Wajib Instal! Ini 5 Aplikasi Terbaik Untuk Melawan Ransomware Di Komputermu

19 May 2017

Belakangan ini dunia dihebohkan dengan kehadiran sebuah ransomware ganas bernama WannaCry yang menjangkiti komputer para pengguna di seluruh dunia. Nah, sebenarnya apa sih ransomware itu?

Ransonware merupakan bentuk dari malware yang masuk ke dalam komputer dan kemudian mengunci file yang ada di dalam komputer tersebut dengan menggunakan enkripsi yang hanya bisa dibuka ketika korban memenuhi permintaan penyebar ransomware tersebut kemudian si penyebar akan memberikan kode dekripsinya. Dampak dari ransomware sangat berbahaya karena berkaitan dengan masalah keamanan data.

Wajib Instal! Ini 5 Aplikasi Terbaik Untuk Melawan Ransomware di Komputermu

Untuk melawan ransomware ini tentunya kalian membutuhkan bantuan dari sejumlah aplikasi anti-ransomware yang bisa melindungi komputer atau laptop kalian dari berbagai jenis ransomware. Terkait dengan hal ini, berikut ini Jaka akan membahas sejumlah aplikasi anti-ransomware terbaik yang bisa kalian jadikan pilihan untuk melindungi komputer atau laptop kalian.

1. BitDefender Antivirus 2017

BitDefender Antivirus 2017

Foto: pcmag.com

BitDefender merupakan antivirus yang sudah memiliki nama besar selama bertahun-tahun. Selain karena antivirus ini tergolong cukup ringan, mengingat fiturnya yang tergolong banyak, fitur-fitur yang ada di dalam antivirus BitDefender ini juga sangat mumpuni untuk menangkal serangan ransonware.

Antivirus ini akan melindungi data dari ancaman ransomware secara proaktif dengan cara mencegah semua akses selain dari administrator ke berbagai data yang ada pada komputer kalian, baik itu data teks seperti dokumen, data media seperti video, foto, dan musik serta berbagai data lainnya sehingga data-data kalian tersebut tidak bisa dienkripsi oleh ransomware.

Beberapa sumber juga mengatakan kalau komputer yang menggunakan BitDefender Antivirus 2017 ini juga tidak ada yang terkena serangan WannaCry. Jika kalian mendapati beberapa jenis ransomware seperti TB-Locker, Locky, Petya, and TeslaCrypt, kalian bisa menggunakan BitDefender Anti Ransomware Tool untuk mengatasi keluarga ransomware tersebut.

2. Trend Micro Antivirus+ Security 2017

Trend Micro Antivirus+ Security 2017

Foto: pcmag.com

Selain BitDefender, Trend Micro Antivirus + Security 2017 ini juga bisa menjadi alternatif kalian untuk mendapatkan perlindungan mumpuni dari ancaman berbagai jenis ransomware. Selain melindungi email kalian dari scam, melakukan pemblokiran pada situs-situs berbahaya, dan melindungi komputer kalian dari virus, produk yang satu ini juga memiliki kemampuan untuk melindungi komputer kalian dari ransomware. Trend Micro Antivirus ini juga dapat mencegah modifikasi folder dan proses enkripsi yang umumnya dilakukan oleh ransomware untuk memeras korban.

3. Malwarebytes Anti-Ransomware Beta

Malwarebytes Anti-Ransomware Beta

Foto: bleepingcomputer.com

Malwarebytes Anti-Ransomware Beta merupakan produk dari keluarga antivirus Malwarebytes yang dirilis pada 2016 lalu. Aplikasi yang dikhususkan untuk mengatasi ransomware berbahaya yang sering berkeliaran melalui dunia maya ini bekerja dengan cara melakukan pengawasan aktivitas pada komputer kalian untuk mendeteksi apakah ada pergerakan ransomare di dalam komputer.

Kemudian ketika ransomware tersebut sudah terdeteksi, aplikasi akan langsung melakukan blokir dan karantina pada malware tersebut sebelum mengacaukan file yang ada di komputer kalian. Beberapa ransomware berbahaya yang pernah dihabisi oleh aplikasi ini di antaranya CryptoWall4, CryptoLocker, Tesla, dan CTB-Locker.

4.Cybereason RansomFree

Cybereason RansomFree

Foto: downloadcrew.com

RansomFree merupakan aplikasi pembunuh ransomware yang dibangun oleh sebuah kelompok yang terdiri dari para mantan ahli keamanan digital militer. Aplikasi yang satu ini bekerja dengan menganalisis perilaku dan karakteristik setiap program untuk menentukan apakah program tersebut merupakan ransomware.

Jika benar program tersebut adalah ransomware, aplikasi ini akan langsung menghentikan dan melakukan karantina pada program tersebut (sebelum melakukan enkripsi) dengan meminta izin pada pengguna terlebih dahulu.

5. HitmanPro.Alert

HitmanPro.Alert

Foto: majorgeeks.com

HitmanPro.Alert merupakan sebuah produk yang menawarkan perlindungan dari malware dan ransomware sekaligus. Aplikasi ini bisa mendeteksi berbagai malware yang bahkan tidak bisa dideteksi oleh antivirus lain yang sejenis dan memberikan perlindungan pada komputer kalian dari berbagai ransomware seperti Crypto.

Caranya dengan menganalisis perilaku ransomware itu sendiri kemudian menghentikannya dan tentunya juga mampu mengembalikan sejumlah file yang telah terkena ransomware tadi.

Itulah 5 aplikasi terbaik untuk melawan ransomware di komputer kalian. Memang aplikasi ini bisa dipakai untuk memulihkan komputer kalian yang terserang ransomware, tapi yang paling penting sebenarnya adalah pencegahan. Perketat keamana komputer kalian agar terhindar dari segala jenis malware yang merugikan.

SUKA
0%
LUCU
0%
KAGET
0%
ANEH
0%
TAKJUB
0%
SEDIH
0%
MARAH
0%
TAKUT
0%

Tentang Penulis

Profile Picture
REPUTASI
KONTRIBUSI

Komentar