J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Bahaya Ketergantungan Terhadap Teknologi yang Tidak Kamu Sadari

Rabu, 13 Nov 2019, 11:00 WIB
Internet mati dan OVO error itu bisa menjadi berkah, geng! Di sini Jaka mau share 7 bahaya ketergantungan terhadap teknologi.

Kalian di sini ada yang menggunakan fitur Daily Reminder penggunaan Instagram yang tersedia di aplikasi Instagram, nggak?

Buat kalian yang belum tahu, fitur ini berguna untuk menjaga penggunaan Instagram kalian nggak berlebihan dan bisa diakses langsung di menu Settings di aplikasi Instagram itu sendiri.

Lucu nggak, sih, aplikasi yang bisnisnya tergantung pada aktivitas pengguna malah sekarang mengajak penggunanya untuk mengurangi penggunaan aplikasi tersebut?

Bukan cuma Instagram loh yang sekarang bertingkah seperti ini karena perusahaan seperti Google juga sekarang sedang mendorong program kesejahteraan digital mereka.

7 Bahaya Ketergantungan Terhadap Teknologi

Jaka bisa tahu masalah ketergantungan teknologi itu gawat karena banyak perusahaan teknologi yang sudah berpikir seperti itu, geng.

Film seperti seri Terminator menunjukkan teknologi AI buatan manusia yang akhirnya berbalik melawan kita tapi di kehidupan nyata, teknologi itu memiliki banyak bahaya lain.

Tapi, bahaya ini lumayan terselubung dan banyak dari kita yang seringkali nggak sadar dengan bahaya dari ketergantungan teknologi.

Buat kalian yang penasaran, langsung baca aja 7 bahaya ketergantungan terhadap teknologi berdasarkan observasi Jaka.

1. Teknologi Bisa Mengalami Masalah

Error Db20f

Nggak usah jauh-jauh, geng, karena beberapa waktu lalu kita sudah melihat kasus yang menimpa salah satu penyedia layanan fintech, OVO, di Indonesia.

Buat Jaka pribadi, sih, kejadian ini cuma menjadi sekadar kejengkelan biasa tapi buat kalian yang sehari-hari sudah mengandalkan OVO pasti kesel banget, kan?

Sebagai contoh, sekarang sudah ada beberapa gedung yang mengharuskan bayar parkir hanya menggunakan dompet digital. Terus kalau error jadinya bagaimana?

Kalau aplikasi seperti ini mengalami masalah saat kalian sedang butuh itu bisa berakibat buruk makanya kalian jangan sampai terlalu bergantung kepada teknologi.

2. Teknologi Bisa Diserang Oleh Pihak Lain

Ransomware 62a0b

Kasus hacking di Indonesia masih tergolong minim tapi di Amerika Serikat, kasus hacking sudah melibatkan nyawa orang banyak, geng.

Dilansir dari CNBC, sebuah rumah sakit di Indiana menjadi korban dari serangan hacking di mana sistem komputer di rumah sakit tersebut dibajak oleh sebuah grup hacker.

Rumah sakit tersebut akhirnya terpaksa membayar uang tebus sebesar 55 ribu dolar atau sekitar Rp770 juta dalam bentuk Bitcoin untuk bisa mengakses komputer mereka kembali.

Bukan cuma individual saja yang harus waspada, kalian yang menjalankan bisnis juga sebaiknya jangan terlalu bergantung sama teknologi.

3. Teknologi Dikendalikan Oleh Perusahaan

Big Four 0b495

Kita sudah sering disuguhi dengan berita selebriti abad 21 yang sukses melalui jalan non-tradisional seperti figur Atta Halilintar dan Awkarin.

Tapi buat membangun channel atau account seperti mereka itu sulit karena popularitas sebuah konten juga sangat terpengaruh algoritma YouTube dan Instagram.

Masalahnya, algoritma ini dikendalikan sepenuhnya oleh perusahaan tersebut dan mereka juga sering mengubah algoritma ini tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Makanya, geng, ketergantungan teknologi itu nggak baik karena kalian juga berarti bergantung pada perusahaan di balik teknologi tersebut.

4. Teknologi Mendorong Sifat Konsumerisme

Harbolnas Fadd6

Jaka pernah ke mall di weekend saat ada promo DANA dengan sebuah gerai ayam goreng XXL dan dapat ditebak, antriannya sudah sepanjang open house rumah Presiden waktu lebaran.

Sebagai anggota sejati pasukan pencari diskon, Jaka mengerti kalau promo itu sangat berguna tapi nggak sampai segitunya juga.

Nggak sedikit loh orang yang menjadi terdorong oleh godaan promo aplikasi fintech dan aplikasi jual-beli online meskipun mereka sebenarnya nggak tertarik untuk membeli apapun.

Masalahnya bukan cuma di uang yang dikeluarkan tapi juga di penumpukan barang-barang yang kalian nggak butuhkan atau inginkan yang akhirnya cuma duduk terdiam nggak terpakai.

5. Teknologi Terkait Dengan Masalah Depresi

Social Media Depression D8f46

Untuk masalah ini sebenarnya masih belum ada jawaban yang jelas, geng, karena dari pengalaman Jaka, penggunaan teknologi juga bisa sangat membantu kondisi mental.

Tapi, dilansir dari Sage Journals, sebuah riset di Amerika Serikat menemukan bahwa kasus depresi dan bunuh diri di remaja itu terkait dengan meningkatnya penggunaan gadget.

Kalau kalian sedang mengalami kesulitan tapi banyak melihat postingan selebgram yang sedang foya-foya di luar negeri, nggak heran, sih, kalau kalian tambah sedih.

Makanya, kalau menurut Jaka, teknologi itu nggak secara langsung membuat kalian depresi tapi teknologi secara nggak langsung menuntun kalian ke hal-hal yang bikin depresi.

6. Teknologi Dapat Membongkar Data Pribadi

Data Privacy E8ccc

Masalah privasi data masih jarang diperbincangkan di ranah publik Indonesia tapi di Amerika dan Eropa, isu ini sudah menjadi masalah besar, geng.

Kalian pasti punya informasi tertentu tentang diri kalian sendiri yang kalian nggak ingin tersebar luas, kan?

Nah, di abad 21 ini, sudah banyak banget informasi tentang kita yang sudah tersimpan di internet seperti di akun sosial media kalian sendiri.

Masalahnya, banyak perusahaan yang kurang melindungi data penggunanya, makanya kalian harus selalu berhati-hati ketika ada layanan yang meminta data pribadi kalian.

7. Teknologi Hanya Bisa Beroperasi Sesuai Pemrograman Mereka

Trolley Problem 82413

Bayangkan kalian sedang berada di dalam sebuah self-driving car dan di depan tiba-tiba muncul sekumpulan nenek yang sedang menyeberang jalan.

Menurut kalian, apakah mobil tersebut sebaiknya mengutamakan keselamatan sekumpulan nenek tersebut atau keselamatan kalian sebagai pengguna?

Masalah ini merupakan perluasan dari trolley problem dan di sini nggak ada jawaban yang bisa memuaskan pejalan kaki dan pengguna mobil sekaligus.

Ini memang contoh yang sangat ekstrim tapi menunjukkan bahaya ketergantungan terhadap teknologi karena teknologi itu nggak fleksibel dan hanya bisa bertindak sesuai pemograman mereka.

Akhir Kata

Itulah, geng, 7 bahaya ketergantungan terhadap teknologi. Di sini Jaka bukannya mencoba menjauhkan kalian dari penggunaan teknologi tapi hanya mengurangi ketergantungan kita saja.

Simpelnya, sih, Jaka menganjurkan kalian menggunakan fasilitas kesejahteraan digital untuk membatasi penggunaan teknologi.

Kalau kalian ada yang punya bisnis sendiri, ada baiknya juga kalian memikirkan cara untuk tidak terlalu bergantung dengan teknologi karena alasan yang Jaka sudah sebutkan di atas.

Apa kalian pernah memiliki pengalaman buruk dengan teknologi? Share di kolom komentar ya, geng!

Baca juga artikel seputar Teknologi atau artikel menarik lainnya dari Fikri Harish

ARTIKEL TERKAIT
4d1c30d4d2355618db5d2c4dc275c108

5 Aplikasi Gratis untuk Menjaga Keamanan dan Privasi Android Kamu

Fakta Dunia Teknologi 10

10 Fakta Seputar Dunia Teknologi yang Jarang Diketahui

10 Fakta Unik Tentang Teknologi Komputer Dan Internet Banner

10 Fakta Unik tentang Teknologi, Komputer dan Internet

Inovasi Teknologi Masa Depan Menyelamatkan Dunia

10 Inovasi Teknologi Masa Depan yang Mampu Menyelamatkan Dunia

5271db475fed92f64b866b9a562a2c2d

10 Penemuan Paling Penting di Bidang Teknologi Hingga Saat Ini

SampulJT 71b1c

10 Teknologi Berbahaya yang Mengancam Punahnya Manusia di Masa Depan

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
7 Perusahaan Teknologi yang Mengembangkan 5G | Huawei Jadi yang Pertama?

7 Perusahaan Teknologi yang Mengembangkan 5G | Huawei Jadi yang Pertama?

9 Alasan Mengapa Kita Akan Segera Masuk Ke Era Kegelapan Teknologi!

9 Alasan Mengapa Kita Akan Segera Masuk Ke Era Kegelapan Teknologi!

5 Cara Teknologi Menghancurkan Hubungan Antar Manusia | No. 4 Sering Sering Terjadi!

5 Cara Teknologi Menghancurkan Hubungan Antar Manusia | No. 4 Sering Sering Terjadi!

4 Alasan Kenapa Bekerja di Perusahaan Teknologi Gak Seenak yang Kamu Pikirkan

4 Alasan Kenapa Bekerja di Perusahaan Teknologi Gak Seenak yang Kamu Pikirkan

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal