J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

5 Bahasa Pemrograman Baru yang Wajib Kamu Pelajari

5 Bahasa Pemrograman Baru yang Wajib Kamu Pelajari

Rabu, 26 Okt 2016, 14:00 WIB
Beberapa tahun terakhir banyak bahasa pemrograman yang terlahir dan memberikan pengaruh di dunia teknologi. Berikut di antarany 5 Bahasa Pemrograman Baru Terbaik yang Wajib Kamu Pelajari.

Sebelumnya Jaka telah membuat 50 bahasa pemrograman paling populer di dunia menurut Indeks TIOBE edisi bulan Oktober 2016. Dari situ, terkuaklah bahasa pemrograman baru yang paling cepat berkembang. Cocok banget buat kamu yang berniat untuk mempelajari bahasa pemrograman baru terbaik.

Bahasa pemrograman seperti Java, Javascript, PHP, C++ memang masih menjadi bahasa pemrograman yang banyak digunakan oleh perusahaan khususnya di Indonesia. Namun, seiring perkembangan zaman dan juga kebutuhan yang semakin meningkat, dalam beberapa tahun terakhir banyak sekali bahasa pemrograman yang terlahir dan memberikan pengaruh di dunia teknologi.

BACA JUGA
  • Bukan AS atau India, Inilah Negara Dengan Programmer Terbaik di Dunia
  • 10 Teknologi yang Akan Menjadi Tren di Tahun 2017
  • 7 Alasan Kenapa Kamu Harus Belajar Coding

5 Bahasa Pemrograman Baru Terbaik yang Wajib Kamu Pelajari

Supaya kamu nggak salah pilih. Berikut 5 bahasa pemrograman baru terbaik yang harus segera kamu pelajari.

1. Go

Golang atau biasa disebut Go ini adalah bahasa pemrograman Open Source yang dikembangkan oleh tiga orang karyawan Google yakni Robert Griesemer, Rob Pike, dan Ken Thompson pada tahun 2007 yang mulai diperkenalkan ke publik di tahun 2009.

Penciptaan bahasa Golang didasari oleh bahasa pemrograman populer seperti C, C++, dan Java. Karena itulah gaya sintaksnya mirip. Namun, Golang menawarkan kelebihan notasi yang ringkas serta bertujuan agar kode tetap sederhana dan mudah untuk dibaca ataupun dimengerti.

2. Groovy

Groovy

Groovy adalah sebuah bahasa pemrograman dinamis yang mirip dengan Python, Perl, Ruby, dan Smalltalk yang berjalan di atas bahasa pemrograman Java. Semua kode Java dapat berjalan dalam script Groovy. Seperti halnya kode Java, script Groovy juga dapat dikompilasi menjadi Java bytecode dan berjalan di atas platform Java.

Tentu saja, hal ini sangat menarik terutama bagi programmer Java yang ingin menggabungkan kekuatan fleksibilitas Groovy dengan skalabilitas Java. Memanfatkan semua framework dan library Java di dalam kode program Groovy adalah hal yang diperbolehkan. Demikian pula sebaliknya, pemanggilan script Groovy maupun hasil kompilasi kode program Groovy yang dipanggil dalam kode program Java boleh-boleh saja.

3. Swift

Swift

Swift adalah bahasa pemrograman yang diciptakan Apple dalam mengembangkan aplikasi untuk iOS, Mac, Apple TV, dan Apple Watch. Bahasa ini didesain untuk memberikan lebih banyak kebebasan kepada pengembang. Swift mudah digunakan dan bersifat Open Source. Jadi, siapa pun yang memiliki ide, dapat menciptakan sesuatu yang luar biasa.

Apple meluncurkan Swift tahun 2014 lalu di WWDC sebagai penerus dari Objective-C. Didesain agar sederhana apa adanya, Swift fokus pada kecepatan dan keamanan. Pada Desember 2015, Apple menjadi Swift Open Source di bawah lisensi Apache. Sejak diluncurkan, Swift berhasil meraih mata komunitas dan bertumbuh dengan baik serta telah menjadi salah satu bahasa pemrograman 'terpanas' di dunia.

4. Rust

Rust

Rust adalah bahasa pemrograman baru terbaik yang dikembangan oleh perusahaan Mozilla untuk menangani arsitektur multi-Core dengan lebih aman dan efisien dengan banyak paradigma. Rust merupakan sebuah bahasa pemrograman general-purpose yang dikembangkan berdasarkan bahasa pemrograman C.

Bahasa pemrograman ini dirilis pertama kali pada tahun 2014 sebagai alternatif bahasa pemrograman C++. Berdasarkan survei ke developer dalam Stack Overflow 2016, Rust terpilih sebagai bahasa pemrograman yang paling disukai. Rust dianggap memiliki solusi keamanan terkait isu kelemahan yang dimiliki oleh bahasa pemrograman C++. Bahasa pemrograman ini fokus untuk meningkatkan kinerja, paralelisasi, serta keamanan memori.

5. Hack

Hack Bahasa Pemrograman Baru Terbaik

Hack adalah bahasa pemrograman yang belum lama diluncurkan pada tahun 2014, dan merupakan produk dari perusahaan teknologi raksasa, Facebook. Facebook hampir mengubah semua kode PHP mereka dengan bahasa pemrograman Hack ini.

Hal ini cukup menarik, karena situs dengan jutaan pengguna serta lalu lintas yang sangat padat sekelas Facebook, terbukti berani menggunakan bahasa Hack yang terbilang baru ini. Maka, tak perlu ragu lagi untuk mulai mempelajari bahasa Hack. Pasalnya, Facebook juga merilis versi Open Source dari bahasa pemrograman ini sebagai bagian dari HHVM runtime platform.

Itulah 5 bahasa pemrograman baru terbaik yang harus kamu pelajari. Semakin luas kemampuan pemrograman kamu, maka semakin baik pula reputasi kamu di mata perusahaan. Tentu saja, yang paling penting adalah kamu harus benar-benar menguasai bahasa pemograman yang akan kamu pelajari.

ARTIKEL TERKAIT
Bikin Aplikasi Tanpa Coding Banner

5 Cara Mudah Membuat Aplikasi Android Tanpa Harus Coding

10 Text Editor Terbaik Biar Kamu Makin Jago Coding

10 Text Editor Terbaik Biar Kamu Makin Jago Coding

Codeingame

CodeInGame, Belajar Coding Sambil Bermain Game

Situs Belajar Coding Gratis Banner

12 Situs untuk Belajar Coding Secara Gratis

Cara Membuat Website Jadi Aplikasi Android

Cara Membuat Website Jadi Aplikasi Android Tanpa Coding

APPS TERKAIT
Dcoder Mobile Coding Platform Icon
Dcoder, Mobile Coding Platform 1.3.4
Apps Paprbit Technologies
Wordpress_icon
WordPress
Apps Automattic, Inc
Google Keep Icon
Google Keep 3.4.491.02.40
Apps Google
20130903093247_776
Evernote 7.9.9
Apps Evernote Corporation
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
50 Bahasa Pemrograman Paling Populer di Dunia

50 Bahasa Pemrograman Paling Populer di Dunia

5 Bahasa Pemrograman Buatan Wanita dan Mengubah Dunia Coding

5 Bahasa Pemrograman Buatan Wanita dan Mengubah Dunia Coding

Inilah Bahasa Pemrograman dan Profesi TI dengan Gaji Tertinggi

Inilah Bahasa Pemrograman dan Profesi TI dengan Gaji Tertinggi

7 Channel YouTube Terbaik untuk Belajar Coding

7 Channel YouTube Terbaik untuk Belajar Coding

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal