J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              Hati-Hati! Ini 5 Bagian Rawan Kotor di HP dan Cara Mudah Membersihkannya

              Hati-Hati! Ini 5 Bagian Rawan Kotor di HP dan Cara Mudah Membersihkannya

              00
              Selasa, 14 Nov 2017, 09:00 WIB
              Inilah 5 bagian smartphone yang rawan kotor dan cara mudah mengatasinya!

              Studi yang dikeluarkan oleh Which Magazine dari Inggris mengatakan bahwa smartphone memiliki potensi 18 kali dijadikan sarang bakteri ketimbang toilet umum. Masuk akal sih. Tentunya dengan melakukan aktivitas yang beragam, smartphone kamu jadi gampang kotor bukan?

              Smartphone yang kotor dan jadi sarang bakteri tentu bakal membawa penyakit pada penggunanya. Makanya, kamu perlu berhati-hati terhadap bagian yang mudah kotor pada smartphone. Berikut Jaka kasih tahu tips membersihkan bagian yang rawan kotor pada smartphone tanpa harus merusaknya.

              BACA JUGA
              • Smartphone Lebih Kotor Daripada Toilet! Bersihkan Segera dengan Cara Ini
              • Jangan Beli Smartphone Bezel-less, Ini 5 Fungsi Bezel di Smartphone!
              • 15 Aksesoris Smartphone Unik Paling Berguna yang Wajib Kamu Miliki

              Cara Membersihkan 5 Bagian Rawan Kotor Pada Smartphone

              Sebelum memulai, kamu perlu menyiapkan beberapa alat dan bahan yang digunakan untuk membersihkan smartphone. Bahannya gampang dicari kok. Kamu tinggal siapkan kain microfiber, cotton buds, air, dan alkohol. Jangan lupa untuk menonaktifkan smartphone terlebih dulu ya!

              1. Layar Smartphone

              Layar Smartphone
              Sumber foto: Foto: digitaltrends.com

              Layar merupakan bagian pada smartphone yang paling banyak kontak langsung dengan tubuh saat digunakan. Layar smartphone yang kotor dapat disebabkan oleh sidik jari atau bahkan minyak wajah kamu saat digunakan untuk menelepon.

              Untuk membersihkan layar, kamu perlu menggunakan kain microfiber. Kain microfiber punya tekstur yang lembut. Basahi kain dengan sedikit air, lalu usapkan pada layar smartphone dengan cara memutar. Berikan sedikit tekanan pada noda yang susah dihilangkan.

              2. Body Smartphone

              Body Smartphone
              Sumber foto: Foto: cnet.com

              Body smartphone sering kontak dengan berbagai macam permukaan. Tentu akan sulit untuk menghilangkan noda pada bagian ini. Umumnya noda tinta pulpen menjadi yang paling sering membuat body smartphone kamu menjadi kotor.

              Kamu perlu menggunakan minyak kayu putih atau hand sanitizer. Usapkan secara memutar hanya pada bagian yang kotor. Ulangi hingga noda perlahan menghilang. Terakhir, usapkan kain microfiber yang telah dibasahi untuk menghilangkan sisa minyak kayu putih dan hand sanitizer.

              3. Lubang dan Port Smartphone

              Lubang dan Port Smartphone
              Sumber foto: Foto: androidcentral.com

              Debu halus umumnya menumpuk pada bagian lubang audio, charging, microphone, dan speaker. Untuk membersihkannya, kamu perlu berhati-hati untuk mengindari kerusakan. Gunakan cotton buds kering atau kapas untuk membersihkan debu pada lubang.

              Kamu perlu menghindari menggunakan cairan pembersih rumah tangga untuk membersihkan bagian ini. Reaksinya yang kuat dapat merusak smartphone kamu loh. Tambahkan saja sedikit air dan alkohol pada tumpukan debu yang membandel.

              4. Casing Tambahan Smartphone

              Casing Tambahan
              Sumber foto: Foto: howtogeek.com

              Casing tambahan memang berfungsi untuk melindungi dan membuat smartphone nggak gampang kotor. Namun, bukan berarti casing kamu tidak jadi sarang debu dan bakteri. Sesekali kamu perlu membersihkannya juga, guys.

              Sama seperti body dan lubang atau port smartphone, kamu bisa membersihkannya menggunakan kain microfiber dan cotton buds. Bersihkan body casing dengan kain microfiber yang telah dibasahi. Untuk bagian yang sulit dijangkau, kamu bisa menggunakan cotton buds untuk membersihkannya.

              5. Earphone, Headset, dan Headphone

              Earphone
              Sumber foto: Foto: wikihow.com

              Kamu yang senang mendengarkan musik, tentu nggak akan lepas dari benda yang satu ini, baik earphone, headset, maupun headphone. Dengan selalu menjaga kebersihannya, kamu dapat mengurangi risiko infeksi pada telinga kamu.

              Debu dan kotoran yang menumpuk bisa jadi sangat berisiko. Bersihkan lubang dengan menggunakan cotton buds atau kapas. Buat kamu yang menggunakan earphone, jangan ragu untuk mengganti earbuds jika yang lama sudah kotor.

              Akhir Kata

              Nah, itulah cara mudah membersihkan 5 bagian rawan kotor pada smartphone. Menjaga kebersihan smartphone akan menghindarkan kamu dari berbagai macam penyakit. Apakah kamu punya saran lain? Share pendapat kamu pada kolom komentar ya!

              Baca juga artikel seputar Smartphone atau artikel menarik lainnya dari Satria Aji Purwoko.

              APPS TERKAIT
              CCleaner 5.55
              Apps Piriform
              DU Speed Booster (Cleaner) 2.9.8.2.1
              Apps DU APPS Studio
              AdwCleaner 6.030
              Apps Xplode
              1Tap Cleaner 2.35
              Apps Antoni
              Komentar
              BERIKAN KOMENTAR

              Keluar dari JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal