5 Bencana Alam Terdahsyat di Indonesia, Ratusan Ribu Korban Jiwa!

Default

Indonesia adalah salah satu negara yang rawan bencana alam. Rentetan bencana alam sudah memorak-porandakan Tanah Air dan beberapa di antaranya disebut sebagai yang terburuk.

Secara geografis, Indonesia terletak di atas lempeng tektonik yang berpotensi menimbulkan gempa. Ada juga 127 gunung berapi aktif yang bisa meletus kapan saja.

Hal ini merupakan salah satu penyebab bencana alam yang kerap melanda Indonesia. Selain itu, ada juga bencana alam yang disebabkan oleh kelalaian manusia.

Kali ini Jaka bakal mengulas 5 bencana alam terdahsyat di Indonesia yang tidak hanya memakan korban jiwa, tapi juga menimbulkan kerugian besar. Simak ulasannya di bawah ini!

1. Gempa Palu 2018

Ben1 Custom 7772d

Rangkaian bencana alam mulai dari gempa, tsunami, dan likuefaksi meratakan Kota Palu, Sigi, dan Donggala, di wilayah Sulawesi Tengah pada 28 September 2018.

Gempa bermagnitudo 7,4 menimbulkan tsunami setinggi hampir 6 meter dengan kecepatan 800 km/jam. Gelombang besar pun menerjang Pantai Talise dan sekitarnya.

Selain gelombang besar, gempa juga memicu fenomena tanah bergerak yang kemudian dikenal dengan istilan likuefaksi. Ratusan rumah pun ditelan bumi.

Bencana alam ini memakan 2.086 korban jiwa, 671 hilang, dan 10.679 luka berat. Kemudian 82.775 warga harus mengungsi di sejumlah titik.

2. Tsunami Selat Sunda 2018

Ben2 Custom 77639

Letusan Gunung Anak Krakatau di Selat Sunda pada 22 Desember 2018 memicu gempa bumi dengan magnitudo 7,4. Tak lama berselang, tsunami menerjang pesisir Banten dan Lampung Selatan.

Akibat bencana ini, 437 orang dinyatakan meninggal dunia. Jumlah itu meliputi korban di lima kabupaten, yakni Kabupaten Serang, Pandeglang, Lampung Selatan, Pesawaran, dan Tanggamus.

Selain korban tewas, tercatat 14.059 orang luka-luka, belasan warga hilang, dan 33.721 orang harus mengungsi. Bencana ini juga menyebabkan sebanyak 2.752 rumah rusak.

3. Letusan Gunung Tambora 1815

Ben3 Custom B7643

Salah satu ledakan terbesar di dunia terjadi pada tahun 1815. Ledakan ini berasal dari letusan Gunung Tambora di Pulau Sumbawa, Indonesia.

Total volume yang dikeluarkan mencapai 150 kilometer kubik atau 150 miliar meter kubik. Letusan bahkan terdengar sejauh 2.600 km, dan abu jatuh sejauh 1.300 km.

Tercatat, 71 ribu orang meninggal dunia. Sekitar 10 ribu orang tewas secara langsung akibat letusan, sedangkan sisanya karena bencana kelaparan dan penyakit.

Jika kerusakan di sekitar Tambora disebabkan terpaan awan panas, kematian massal berskala dunia justru dikarenakan pendinginan Bumi pasca-letusan tersebut.

Anomali iklim global akibat letusan ini menyebabkan penurunan suhu bumi hingga mencapai 0,4 derajat celsius. Tahun berikutnya, 1816, pun disebut sebagai tahun tanpa musim panas.

4. Letusan Gunung Krakatau 1883

Ben4 Custom Afcea

Selain Gunung Tambora, letusan Gunung Krakatau pada 1883 juga tidak kalah dahsyat. Bermula pada tanggal 26 Agustus 1883 dan berpuncak dengan letusan yang meruntuhkan kaldera.

Pada tanggal 27 Agustus 1883, dua pertiga bagian Gunung Krakatau runtuh dalam letusan berantai. Akibatnya, sebagian besar pulau di sekelilingnya langsung lenyap.

Daya ledak Gunung Krakatau diperkirakan mencapai 30.000 kali bom atom yang mengguncang Hiroshima dan Nagasaki di Jepang pada akhir Perang Dunia II.

Seperti Gunung Tambora, dampak letusan Gunung Krakatau juga memengaruhi iklim dunia. Hampir sebagian langit dunia gelap gulita. Suhu permukaan bumi pun turun 1,2 derajat Celcius.

Dalam catatan sejarah, letusan Gunung Krakatau merupakan yang terbesar di penghujung abad 19. Peristiwa ini menelan korban lebih dari 36.000 jiwa.

5. Tsunami Aceh 2004

Ben5 Custom A43c2

Gempa bumi terkuat dalam sejarah dunia salah satunya terjadi di Indonesia. Di penghujung tahun 2004, gempa bermagnitudo 9,1 - 9,3 mengguncang Tanah Air.

Gempa yang berpusat di lepas pantai barat Sumatra, dekat Aceh, pada 26 Desember 2004 ini disebabkan oleh pecahnya patahan antara Lempeng Burma dan Lempeng India.

Gempa tersebut merupakan yang terbesar ketiga dalam catatan sejarah dan memiliki durasi patahan terpanjang yang pernah diamati, yakni sekitar 10 menit.

Tak lama setelah gempa muncul, serangkaian gelombang tsunami hingga setinggi 30 meter pun menerjang pesisir sekitar Samudra Hindia.

Tsunami dan gempa ini menewaskan sekitar 227.898 orang di 14 negara, dengan jumlah korban terbanyak berasal dari Aceh. Inilah bencana alam terburuk dalam sejarah Indonesia.

Akhir Kata

Itulah ulasan mengenai 5 bencana alam terdahsyat di Indonesia yang memakan hingga ratusan ribu korban jiwa dan menimbulkan kerugian yang tak ternilai.

Serangkaian bencana alam tadi bahkan tercatat sebagai yang terburuk di dunia karena memberi dampak secara global, tak hanya di Indonesia tapi juga hingga ke negara lain.

Baca juga artikel seputar Out of Tech atau artikel menarik lainnya dari Reishatia.

ARTIKEL TERKAIT
Pembunuh Berantai Yang Bebas Berkeliaran D4201
5 Pembunuh Berantai yang Bebas Berkeliaran, Sampai 300 Korban!
A Inter 1 5cd6d
7 Film dengan Teori Sains Paling Akurat, Plotnya Kelewat Jenius!
Momen Bersejarah Yang Tertangkap Kamera B7c15
5 Momen Paling Bersejarah yang Tertangkap Kamera, Kelam & Sadis!
Ledakan Terbesar Dalam Sejarah 79a10
5 Ledakan Terburuk dalam Sejarah, Renggut Puluhan Ribu Jiwa!
Misteri Tubuh Manusia Yang Tak Terjawab Sains 74881
5 Hal Tentang Tubuh Manusia yang Tak Terjawab Sains, Terlalu Rumit?
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal