• HOME
  • APPS
  • GAMES
  • TIPS & TRIK
  • GADGET
  • GOKIL
  • TECH NEWS
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              Awas, Konek ke WiFi Hotel Bisa Bikin Kena Hack!

              Awas, Konek ke WiFi Hotel Bisa Bikin Kena Hack!

              00
              Senin, 2 Okt 2017, 18:30 WIB
              Nginep di hotel memang nyaman, apalagi kalo hotel tersebut menyediakan koneksi WiFi yang kenceng. Tapi hati-hati loh, jangan asal konek ke WiFi hotel kalo nggak mau kena hacker!

              Restoran, hotel, dan kafe merupakan tempat-tempat yang seru untuk nongkrong. Apalagi jika di tempat tersebut disediakan koneksi internet gratis lewat WiFi yang super kencang. Dijamin betah dan nggak mau pulang deh!

              Tapi, tahukah kamu bahwa terhubung dengan WiFi hotel itu ternyata berbahaya? Meski memang di hotel itu lebih nyaman dan lebih merasa privasi terjamin, tapi tidak dengan koneksi WiFi-nya yang justru berbahaya.

              BACA JUGA
              • Jangan Lakukan 5 Hal Bahaya Ini Saat Gunakan WiFi Gratisan
              • Cara Hack Password WiFi dengan Smartphone Android
              • 10 Cara Jitu Mendapatkan Hotspot WiFi Gratis

              Rentannya WiFi Hotel

              Karena tidak mau pusing melayani semua tamu menanyakan password WiFi, pihak manajemen hotel membuat koneksi WiFi sesimple mungkin. Toh tamunya akan berganti setiap waktu. Ya kan? Jadi sudah dipastikan WiFi hotel tidak terenkripsi.

              bahaya-wifi-hotel

              Gadget yang terinfeksi dengan jaringan WiFi di tempat umum yang tidak terenkripsi akan mudah terpapar oleh virus, peretasan, hingga serangan langsung pada software. - Stephen Moody.

              Karena merupakan fasilitas umum, kamu tidak pernah tahu siapa saja yang sudah pernah menginap di sebuah hotel kan? Kamu tidak tahu, siapa saja yang sudah terhubung dengan WiFi hotel yang kamu kunjungi. Makanya hotel jadi tempat favorit hacker.

              Kenapa Hotel Jadi Tempat Favorit Hacker?

              Dengan memanfaatkan kerentanan layanan hotel, hacker bisa dengan mudah menyusup ke router WiFi hotel tersebut. Dan jika pihak hotel tidak pernah mengganti password-nya, maka saat ada orang terhubung ke WiFi hotel, bisa dengan mudah dicuri datanya.

              bahaya-wifi-hotel-2

              Kenapa hotel jadi tempat favorit hacker? Karena saat mereka berhasil mendapatkan data target, maka yang terdeteksi adalah alamat IP hotel tersebut, bukan IP hacker. Jadinya aman bagi mereka. Serem, kan?

              Pentingnya Menyembunyikan Alamat IP
              Di era internet sekarang ini, risiko kejahatan cyber semakin merajalela. Jadi, kamu wajib melindungi diri, salah satunya adalah dengan menyembunyikan alamat IP. Ini alasannya.
              LIHAT ARTIKEL

              Bagaimana Cara Aman Terhubung dengan WiFi Hotel?

              Jika memang smartphone kamu masih memiliki kuota data yang memadai, sebaiknya hindari terhubung dengan WiFi publik, seperti hotel atau kafe. Demi keamanan data-data kamu kan?

              bahaya-wifi-hotel-3

              Tapi jika memang darurat dan butuh banget terhubung dengan WiFi hotel, coba gunakan VPN di smartphone kamu. Salah satu aplikasi VPN terbaik untuk smartphone adalah Opera VPN yang bisa membuat kamu aman dari iklan scam atau hacker saat terhubung dengan WiFi hotel.

              Layanan VPN Gratis Terbaik Seumur Hidup
              Sering kesal karena menemukan situs dan aplikasi yang nggak bisa dibuka? Biar nggak kesal lagi, nih JalanTikus ada cara membuka situs yang diblokir secara gratis seumur hidup!
              LIHAT ARTIKEL

              Jadi, jangan sembarangan lagi konek WiFi hotel hanya demi WiFi gratisan ya! Serem loh kalo asal konek WiFi aja.

              Baca juga artikel terkait WIFI atau tulisan menarik lainnya dari Epi Kusnara.

              APPS TERKAIT
              Opera Free VPN 1.2.0
              Apps Opera Software
              Traveloka - Book Flight Hotel
              Apps PT Traveloka Indonesia
              Wifi Analyzer
              Apps Farproc
              Komentar
              BERIKAN KOMENTAR
              Langganan Artikel
              Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!