J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              5 Bahaya Gunakan Smartphone dengan Layar Pecah

              5 Bahaya Gunakan Smartphone dengan Layar Pecah

              00
              Kamis, 4 Jan 2018, 09:00 WIB
              Layar smartphone pecah memang tak selalu merusak fungsi layar. Namun kamu harus tetao waspada karena tetap menggunakan smartphone dengan layar pecah ternyata berbahaya lho! Berikut 5 bahayanya.

              Kita tak pernah tahu kapan musibah datang. Tak melulu soal musibah dalam arti bencana alam seperti banjir atau peristiwa tak mengenakkan semisal kemalingan, hal-hal kecil yang terjadi di aktivitas sehari-hari juga bisa berujung musibah. Salah satunya adalah smartphone yang jatuh.

              Ya, terjatuhnya smartphone entah dari genggaman atau saku pada ketinggian tertentu bisa berujung musibah. Banyak yang beruntung smartphonenya tak mengalami masalah berarti ketika jatuh, namun tak sedikit pula yang mengalami musibah berupa layar smartphone yang pecah!

              Layar smartphone yang pecah memang sangat mengganggu buat penggunanya. Meski tak melulu merusak fungsi layar, pecahan yang tampak nyatanya sangat mengganggu kenyamanan. Bahkan. ada bahaya yang bisa ditimbulkan lho! Berikut ini Jaka coba ulas mengenai lima bahaya menggunakan smartphone dengan layar pecah.

              BACA JUGA
              • AJEGILE! 7 Smartphone Android Murah dengan Layar Anti Pecah
              • Layar Smartphone Pecah? Bisa Tetap Keren Kalau Meniru 7 Orang Ini!
              • [UPDATED] Cara Ampuh Memperbesar Resolusi Foto Tanpa Pecah (100% Work)

              5 Bahaya Gunakan Smartphone dengan Layar Pecah

              1. Penurunan Fungsi Layar Sentuh

              Bahaya Gunakan Smartphone Layar Pecah 1
              Sumber foto: Sumber: Sugru

              Meski masih berfungsi, pecahnya layar smartphone kamu tentu akan menurunkan sensitivitas terhadap sentuhan pada area sekitar letak pecahan. Lama-kelamaan, bagian layar tersebut akan sepenuhnya tidak berfungsi dan malah berisiko 'menularkan' malfungsi tersebut ke bagian layar lain di luar area pecahan.

              Selain itu, faktor kebiasaan pengguna yang kurang apik juga bisa mempercepat perusakan fungsi layar sentuh tersebut. Kebiasaan semisal sering mengelap layar secara kasar atau menyimpan smartphone di saku super ketat adalah contoh beberapa hal yang mempercepat kerusakan layar smartphone, terutama yang sudah pecah.

              2. Kehilangan Proteksi/Lebih Rentan

              Bahaya Gunakan Smartphone Layar Pecah 2
              Sumber foto: Sumber: The Verge

              Fungsi utama layar salah satunya untuk melindungi bagian atau komponen dalam smartphone. Dengan layar mengalami keretakan, bahkan pecah, maka bisa dipastikan komponen dalam tersebut kehilangan proteksi dan akan lebih rentan mengalami kerusakan karena tak 'dibungkus' dengan baik oleh layar.

              Ambil contoh jika terkena air pada momen-momen tertentu. Smartphone akan lebih rentan rusak jika terkena air sedikit saja karena air tersebut bisa dengan mudah masuk ke bagian dalam karena layar smartphone tersebut dalam keadaan pecah. Sama halnya dengan debu atau hal lain yang berpotensi merusak.

              3. Risiko Melukai Jari

              Bahaya Gunakan Smartphone Layar Pecah 3
              Sumber foto: Sumber: Today Show

              Hal ini tak perlu dipertanyakan lagi. Pecahan layar smartphone, apalagi jika ada yang lancip menjulang alias tajam tentunya akan berisiko melukai jari si pengguna. Terutama jika kamu tipe teledor atau hardcore gamer, maka bersiaplah jarimu jadi korban jika tetap memaksa menggunakan smartphone dengan layar pecah.

              4. Risiko Pada Mata

              Bahaya Gunakan Smartphone Layar Pecah 4
              Sumber foto: Sumber: NPR

              Menggunakan smartphone normal saja sebenarnya berisiko merusak mata pengguna, apabila digunakan secara terus-menerus, dengan jarak yang terlalu dekat dan segala cara penggunaan yang tidak baik dilakukan untuk mata. Terlebih lagi jika layar smartphone dalam keadaan pecah.

              Adanya pecahan tentu membuat pandangan kita terganggu saat melihat objek yang ada di bagian layar tersebut. Alhasil, mata kita harus melakukan effort lebih untuk mampu melihat secara jelas pada bagian layar yang pecah. Jika terus dilakukan secara rutin, otomatis akan berdampak buruk bagi kesehatan mata.

              5. Radiasi Lebih Besar

              Bahaya Gunakan Smartphone Layar Pecah 5
              Sumber foto: Sumber: App Annie

              Kita tentu sudah sering mendengar bahaya radiasi yang mungkin ditimbulkan dari smartphone. Dengan layar yang pecah, kondisi tersebut diyakini bisa menimbulkan radiasi yang jauh lebih berbahaya untuk para pengguna smartphone. Dilansir dari situs Vest, International Agency for Research on Cancer (IARC) bahkan mengklaim bahaya radiasi yang dipancarkan smartphone terutama dengan kondisi layar pecah.

              Akhir Kata

              Itulah lima bahaya yang bisa ditimbulkan jika tetap menggunakan smartphone dengan layar pecah. Meski masih bisa digunakan, Jaka sarankan untuk segera memperbaiki/mengganti layar smartphone kamu, atau sekalian mengganti smartphonenya dengan yang baru agar kamu terhindar dari lima bahaya menggunakan smartphone dengan layar pecah di atas. Setuju?

              Baca juga artikel seputar Layar atau artikel menarik lainnya dari Reynaldi Manasse.

              APPS TERKAIT
              Cyan Lock Screen
              CyanLockScreen 1.2
              Apps xastey
              Taptap Screen Lock Icon
              TapTap Screen Lock 1.3.0
              Apps Dmytro Dolotov
              Screenshot Easy Icon
              Screenshot Easy 1.4.24
              Apps Ice Cold Apps
              Comlocketmatterhorn Icon Icon
              Locket Lock Screen 2.1.21
              Apps Locket

              Keluar dari JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal