J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              Blogger vs WordPress, Mana yang Lebih Baik?

              Blogger vs WordPress, Mana yang Lebih Baik?

              00
              Kamis, 27 Okt 2016, 18:00 WIB
              Mana yang lebih baik antara Blogger dan Wordpress? Berikut adalah ulasan lengkapnya. Kelebihan dan kekurangan serta beragam fitur menarik yang bisa dicoba.

              Untuk menulis dan membuat sebuah situs pribadi, ada dua layanan blog gratis yang bisa digunakan, antara lain Blogger dan Wordpress. Meski ada banyak layanan blog gratis yang bisa dicoba saat ini, Blogger dan Wordpress masih menjadi layanan paling besar dan mudah digunakan oleh pengguna.

              Blogger dan Wordpress tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jika kamu bingung ingin membuat blog dari Blogger atau Wordpress untuk situs kamu, di sini Jaka jelaskan perbedaan, kelebihan dan kekurangan serta beragam fitur menarik yang bisa digunakan dari kedua layanan blog gratis tersebut.

              BACA JUGA
              • Cara Membuat Website dengan WordPress.org
              • Biar Jago Coding, Begini Cara Membuat Dialog Script di Blogger
              • Cara Mudah Mengganti Template (Tema) di Blogger

              Perbedaan Blogger dan WordPress

              Blogger dan WordPress sama-sama menawarkan beragam desain dan fitur yang bisa digunakan dan tidak membingungkan untuk blogger pemula. Meski dua-duanya menarik perhatian, kedua platform ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

              Blogger

              Blogger Vs Wordpress 1

              Blogger adalah sebuah situs blog instant yang dibuat oleh Pyra Labs pada tahun 1999. Menjadi salah satu situs dengan tampilan antarmuka yang user-friendly, dalam beberapa tahun ini Blogger berhasil menggaet banyak user dan traffic. Pada tahun 2002, Blogger berhasil menarik ratusan ribu pengguna hingga akhirnya Google tertarik untuk membeli situs blogging tersebut.

              Sejak Google mengakuisisi Blogger pada tahun 2003 lalu, perusahaan ini menawarkan beragam aplikasi Google yang bisa digunakan secara langsung. Mulai dari AdWords, Adsense, Analytics dan masih banyak lagi. Aplikasi tersebut sangat berguna untuk para blogger pemula.

              Download aplikasi Blogger

              Kelebihan Blogger

              • Gratis: Fitur unggulan yang bisa menarik banyak pengguna baru menggunakan Blogger adalah harganya. Setiap pengguna bisa memulai menulis dan membuat situs sendiri tanpa dipungut biaya.
              • Friendly User Interface: Tampilan antarmuka di Blogger juga sangat ramah untuk digunakan pemula.
              • Widget: Terdapat beragam Widget untuk mengatur tata letak Blogger.
              • Mudah ganti tampilan: Untuk pengguna yang ingin mengganti tampilan (tema/template), cara mengganti template blogger cukup mudah untuk dilakukan.
              • Tidak down: Karena dikelola oleh Google, perawatan dan pemeliharaan server menjadi prioritas utama Google. Dengan begitu, pengguna tidak akan mengalami server down saat menggunakan Blogger.
              • Mudah melacak: Pengguna bisa dengan mudah memasang tracking untuk mengetahui siapa yang mengunjungi situs kamu.
              • Mudah pasang iklan: Google memberi kemudahan untuk pengguna yang ingin menghasilkan uang dari Blogger. Saat belum mengganti domain, pengguna bisa menghasilkan uang dari blog menggunakan Google Adsense.

              Kekurangan Blogger

              Blogger dengan tampilan antarmuka yang sederhana ini cukup terbatas untuk novice dan advance blogger. Kedua jenis blogger tersebut sering komplain akibat keterbatasan fitur high-end dan advance pada situs mereka.

              WordPress

              Blogger Vs Wordpress 2

              WordPress adalah sebuah blog instant yang dibuat oleh WordPress Foundation dan dirilis pada tahun 2003. Berbeda dengan Blogger yang dibuat untuk pemula, WordPress diciptakan untuk pengguna yang ingin platform blogging lebih kompleks. WordPress sendiri adalah platform Open Source berbasis PHP dan MySQL.

              Tujuan lain dari WordPress adalah untuk menciptakan platform blogging dengan fitur dan tampilan antarmuka yang mudah digunakan untuk pemula, tapi bisa dengan mudah melakukan upgrade jika dirasa perlu. Untuk sekadar diketahui, WordPress.com berbeda dengan WordPress.org. WordPress.com memiliki fitur mirip seperti Blogger sedangkan WordPress.org fitur lebih kompleks karena ditujukan untuk advance blogger.

              Download aplikasi WordPress

              Wordpress_icon
              WordPress
              Apps Productivity Automattic, Inc
              DOWNLOAD

              Kelebihan WordPress

              • Hak akses penuh: Sebuah WordPress yang dibuat secara mandiri (WordPress.org) akan memberikan penggunanya kuasa atas beragam hal, mulai dari konten, tampilan, fitur dan masih banyak lagi.
              • Custom Domain: Pengguna juga bisa menggunakan custom domain agar situs yang dikelola terlihat lebih profesional.

              Kekurangan WordPress

              WordPress sendiri memiliki kekurangan yaitu dari segi teknis, WordPress.org tidaklah gratis. Pengguna membutuhkan sebuah hosting untuk menaruh WordPress tersebut. Meski begitu, harga sebuah hosting saat ini juga tidak terlalu mahal untuk sebuah situs sederhana.

              Kesimpulan

              Blogger Vs Wordpress 3

              Tergantung dengan blog seperti apa yang ingin kamu buat, Blogger dan WordPress bisa menjadi salah satu pilihan untuk pemula ataupun berpengalaman. Meski Blogger menjadi situs yang lebih lama berdiri dibanding WorPress, tidak terjadi banyak perubahan yang bisa membingungkan pengguna.

              Blogger juga menjadi populer karena salah satu tempat penulisan pribadi beragam jenis tulisan, mulai dari diari, jurnal, kejadian besar, liburan keluarga, perjalanan keluar negeri hingga pernikahan. Blogger juga bisa mempermudah penggunanya untuk menganalisis darimana traffic situs kamu berasal, memasang iklan hanya dengan menggunakan satu akun Google.

              Sedangkan WordPress memang ditujukan untuk pengguna lebih profesional, tapi tidak terlalu menyulitkan juga untuk pengguna pemula yang ingin mempelajari WordPress. WordPress bisa digunakan secara gratis pada situs WordPress.com. Untuk melakukan upgrade secara mandiri, pengguna bisa menggunakan WordPress.org.

              APPS TERKAIT
              Babe Baca Berita Indonesia Icon
              Babe - Baca Berita 7.6.2
              Apps Mainspring
              Capsa Royale Icon
              Capsa Royale 3.1.1
              Games 88 Entertaiment
              Coc Icon Icon
              Clash of Clans 9.105.9
              Games Supercell
              Dress Up Diary Icon
              Dress Up Diary 1.3.43
              Games Maingames

              Keluar dari JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal