J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

5 Bahasa Pemrograman Buatan Wanita dan Mengubah Dunia Coding

5 Bahasa Pemrograman Buatan Wanita dan Mengubah Dunia Coding

Rabu, 16 Nov 2016, 21:00 WIB
dunia pemrograman merupakan bidang yang didominasi oleh pria. Bagaimana bila bahasa pemrograman buatan wanita dapat mengubah dunia coding..

Kamu nggak salah jika berpikir dunia pemrograman merupakan bidang yang didominasi oleh pria. Pernyataan ini didukung data dari Biro Statistik Ketenagakerjaan Amerika Serikat bahwa 73 persen pekerja di bidang komputer adalah laki-laki.

Namun, bukan berarti wanita tak memiliki kemampuan pemrograman. Nyatanya, banyak programmer wanita yang berkontribusi penting terkait perkembangan teknologi. Mereka berhasil menorehkan sejarah dan mengubah dunia lantaran pekerjaannya di bidang pemrograman komputer. Mau tahu seperti apa bahasa pemrograman buatan wanita yang dapat mengubah dunia coding?

BACA JUGA
  • Inilah Bahasa Pemrograman dan Profesi TI dengan Gaji Tertinggi
  • 5 Bahasa Pemrograman Baru yang Wajib Kamu Pelajari
  • 50 Bahasa Pemrograman Paling Populer di Dunia

Bahasa Pemrograman Buatan Wanita dan Mengubah Dunia Coding

Dilansir dari Techworm, berikut adalah 5 bahasa pemrograman buatan wanita yang berdampak signifikan dalam cara kita melakukan coding hari ini.

1. ARC Assembly

Arc Assembly3

(Sumber foto: Computinghistory)

Pada tahun 1950 yang merupakan awal sejarah perkembangan komputer, bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan adalah Assembly. Assembly sendiri adalah bahasa pemrograman yang berinteraksi langsung dengan mesin.

Nah, salah satu bahasa Assembly yang pertama kali dikembangkan ditulis oleh programmer wanita yakni Kathleen Booth yang diberi nama ARC Assembly. Adapun diberi nama ARC Assembly karena bahasa ini pertama kali dikembangkan untuk komputer ARC (Automatic Relay Calculator).

ARC Assembly ini dikembangkan untuk membuat pemrograman komputer lebih mudah dan lebih dapat diandalkan dengan membiarkan programmer menulis instruksi mesin dalam bentuk mnemonic pada assembler yang akan diterjemahkan ke dalam kode mesin.

2. Address

Kateryna Yushchenko

Salah satu operasi komputer pertama yang dapat diprogram di Eropa bernama MESM, yang dibuat oleh Uni Soviet pada tahun 1950. Namun, mereka kesulitan memprogram MESM menggunakan kode mesin.

Kateryna Yushchenko dan timnya pun akhirnya ditugaskan untuk mengembangkan operasi komputer tersebut dan mereka berhasil mengembangkan bahasa pemrograman baru untuk memudahkan pekerjaan mereka yang disebut Address pada tahun 1955.

Bahasa pemrograman Address ini digunakan di Uni Soviet selama lebih dari 20 tahun. Kateryna Yushchenko juga merupakan wanita Uni Soviet pertama yang mendapat gelar "Doctor of Physical and Mathematic Sciences" di bidang pemrograman.

3. COBOL

Grace Hopper

COBOL, bahasa pemrograman komputer yang digunakan untuk menyelesaikan persoalan bisnis ini mungkin pernah kamu dengar? Karena orientasinya pada suatu masalah, bahasa ini sering disebut juga dengan istilah "Problem Oriented Language".

Tapi, tahukah kamu bahwa COBOL adalah bahasa pemrograman buatan wanita, dibuat oleh programmer wanita yakni Grace Hopper bersama timnya. Siapa sangka, compiler pertama dibuat oleh seorang wanita?

Grace Hopper membuat A-0, compiler pertama di dunia untuk mesin UNIVAC. Setelah mengembangkan A-0, Grace Hopper juga mengembangkan beberapa bahasa pemrograman lainnya seperti ARITH-MATIC dan B-0, yang kemudian menjadi FLOW-MATIC.

Agar dapat digunakan oleh orang nonteknis, COBOL menggunakan perintah-perintah yang mudah dimengerti. Maka dari itu, COBOL meminjam fitur-fitur dari FLOW-MATIC.

4. FORMAC

Jean Sammet

Jean Sammet dikreditkan sebagai pencipta bahasa pemrograman FORMAC (FORmula manipulasi Compiler) yang merupakan ekstensi dari FORTRAN yang mampu melakukan manipulasi aljabar pada tahun 1962.

Jean Sammet sendiri adalah seorang ahli matematika wanita yang dipekerjakan oleh IBM pada tahun 1961. IBM mengembangkan FORTRAN terutama untuk perhitungan matematika dan komputasi ilmiah.

FORMAC menjadi bahasa pertama yang banyak digunakan untuk melakukan perhitungan matematika simbolik.

5. Logo

Cynthia Solomon

Untuk mengajarkan bahasa pemrograman kepada anak-anak, tentunya akan lebih mudah jika dengan kata-kata atau kalimat. Namun, pada tahun 1960-an bahasa pemrograman yang digunakan secara luas menggunakan angka dan simbol.

Maka dari itu, dibutuhkan bahasa pemrograman baru yang bisa digunakan dengan kata-kata atau kalimat dalam pemrogramannya agar lebih mudah dipahami oleh anak-anak.

Untuk mengatasi masalah ini, Cynthia Solomon dan timnya di Cambride, Massachusetts mengembangkan bahasa pemrograman baru yang disebut Logo untuk mengajarkan pemrograman bagi siswa kelas 7 pada akhir 1960-an.

Salah satu aplikasi Logo yang paling terkenal adalah Turtle Robot, yang bisa diperintahkan oleh pengguna untuk menggambar bentuk geometris menggunakan pena.

Itulah 5 bahasa pemrograman buatan wanita, dan berkontribusi besar pada perkembangan coding saat ini. Jadi, masih meragukan kemampuan wanita soal coding?

ARTIKEL TERKAIT

10 Situs Download Film Terbaik yang Sepenuhnya Legal

Cara Membuka Link Menggunakan Aplikasi Android yang Sudah Terpasang

Perusahaan Dengan Pertanyaan Interview Paling Sulit 2

25 Perusahaan dengan Pertanyaan Interview Paling Sulit

Coin Monster Banner

Cara Baru Dapatkan Pulsa Gratis Lewat Coin Monster

Programdata

Bukan System32! Inilah Folder Paling 'Keramat' di Sistem Windows

APPS TERKAIT
Shareit Connect Transfer Icon
SHAREit 5.3.18
Apps SHAREit Technologies Co.Ltd
Whatsapp Icon
WhatsApp Messenger 2.20.64
Apps WhatsApp Inc.
Telegram Messenger
Telegram for Android 3.16.1
Apps Telegram LLC
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
50 Bahasa Pemrograman Paling Populer di Dunia

50 Bahasa Pemrograman Paling Populer di Dunia

5 Bahasa Pemrograman Baru yang Wajib Kamu Pelajari

5 Bahasa Pemrograman Baru yang Wajib Kamu Pelajari

Inilah Bahasa Pemrograman dan Profesi TI dengan Gaji Tertinggi

Inilah Bahasa Pemrograman dan Profesi TI dengan Gaji Tertinggi

Ingin Jadi Hacker? Ini Bahasa Pemrograman yang Harus Kamu Pelajari

Ingin Jadi Hacker? Ini Bahasa Pemrograman yang Harus Kamu Pelajari

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal