J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Rusak Pola Tidur Hingga Otak? Ini Bahaya Gunakan Gadget Sebelum Tidur

Rusak Pola Tidur Hingga Otak? Ini Bahaya Gunakan Gadget Sebelum Tidur

Selasa, 16 Jan 2018, 15:00 WIB
Gadget memang kini gak bisa dilepaskan dari manusia dalam aktivitas sehari-hari, bahkan sampai menjelang tidur. Ternyata hal itu berbahaya lho! Berikut bahaya menggunakan gadget sebelum tidur.

Gadget kini jadi benda yang sulit dipisahkan dari manusia. Kebutuhan akan gadget mulai dari smartphone hingga perangkat komputer atau laptop memang berhubungan langsung dengan aktivitas kita sehari-hari.

Saking 'terikatnya', kita seringkali bisa menggunakan gadget bahkan sampai waktu tidur. Padahal, hal itu memiliki beberapa risiko berbahaya lho. Apa saja? Berikut Jaka ulas mengenai bahaya menggunakan gadget sebelum tidur.

BACA JUGA
  • 5 Bahaya Menggunakan Software Windows Bajakan
  • 2 Bahaya Power Bank Bagi Pengguna Smartphone
  • STOP! Ini 5 Bahaya Nonton Film Bokep di Android

Bahaya Gunakan Gadget Sebelum Tidur

Layar yang merupakan salah satu komponen berbagai gadget entah itu komputer, laptop atau smartphone sekalipun, ternyata memiliki dampak yang berbahaya buat penggunanya jika digunakan secara terus-menerus alias nonstop.

Berikut ini bahayanya menggunakan gadget secara nonstop apalagi sampai saat sebelum tidur. Yuk disimak!

Pengaruh Layar Gadget Pada Otak

Kamu pasti sudah sering mendengar kabar yang bilang kalau layar gadget berbahaya karena bisa menyebabkan radiasi yang berdampak buruk bagi tubuh manusia. Nyatanya, hal itu terbukti benar adanya. Terlebih saat malam hari menjelang waktu tidur.

Bahaya Gadget Sebelum Tidur 1

Radiasi yang ditimbulkan layar gadget menyebabkan interaksi ringan terhadap otak kamu. Hal itu bisa berdampak pada penurunan fungsi otak lho! Apalagi jika kamu secara reguler menggunakan gadget di malam hari sebelum tidur, maka fungsi otak kamu akan lebih cepat mengalami penurunan.

Efek Samping Berbahaya

Selain disfungsi otak, ternyata ada juga beberapa efek samping lain yang bisa terjadi pada tubuh kamu akibat penggunaan gadget sebelum tidur. Beberapa efek samping terjadi untuk jangka pendek sedangkan efek samping yang lebih berbahaya biasanya terjadi untuk jangka waktu yang panjang.

Bahaya Gadget Sebelum Tidur 2
Sumber foto: Sumber: EyeEm

Efek jangka pendek antara lain adalah pola tidur yang gak teratur dan secara gak langsung membuat waktu istirahat otak berkurang. Jangka panjangnya, penurunan fungsi otak yang terjadi secara terus-menerus lama-lama akan menyebabkan bahan kimia otak ikut terkena dampak.

Hal itu bisa berujung pada hilang fokus, stres bahkan gangguan jiwa secara permanen! Risiko tersebut belum ditambah dengan dampak lain seperti gangguan penglihatan akibat radiasi layar gadget yang langsung menyerang mata.

Cara Mengurangi Risiko?

Berbagai bahaya yang mungkin ditimbulkan akibat penggunaan gadget di malam hari alias sebelum tidur memang bisa dicegah atau setidaknya diminimalisir. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan.

Bahaya Gadget Sebelum Tidur 3

Yang pertama tentunya adalah mengurangi penggunaan gadget secara berlebih. Matikan semua perangkat smartphone, komputer atau laptop kamu pada malam hari dan sudah tidak lagi digunakan. Kamu harus komitmen untuk menetapkan waktu istirahat dengan tepat.

Kecanggihan teknologi yang semakin berkembang juga menyediakan alat-alat yang mendukung kesehatan penggunanya kok. Jika memang kamu perlu banget menggunakan perangkat gadget di malam hari, entah untuk bekerja atau mengirim pesan penting, maka gunakanlah aksesoris yang bisa melindungi kamu semisal screen protector alias pelindung layar yang bisa menangkal radiasi sinar UV.

Akhir Kata

Itulah bahaya menggunakan gadget secara terus-menerus hingga saat sebelum tidur. Risiko yang cukup berbahaya, bukan? Kamu sudah mengetahui bahaya dan risiko yang bisa menimpamu akibat pola penggunaan gadget yang gak teratur. Kini, saatnya kamu mengubah pola tersebut supaya terhindar dari bahayanya ya!

Baca juga artikel seputar Gadget atau artikel menarik lainnya dari Reynaldi Manasse.

ARTIKEL TERKAIT
Bahaya Mengangkat Telepon Tidak Dikenal 5

3 Bahaya Angkat Telepon dari Nomor Tidak Dikenal

Headphone Vs Earphone

Bikin Budeg! Mana Paling BAHAYA, Headphone vs Earphone?

Bahaya Gamer

Gamer Masuk! 8 Bahaya Main Game Tanpa Pernah Keluar Rumah

Bahaya Bawa Smartphone Ke Toilet 3

Hati-hati! Ini Bahaya Membawa HP ke Kamar Mandi

Jangan Pinjam Smarthphone Teman

Bahaya Banget! Jangan Pernah Pinjam Smartphone Teman

Tags Terkait:

APPS TERKAIT
20121226072550_154
PC Inspector File Recovery 4.0
Apps Convar
Baidu Pc Faster 3 3
Baidu PC Faster 5.1.3.125079
Apps Baidu
Ppsspp Icon
PPSSPP For PC 1.2.2
Apps Henrik Rydgard
Mobizen Icon
Mobizen for PC 2.21.1.2
Apps RSUPPORT Co., Ltd.
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal