7 Candi Hindu Indonesia yang Wajib Kamu Kunjungi, Cantik Banget!

Default

Indonesia dengan sejarahnya yang panjang tak hanya menghasilkan kebudayaan dan masuknya pengaruh berbagai agama dan nilai politik, namun juga meninggalkan bangunan-bangunan bersejarah.

Salah satu bangunan bersejarah yang paling banyak ditemukan adalah candi, terutama di Pulau Jawa.

Candi merupakan bangunan yang digunakan untuk tempat ibadah dan pemujaan umat Hindu dan Buddha di masa lampau dan dibangun dari batu yang disusun menjadi struktur tertentu.

Berbeda dengan candi Buddha, candi Hindu memiliki karakteristik berbeda yaitu bangunannya bersifat tinggi dan ramping serta berfungsi sebagai tempat untuk memuliakan tokoh yang sudah wafat.

Nah, kali ini Jaka akan mengulas candi-candi Hindu yang pas banget untuk kamu jadikan destinasi wisata saat pandemi mereda. Sambil foto-foto, bisa sambil belajar sejarah juga, dong!

1. Candi Prambanan, Yogyakarta

A9dd0ae0e3b82f843ed29d25c4380a97 D8506
Sumber foto: JCIC

Candi Prambanan merupakan kompleks candi Hindu terbesar yang dibangun di Indonesia dan mulai dibangun pada tahun 850 Masehi.

Candi yang juga disebut Candi Roro Jonggrang ini dipersembahkan untuk Trimurti yaitu tiga dewa utama Hindu, Brahma sang dewa pencipta, Wisnu sang dewa pemelihara, dan Siwa sang dewa pemusnah.

Candi yang terletak di Sleman, Jawa Tengah ini telah ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO dan menjadi salah satu objek favorit yang harus dikunjungi saat ke Yogyakarta. Sudah kesini, belum?

2. Candi Gedong Songo, Semarang

Gedong Songo Temple 593cd
Sumber foto: idetrips

Jalan-jalan ke Semarang memang tak pernah membosankan karena banyak tempat wisata dan sentra oleh-oleh yang bisa dikunjungi.

Tapi, apakah kamu sudah pernah mencoba bertandang ke Candi Gedong Songo yang terletek di lereng Gunung Ungaran?

Candi ini pada awalnya ditemukan tahun 1804 oleh Gubernur-Letnan Hindia, Raffles. Karena letaknya yang di lereng gunung, suhu di sekitar kompleks candi ini sangat sejuk dan pemandangan alamnya pun sangat indah.

Tak hanya itu, kamu bisa mandi air panas, berkemah, atau berkuda di sini. Cocok untuk liburan bareng keluarga atau sahabat!

3. Candi Dieng, Banjarnegara

Arjuna Temple 1 600x336 88c05
Sumber foto: Jogja Compass Tours

Bangunan yang ada di kompleks Candi Dieng berasal dari Kerajaan Kalingga dan merupakan bangunan keagamaan tertua di tanah Jawa yang masih bertahan hingga saat ini, lho.

Namun, nama asli dan sejarah dari candi-candi ini tak diketahui sehingga penduduk lokal menamai setiap candi dengan nama-nama tokoh dalam kitab Mahabharata.

Dibanding dengan candi-candi Hindu lainnya, Candi Dieng lebih kecil dan sederhana. Kamu bisa mengunjunginya sekalian menikmati pesona sekitar Dataran Tinggi Dieng.

4. Candi Sukuh, Karanganyar

Candi Sukuh Mesoamerican Architecture 49dee
Sumber foto: idetrips

Seperti banyak candi di Indonesia yang terletak di kaki gunung, Candi Sukuh juga berada di kaki Gunung Lawu. Namun, penampakan candi ini memang lain dari yang lain.

Bukannya mirip candi, Candi Sukuh malah menyerupai kuil Chichen Itza yang ada di Meksiko dan menyerupai piramida. Selain itu, candi ini juga kontroversial karena terdapat penggambaran alat kelamin manusia secara eksplisit di beberapa bagiannya.

Kamu bisa menjelajahi sejumlah teras dan panel yang memiliki makna dan sejarahnya sendiri, lho. Kapan lagi bisa wisata sambil belajar?

5. Candi Tikus, Mojokerto

Candi Tikus 0a259

Bergeser ke Jawa Timur, ada Candi Tikus yang juga memiliki corak Hindu. Nama yang unik ini ternyata karena tempat candi tersebut berada dulunya merupakan sarang tikus!

Tak langsung terlihat di atas tanah, Candi Tikus semula terkubur dalam tanah dan baru kembali ditemukan tahun 1914 melalui penggalian situs, lalu dilakukan pemugaran pada tahun 1984-1985.

Candi ini memiliki wilayah yang berisi air di sekitarnya, sehingga pakar sejarah menduga dahulu candi ini digunaan sebagai tempat pemandian, ada juga yang berasumsi bahwa candi ini berfungsi sebagai tempat pemujaan.

6. Candi Penataran, Blitar

Candi Penataran Edb86
Sumber foto: AGTVnews

Blitar juga memiliki situs candi yang indah dan lumayan luas untuk dikunjungi dan foto-foto, yaitu Candi Penataran yang terletak di lereng barat daya Gunung Kelud.

Menurut kitab Nagarakretagama, candi tersebut pernah dikunjungi Raja Hayam Wuruk dalam perjalanannya bertamasya keliling wilayah Jawa Timur dan telah didaftarkan ke Situs Warisan Dunia UNESCO sejak 19 Oktober 1995.

Candi Penataran memiliki bagian halaman dan bentuk bangunan yang berbeda-beda, sehingga kamu bisa mempelajari setiap arsitektur khas dan sejarahnya sendiri-sendiri. Seru banget, kan?

7. Candi Gunung Kawi, Gianyar

Gunung Kawi 64b6b
Sumber foto: Bali Honest Driver

Kamu yang berada di luar Jawa juga bisa mengunjungi candi-candi yang tak kalah cantik dan megah, salah satunya Candi Gunung Kawi yang berada di Kabupaten Gianyar, Bali.

Berbeda dengan candi lainnya, candi Hindu yang satu ini unik karena bangunannya yang berupa pahatan di dinding tebing. Nama Gunung Kawi sendiri berarti "pahatan di atas gunung".

Candi ini diperkirakan dibangun pada abad ke-11 Masehi pada masa pemerintahan Raja Udayana. Ada sebuah cerita rakyat yang mengisahkan bahwa Candi Gunung Kawi dibuat oleh Kebo Iwa menggunakan kuku-kuku tajamnya.

Akhir Kata

Sungguh luhur dan kaya sekali bukan, peninggalan sejarah dari nenek moyang kita? Candi yang Jaka bahas di atas baru segelintir saja dari keseluruhan candi Hindu yang ada di Indonesia. Tentunya masih banyak yang tak kalah cantik!

Kalau kamu, sudah pernah mengunjungi yang mana saja, nih? Beri tahu Jaka yang paling recommended, dong!

Baca juga artikel seputar Wisata atau artikel menarik lainnya dari Ayu Kusumaning Dewi.

ARTIKEL TERKAIT
10 Film Sejarah Terbaik Sepanjang Masa Belajar Sejarah Gak Pake Ngantuk 930d3
12 Film Sejarah Terbaik Sepanjang Masa, Belajar Sejarah Gak Pake Ngantuk!
Destinasi Wisata Terseram Banner
14 Destinasi Wisata Terseram yang Bikin Bulu Kuduk Berdiri, Ada Indonesia Juga!
Wisata Malam Bekasi Banner
3 Wisata Malam di Bekasi Ini Dijamin Bikin Gak Mau Pulang!
Hotel Airy Rooms Di Bali Banner
3 Tempat Wisata Malam di Bali Ini Jarang Diketahui, Kamu Tahu?
Tempat Wisata Terkenal Di Aceh Banner Dd9e7
4 Tempat Wisata Terkenal dan Instagramable di Aceh, Wajib Kunjung!
Tempat Wisata Sejarah Di Bogor Banner
4 Wisata Sejarah dan Edukasi di Bogor Ini Cocok untuk Liburan
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal