J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              Jangan Asal, Ini Cara Menggunakan Smartphone dengan Bijak!

              Jangan Asal, Ini Cara Menggunakan Smartphone dengan Bijak!

              00
              Kamis, 16 Mar 2017, 20:00 WIB
              Semua asyik menundukkan kepala melihat konten di smartphone, mendekatkan yang jauh tapi menjauhkan yang dekat. Untuk itu, gunakan smartphone dengan bijak

              Komunikasi secara langsung (tatap muka) sangatlah dibutuhkan dalam kehidupan manusia. Meskipun dunia semakin cepat berubah seiring berkembangnya zaman dan teknologi.

              Contoh nyata ialah penggunaan smartphone, yang membuat proses komunikasi dapat dilakukan tanpa batasan waktu, jarak, dan tempat. Namun, manusia lama kelamaan menjadi sangat individualis dan tidak akan ada lagi interkasi atau pun sosialisasi yang dilakukan di dunia nyata.

              Semua asyik menundukkan kepala melihat konten di smartphone, mendekatkan yang jauh tapi menjauhkan yang dekat. Untuk itu, gunakan smartphone dengan bijak dan jangan menggunakan smartphone di momen berikut.

              BACA JUGA
              • 10 Teknologi Ini Bakal Jadi Tren di Smartphone 2017
              • 20 Ilustrasi Menyedihkan Tentang Kecanduan Manusia Terhadap Teknologi

              Cara Menggunakan Smartphone dengan Bijak!

              1. Singkirkan Benda Itu!

              singkirkan-benda-itu

              Smartphone memang dapat digunakan untuk menjadi asisten pribadi, kamu dapat menyimpan data-data penting untuk perihal bisnis mau pun menjadi sebagai pengingat apa yang harus dilakukan selanjutnya.

              Smartphone juga memiliki kemampuan sebagai kamera saku, konsol game, dan merupakan pusat hiburan. Tak heran, kita tak bisa lepas dari smartphone.

              Namun, ada waktunya pada kondisi tertentu benda yang satu ini kita simpan sejenak. Contohnya saat di rumah, gunakan waktu kamu untuk mengobrol dengan keluarga. Ketika lagi kencan, gunakan waktu kamu untuk saling mencurahkan rasa kasih sayang.

              Dan masih banyak contoh lainnya, jangan sia-siakan momen penting dalam hidup kamu. Baiklah kamu orang yang sangat sibuk dan kita memang tidak pernah tahu kapan situasi penting atau darurat terjadi, silahkan sambil sesekali cek notifikasi.

              Tapi tanggapi hal yang benar-benar penting saja. Kamu juga harus meminta maaf, ketika terpaksa harus menggunakan smartphone.

              2. Nikmati Momen yang Sedang Berlangsung

              Nikmati Momen yang Sedang Berlangsung

              Harus diakui, kemampuan kamera smartphone memang luar biasa. Tapi, ada batasannya dan kamu nggak harus mengabadikan semua momen yang menarik. Karena yang lebih penting adalah bagaimana kamu bisa menikmati momen tersebut.

              Contoh nyata adalah saat kamu nonton konser. Harus banget ya kamu mengambil foto panggung pakai smartphone? Pertama sangat jelas hasilnya jelek dan kedua itu sangat mengganggu orang lain.

              Jadi lebih baik hentikan hal tersebut, nikmati musik dan suasana konser yang sedang berlangsung. Hal ini juga berlaku ketika kamu sedang liburan, kamu nggak harus mengabadikan semuanya. Cukup ambil foto secukupnya dan nikmati liburan kamu.

              Apa Jadinya Jika Kita Hidup Tanpa Smartphone?
              Gak cuma jadi alat komunikasi, smartphone juga bisa menjadi teman penghiburmu di kala bosan. Lantas, pernahkah terlintas di benak kamu, apa jadinya dunia jika tidak ada smartphone?
              LIHAT ARTIKEL

              3. Jangan Upload Foto Teman dan Tag Sembarangan

              Jangan Upload Foto Teman dan Tag

              Sebelum kamu meng-upload foto yang berisi orang lain di media sosial, sebaiknya kamu bertanya dulu kepada teman yang bersangkutan. Mungkin ada alasan kenapa teman kamu tidak ingin foto yang ada dirinya di-upload ke internet.

              Selain itu, jangan menggunakan tag yang tidak perlu. Jaka sendiri sangat benci ketika ada yang menandai sesuatu di Facebook misalnya, tapi kontennya sama sekali tidak ada hubungannya.

              4. Smartphone Kamu - Punya Kamu, Orang Lain Tak Perlu Tahu

              Smartphone Kamu yang Punya Kamu, Orang Lain Tak Perlu Tahu

              Sekali lagi, harus ada sopan santun dalam menggunakan smartphone dan juga jangan sampai mengganggu orang lain. Ketika kamu berada di kelas, kantor, sedang rapat, nonton bioskop, dan lainnya. Sebaiknya atur ke mode getar dan gunakan smartphone seperlunya.

              Ada beberapa orang yang cenderung suka mendengarkan musik di tempat umum. Atau bermain game dengan volume yang keras. Tapi, kamu harus tahu tempat yang pas dan gunakan headphone kamu.

              5. Ingat Keselamatan Kamu dan Orang Lain

              Ingat Keselamatan Kamu dan Orang Lain

              Terakhir tapi tidak kalah penting adalah jaga keselamatan diri kamu dan juga orang lain di sekitar kamu. Contohnya ketika kamu sedang berkendara, simpan dulu smartphone kamu.

              Terus ketika kamu sedang berjalan kaki, baik itu di jalan raya atau pun di mall. Tetap simpan smartphone kamu, kita tidak tahu hal-hal yang akan terjadi jika sampai kehilangan fokus.

              Kesimpulan

              Mempunyai smartphone memang mempunyai banyak dampak positif dengan membantu mempermudah kita dalam menjalani aktivitas. Namun kita harus bijak dalam menggunakan smartphone.

              Kita harus sadar bahwa waktu dengan orang-orang di sekitar kita lebih penting untuk selalu dapat menjalin komunikasi secara langsung. Bagaimana pendapat kamu mengenai fenomena penggunaan smartphone di Indonesia?

              Baca juga artikel seputar Smartphone atau tulisan dari Lukman Azis lainnya.

              APPS TERKAIT
              Capsa Royale 3.1.1
              Games 88 Entertaiment
              JalanTikus 2.5.2
              Apps JalanTikus.com
              Babe - Baca Berita 7.6.2
              Apps Mainspring
              Dress Up Diary 1.3.43
              Games Maingames
              Komentar
              BERIKAN KOMENTAR

              Keluar dari JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal