J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              Wajib Baca! Inilah 7 Bahaya Fatal Smartphone Bagi Otak Kamu

              Wajib Baca! Inilah 7 Bahaya Fatal Smartphone Bagi Otak Kamu

              00
              Selasa, 6 Sep 2016, 09:00 WIB
              Apakah kamu sering menggunakan smartphone untuk menelepon? Kamu kini harus waspada, berdasarkan penelitian WHO terdapat beberapa bahaya yang dapat ditimbulkan dari radiasi ponsel

              Penggunaan smartphone atau ponsel merupakan hal yang tak terpisahkan dari kehidupan kita sekarang. Entah itu untuk menelepon, bermain games, penunjuk arah, mendengarkan musik, dan sebagainya. Apakah kamu sering menggunakan smartphone untuk menelepon lebih dari 2 jam per hari? Atau Apakah kamu sering bermain game di smartphone lebih dari 4 jam per hari? Nah, kamu harus tahu 7 Bahaya Ponsel Bagi Otak.

              Penelitian dari WHO menyatakan bahwa ada beberapa bahaya yang dapat ditimbulkan dari radiasi ponsel ini. Nah, salah satu bahaya ponsel bagi otak adalah dapat menimbulkan beberapa penyakit yang serius.

              BACA JUGA
              • Yuk Lindungi SPERMA Kamu Dari Paparan Sinyal WiFi!
              • Awas, Pake Smartphone Sambil Tiduran Bisa Sebabkan Kebutaan!
              • Inilah 5 Dampak Negatif Bagi Tubuh Kamu Jika Main HP Sebelum Tidur

              7 Bahaya Ponsel Bagi Otak

              Komunikasi pada smartphone menggunakan gelombang radio melalui jaringan antena tetap yang disebut BTS. BTS (Base Transceiver Station) adalah sebuah infrastruktur telekomunikasi yang memfasilitasi komunikasi nirkabel antara piranti komunikasi dan jaringan operator. Smartphone atau ponsel itu sendiri adalah sebuah pemancar frekuensi radio bertenaga rendah, beroperasi pada frekuensi antara 450 dan 2700 MHz dengan kekuatan puncak di kisaran 0,1 hingga 2 Watt.

              1. Bahaya Ponsel Bagi Otak Meningkatkan Risiko Kanker Otak

              Bahaya Ponsel Bagi Otak Meningkatkan Resiko Kanker Otak

              Pada tahun 2011 International Agency for Research on Cancer (IARC) mengelompokkan radiasi smartphone ke dalam Grup 2B yang memungkinkan efek karsinogenik. Karsinogenik adalah zat yang menyebabkan penyakit kanker. Dengan menggunakan smartphone rata-rata satu jam per hari bisa meningkatkan risiko tumor jika kebiasaan ini dilakukan selama 10 tahun.

              2. Bahaya Ponsel Bagi Otak Mengganggu Perkembangan Otak Bayi

              Bahaya Ponsel Bagi Otak Mengganggu Perkembangan Otak Bayi

              Dikutip dari Kompas, di usia 0-6 bulan, otak bayi sedang berkembang pesat. Seorang dokter anak menyebutkan bahwa bukan hanya sel-sel, tapi perkembangan otaknya juga dipengaruhi oleh sistem kelistrikan otak. Radiasi ponsel bisa mengganggu proses ini. Otak bayi yang masih berkembang dan lunak menjadi sangat rentan terhadap benturan kecil sekalipun. Oleh sebab itu, hindari penggunaan smartphone di dekat bayi.

              3. Bahaya Ponsel Bagi Otak Menimbulkan Stres Oksidatif

              Bahaya Ponsel Bagi Otak Menimbulkan Stres Oksidatif

              Pada sebuah studi tentang otak mengenai pengaruh 900-MHz electromagnetic field (EMF), dilakukan sebuah percobaan EMF terhadap 14 hewan percobaan menggunakan EMF. EMF sendiri adalah radiasi gelombang elektromagnetik. Setelah 30 hari dilakukan percobaan, dapat disimpulkan bahwa EMF yang dihasilkan dari smartphone dapat menyebabkan stres oksidatif, yaitu keadaan di mana jumlah radikal bebas di dalam tubuh melebihi kapasitas tubuh untuk menetralkannya.

              4. Bahaya Ponsel Bagi Otak Menimbulkan Risiko Penyakit Alzheimer

              Bahaya Ponsel Bagi Otak Menimbulkan Resiko Penyakit Alzheimer

              Penyakit Alzheimer adalah sejenis sindrom kematian sel-sel otak pada saat yang hampir bersamaan, sehingga otak tampak mengerut dan mengecil. Biasanya, penyakit Alzheimer ini terjadi pada orang yang berusia lanjut. Namun, jika kamu terpapar radiasi smartphone dalam jangka waktu lama, maka ada kemungkinan kamu dapat mengalami resiko penyakit Alzheimer ini.

              5. Bahaya Ponsel Bagi Otak Menyebabkan Gangguan Tidur

              Bahaya Ponsel Bagi Otak Menyebabkan Gangguan Tidur

              Bahaya tidur dengan ponsel sudah banyak dikemukakan pada beberapa website kesehatan. Ponsel yang memaparkan gelombang elektromagnetik akan menyebabkan terganggunya produksi melatonin. Melatonin sendiri adalah hormon yang berperan dalam berbagai proses fisiologis seperti ritme biologis (seperti tidur), regulasi tekanan darah, onkogenesis, retina, reproduksi, ovarium, sistem kekebalan dan diferensiasi osteoblas. Oleh sebab itu, jauhkan ponsel kamu saat kamu tidur agar tidur kamu berkualitas dan sehat.

              6. Bahaya Ponsel Bagi Otak Berkontribusi Menyebabkan Gangguan Tiroid

              Bahaya Ponsel Bagi Otak Berkontribusi Pada Gangguan Tiroid

              Ternyata dengan meningkatnya penggunaan ponsel dan perangkat WiFi di sekitar kamu, kamu dapat saja terkena polusi elektrik yang dihasilkan ponsel. Radiasi benda-benda elektronik yang ada di sekitar kamu tersebut dapat menyebabkan terjadinya gangguan tiroid. Tiroid adalah kelenjar berbentuk kupu-kupu yang terletak pada bagian depan dari leher yang mengeluarkan hormon dan mengatur metabolisme, pertumbuhan, suhu tubuh, denyut jantung, tekanan darah, berat badan, dan lain-lain.

              Bahkan dalam EMF tingkat rendah pun dapat memperlambat fungsi tiroid. Gangguan pada fungsi tiroid ini dapat menyebabkan depresi, tidak tahan dingin, nyeri sendi, kram otot, kelelahan, dan menurunnya berat badan.

              7. Bahaya Ponsel Bagi Otak Menyebabkan Kebocoran Sel Otak

              Bahaya Ponsel Bagi Otak Menyebabkan Kebocoran Sel Otak

              Kasus seperti ini pernah terjadi pada Matti Niemel , seorang (CTO) Chief Technology Officer Nokia. Ia menggunakan ponsel selama 10 tahun dan belakangan sering mengeluh sakit kepala disertai gangguan tubuh lainnya.

              Gejala bocornya sel otak dimulai ketika ia merasakan sulit berkordinasi dengan orang-orang di sekitarnya. Selain itu, telinganya terasa panas jika berbicara dengan ponsel terlalu lama. Pada keadaan normal, otak dilindungi oleh penghalang darah-otak. Namun, akibat dari radiasi ponsel yang berkepanjangan, penghalang darah-otak ini rusak sehingga menyebabkan racun-racun bisa masuk ke dalam otak.

              Nah, itu dia 7 bahaya ponsel bagi otak. Jangan berlama-lama menggunakan ponsel di dekat telinga. Selain itu, jauhkan ponsel kamu saat sedang tidur agar terhindar dari radiasi ponsel yang berbahaya bagi otak. Jika kamu punya pengalaman mengenai hal ini silakan tulis di kolom komentar ya.

              BACA JUGA
              • 10+ Hal GRATIS di Internet yang Harus Kamu Coba!
              • Keyword Terlarang di Google yang Dijamin Membuat Kamu Tercengang
              • Satelit Facebook Meledak, Ini Penyebabnya
              • Inilah 10 Smartphone Android yang Dibuat Khusus untuk Game Berat
              • Hemat Kuota, Begini Cara Streaming Musik di YouTube Jadi MP3!
              APPS TERKAIT
              Calm Meditate Sleep Relax Icon
              Calm - Meditate, Sleep, Relax 2.5.6
              Apps Calm.com, Inc.
              Sleep As Android Icon
              Sleep as Android 20161122
              Apps Urbandroid Team
              Brainwaves Relax Icon
              Brainwaves-Relax & Meditation 5.6.5
              Apps IMOBLIFE Co. Ltd
              Relax_and_sleep_icon
              Relax and Sleep 4.4
              Apps Mizu Software Solutions

              Keluar dari JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal