J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Perbandingan Baterai Li-Ion vs Li-Po, Lebih Bagus Mana?

Perbandingan Baterai Li-Ion vs Li-Po, Lebih Bagus Mana?

Kamis, 5 Nov 2015, 09:00 WIB
Li-Ion merupakan singkatan dari Lithium Ion, sedangkan Li-Po singkatan dari Lithium Ion Polymer. Tetapi apa sih yang menjadi perbedaan baterai Li-Ion dan Li-Po?

Ada yang pernah menyadari kalau saat ini ada dua tipe baterai yang biasa digunakan di perangkat elektronik khususnya smartphone? Dua tipe baterai itu adalah Li-Ion dan Li-Po. Li-Ion merupakan singkatan dari Lithium Ion, sedangkan Li-Po singkatan dari Lithium Ion Polymer. Li-Po biasanya dapat ditemukan di baterai laptop, jika sebelumnya menggunakan baterai Li-Ion sekarang ini banyak produsen laptop mengganti baterainya menjadi Li-Po. Tetapi apa sih yang menjadi perbedaan baterai Li-Ion dan Li-Po?

BACA JUGA
  • Tips Hemat Baterai Smartphone Tanpa Harus Download Aplikasi
  • Haruskah Saya Mencabut Baterai Dari Laptop Agar Lebih Awet?
  • 10 Aplikasi Terbaik untuk Menghemat Penggunaan Baterai di HP Android Kamu

Perbedaan Baterai Li-Ion dan Li-Po

Li-Ion

Li-Ion adalah tipe baterai yang seperti paling mudah ditemukan di barang-barang elektronik termasuk gadget seperti laptop, tablet, smartphone, dan lainnya. Li-Ion sendiri tidak mengandung zat berbahaya tetapi sangat mudah terbakar (meledak) jika terkena api. Baterai Li-Ion memiliki keunggulan seperti harga murah, perawatan mudah, baterai mudah dilepas, mampu menampung energi yang banyak hingga memiliki siklus charge yang cukup banyak sekitar 1000 siklus.

Baterai Li Ion Vs Li Po 1

Tetapi kekurangan dari baterai Li-Ion di perbedaan baterai Li-Ion dan Li-Po adalah ketika siklus charge miliknya semakin sedikit maka performa serta kapasitas energi yang ditampung juga semakin menurun atau bisa dibilang baterai semakin boros, tidak tahan suhu tinggi apalagi api, semakin besar kapasitas energi yang ditampung maka semakin besar juga ukuran baterainya.

Li-Po

Baterai jenis Li-Po belum banyak digunakan seperti Li-Ion tetapi beberapa produsen laptop serta tablet sudah mulai menggunakan tipe baterai Li-Po pada perangkatnya karena lebih ringan dan bentuknya yang cukup fleksibel dan terbilang tipis. Ciri paling khas dari baterai Li-Po adalah tidak dapat dilepas dari perangkat dengan mudah, memerlukan seseorang yang ahli untuk melepas dan mengganti baterai tipe Li-Po.

Baterai Li Ion Vs Li Po 2

Keunggulan baterai Li-Po dalam perbedaan baterai Li-Ion dan Li-Po adalah beratnya yang ringan, bentuk yang fleksibel dan tipis, ramah lingkungan serta daya tahan yang lama. Tetapi kekurangan dari baterai Li-Po adalah baterai yang tidak mudah diganti, harga mahal, dan sulit ditemui di pasaran serta hanya dapat menampung daya yang tidak banyak.

Setiap baterai memiliki keunggulan dan kekurangannya seperti halnya perbedaan baterai Li-Ion dan Li-Po, mulai dari daya tampung, berat, perawatan, hingga daya tahan baterai tersebut. Jadi menurut kamu, paling efisien yang mana?

ARTIKEL TERKAIT
Banner Iphone

Mampukah iPhone 6s Plus Menahan Beban Seberat 90 Kg?

Banner Masjid 2

Kumpulan Gambar DP BBM Lucu Tahun Baru Islam 1437 H Tahun 2015

Banner Masjid

80 Kumpulan Ucapan Selamat Tahun Baru Islam 1437 H Tahun 2015

Banner Robot

GILA! Robot-Robot Ini Lebih Jago Main Band Daripada Kangen Band!

Banner Whatsapp 2

Cara Bikin Memori HP Android Tambah Lega dengan Fitur Terbaru WhatsApp

Tags Terkait:

APPS TERKAIT
Dbs Icon
DU Battery Saver
Apps DU APPS Studio
Battery Calibration
Battery Calibration 1.2
Apps N Ma
Baterrybooster Icon
Battery Booster Lite 7.2.3.9
Apps
Avast Battery Saver Icon Icon
Avast Battery Saver 1.0.861
Apps Avast Software
Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal