J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Begini Cara Bayar Pajak Motor Online Mudah dan Lengkap

Rabu, 26 Sep 2018, 11:00 WIB
Kewajiban membayar pajak kendaraan motor yang kita miliki memang seharusnya dipenuhi. Berikut Jaka ulas cara bayar pajak motor online dengan cara yang praktis nan mudah, lengkap beserta informasi terkait yang perlu kamu tahu.

Membayar pajak memang jadi kewajiban kita sebagai warga negara yang baik dan bertanggung jawab, termasuk untuk kendaraan bermotor yang kita miliki.

Pasalnya, kita memang diwajibkan membayar pajak kendaraan pribadi kita.

Kali ini, Jaka akan jabarkan secara lengkap bagaimana cara bayar pajak motor online dengan mudah beserta informasi terkait yang perlu kamu tahu.

BACA JUGA
  • Cara Menghitung Pajak Kendaraan Bermotor Lengkap dengan Info
  • Cara Membayar Pajak Motor Lewat ATM | Mudah & Praktis
  • VIRAL! 20 Tweet Kocak Admin @DitjenPajakRI Dijamin Bikin Ngakak

Cara Bayar Pajak Motor Online Lengkap dan Mudah

Di beberapa artikel sebelumnya, Jaka sudah pernah menjelaskan betapa pentingnya membayar pajak buat kamu para pemilik kendaraan, khususnya sepeda motor.

Karena jika mengabaikan kewajiban ini, kamu akan dihadapkan dengan berbagai sanksi dan hukuman yang terdapat di perundang-undangan pajak.

Undang Undang Perpajakan Icon Icon
Undang-Undang Perpajakan varies with device
Apps local Mahoni Global, PT
DOWNLOAD

Padahal, kini kamu bisa melakukan pembayaran pajak kendaraan dengan mudah. Tak perlu lagi datang ke kantor pajak, kini kamu bisa melakukannya secara online.

Artikel kali ini akan memberi penjelasan bagaimana cara melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor secara online sesuai dengan domisili masing-masing.

Bayar Pajak Motor Online Melalui Samsat Online

Bayar Pajak Motor Online 1 4adb7

Untuk memberikan layanan pembayaran pajak yang lebih mudah, Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) kini memungkinkan masyarakat untuk membayar pajak motornya via online.

Fasilitas yang juga dikenal dengan E-Samsat kini sudah bisa dinikmati berbagai kota-kota dan domisili di Indonesia. Jaka akan mengulasu empat domisili di antarnya.

Bayar Pajak Motor Online di Samsat Terpadu Jawa Barat

Samsat Jawa Barat termasuk salah satu yang sudah berinovasi dengan membuat E-Samsat, yang juga bekerja sama dengan beberapa bank semisal Bank BJB, Bank BNI, Bank BCA dan Bank BRI).

Berikut ini tahapan alias langkah demi langkah pembayaran STNK melalui E-Samsat provinsi Jawa Barat:

Langkah 1 - Kirim SMS Pembayaran

Langkah pertama, kirim SMS dengan format: ESAMSAT(spasi)Nomor Rangka(spasi)NIK/KTP lalu kirimkan ke nomor 0811 211 9211. Pastikan kamu mengirimkan nomor rangka dan identitas secara benar dan tepat.

Langkah 2 - Cek Info dan Tunggu Bukti Bayar

Pastikan kembali kamu telah mengirimkan SMS dengan benar lalu tunggu SMS balasan dari operator. SMS balasan yang akan kamu dapatkan adalah kode pembayaran, data kendaraan dan jumlah tagihan kamu.

Langkah 3 - Bayar Lewat ATM atau Mobile Banking

Jika kamu telah mendapatkan informasi lengkap dari SMS balasan tersebut, alnjutkan dengan melakukan pembayaran lewat ATM. Pilih salah satu ATM terdekat di tempat tinggalmu dari bank yang Jaka sebutkan di atas.

Langkah 4 - Langkah Pembayaran ATM

Langkah pembayaran lewat ATM adalah masukkan kartu > pilih Menu Lainnya > pilih Pajak/Retribusi Provinsi Jawa Barat > pilih Pajak Kendaraan Lalu > masukkan kode pembayaran yang kamu terima di SMS balasan > lakukan pembayaran sesuai jumlah yang ditentukan.

Langkah 5 - Tukar Struk dengan SKPD

Langkah terakhir adalah datang ke kantor Samsat terdekat untuk menukarkan struk pembayaran kamu di ATM, dengan SKPD asli. Ingat, struk pembayaran tadi hanya berlaku untuk 14 hari. Alangkah baiknya kalau kamu segera menukarkan struk dengan SKPD.

Bayar Pajak Motor Online di Samsat Drive Thru DKI Jakarta

Bayar Pajak Motor Online 2 98ccc
Sumber foto: CakBim

Wilayah DKI Jakarta tentu jadi salah satu titik krusial dengan jumlah penduduk dan sepeda motor yang sangat banyak. Untuk itu, Samsat kini menyediakan layanan pembayaran yang bisa dilakukan dengan cara drive thru alias tanpa menuruni sepeda motor yang dikendarai.

Berikut ini empat Samsat Drive Thru yang tersedia saat ini:

  1. Samsat Polda Metro Jaya Jakarta Utara: Jl. Gunung Sahari Raya No. 13 Jakarta Utara 14420

  2. Samsat Polda Metro Jaya Jakarta Barat: Jl. Daan Mogot KM. 13 Jakarta Barat 11730

  3. Samsat Polda Metro Jaya Jakarta Timur: Jl. DI Panjaitan No. 55 Jakarta Timur 13340

  4. Samsat Polda Metro Jaya Jakarta Selatan: Jl. Gatot Subroto No. 2 Jakarta Selatan 12190

Bayar Pajak Motor Online di E-Samsat Jawa Timur

Samasat juga melakukan inovasi di wilayah timur Pulau Jawa. Ya, provinsi Jawa Timur juga termasuk salah satu daerah yang memiliki fasilitas E-Samsat.

Bahkan, kamu tidak perlu melakukan pembayaran lewat ATM karena di wilayah ini, E-Samsat memungkinkan kamu membayar pajak motor via mobile banking. Berikut ini langkah-langkahnya:

Langkah 1 - Akses Situs E-Samsat Jawa Timur

Langkah pertama adalah kamu perlu mengaskes situr resmi E-Samsat Jawa Timur di laman ini. Setelah masuk ke situs tersebut, pilih lokasi di mana kendaraan kamu terdaftar. Pilih juga Samsat awal kendaraan, dalam kasus ini sepeda motor, kamu saat pertama didaftarkan.

Langkah 2 - Masukkan Nomor Polisi dan Tampilkan Informasi

Masukkan nomor polisi alias nomor plat sepeda motor kamu di kolom yang tersedia di situs tersebut. Kemudian akan muncul kode acak dan diikuti dengan tampilan informasi seputar kendaraan kamu. Tak lupa dengan jumlah tarif yang harus kamu bayar.

Langkah 3 - Masukkan Nomor Rangka dan Nomor BPKP

Langkah selanjutnya adalah dengan memasukkan nomor rangka kendaraan dan nomor BPKB dalam kolom yang tersedia. Pilih Samsat untuk tempat pengesahan dan pilih bank sebagai tempat transaksi pembayaran.

Langkah 4 - Dapatkan Kode Booking Pembayaran

Setelah mengisi data dengan lengkap, kamu tinggal menungguk kiriman kode booking pembayaran. Dalam kode tersebut, kamu akan menerima informasi lengkap seputar transaksi pembayaran yang harus kamu selesaikan.

Langkah 5 - Selesaikan Proses Pembayaran

Setelah mendapatkan semua informasi dan kode pembayaran, segera selesaikan proses pembayaran dengan membayar sesuai tarif yang tertera dalam kode. Kamu kemudian tinggal menunggu bukti bayar dan jika sudah kamu dapatkan, lanjutkan dengan melakukan pengesahan STNK.

Bayar Pajak Motor Online di Samsat Online Jawa Tengah

Bayar Pajak Motor Online 3 94fc8

Kamu yang tinggal di provinsi Jawa Tengah tak perlu khawatir. Kini juga sudah tersedia Samsat Online di Semarang dan kota lainnya yang bisa diakses melalui situs ini.

Kamu bisa mengecek segala informasi mengenai STNK motor kamu sebelum akhirnya melakukan pembayaran dengan cara berikut:

Langkah 1 - Install Aplikasi

Install atau unduh aplikasi bernama Sakpole yang merupakan singkatan dari Sistem Administrasi Pajak Online. Aplikasi ini bisa kamu install di Play Store, khusus kamu pengguna smartphone Android.

Langkah 2 - Ikuti Petunjuk

Setelah memastikan smartphone kamu telah memiliki aplikasi Sakpole, langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah membuka aplikasi tersebut. Ikuti petunjuk yang ada dan masukkan segala informasi yang diperlukan untuk membayar pajak STNK.

Langkah 3 - Lakukan Transfer

Setelah melengkapi pengisian data dan hal lainnya yang ada di aplikasi, lanjutkan dengan melakukan pembayaran via transfer yang bisa kamu lakukan menggunakan mobile banking.

Langkah 4 - Tukar SKPD Asli

Jika sudah membayar, kamu selanjutnya bisa menukarkan bukti bayar yang kamu punya dengan SKPD asli. Dokumen tersebut bisa kamu tukarkan dan dapatkan ke kantor Samsat Online terdekat atau Samsat Keliling di sekitar tempat tinggalmu.

Cek Pajak Online dan SMS Permeriksaan STNK

Bayar Pajak Motor Online 4 Db0d4
Sumber foto: AdvisoryHQ

Selain membayar, kamu juga bisa melakukan pengecekan pajak motor kamu via online. Samsat online menyediakan layanan yang memungkinkan kamu untuk melalukan pengecekan pajak STNK secara online melalui situs Samsat Jakarta.

Hanya saja, kamu harus memperhatikan tata cara memasukkan angka dalam plat nomor. Jika plat nomor kamu kurang dari empat angka, maka masukkan angka "0" di bagian depan.

Jaka beri contoh jika plat nomor motor Jaka adalah "B 123 JKA", maka Jaka harus manambahkan angka "0" menjadi "B 0123 JKA" saat ingin melakukan pengecekan pajak STNK secara online di situs Samsat. Setelah memasukkan nomor, maka data seputar pajak kendaraan kamu akan otomatis muncul dalam situs tersebut.

Cara Menghitung Pajak Motor 82dce
Informasi Lengkap dan Cara Menghitung Pajak Motor Kamu di Sini!
Memiliki kendaraan seperti sepeda motor tak bisa lepas dari kewajiban membayar pajak. Dalam artikel ini, Jaka akan ulas mengenai informasi lengkap, syarat hingga cara menghitung pajak motor secara mudah dan akurat.
LIHAT ARTIKEL

Selain itu, pihak Samsat juga menyediakan layanan pengecekan pajak STNK melalui pesan singkat alias SMS. Nomor dan format SMS tentu berbeda untuk setiap domisili atau daerah asal kamu. Berikut ini cara dan format SMS pemeriksaan STNK untuk setiap daerah selengkapnya:

  1. Jawa Barat: POLDAJBR(spasi)Plat Nomor Kendaraan, kirim ke 3977

  2. DKI Jakarta: METRO(spasi)Plat Nomor Kendaraan, kirim ke 1717

  3. Jawa Timur: JATIM(spasi)Plat Nomor Kendaraan, kirim ke 7070

  4. Jawa Tengah: JATENG(spasi)Plat Nomor Kendaraan, kirim ke 9600

Cara Alternatif Bayar Pajak Motor Lewat ATM

Sudah tahu cara bayar pajak motor online dengan berbagai cara di domisili kamu, nyatanya masih ada cara alternatif buat kamu yang masih bingung melunasi pajak dari kendaraan bermotor yang kamu gunakan.

Caranya adalah melakukan pembayaran menggunakan mesin ATM. Cara ini terbilang mudah karena ATM sendiri bisa dibilang tersedia di mana-mana. Caranya? Kamu bisa ikuti langkah demi langkahnya di artikel ini.

Cara Bayar Pajak Motor Lewat Atm Ab340
Cara Praktis Bayar Pajak Motor Lewat ATM di Sini!
Langkah-langkah dan cara bayar pajak motor lewat ATM paling mudah dan bisa diterapkan untuk kamu pengguna bank apa saja. Cek di sini!
LIHAT ARTIKEL

Akhir Kata

Itulah informasi lengkap yang bisa Jaka berikan mengenai cara bayar pajak motor online untuk beberapa domisili utama, lengkap beserta informasi yang perlu kamu ketahui. Masih ada alasan bagi kamu pemilik kendaraan bermotor untuk tidak membayar pajak? Harusnya tidak lagi dengan adanya berbagai kemudahan cara pembayaran yang bisa kamu lakukan.

Baca juga artikel seputar Online atau artikel menarik lainnya dari Reynaldi Manasse.

ARTIKEL TERKAIT
Cara Kredit Hp A88fc

Cara Kredit HP Tanpa Kartu Kredit, Pasti Diterima!

Kerja Sampingan Dari Rumah 74ae2

10 Rekomendasi Kerja Sampingan dari Rumah Terbaik 2018

Cara Beli Kartu E Toll C65e2

Cara Membeli Kartu E-Toll & Panduan Tempat Membelinya (Update 2020)

Aplikasi Membuat Cv 5e778

10 Aplikasi Untuk Membuat CV Terbaik 2019 di Android & iOS | Bikin Langsung di HP!

Syarat Membuat Npwp 7ec18

Cara & Syarat Membuat NPWP untuk Melamar Kerja | Mudah!

APPS TERKAIT
Undang Undang Perpajakan Icon Icon
Undang-Undang Perpajakan varies with device
Apps Mahoni Global, PT
Efiling Lapor Pajak 7d44e
e-Filing Lapor Pajak 2.3.3
Apps
Undang Undang Hukum Pidana Icon Icon
Undang-Undang Hukum Pidana varies with device
Apps Mahoni Global, PT
Hukum Perdata Icon Icon
Hukum Perdata varies with device
Apps Mahoni Global, PT
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Cara Membayar Pajak Motor Lewat ATM | Mudah & Praktis

Cara Membayar Pajak Motor Lewat ATM | Mudah & Praktis

Cara Menghitung Pajak Kendaraan Bermotor Lengkap dengan Info

Cara Menghitung Pajak Kendaraan Bermotor Lengkap dengan Info

Cara Membuat NPWP Online | Termudah & Terlengkap

Cara Membuat NPWP Online | Termudah & Terlengkap

3 Cara Bayar Tagihan Internet IndiHome, Mudah dan Praktis!

3 Cara Bayar Tagihan Internet IndiHome, Mudah dan Praktis!

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal