J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              99 dari 100 Pelanggan IndiHome Tidak Membaca TOS Ketika Awal Berlangganan!

              99 dari 100 Pelanggan IndiHome Tidak Membaca TOS Ketika Awal Berlangganan!

              00
              Kamis, 11 Feb 2016, 18:00 WIB
              Melalui artikel berikut, mari kita ulas apakah kebijakan dari Telkom untuk memutus hubungan telepon rumah bagi pengguna yang berhenti berlangganan IndiHome memang sudah layak untuk dilakukan, atau justru menjebak pengguna.

              Masih ingat kan dengan artikel kami sebelumnya yang mempertanyakan tentang kebijakan sepihak dari IndiHome yang mengubah paket dan harga dari layanan secara mendadak? Jika kamu belum sempat membacanya, kamu bisa melihatnya melalui artikel berjudul: Masih Mau Pake IndiHome?. Pada artikel tersebut, kami membahas mengenai komplain dari banyak sekali pengguna IndiHome yang merasa tertipu karena tidak diperingatkan terlebih dahulu mengenai perubahan paket dan harga yang telah mereka gunakan.

              Selain komplain yang masif terhadap kebijakan tersebut, melalui berbagai media masa juga kini sedang hangat mengenai perbincangan tentang pengguna yang merasa dirugikan akibat ingin memutus langganan dengan IndiHome, namun ia juga harus kehilangan nomor dan koneksi telepon rumah secara sekaligus. Melalui artikel berikut, mari kita ulas apakah kebijakan dari Telkom untuk memutus hubungan telepon rumah bagi pengguna yang berhenti berlangganan IndiHome memang sudah layak untuk dilakukan, atau justru menjebak pengguna.

              BACA JUGA
              • Masih Mau Pake IndiHome?
              • TELKOMSEL atau XL? Inilah Operator dengan Kecepatan 4G LTE Tercepat di Indonesia
              • Maraknya Protes Terhadap Iklan yang Memaksa dari Telkom Speedy

              Berhenti Berlangganan IndiHome, Berarti Berhenti Menggunakan Telepon Rumah

              IndiHome ialah layanan fiber dari Telkom yang mengintegrasikan tiga fitur berbeda ke dalam satu paket yang sama. IndiHome menyediakan layanan internet, telepon rumah, dan TV interaktif dalam sebuah paket yang dibayar secara sekaligus. Hal yang menguntungkan dari paket IndiHome ini adalah kini kita bisa menggunakan ketiga layanan berkecepatan tinggi tersebut secara sekaligus di rumah, berikut metode pembayaran yang lebih mudah karena semuanya digabung ke dalam sebuah tagihan.

              Indihome Cabut Telepon 1

              Akan tetapi banyak pelanggan yang tidak menyadari bahwa Telkom memberikan peraturan yang sebenarnya jelas mengenai siapa saja yang ingin behenti menggunakan layanan fiber tersebut. Melalui FAQ yang dikeluarkan di situs resmi IndiHome, mereka berkata bahwa "Bila pelanggan memutuskan berhenti berlangganan, maka perangkat Telkom yang terdapat di pelanggan akan diambil kembali oleh pihak Telkom". Semua itu termasuk router, kabel, dan segala hal yang berhubungan dengan koneksi IndiHome.

              Sayangnya, telepon rumah yang sebelumnya sudah digunakan pun juga mau tidak mau harus dicabut. Alasan dari Telkom sebenarnya masuk akal, karena melalui IndiHome yang memberlakukan layanan Triple Play, telepon rumah akan dikonversi menjadi menggunakan jaringan VOIP atau melalui internet pula, dan menggunakan jalur fiber yang sama. Tapi apakah tidak bisa dikembalikan ke jaringan semula sebelum terkoneksi IndiHome?

              Jawaban Langsung Dari Dirut Telkom Mengenai Kasus Ini

              Melalui sebuah artikel dari situs Detik, Direktur Utama Telkom yaitu Alex J. Sinaga menyatakan bahwa memang benar telepon rumah tentu saja akan turut dicabut apabila pelanggan berhenti berlangganan IndiHome. Akan tetapi, protes yang selama ini diutarakan oleh masyarakat ia nilai akibat kurangnya edukasi yang diberikan mengenai manfaat dari Triple Play milik IndiHome.

              Indihome Cabut Telepon 2

              Alex mengatakan bahwa sebenarnya ia mengintegrasikan telepon rumah ke jaringan internet karena dapat lebih murah untuk di-maintain dan menghasilkan harga yang lebih terjangkau. Berbeda dengan jaringan telepon rumah konvensional yang hanya menggunakan satu play telephony dan sudah tidak tren di seluruh dunia, dan tidak lagi di-support secara luas. Tapi Alex juga berkata bahwa apabila pelanggan yang sudah tidak menggunakan layanan IndiHome namun tetap ingin menikmati layanan telepon rumah konvensional, maka Telkom tetap dapat memasangnya kembali sesuai keinginan.

              Kurang Teredukasi Atau Kurang Transparan?

              Kini muncul pertanyaan kembali setelah melihat dilemma yang muncul di antara pengguna IndiHome yang ingin berhenti berlangganan. Apakah memang benar mereka kurang teredukasi mengenai sistem IndiHome yang terpasang di rumah mereka, atau kasus ini muncul akibat tim marketing yang menjual jasa IndiHome tanpa informasi yang jelas dan transparan? Karena banyak sekali pelanggan yang komplain akibat pada awalnya mereka tidak diberitahu tentang adanya aturan ini oleh para tim marketing yang bergerilya pada saat waktu promo.

              Indihome Cabut Telepon 3

              Lalu siapa yang salah? Dan apa yang seharusnya dibenahi mengenai kasus antara IndiHome dan para pelanggan yang kesal? Jangan lupa untuk berikan opini kamu melalui kolom komentar di bawah ini ya.

              Ookla Speedtest
              Speedtest.net
              Apps Networking Ookla
              DOWNLOAD

              APPS TERKAIT
              Telkomsel Bola Samba
              Telkomsel Bola Samba 1.1
              Apps Telkomsel
              Mytelkomsel Icon
              MyTelkomsel 4.2.0
              Apps Telkomsel
              Telkomsel Moovigo Icon Icon
              Telkomsel Moovigo 1.2.2
              Apps Telkomsel
              Internetspeedtest Icon
              Internet Speed Test 3G,4G,Wifi 2.0.9
              Apps Optimal Software s.r.o.

              Keluar dari JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal