7 Aplikasi Perekam Suara di HP dan PC, Kualitas Suara Dijamin Jernih!

Default

Aplikasi perekam suara membantu kamu merekam suara apapun lebih jernih dan tanpa gangguan (noise). Aplikasi ini bisa dengan mudah kamu temukan di Google Play Store atau Apps Store.

Banyak dari kita yang menggunakan HP atau PC untuk merekam suara demi kebutuhan pekerjaan atau sekadar mengisi voice over video di reels Instagram dan YouTube.

Namun, audio yang dihasilkan aplikasi bawaan perangkat kadang berkualitas rendah. Banyak noise yang ikut terekam, suara tidak terdengar jelas, dan masih banyak lagi.

Kalau kamu ingin merekam suara berkualitas tinggi, coba gunakan aplikasi perekam suara jernih yang Jaka rekomendasikan berikut ini. Dijamin bebas noise!

1. Easy Voice Recorder

Easy Voice Recorder Pro Poster Bcaff
Sumber foto: Easy Voice Recorder - Google Play

Pertama, ada aplikasi Easy Voice Recorder untuk HP. Aplikasi besutan Digipom ini punya fitur perekam suara yang cukup lengkap. Di sini, kamu bisa merekam audio dengan format PCM, MP4 bahkan AMR.

Hasilnya jernih dan renyah didengar, cocok untuk kamu yang ingin melakukan voice over video di media sosialmu. Selain itu, aplikasi perekam suara telepon ini bisa diintegrasikan dengan Wear OS by Google. Kamu bisa merekam suara hanya melalui smartwatch.

Di versi premiumnya, kamu bisa merekam suara dan menyimpannya dalam format MP3, FLAC, AAC, mengirim audio ke Google Drive, Dropbox, serta Microsoft Drive. Kamu juga bisa mengedit audiomu dengan fitur volume boost, costume bitrates, dan lainnya.

Detail Easy Voice Recorder
Tanggal rilis 15 Februari 2012
Developer Digipom
Platform Android
Versi 2.8.3
OS Minimal Android 8.0

>>Download Easy Voice Recorder untuk Android<<

2. Voice Recorder & Voice Memo

Screen 0 C85d6
Sumber foto: Voice Recorder & Voice Memo - Google Play

Selanjutnya, ada aplikasi Android bernama Voice Recorder & Voice Memo. Aplikasi ini bisa membantu kamu mengorganisir audio tugas, pekerjaan, dan lainnya.

Terdapat beragam format audio yang bisa kamu simpan, seperti AAC, M4A, AMR, MP3. Aplikasi ini juga mendukung rekaman mono dan stereo serta bisa mengedit suara yang sudah direkam melalui percakapan telepon di HP.

Aplikasi perekam suara saat Zoom ini cocok untuk kamu yang merekam materi saat belajar atau mencatat hasil rapat dengan klien. Kamu dapat memberi tanda pada percakapan penting, memangkas rekaman yang tidak penting, dan membuat kategori tiap audio yang terekam.

Detail Voice Recorder & Voice Memo
Tanggal rilis 10 Oktober 2020
Developer Dairy App & Notes & Audio Editor & Voice Recorder
Platform Android
Versi 1.01.72.1019
OS Minimal Android 5.0

>>Download Voice Recorder & Voice Memo untuk Android<<

3. Voice Recorder Pro

Com Splendapps Voicerec 4e79f
Sumber foto: Voice Recorder Pro - Google Play

Seperti namanya, Voice Recorder Pro punya fitur rekam dan edit audio super lengkap. Misalnya, format audio yang didukung mencakup MP3, PCM (wav), AAC (m4a/mp4) dan AMR (3gp).

Sample rate audiomu bisa disesuaikan (adjustable) mulai dari kualitas HP (8 kHz) hingga kualitas CD (44 kHz). Bitrate-nya mendukung hingga 320 kbps. Selain itu, aplikasi ini juga bisa merekam suara mono dan stereo.

Terdapat pula fitur Live audio spectrum analyzer untuk menganalisa spektrum audio secara langsung. Kamu dapat merekam suara tanpa harus menyalakan HP. Kerennya, hasil rekaman bisa kamu jadikan nada dering di HP.

Detail Voice Recorder Pro
Tanggal rilis 21 Oktober 2014
Developer Splend Apps
Platform Android
Versi 3.19
OS Minimal Android 4.4

>>Download Voice Recorder Pro untuk Android<<

4. Awesome Voice Recorder

Awesome Voice Recorder Pro 6060a
Sumber foto: Awesome Voice Recorder - Apps Store

Nah, khusus untuk iPhone dan iPad, kamu bisa unduh Awesome Voice Recorder. Fitur aplikasi perekam suara di iPhone ini cukup beragam dan mendukung proses perekaman audio dengan baik.

Format yang didukung ada MP3, wav, M4R dan M4A. Kualitas audionya bisa diatur, ada yang 11 kHz sampai 48 kHz. Desin mikrofon untuk merekam juga lengkap, ada tipe professional, klasik, studio, dan studio pro.

Tak hanya itu, kamu dapat menggunakan fitur noise reduction untuk menghilangkan suara-suara mengganggu, memangkas suara yang tidak diperlukan, dan membagikan audio final lewat iTunes, iCloud Drive, Dropbox, hingga AirDrop.

Detail Awesome Voice Recorder
Tanggal rilis 5 September 2022 (terbaru)
Developer Newkline Co., Ltd.
Platform iOS
Versi 8.1.2
OS Minimal iOS 9.0

>>Download Awesome Voice Recorder untuk iPhone<<

5. Cubasis 3

Steinberg Cubasis 3 01 FKgTl9BevvbnnblpTcDxM1N8MOXrIvbb C57c5
Sumber foto: Cubasis 3 - Apps Store

Cubasis 3 - DAW Studio cocok banget untuk para musisi yang ingin menggubah karya mereka. Lebih dari sekadar perekam suara, aplikasi ini punya fitur super canggih.

Resolusi rekamannya 960 PPQN MIDI, menghasilkan audio yang jernih dan presisi. Di versi terbarunya, terdapat 8 inserts dan sends yang berguna untuk mixing audio. Selain itu, ada fitur FX rearrangement, Mini Sampler, dan MicroSonic dengan koleksi instrumen virtual mencapai 120.

Tersedia pula 126 efek preset yang bisa ditambahkan ke audio. Bahkan, ada virtual keyboard dengan tombol chord dan drum pads, loh! Rasanya, nggak mustahil menciptakan lagu hanya bermodalkan aplikasi perekam suara jernih seperti di studio ini.

Detail Cubasis 3
Tanggal rilis 18 April 2022 (terbaru)
Developer Steinberg Media Technologies GmbH
Platform iOS
Versi 3.4.3
OS Minimal iOS 13.0

>>Download Cubasis 3 untuk iPhone <<

6. Audacity

Theme Light D860d
Sumber foto: Audacity - website Audacity

Nah, sekarang Jaka akan merekomendasikan aplikasi perekam suara di laptop. Namanya, Audacity. Aplikasi ini cukup populer di kalangan audio editor karena fiturnya cukup banyak.

Tak hanya merekam suara, aplikasi ini bisa mengedit hingga mixing suara, loh. Audacity versi terbaru memiliki efek realtime yang bisa ditambahkan ke suara. Lalu, ada fitur Audio Setup, efek VST3, serta integrasi dengan situs web audio.com untuk upload dan share audio.

Kamu bisa mengunduh Audacity secara gratis di situs webnya. Aplikasi ini juga bisa digunakan di beragam sistem operasi, seperti Windows, macOS, GNU/Linux, dan lainnya.

Detail Audacity
Tanggal rilis 26 September 2022 (terbaru)
Developer Audacity
Platform Windows, macOS, GNU/Linux
Versi 3.2.1

>>Download Audacity untuk PC<<

7. Free Sound Recorder

Freesoundrecorder Large 1 79b9c
Sumber foto: Free Sound Recorder - website Free Sound Recorder

Kalau kamu memerlukan aplikasi perekam suara PC untuk keperluan dasar, kamu bisa instal dan gunakan Free Sound Recorder. Meskipun gratis, nyatanya fitur di aplikasi ini cukup lengkap, loh.

Di sini, kamu dapat merekam suara yang ditangkap laptop atau komputer (external sound) atau merekam audio dari streaming, meeting online_, dan YouTube yang keluar dari PC (_internal sound). Format yang dihasilkan berupa MP3, WMA, WAV, atau OCG.

Kamu bisa memangkas dan menyalin audio, menambahkan efek echo, fade in, fade out, amplify, chorus, normalize, compressor, dan lainnya di aplikasi perekam suara ini.

Terdapat juga fitur longtime and handsfree recording. Dengan fitur ini, komputer kamu akan merekam suara pada waktu yang sudah diatur secara otomatis.

Detail Free Sound Recorder
Tanggal rilis 26 September 2022 (terbaru)
Developer FreeAudioVideo
Platform Windows

>>Download Free Sound Recorder untuk PC<<

Akhir Kata

Sekarang, kamu nggak perlu bingung mau rekam suara dengan kualitas audio yang jernih. Tinggal pilih satu diantara tujuh rekomendasi aplikasi perekam suara dari Jaka yang sesuai dengan kebutuhanmu!

Mulai dari keperluan rekam materi kelas, rapat bersama tim, hingga edit dan mixing audio bisa kamu lakukan melalui aplikasi ini. Jaka akan coba urutkan daftar aplikasinya berdasarkan fitur dan peruntukkannya.

  • Easy Voice Recorder
  • Voice Recorder & Voice Memo
  • Voice Recorder Pro
  • Awesome Voice Recorder
  • Cubasis 3
  • Audacity
  • Free Sound Recorder

Baca juga artikel Tips, Apps, atau artikel menarik lainnya dari Athika Rahma

Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal