Cara Cek Akreditasi Kampus dan Program Studi

Berkat kemajuan teknologi yang semakin pesat seperti saat ini, urusan kuliah bisa diselesaikan dengan mudah dan praktis. Salah satunya adalah daftar kuliah lewat aplikasi.

Selain itu, cara cek akreditasi sekolah tinggi dan prodi juga bisa dilakukan dari rumah. Hanya berbekal PC, laptop, atau smartphone, kamu sudah bisa melihat peringkat akreditasi semua kampus di Indonesia beserta prodi yang ditawarkan.

Nah, daripada kamu penasaran cara cek akreditasi BAN-PT 2020, ikuti saja langkah-langkahnya di bawah ini, geng.

Langkah 1 - Buka Situs BAN-PT

  • Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah mengakses situs BAN-PT di alamat https://www.banpt.or.id/ melalui salah satu aplikasi browser tercepat.

  • Selanjutnya, arahkan kursor ke menu Data Akreditasi dan klik pada submenu Institusi (terkini).

Cek Akreditasi Kampus E1d29

Langkah 2 - Cek Akreditasi Kampus

  • Ketik nama perguruan tinggi yang ingin kamu cek akreditasinya pada kolom yang tersedia.
Cara Mengecek Akreditasi Kampus 268c1
  • Setelah itu, akan muncul informasi mengenai peringkat, nomor dan tahun SK dari BAN-PT, serta tanggal dan status kedaluwarsa SK tersebut.

Sementara itu, cara cek akreditasi prodi juga nggak kalah mudah dengan cara cek akreditasi sekolah tinggi. Masih melalui situs yang sama, kamu bisa mengikuti langkah-langkah cek BAN-PT akreditasi prodi 2020 berikut ini.

Langkah 1 - Buka Situs BAN-PT

  • Pada halaman awal situs BAN-PT, arahkan kursor ke menu Data Akreditasi dan klik pada submenu Program Studi (terkini).
Cara Cek Akreditas Kampus 9d10d

Langkah 2 - Cek Akreditasi Prodi

  • Ketik nama perguruan tinggi dan program studi yang ingin kamu cek akreditasinya pada kolom yang tersedia. Nah, selain yang sudah Jaka jelaskan di atas, cara cek akreditasi kampus juga bisa kamu lakukan melalui submenu ini, geng.
Akreditasi Ban Pt 2020 91a0f
  • Setelah itu, akan muncul informasi mengenai peringkat, nomor dan tahun SK dari BAN-PT, serta tanggal dan status kedaluwarsa SK tersebut.

Sayangnya, situs BAN-PT belum menyediakan tombol download akreditasi kampus maupun prodi, sehingga kamu hanya bisa screenshot hasil yang ada di layar.

Jika kamu membutuhkan sertifikat akreditasi, kamu bisa memintanya langsung di fakultas pada perguruan tinggi masing-masing, biasanya berupa file PDF.

Akhir Kata

Itu dia cara cek akreditasi kampus dan program studi yang bisa dilakukan melalui website BAN-PT sebagai lembaga resmi yang melakukan penilaian akreditasi terhadap perguruan tinggi di seluruh Indonesia.

Dengan cara ini, kamu bisa melihat peringkat akreditasi kampus dan jurusan yang ingin kamu tuju secara praktis di mana pun, serta bisa memenuhi syarat pendaftaran kerja dengan mudah.

Baca juga artikel seputar Out Of Tech atau artikel menarik lainnya dari Sheila Aisya Firdausy.

ARTIKEL TERKAIT
Mahasiswa Wajib Masuk 7 Aplikasi Kuliah Online Terbaik Untuk Nambah Ilmu Afe9d
Mahasiswa Wajib Masuk! 7 Aplikasi Kuliah Online Terbaik untuk Nambah Ilmu
Aplikasi Android Untuk Mahasiswa 94434
10 Aplikasi Android Terbaik Untuk Mahasiswa yang Aktif Belajar!
Aplikasi Kalkulator Android Banner
10 Aplikasi Kalkulator Android Terbaik untuk Mahasiswa Akuntansi
Kerja Sampingan 57c4f
10 Kerja Sampingan yang Mudah Dilakukan dengan Untung Menggiurkan
Header 3 5c309
10 Pertanyaan Interview Bahasa Inggris Saat Melamar Kerja. (Plus Jawaban)
Cara Menambah Ukuran File Pdf 3f61d
Cara Memperbesar Ukuran PDF | Buat Penuhi Syarat Dokumen CPNS
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
7 Situs Cek Plagiarisme Online Gratis Terbaik, Fitur Lengkap!
7 Situs Cek Plagiarisme Online Gratis Terbaik, Fitur Lengkap!
3 Cara Cek Saldo BPJS JHT Ketenagakerjaan Terbaru 2020
3 Cara Cek Saldo BPJS JHT Ketenagakerjaan Terbaru 2020
3 Cara Cek Ongkir JNE 2020 Terbaru Anti Ribet, Dijamin Akurat!
3 Cara Cek Ongkir JNE 2020 Terbaru Anti Ribet, Dijamin Akurat!
Cek Pemilik Plat Nomor Kendaraan Online | Pelanggar Auto Ketahuan!
Cek Pemilik Plat Nomor Kendaraan Online | Pelanggar Auto Ketahuan!

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal