J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Big Data; Teknologi yang Akan Berguna Atau Justru Merugikan?

Big Data; Teknologi yang Akan Berguna Atau Justru Merugikan?

Rabu, 28 Mar 2018, 17:00 WIB
Apakah kamu sudah pernah mendengar teknologi yang bernama Big Data? Mungkin istilah ini masih asing di Indonesia tetapi di luar negeri teknologi ini sudah lama dikembangkan.

Apakah kamu sudah pernah mendengar teknologi yang bernama Big Data? Mungkin istilah ini masih asing di Indonesia tetapi di luar negeri teknologi ini sudah lama dikembangkan. Misalnya saja, pada tahun 2012, pemerintah Amerika Serikat mengalokasikan dana 200 Juta dolar Amerika untuk mengembangkan teknologi ini.

Lantas, seperti apakah sebenarnya Big Data itu? Nah, pada kesempatan kali ini Jaka akan membahas soal teknologi yang katanya bisa jadi 'penyelamat dunia streaming' masa depan. Yuk langsung aja simak artikelnya.

BACA JUGA
  • 6 Akuisisi Bernilai Paling Fantastis Dalam Industri Teknologi
  • 10 Fakta Seputar Dunia Teknologi yang Jarang Diketahui
  • MENGERIKAN! 5 Teknologi Ini Paling Berpotensi Memusnahkan Umat Manusia

Apa Itu Big Data?

BigData 1 1 Copy C1559
Dari namanya, teknologi ini berhubungan dengan jumlah data yang besar. Peningkatan jumlah pengguna internet membuat data yang ada juga makin banyak. Jika tidak diatasi, bisa terjadi ledakan data. Nah, teknologi Big Data inilah yang disebut-sebut bisa menjadi solusinya. Dengan Big Data, data disimpan dalam jumlah yang besar untuk kemudian dianalisa sehingga bisa menghasilkan rekomendasi tindakan yang harus dilakukan.

Benarkah Big Data adalah teknologi yang bisa mengatasi hal tersebut?

Masalah Big Data 6d482
Kembali pada contoh di Amerika Serikat, promosi Big Data gagal dan banyak orang tidak menganggapnya sebagai teknologi tepat guna. Pada tahun 2015, Big Data tidak masuk dalam teknologi yang berguna dalam review sebuah perusahaan konsultan teknologi terpercaya Gartner. Review tersebut mengevaluasi berbagai teknologi dari segi perkembangan, pemasaran dan kegunaan serta cara menciptakan inovasi terbaru. Big Data dianggap termasuk teknologi yang tidak berkembang sehingga tidak banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan.

Apa yang sebenarnya terjadi?

Solusi Penerapan Big Data A79d6
Penyebab utama kegagalan perkembangan Big Data adalah buruknya citra teknologi ini sejak awal diluncurkan. Banyak orang berpendapat bahwa Big Data adalah sebuah pengumpulan data yang tidak perlu. Selain itu, banyak yang mengkritisi bahwa teknologi ini adalah sebuah pengumpulan data yang tidak perlu. Citra yang buruk itu membuat banyak pihak tidak melihat kelebihan Big Data. Padahal cecara teknis, teknologi Big Data ini hebat dan bisa berguna. Mari kita lihat pengalaman Netflix.

Penerapan Teknologi Big Data Saat Ini di Indonesia

Jakarta Smart City Cddac
Baru-baru ini di Indonesia sendiri teknologi Big Data sudah diterapkan oleh Jakarta Smart City. Namun jauh sebelum itu, sejak tahun 2013, Netflix menggunakan teknologi Big Data untuk mengumpulkan data yang banyak. Netflix sendiri tidak menggunakan istilah Big Data karena citranya yang buruk dan menggantinya dengan nama 'data visualization'. Dengan teknologi ini, Netflix sukses besar dan banyak digunakan oleh pengguna internet untuk menonton film, serial TV, atau streaming hal lain. Salah satu penyebabnya adalah Netflix dengan tepat memberikan rekomendasi kepada penggunanya berdasarkan data yang disimpan dalam viewing history mereka.

Pengalaman Netflix menunjukkan bahwa Big Data mempunyai potensi untuk menjadi teknologi yang berguna. Syarat yang utama adalah data mudah untuk diakses. Kemudahan diakses ini akan menjadikan sebuah data menjadi berguna. Potensi ini dikuatkan oleh pernyataan Matthew C. Harding, seorang pakar data terkemuka. Ia menggunakan Big Data untuk menjawab berbagai persoalan energi, lingkungan, dan kesehatan. Ia mengatakan bahwa Big Data adalah teknologi yang bisa membuat manusia menentukan pilihan yang lebih baik.

Akhir Kata

Teknologi Big Data memang belum banyak digunakan dan dianggap tidak tepat guna. Hanya saja, penilaian itu berdasarkan citra buruk Big Data sejak dirilisnya. Sebagai teknologi, Big Data bisa menjadi jawaban atas berbagai persoalan di masa depan. Kalau menurut kamu sendiri bagaimana guys?

ARTIKEL TERKAIT
Prediksi Nama Android P 4c4fb

Gokil! Ini 10 Prediksi Nama Android P dari Makanan Manis Dunia

Aplikasi Android Lebih Keren Dari Iphone E4c07

3 Aplikasi Ini Bisa Bikin Android Kamu Lebih CANGGIH dari iPhone

Witch Hunt 1d946

5 Game Dengan Penghargaan Terbanyak di Dunia

Aplikasi Android Paling Berguna Dibawah 10mb 3864c

7 Aplikasi Android Terbaik di Bawah 10MB

Sleep 4ff45

Insomnia? 5 Aplikasi Android Ini Bisa Jadi Pengantar Tidur

APPS TERKAIT
Jalantikus Icon
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
Babe Baca Berita Indonesia Icon
Babe - Baca Berita 7.6.2
Apps Mainspring
Youtube Gaming Icon
YouTube Gaming 1.1.20.3
Apps Google Inc.
Buzz Up Viral Videosok Icon
Buzz Up! - Viral Videos 5.1.2
Apps Mainspring
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal