J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              Terlalu Sering Terpapar Cahaya Gadget Sebabkan Penuaan Dini, Mitos Atau Fakta?

              Terlalu Sering Terpapar Cahaya Gadget Sebabkan Penuaan Dini, Mitos Atau Fakta?

              00
              Kamis, 24 Agt 2017, 16:00 WIB
              Laptop, Smartphone dan Tablet adalah jenis gadget yang paling banyak digunakan saat ini.

              Laptop, Smartphone dan Tablet adalah jenis gadget yang paling banyak digunakan saat ini. Bukan hanya orang dewasa, remaja dan anak-anak juga sudah banyak yang menggunakan gadget untuk aktivitas sehari-hari. Kalian tentu bisa dengan mudah menemukan anak-anak sekolahan yang menggenggam gadget di tangan mereka. Bahkan, di zaman sekarang ini, balita pun sudah memegang gadget seperti smartphone untuk menonton video atau bermain game.

              Gadget memang memiliki begitu banyak manfaat bagi penggunanya. Akan tetapi, kita tidak boleh melupakan dampak negatif yang juga bisa muncul akibat penggunaan gadget yang berlebihan dan tidak sesuai umur. Apalagi jika setiap hari terpapar cahaya dari layar gadget, hal ini disebut-sebut bisa menyebabkan penuaan dini loh! Mitos atau fakta? Jaka akan kasih tahu kalian kebenarannya.

              BACA JUGA
              • Awas, Pake Smartphone Sambil Tiduran Bisa Sebabkan Kebutaan!
              • Inilah 5 Kesalahan PALING FATAL Dalam Memilih Earphone
              • Awas! 3 Penyakit Ini Lahir Gara-Gara Perkembangan Teknologi!

              Terlalu Sering Terpapar Cahaya Layar Gadget Sebabkan Penuaan Dini. Mitos atau Fakta?

              Pendapat Pakar

              masukkan deskripsi gambar disini

              Sebelum memastikan kebenaran suatu pernyataan, ada baiknya jika kita mengetahui terlebih dahulu pendapat ahlinya. Seorang dermatologist bernama Paul Jarrod Frank, MD, mengatakan bahwa terlalu sering bermain gadget dapat menyebabkan kemunculan keriput disekitar leher, dagu dan mata. Hal ini terjadi sebab paparan cahaya dari layar gadget yang terlalu lama dan berlarut-larut dapat mengakibatkan kerusakan kolagen di kulit leher dan wajah. Ahli dermatologis lainnya yaitu Julia Tzu, MD, juga memiliki pendapat yang sama bahwa cahaya dari layar gadget akan berbahaya bagi kulit jika terlalu sering terpapar.

              Muncul Keriput di Leher, Dagu dan Mata

              masukkan deskripsi gambar disini

              Jika terlalu lama bermain gadget dan terkena paparan cahaya dari layarnya dalam jangka waktu yang lama, maka akan muncul keriput di sekitar leher, dagu dan mata. Keriput pada mata paling besar kemungkinannya sebab kebiasaan pengguna yang seringkali menyipitkan mata saat menatap layar gadget. Munculnya garis-garis halus pada area sekitar mata tentu akan membuat wajah tampak menua apalagi bagi yang hobi begadang sambil main gadget. Hati-hati, sebab bukan hanya keriput yang akan muncul, tapi juga mata panda!

              Sebabkan Jerawat

              masukkan deskripsi gambar disini

              Bukan hanya keriput, para ahli menyebutkan bahwa kelebihan terpapar cahaya dari layar gadget juga dapat memicu timbulnya jerawat. Hal ini disebabkan oleh bakteri dari udara maupun riasan wajah yang menempel pada layar gadget. Para ahli menambahkan bahwa orang-orang yang menggunakan gadget di dalam ruangan lebih beresiko mengalami penuaan dini karena jarang terpapar cahaya alami.

              Solusi

              masukkan deskripsi gambar disini

              Para pakar setuju bahwa terlalu lama terpapar cahaya dari layar gadget dapat menimbulkan beberapa masalah kulit yang berujung pada penuaan dini. Mereka menyarankan agar para pengguna sebisa mungkin meminimalisir penggunaan gadget, terutama di dalam ruangan.

              Jika memang harus menggunakannya setiap hari, maka setting layar gadget menjadi sedikit redup dan jaga jarak pandang agar tidak terlalu dekat dengan layar. Kita juga disarankan untuk rajin membersihkan layar gadget menggunakan produk pembersih antibakteri agar jika ada riasan wajah yang menempel di layar tidak akan memicu timbulnya jerawat.

              Akhir Kata

              Berdasarkan pendapat pakar dan penjelasan di atas, terbukti bahwa terlalu lama terpapar cahaya dari layar gadget dapat menyebabkan penuaan dini. Hal ini merupakan fakta yang tidak boleh kita sepelekan. Semoga solusi di atas dapat membantu dan membuat kita semua lebih bijak dalam menggunakan gadget. Ingat, ambil positifnya, buang negatifnya, ya.

              APPS TERKAIT
              WhatsApp Messenger 2.19.46
              Apps WhatsApp Inc.
              JalanTikus 2.5.2
              Apps JalanTikus.com
              YouTube
              Apps Google Inc.
              Netflix 6.26.1
              Apps Netflix, Inc.
              Komentar
              BERIKAN KOMENTAR

              Keluar dari JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal