Brainware adalah: Definisi, Fungsi, Jenis, Komponen, dan Contohnya

Default

Brainware adalah salah satu istilah di dalam dunia teknologi. Istilah ini merujuk pada orang yang menggunakan suatu perangkat, baik perangkat keras maupun lunak.

Kebanyakan orang memang hanya mengenal hardware atau software dan merasa asing dengan istilah brainware ini. Padahal, peran dan fungsinya sangat besar bagi perusahaan.

Jaka akan membahas istilah ini lengkap dengan definisi, fungsi, jenis-jenis brainware dan contohnya. Simak artikel berikut untuk menambah wawasan teknologimu!

Apa yang Dimaksud dengan Brainware?

6180dff5581e3
Sumber foto: Qwords - Apa itu Brainware

Menghimpun beberapa sumber, Brainware adalah orang yang menggunakan perangkat komputasi, baik hardware maupun software. Seringkali, brainware disebut juga dengan perangkat intelektual.

Untuk memudahkan pemahaman kamu, Jaka akan memberikan satu contoh. Misalnya, kamu ingin mengetik jurnal menggunakan Microsoft Word (software) di laptop kamu (hardware).

Tentu saja harus ada orang yang mengoperasikannya, bukan? Entah itu kamu yang mengetik jurnal sendiri atau orang lain yang mengetikkannya untukmu. Nah, orang tersebut ialah brainware.

Teknologi secanggih apapun, jika tidak ada orang yang mahir menggunakannya, tidak akan berguna. Tanpa ada brainware, komputer yang kamu beli tidak bisa digunakan untuk mengerjakan tugas, bekerja, atau bermain.

Kenapa Brainware itu Penting? Apa Fungsinya?

Seperti yang Jaka jelaskan di atas, brainware memiliki peran penting untuk memastikan perangkat komputasi yang dirakit manusia dapat digunakan sesuai dengan fungsinya.

Sementara, fungsi brainware sendiri setidaknya ada tiga, yaitu sebagai programmer, administrator, dan operator. Yuk, bahas satu-satu fungsi tersebut!

  1. Programmer, yaitu sebagai orang yang memahami bahasa pemrograman. Bahasa ini digunakan untuk membuat aplikasi atau game di komputer
  2. Administrator alias orang yang mengelola sistem komputer atau jaringan. Dia memastikan semua struktur jaringan bisa bekerja dengan baik dan membantu pihak lain yang mengalami masalah teknis
  3. Operator, yaitu sebagai orang yang menggunakan perangkat komputasi tersebut, merawatnya, dan memastikan perangkat tersebut berjalan dengan normal

Komponen Brainware yang Wajib Kamu Ketahui

Master Fd17 J370 CE 1954 Pengertian Brainware
Sumber foto: Qwords - Komponen Brainware

Setidaknya, ada dua komponen brainware ini, yaitu hardware engineer dan software engineer. Dua komponen ini terbagi menjadi beberapa jenis, misalnya Project Manager, System Analyst, dan sebagainya. Kita bahas dua definisi ini dulu, yuk!

  • Hardware Engineer adalah brainware yang pekerjaannya berhubungan dengan perangkat keras. Misalnya, teknisi, system analyst, atau security analyst. Dia memastikan perangkat keras ini berjalan dengan baik, sesuai fungsinya.
  • Software Engineer adalah brainware yang bekerja dengan perangkat lunak. Misalnya, web developer dengan bahasa pemrogramannya. Atau, trainer yang mengajarkan operator menggunakan program tertentu.

Brainware Digolongkan Jadi Berapa Jenis?

Hardware Software Brainware
Sumber foto: Niagahoster - Jenis Brainware

Nah, setidaknya ada delapan jenis brainware. Kamu mungkin pernah mendengar istilah-istilah berikut di tempat kerjamu.

Yap, kalau tempat kerjamu bergantung pada teknologi, pasti ada orang yang bekerja dengan titel berikut. Langsung saja, yuk, kita simak jenis-jenis brainware berikut ini.

1. Project Manager

Project Manager alias PM adalah orang yang bertanggung jawab dalam pembuatan suatu jaringan atau program. Dia bertugas merencanakan, membuat, dan memonitor proyek tersebut agar berjalan dengan baik.

Tugasnya memang kompleks, makanya seorang PM di bidang teknologi setidaknya harus memiliki wawasan di bidang pemrograman, pemeliharaan jaringan, bahkan pengelolaan waktu, sumber daya, anggaran, dan lainnya.

2. Web Developer

Dalam merakit suatu jaringan atau program, PM tentu dibantu oleh brainware-brainware lain, seperti Web Developer. Dia bertugas untuk membuat aplikasi atau program dengan bahasa pemrograman yang dia kuasai.

3. Teknisi

Teknisi merupakan orang yang mengenal berbagai komponen dan cara kerja hardware maupun software. Ketika ada yang tidak berjalan sesuai fungsi, teknisi akan memperbaikinya.

4. Database Administrator

Database Administrator punya tanggung jawab untuk mengelola database, alias basis data atau kumpulan data tentang suatu hal, misalnya data karyawan. Dia juga bertugas merawat basis data ini agar aman dan tidak bocor.

5. System Analyst

Brainware ini bertugas untuk mengawasi hardware dan software di perangkat komputasi. Dia memonitor, apakah seluruh program berjalan dengan baik.

Tugas ini cukup penting karena berkaitan dengan perancangan, pembuatan, dan evaluasi terhadap program. Hasil kerjanya dijadikan dasar pengembangan program ke depan.

6. Security Specialist

Security Specialist berperan menjaga keamanan program dan jaringan, seperti memasang firewall. Dia memastikan agar dua hal ini, beserta semua informasi penting di dalamnya, terproteksi dengan baik dan tidak bocor ke pihak lain.

7. Trainer

Trainer bertugas memberikan pelatihan pada operator tentang cara menggunakan hardware dan software agar sesuai dengan fungsinya.

Misalnya, jika seorang operator ingin menggunakan Microsoft Excel untuk membuat laporan keuangan, maka trainer akan melatihnya dan menjelaskan fungsi VLOOKUP, HLOOKUP, dan lain-lain.

8. Operator

Terakhir, ada operator, yang bertugas mengoperasikan hardware dan software untuk menyelesaikan tugas dan mencapai tujuannya.

Misalnya, jika seseorang ditugaskan membuat presentasi, maka dia harus mahir menggunakan komputer dan Microsoft Powerpoint agar bisa membuat presentasi yang menarik.

Apa Saja Contoh-contoh Brainware?

Pengertian Brainware Adalah Fungsi Jenis Dan Contohnya
Sumber foto: Maxmanroe - Contoh Brainware

Ada beberapa contoh brainware yang mungkin pernah kamu temui sebelumnya. Jaka akan merinci beberapa contoh tersebut di bawah:

  • Netter, yaitu pengguna internet yang secara aktif mencari informasi untuk dirinya atau kelompok tertentu. Kalau kamu sering menggunakan internet, artinya kamu adalah netter
  • EDP Department, yaitu departemen teknologi informasi/TI sebuah perusahaan. Isitlah ini juga digunakan oleh orang-orang yang mengolah data elektronik suatu perusahaan
  • Network System, yaitu sistem operasi yang menangani sebuah jaringan di komputer. Dengan sistem operasi, operator akan lebih mudah menggunakan hardware dan software untuk keperluan mereka

Akhir Kata

Brainware adalah istilah yang asing, namun penting di dalam penggunaan teknologi. Tanpa brainware, perangkat yang sudah dirakit tidak akan berhasil mencapai tujuannya.

Semua orang yang mengoperasikan perangkat komputer adalah brainware, termasuk kita yang sering menggunakan HP, laptop, atau PC untuk kebutuhan sehari-hari. Kita adalah operator sistem komputer.

Dengan penjelasan di atas, Jaka harap wawasanmu tentang istilah teknologi ini bisa bertambah. Semoga bermanfaat, ya!

Baca juga artikel Tips, Tech Hack, atau artikel menarik lainnya dari Athika Rahma

Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal