J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

10 Aplikasi Pendeteksi Gempa dan Tsunami Terakurat 2020, Tetap Waspada!

10 Aplikasi Pendeteksi Gempa dan Tsunami Terakurat 2020, Tetap Waspada!

Sabtu, 18 Jan 2020, 20:00 WIB
Daftar aplikasi pendeteksi gempa terakurat dan resmi 2020 yang wajib dimiliki sebagai antisipasi bencana di Indonesia. Lengkap dengan ulasan aplikasinya.

Indonesia adalah negara yang rentan terhadap bencana alam seperti gempa bumi. Sebagai antisipasi, sudahkah kamu menyediakan aplikasi yang dapat mendeteksi gempa ataupun tsunami di HP-mu?

Kalau belum, kamu harus punya aplikasinya sekarang juga, geng. Apalagi saat ini sebagian besar wilayah Indonesia sedang dilanda berbagai bencana alam.

Dengan menginstall aplikasi semacam ini, maka kamu bisa tetap waspada dan juga dapat mendapat informasi terkini tentang bencana yang sedang terjadi di Indonesia.

Nah, di artikel kali ini Jaka sudah menyiapkan 10 aplikasi pendeteksi gempa bumi dan tsunami paling akurat untuk kamu gunakan. Yuk simak daftar selengkapnya!

Aplikasi Pendeteksi Gempa 2018

Datangnya bencana memang sulit untuk diprediksi sehingga kita tidak punya banyak waktu untuk mempersiapkan diri.

Daripada install aplikasi yang dianggap mesum oleh Google Play Store, mending download aplikasi pendeteksi gempa dan tsunami agar bisa tetap waspada.

Kamu dapat mengunduh aplikasi ini di Google Play Store atau dapat klik link yang sudah Jaka sediakan di tiap daftar aplikasinya.

Google Play Store Icon
Google Play Store 21.9.47-16 [0] [PR] 331897675
Apps Downloader & Internet Google Inc.
DOWNLOAD

1. MAGMA Indonesia

Magma Indonesia 97cd0

Aplikasi pendeteksi gempa pertama yang wajib kamu tahu adalah MAGMA Indonesia. Aplikasi ini dikembangkan oleh tim developer PNS dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Badan Geologi, Kementerian ESDM.

Informasi yang diberikan oleh aplikasi ini sangat lengkap dan akurat. Mulai dari informasi aktivitas gunung api, informasi letusan/abu vulkanik untuk penerbangan, informasi dan tanggapan gempa bumi/tsunami, dan banyak lagi.

Bukan sembarang aplikasi pendeteksi gempa biasa, MAGMA Indonesia merupakan salah satu aplikasi terbaik dan bahkan sudah mendapatkan dua penghargaan.

Pengharagaan yang pernah diraihnya yaitu Kementrian ESDM innovation Award #1 Best Application (2016) dan Kemenpan RB Top 99 Inovasi Pelayanan Publik (2017).

Detail MAGMA Indonesia
Developer Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi
OS Minimal Android 4.1 ke atas
Ukuran 4.8MB
Download 100.000+
Rating 4.3/5 (Google Play)

Download di sini: MAGMA Indonesia via Google Play

2. WRS-BMKG

Wrs Bmkg 45c5e

Selanjutnya adalah aplikasi pendeteksi gempa BMKG yang dinamakan WRS-BMKG. Aplikasi ini resmi dibuat oleh BMKG Indonesia sebagai informasi gempabumi dan tsunami yang terjadi khususnya di wilayah Indonesia.

Aplikasi ini pun menyediakan berbagai macam fitur seperti daftar 30 kejadian terakhir tsunami dan gempabumi, peta guncangan, peta perkiraan waktu kedatangan tsunami, dan banyak lagi.

Selain itu, tampilan aplikasi yang sederhana dan mudah digunakan juga membuat penggunanya nggak akan kebingungan saat mengoperasikannya.

Aplikasi WRS-BMKG sendiri cukup berbeda dari Info BMKG, di mana aplikasi ini khusus hanya untuk menyediakan informasi gempa saja.

Detail WRS-BMKG
Developer Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
OS Minimal Android 4.4 ke atas
Ukuran 3.3MB
Download 100.000+
Rating 4.4/5 (Google Play)

Download di sini: WRS-BMKG via Google Play

3. MyShake

MyShake 5e107

Diklaim sebagai aplikasi pertama yang memberikan peringatan dini gempa bumi di seluruh negara bagian, MyShake jadi rekomendasi selanjutnya nih, geng.

MyShake akan mengumpulkan data berupa data seismograf atau getaran dari sensor yang ada di perangkat smartphone kamu.

Data ini kemudian dikumpulkan ke sistem yang nantinya bisa dijadikan sebagai early warning atau pemberitahuan jika terjadi gempa.

Nantinya MyShake akan memberi tahu jika lokasi di sekitar kamu akan terjadi gempa. Lewat aplikasi ini kamu juga bisa memantau titik lokasi gempa yang baru terjadi atau gempa yang terjadi dalam kurun waktu 7 hari ke belakang.

Detail MyShake
Developer UC Berkeley Seismological Laboratory
OS Minimal Android 4.4 ke atas
Ukuran 18MB
Download 500.000+
Rating 3.1/5 (Google Play)

Download di sini:

Myshake 552aa
MyShake 2.4
Apps
DOWNLOAD

4. Volcanoes & Earthquakes

Volcanoes Earthquakes 548c4

Volcanoes & Earthquakes merupakan aplikasi selanjutnya yang dapat menampilkan informasi gempa bumi terkini yang terjadi di seluruh dunia atau hanya di derah sekitar kamu saja, geng.

Bukan hanya informasi gempa bumi saja, kamu juga bisa mendapat informasi lain mengenai gunung yang sedang mengalami erupsi, memberi laporan "saya merasakan gempa bumi", dan masih banyak fitur bermanfaat lainnya.

Aplikasi ini juga tegolong cukup akurat karena memberikan informasi gempa berdasarkan badan geologi di tiap masing-masing negara.

Detail Volcanoes & Earthquakes
Developer VolcanoDiscovery
OS Minimal Android 4.1 ke atas
Ukuran 3.9MB
Download 500.000+
Rating 4.5/5 (Google Play)

Download di sini: Volcanoes & Earthquakes via Google Play

5. Info Gempa Indonesia

Info Gempa Indonesia 02fcb

Dikembangkan oleh developer RedcircleApps, Info Gempa Indonesia mungkin bisa jadi alternatif kalau aplikasi pendeteksi gempa lain dirasa kurang begitu maksimal atau sedang gangguan.

Meskipun bukan aplikasi BMKG resmi, namun aplikasi ini menampilkan informasi yang bersumber dari BMKG sehingga datanya cukup akurat.

Aplikasi ini pun berlimpah fitur yang dapat memberikan kamu informasi seputar gempa seperti gempa bumi terkini, lokasi gempa di peta, dan info gempa yang dirasakan.

Detail Info Gempa Indonesia
Developer RedcircleApps
OS Minimal Android 4.2 ke atas
Ukuran 4.3MB
Download 100.000+
Rating 4.2/5 (Google Play)

Download di sini: Info Gempa Indonesia via Google Play

Aplikasi Pendeteksi Gempa dan Tsunami Lainnya...

6. Earthquakes

Earthquakes F1b29

Menawarkan tampilan yang cukup sederhana dan mudah digunkan, Earthquakes merupakan rekomendasi aplikasi pendeteksi gempa lainnya nih, geng.

Bukan cuma mampu memberikan informasi gempa yang terjadi di Indonesia saja, aplikasi ini juga diklaim dapat memberikan info gempa terbaru dari seluruh dunia.

Pasalnya, aplikasi ini memiliki sebanyak 22 sumber data gempa dari berbagai negara sehingga akan sangat membantu jika kamu memiliki saudara, kerabat, atau keluarga yang tinggal di beda negara.

Sayangnya, aplikasi ini tidak dlengkapi dengan fitur pendeteksi tsunami seperti beberapa aplikasi sebelumnya.

Detail Earthquakes
Developer topstcn.com
OS Minimal Android 5.1 ke atas
Ukuran 7.1MB
Download 500.000+
Rating 4.0/5 (Google Play)

Download di sini: Earthquakes via Google Play

7. Earthquake Alert!

Erthquake Alert 237fe

Telah didownload oleh lebih dari satu juta pengguna, Earthquake Alert! memiliki review yang cukup positif dari para penggunanya di Google Play.

Aplikasi ini sendiri diklaim dapat menampilkan informasi gempa dari seluruh dunia lengkap dengan dukungan fitur-fitur menarik lainnya.

Tak hanya itu saja, aplikasi Earthquake Alert! juga menyediakan fitur tab News yang bisa kamu manfaatkan untuk membaca berita terbaru seputar gempa yang terjadi di berbagai lokasi.

Detail Earthquake Alert!
Developer Josh Clemm
OS Minimal Bervariasi berdasarkan perangkat
Ukuran Bervariasi berdasarkan perangkat
Download 1.000.000+
Rating 4.5/5 (Google Play)

Download di sini: Earthquake Alert! via Google Play

8. Pelacak Gempa Bumi

Pelacak Gempa Bumi 679b3

Bukan hanya mampu memberikan informasi gempa saat kamu membuka aplikasinya saja, aplikasi Pelacak Gempa Bumi juga dapat memberikan pemberitahuan kepada pengguna saat gempa terjadi.

Aplikasi ini dapat menampilkan informasi gempa terbaru dari berbagai wilayah di seluruh dunia yang dilengkapi dengan fitur Filter berdasarkan jarak atau ukuran gempa.

Menariknya, aplikasi ini juga memberikan dukungan fitur dark mode yang banyak diadopsi oleh aplikasi-aplikasi zaman sekarang.

Detail Pelacak Gempa Bumi
Developer trinitytech.com.tr
OS Minimal Android 5.0 ke atas
Ukuran 14MB
Download 50.000+
Rating 4.5/5 (Google Play)

Download di sini: Pelacak Gempa Bumi via Google Play

9. inaRSIK Personal

InaRSIK Personal C2ef4

Dikembangkan oleh Badan Nasional Penanggulan Bencana (BNPB), inaRISK Personal merupakan aplikasi berikutnya yang Jaka rekomendasikan.

Menggunakan hasil kajian yang dibangun oleh BNPB bersama Kementrian/Lembaga terkait serta dukungan Organisasi Kebencanaan yang ada di Indonesia, aplikasi inaRSIK menawarkan fitur-fitur yang sangat komplit.

Pasalnya aplikasi ini mampu menampilkan berbagai macam informasi seputar bencana gempa, tsunami, banjir, tanah longsor, hingga letusan gunung api.

Aplikasi ini juga dibuat dengan tampilan yang begitu menarik dan sederhana sehingga akan lebih mudah untuk digunakan.

Detail inaRSIK Personal
Developer Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)
OS Minimal Android 4.3 ke atas
Ukuran 9.1MB
Download 50.000+
Rating 4.1/5 (Google Play)

Download di sini: inaRSIK Personal via Google Play

10. EQInfo

EQInfo Dc50f

Rekomendasi aplikasi pendeteksi gempa dan tsunami yang terakhir yaitu EQInfo yang dikembangkan oleh developer gempa GmbH.

Mampu menampilkan informasi gempa bumi di seluruh penjuru dunia, aplikasi ini juga memiliki fitur filter yang berfungsi untuk menyaring informasi berdasarkan wilayah, magnitude, ataupun agensi.

Tak hanya itu saja, aplikasi ini juga memungkinkan kamu untuk mengirimkan laporan "Apakah Anda merasakannya" langsung dari perangkat smartphone kamu.

Detail EQInfo
Developer gempa GmbH
OS Minimal Android 4.0 ke atas
Ukuran 4.0MB
Download 100.000+
Rating 4.4/5 (Google Play)

Download di sini: EQInfo via Google Play

Akhir Kata

Itu dia aplikasi pendeteksi gempa paling akurat yang harus kamu miliki, geng. Apalagi jika kamu sedang berlibur di pesisir pantai atau di pegunungan.

Mengantisipasi bencana alam sangat penting untuk mengurangi adanya korban. Kamu pun harus pandai untuk menghindari bencana sebisa mungkin.

Bencana tsunami Banten atau erupsi anak gunung Krakatau menjadi pelajaran untuk kita agar tetap waspada walaupun sedang berlibur, patuhi aturan yang ada di setiap lokasi wisata dan sigap saat bencana melanda!

Baca juga artikel seputar Aplikasi atau artikel menarik lainnya dari Daniel Cahyadi.

ARTIKEL TERKAIT
Aplikasi Edit Video Pc Gratis C464f

10 Rekomendasi Aplikasi Edit Video Terbaik Untuk PC, Gratis!

Aplikasi Terbaru Google 66cca

Jajaran 6 Aplikasi Terbaru Buatan Google, Bikin Kita Gak Ketergantungan Gadget!

15 Aplikasi Game Booster Terbaik Android 2020 Game Apapun Lancar Jaya D6f09

15 Aplikasi Game Booster Terbaik Android 2020 | Game Apapun Lancar Jaya!

Aplikasi Font Android Banner Aeaf4

12 Aplikasi Font Android Terbaik 2020 | 100% Works Tanpa Root!

Aplikasi Musik Terbaik Banner Ba2e0

20 Aplikasi Musik Online & Offline Terbaik (Update 2020)

Aplikasi Layar Transparan Banner 093cd

7 Aplikasi Layar Transparan Terbaik untuk Android, Buat Ngeprank Teman!

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
8 Aplikasi Pencari Kerja Terpercaya & Terbaik, Setiap Hari Ada Loker!

8 Aplikasi Pencari Kerja Terpercaya & Terbaik, Setiap Hari Ada Loker!

7 Aplikasi Kunci Aplikasi Terbaik Android, File Rahasia Dijamin Aman!

7 Aplikasi Kunci Aplikasi Terbaik Android, File Rahasia Dijamin Aman!

7 Aplikasi Selain Play Store yang Wajib Kamu Coba, Lengkap Banget!

7 Aplikasi Selain Play Store yang Wajib Kamu Coba, Lengkap Banget!

10 Aplikasi Cari Teman di Sekitar Kita Terbaik 2020, Bisa Dapat Jodoh?

10 Aplikasi Cari Teman di Sekitar Kita Terbaik 2020, Bisa Dapat Jodoh?

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal