J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Jangan Lengah! Ini 5 Aplikasi Smartphone yang Ternyata Berbahaya Untuk Anak-anak

Jangan Lengah! Ini 5 Aplikasi Smartphone yang Ternyata Berbahaya Untuk Anak-anak

Sabtu, 17 Feb 2018, 15:00 WIB
Sebagai orang dewasa kita wajib memeriksa gadget mereka, bisa jadi anak-anak yang masih di bawah umur tersebut mengunduh aplikasi yang belum sesuai untuk mereka.

Kalian punya adik yang menggunakan handphone? Apakah handphone itu digunakan dengan baik? Aplikasi apa saja yang ada di handphone mereka? Amankah semua aplikasi yang terinstall di dalamnya?

Sebagai orang dewasa kita wajib memeriksa gadget mereka, bisa jadi anak-anak yang masih di bawah umur tersebut mengunduh aplikasi yang belum sesuai untuk mereka. Bisa saja ada game, sosial media, aplikasi kencan atau trik untuk menyembunyikan aplikasi berbahaya. Ada banyak yang bisa disebutkan tetapi 5 aplikasi di bawah ini bisa berbahaya apabila dimainkan oleh anak-anak. Penasaran? Yuk simak saja langsung di bawah ini.

BACA JUGA
  • Terungkap! Pengakuan Astronot Muslim Tentang Bumi Bulat Dan Datar
  • 5 Hal Haram Dilakukan Astronot di Luar Angkasa, Padahal No.1 'Seru'
  • 5 Hal Mengasyikan yang Cuma Bisa Dilakukan Oleh Astronot di Luar Angkasa

5 Aplikasi Smartphone yang Ternyata Berbahaya Untuk Anak-anak

1. Roblox

Dad7d25cd2f870bcbf71f16e92cc0401
Game ini sepertinya aman dimainkan seperti minecraft. Faktanya game ini tidak aman bagi anak-anak. Membangun suatu bangunan pasti menyenangkan. Sayangnya, interaksi via chat dengan pemain lain bisa menjadi sumber bahaya.

Anak-anak belum kritis terhadap ajakan bertemu atau mengunduh sesuatu. Bisa saja mereka yang mengajak ketemu adalah seorang penjahat atau pelaku pelecehan seksual anak (pedofilia). Anak-anak bisa saja secara tidak sadar mengunduh virus atau aplikasi sampah karena ajakan pemain yang lain. Itulah bahaya yang ada dalam game ini.

Memang tidak semua pemain dalam Roblox adalah orang yang jahat, tetapi anak-anak harus dijaga. Roblox juga memberikan sarana untuk menjaga anak-anak, misalnya dengan menghilangkan chat, pengaturan usia dan perlindungan lainnya.

Jika kamu merasa perlindungan itu tidak cukup, lebih baik jauhkan game ini dari anak-anak. Lebih aman bermain minecraft dengan lokal server untuk seluruh keluarga.

2. Snapchat

42d19b34e5ab35c2e67ae5d61305f58c
Kalian pasti tahu apa itu snapchat kan guys? Dengan snapchat, kita bisa berkirim pesan dengan orang lain, termasuk foto, dan pesan itu akan segera terhapus sesudah diterima.

Bahayanya adalah snapchat dilengkapi dengan fitur untuk mengirim sexting (pesan yang mengandung konten seks). Anak-anak sangat berisiko mendapatkan sexting jika menggunakan aplikasi ini. Anak-anak juga bisa berurusan dengan hukum jika ikut mengirim sexting. Jika anak atau adikmu sudah menggunakannya, pastikan bahwa seluruh fitur pengamanan snapchat sudah dihidupkan.

3. Aplikasi Untuk Kencan

63d4905485aca49bfa8e75c7757303bd
Bahayanya jelas kan guys, kalau anak-anak mengunduh aplikasi ini? Anak-anak belum saatnya untuk berpikir soal berkencan. Mereka masih dalam masa bermain dan belajar. Karena itulah, aplikasi ini bisa menimbulkan masalah dalam diri anak-anak.

Sayangnya, beberapa aplikasi jenis ini bisa diakses hingga usia 13 tahun. Jika anak-anak mempunyai aplikasi ini, mereka bisa berinteraksi layaknya orang dewasa. Relasi yang dituju juga seringkali hanya relasi cinta satu malam . Jelas kan bahayanya guys?

4. Tumblr

Aedad42c63c842c641d1259a8c1ad844
Situs ini menyediakan tempat untuk membuat blog. Tujuannya adalah untuk mempromosikan hobi agar diketahui semakin banyak orang. Sayangnya, materi dewasa juga menjadi hal umum dalam Tumblr.

Anak-anak yang mengakses Tumblr bisa saja mendapatkan informasi seputar hobi yang tidak sesuai dengan usia mereka. Kalian juga harus hati-hati guys karena sekali posting di Tumblr semua pengguna internet akan tahu. Ini bahaya untuk anak-anak lho, karena mereka belum dewasa dalam memilah apa yang diposting.

5. Ask.fm

2731e22d3d955221935170ad8a775d56
Situs ini tujuannya baik guys, yakni agar anak-anak bisa semakin mengenal dunia dengan cara tanya jawab. Sayangnya, banyak yang menyalahgunakannya untuk membully. Dalam situs ini disediakan fitur untuk bertanya tanpa nama. Fitur inilah yang digunakan untuk membully.

Bayangkan guys, jika anak-anak membaca apa kabar jelek? , kenapa kamu jelek sekali , kenapa kamu tidak bunuh diri saja karena terlalu jelek atau dasar jelek dan tolol! . Anak-anak bisa mengalami stres dan bisa berakibat bunuh diri lho.

Itulah 5 aplikasi yang berbahaya bagi anak-anak guys. Lihat handphone anak atau adik kamu sekarang juga. Kalau ada aplikasi-aplikasi ini, lebih baik di uninstall saja sebelum terlambat!

ARTIKEL TERKAIT
B6f50bde035c76a85f988934763f3670

Gak Kalah Keren! Ini 5 Squad Gaming Indonesia yang Dapat Bersaing Dengan Dunia

581c4d1231d2893876c281e394b34a80

5 Momen Menyeramkan yang Terekam di Siaran Langsung Televisi

9a0ad9fc5cd54bcca053b284e6e84aca

8 Rahasia Nintendo yang Mungkin Tidak Ingin Kalian Ketahui!

Tipe Teman Nonton Main Game

5 Tipe Teman Paling Nyebelin Saat Nonton Kamu Main Game, Setuju?

Singkatan Chatting Populer

Biar Gaul! Ini 12 Singkatan Chatting Populer yang Harus Kamu Ketahui

APPS TERKAIT
Jalantikus Icon
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
Babe Baca Berita Indonesia Icon
Babe - Baca Berita 7.6.2
Apps Mainspring
Youtube Logo 6cd54
YouTube 15.11.34
Apps Google Inc.
20130131112039_546
LINE Komputer 4.8.3.1128
Apps Naver
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
15 Game Terbaik untuk Anak Anak di Android 2018 (Aman)

15 Game Terbaik untuk Anak Anak di Android 2018 (Aman)

6 Pengaturan Wajib Smartphone Android untuk Anak di Bawah Umur

6 Pengaturan Wajib Smartphone Android untuk Anak di Bawah Umur

5 Hal Menyebalkan yang Sering Dialami Anak IT

5 Hal Menyebalkan yang Sering Dialami Anak IT

YouTube Kids Hadir di Indonesia: Kini Anak-anak Bisa Menikmati YouTube dengan Aman!

YouTube Kids Hadir di Indonesia: Kini Anak-anak Bisa Menikmati YouTube dengan Aman!

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal