J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

5 Aplikasi yang Harus Di-uninstall Agar Smartphone Tetap Ngebut

5 Aplikasi yang Harus Di-uninstall Agar Smartphone Tetap Ngebut

Sabtu, 16 Apr 2016, 17:00 WIB
Kita disuguhi beragam aplikasi, tapi kebanyakan pengguna smartphone sadar atau tidak sadar menggunakan jenis aplikasi yang fungsinya sama. Parahnya lagi sebenarnya kita sama sekali tidak membutuhkan aplikasi pihak ketiga.

Sebagai pengguna telepon pintar, kita memang harus mengatur siasat tertentu. Agar smartphone selalu nyaman digunakan untuk menunjang aktivitas kita sehari-hari, tak peduli seberapa tinggi spesifikasi telepon genggam yang kamu miliki.

Kita disuguhi beragam aplikasi, tapi kebanyakan pengguna smartphone sadar atau tidak sadar menggunakan jenis aplikasi yang fungsinya sama. Parahnya lagi sebenarnya kita sama sekali tidak membutuhkan aplikasi pihak ketiga, karena dari sistem operasinya sendiri sudah menyediakan.

BACA JUGA
  • 5 Cara Bikin HP Android RAM 1 GB Tetap Ringan dan Ngebut!
  • Inilah Aplikasi yang Harus Ada di Smartphone Orang Pemalas
  • Android Boros Baterai? Cek Aplikasi Apa Yang Menghabiskan Baterai Kamu!

5 Aplikasi yang Harus di Uninstall Agar Smartphone Tetap Ngebut

Aplikasi yang sebenarnya tidak perlu kamu install tersebut, tak hanya mengambil ruang penyimpanan. Tapi juga mempengaruhi kinerja dan daya tahan baterai smartphone kamu. Lebih baik kamu bersihkan sekarang juga, berikut 5 aplikasi yang harus kamu uninstall segera.

1. Facebook

Tidak dapat dipungkiri, aplikasi Facebook menawarkan berbagi fitur yang sangat lengkap. Memungkinkan kamu untuk tetap terhubung dengan teman-teman ataupun kenalan setiap saat. Kamu tidak akan melewatkan moment penting, semua aktivitas akan diberitahukan oleh Facebook.

Facebook Lite 197.1.0.17.125
Apps Social & Messaging Facebook, Inc.
DOWNLOAD

Kecanggihan aplikasi Facebook ini, sayangnya ada pengorbanannya. Tidak hanya memakan banyak ruang penyimpanan internal, tetapi mengkonsumsi baterai yang tidak sedikit. Sebagai alternatif, kamu bisa menggunakan aplikasi Facebook Lite saja. Meskipun fitur dan tampilannya sangat basic, namun kamu masih bisa mengakses konten Facebook dengan nyaman.

2. Clean Master dan Aplikasi Sejenisnya

Aplikasi Clean Master dan aplikasi sejenisnya ini memang akan membersihkan ponsel kamu dari data cache atau data sampah yang menumpuk untuk meningkatkan kinerja smartphone. Namun kamu sebenarnya tidak membutuhkan aplikasi Clean Master, karena OS Android itu sendiri sudah menyediakan. Kamu tinggal buka Pengaturan > Storage > Clear Cache.

Kamu juga bisa menghapus cache aplikasi individual, buka Pengaturan > Aplikasi > Download. Kamu bisa lihat aplikasi mana saja yang memakan banyak data, pilih salah satu aplikasi dan tekan Clear Cache. Aplikasi Clean Master dan aplikasi serupa ini sering memakan banyak daya baterai, belum lagi adanya iklan yang dalam aplikasi mereka. Sangat berpotensi menghabiskan data kuota internet kamu yang terbatas.

3. Hapus Aplikasi Antivirus

Bisa dikatakan sistem operasi besutan Google ini punya sistem yang cukup aman. Sejatinya kamu tidak benar-benar membutuhkan aplikasi antivirus. Untuk melindungi smartphone kamu dari pencurian sudah cukup Android Device Manager, tak perlu tambahan aplikasi lain. Google Play Store punya sistem canggih untuk mendeteksi malware, jadi bisa dipastikan aplikasi yang kamu download di Play Store aman.

Kecuali kamu masih sering download dan install aplikasi APK di luar Play Store, mungkin aplikasi antivirus akan berguna. Namun jika kamu sepenuhnya download aplikasi melalui Play Store, kamu tidak membutuhkan aplikasi antivirus.

4. Aplikasi Penghemat Baterai

Di Google Play Store terdapat banyak sekali aplikasi penghemat baterai. Perlu gak sih? Sekali lagi, OS Android sudah punya fitur penghemat baterai bawaan. Jadi jelaskan, kamu tidak memerlukan aplikasi penghemat baterai pihak ketiga.

Cukup aktifkan saja fitur penghemat baterai atau battery saver di pengaturan. Kamu bisa lihat aplikasi mana yang punya konsumsi daya tinggi, jika memang tidak dibutuhkan hapus saja. Semakin sedikit aplikasi yang punya fungsi ganda, semakin lebih baik untuk kinerja dan performa daya tahan baterai.

5. Browser Bawaan

Beberapa vendor pembuat smartphone Android, biasanya melengkapi browser bawaan. Ada yang bagus, dengan fitur-fitur lebih lengkap. Ada pula yang seadanya. Coba kamu gunakan, apakah sudah sesuai dengan kebutuhan kamu? Jika pada akhirnya kamu tidak gunakan, non-aktifkan saja.

Kamu bisa gunakan browser yang lebih powerful, seperti Chrome, Firefox, atau Opera Mini. Cara menonaktifkan browser bawaan buka Pengaturan > Aplikasi > pilih browser bawaan, lalu non-aktifkan.

Kesimpulan

Kamu juga harus mempertimbangkan menghapus aplikasi atau game yang jarang kamu mainkan. Bagaimana pun sedikit atau banyak, mereka mengkonsumsi data internet dan daya baterai. Jangan gunakan aplikasi dengan fungsi yang sama, pilih saja satu yang paling kamu sukai. Jika ada tambahan, sematkan komentar kamu di bawah ini ya.

ARTIKEL TERKAIT

8 Tips yang Bisa Membuat Smartphone Kamu Tidak Bisa Rusak

Secepat Keyboard Komputer, Ini 7 Tips Mengetik Cepat di Smartphone

10 Cara Merawat Layar Smartphone Agar Selalu Terlihat Seperti Baru

Cara Menggunakan Fitur DOZE Milik Marshmallow di Smartphone Kamu

Tags Terkait:

APPS TERKAIT
Firefox Browser for Android 53.0
Apps Mozilla Organization
WPS Office 10.0.5
Apps Kingsoft Office Software Corporation Limited
Spotify 8.5.49.973
Apps Spotify
Uber 3.134.5
Apps
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal