J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              5 Aplikasi Pendeteksi Gempa Terbaik Untuk Android

              5 Aplikasi Pendeteksi Gempa Terbaik Untuk Android

              00
              Selasa, 27 Sep 2016, 16:00 WIB
              Berkat kemajuan teknologi nih, sekarang setiap orang bisa loh punya alarm gempa sendiri. Berikut ini aplikasi gempa untuk Android yang bisa membantu memberikan peringatan dan informasi terkait gempa yang terjadi di seluruh dunia.

              Gempa Bumi merupakan salah satu kejadian alam yang sangat ditakuti oleh manusia. Apalagi jika gempa tersebut sangat kuat sehingga bisa dengan mudah dirasakan oleh siapa saja dan dalam cakupan yang luas. Tidak hanya itu saja, gempa juga dapat menyebabkan kerusakan pada berbagai fasilitas yang dapat membahayakan orang-orang dan menyebabkan gelombang laut tinggi.

              Berkat kemajuan teknologi, sekarang setiap pengguna Android bisa punya alarm gempa sendiri loh. Perhatikan baik-baik android kalian dan simak aplikasi gempa untuk Android yang bisa membantu memberikan peringatan dan informasi terkait gempa yang terjadi di seluruh dunia.

              BACA JUGA
              • Cara Menggunakan HP Sebagai Alat Pendeteksi Gempa Bumi
              • 5 Aplikasi yang Bikin Kamu Jago Ngeramal Cuaca
              • SERAM, Inilah yang Akan Terjadi Jika Bumi Berhenti Berputar!

              5 Aplikasi Pendeteksi Gempa Terbaik Untuk Android

              1. Earthquake Alerts!

              66c907b873a14a8da97745ad8f9e99a5

              Earthquake Alerts! merupakan aplikasi gempa bumi Android atau peringatan gempa paling tenar di Android hingga saat ini. Selain karena tampilan aplikasinya yang sederhana dan user friendly, fitur pada aplikasi ini terbilang lengkap. Fitur-fitur Earthquake Alerts! bisa kamu baca di list bawah ini:

              • Ketika kamu membuka aplikasi gempa terbaik ini, kamu akan langsung diarahkan ke tab Latest. Pada tab ini, kamu dapat melihat daftar gempa yang terjadi selama 24 jam terakhir, mulai dari yang kekuatannya kecil sampai yang paling besar (dalam skala Richter), di mana aplikasi gempa untuk Android ini mengurutkan daftar berdasarkan waktu kejadian.
              • Selanjutnya, jika kamu ingin melihat peta lokasi kejadian, cukup berpindah ke tab Map. Pada tab ini kamu bisa melihat peta lokasi kejadian gempa, di mana lokasi terjadinya gempa ditandai dengan warna-warna tertentu seperti hijau untuk kekuatan gempa yang lebih kecil dan merah untuk kekuatan gempa yang lebih besar
              • Jika kamu ingin melihat berita terkait dengan gempa, kamu tinggal berpindah ke Tab News. Pada tab ini, kamu bisa melihat berita dari berbagai belahan dunia terkait dengan gempa.
                F8fc601d91f85f1a81157dfa6a47f3a3
              • Selanjutnya, pada tab bagian paling kanan, yaitu tab Stats, kamu bisa melihat data statistik terkait gempa. Data statistik yang dimaksud itu berisikan jumlah gempa yang terjadi, baik itu harian atau bulanan. selain itu, ada juga loh informasi tentang gempa paling kuat yang baru saja terjadi.
              • Jangan lupa selalu refresh data ya dengan melakukan tap pada icon refresh agar data gempa pada smartphone Android kalian selalu up to date.

              2. My Earthquake Alerts

              Selanjutnya ada aplikasi gempa untuk Android yaitu My Earthquake Alerts. Aplikasi gempa terbaik ini nggak kalah oke sama aplikasi sebelumnya. Fitur-fitur yang ditawarkan pun terbilang oke dan tentunya sangat membantu. Sedangkan untuk masalah tampilan, aplikasi ini hadir dengan warna merah dan user interface yang sederhana dan tentu saja friendly banget untuk user, bahkan untuk pemula.

              Cd05d216df7384232e366ff0e1002291
              • Ketika kamu membuka aplikasi gempa bumi Android ini, kamu akan langsung melihat gempa yang baru saja terjadi dalam bentuk daftar. Berdasarkan pengaturan default, kamu bisa melihat daftar 100 gempa terakhir loh beserta dengan peta dan penanda lokasinya.
              • Selanjutnya, kalau kamu lihat di bagian atas ada kolom Search, kan? Nah, coba deh tap icon search di bagian kanan atas tanpa mengisikan kata kunci pencarian.
              • Kamu diarahkan ke bagian advance search. Di sini kamu bisa mencari data gempa berdasarkan wilayah dan kekuatan gempa itu sendiri. Gak cuma itu aja, kamu juga bisa mencari berdasarkan waktu kejadian.
              • Coba masuk ke Settings di bagian kanan atas lalu Notifications.
                Cccaaa6b08fb690575670c1821f20a25
              • Liat aja sendiri, pada bagian Notifications, kamu bisa mengatur jenis peringatan gempa, mau pakai suara atau getaran, atau dua-duanya juga oke. Nggak cuma itu, kalau mau ganti suara notifikasi pakai nada lain juga bisa kok, mirip-mirip lah kayak pengaturan notifikasi BBM
              • Kamu juga bisa mengatur batas minimum kekuatan gempa yang nantinya akan dijadikan sebagai batas minimum untuk memberikan peringatan gempa loh. Kalau saya sih pakai pengaturan default aja, yaitu 3 skala Richter.

              3. Latest Quakes

              0f3b4a0a1d40a06939d59beadce9ea33

              Latest Quake adalah aplikasi gempa untuk Android ini sangat sederhana cara penggunaannya. Tapi meskipun sederhana, keampuhan aplikasi ini juga nggak kalah sama aplikasi-aplikasi lain yang sejenis.

              • Ketika pertama membuka aplikasi gempa bumi Android ini, kamu akan langsung bisa melihat daftar gempa terakhir lengkap dengan lokasi, waktu, dan kekuatan gempa dalam skala Richter.
              • Tap pada gambar peta bagian kanan atas, nanti kamu akan langsung bisa melihat daftar gempa tersebut dalam bentuk peta lengkap dengan penanda lokasi yang warnanya berbeda-beda tergantung kekuatan gempa.
              • Semakin merah penanda lokasinya, semakin besar pula kekuatan gempa yang terjadi di lokasi tersebut.
              • Kalau kamu melakukan tap pada salah satu informasi gempa di suatu lokasi, kamu akan diarahkan ke halaman yang akan memberikan informasi tambahan.
                B10a3f2188c6922dc9d4aed1c01afeb7
              • Apa saja informasi tambahan itu? Informasi penting banget loh, yaitu berupa radius gempa serta tingkat intensitas gempa itu sendiri. Tentunya ini sangat membantu untuk mengetahui seberapa luas jangkauan gempa itu sendiri. Sedangkan intensitas gempa menunjukkan tingkat kekuatan gempa itu sendiri dalam bentuk bar.

              4. Earthquake Alerts (Alarm Gempa kalau dicari di Playstore Indonesia)

              33433916a5dea6224c5cd5b01da2013b

              Berikutnya ada Earthquake Alerts. Aplikasi gempa bumi Android ini juga memiliki fitur yang tidak jauh berbeda dengan aplikasi sejenis lainnya. Aplikasi ini juga sudah memiliki versi bahasa Indonesia yang bisa langsung di-download tanpa harus repot pilih-pilih bahasa lagi. Cara pakainya gampang kok.

              • Pada saat membuka aplikasi gempa terbaik ini, kamu langsung bisa melihat daftar gempa terakhir lengkap dengan kekuatan gempa dan waktu kejadian yang sangat detil, bahkan sampai ke detik kejadian.
              • Kalau kamu berpindah ke tab Peta, kamu bisa melihat daftar gempa tersebut dalam tampilan peta dunia, lengkap pula dengan penanda berbentuk gelombang lingkaran yang warnanya berbeda-beda.
              • Jika ingin melakukan pengaturan tertentu seperti aplikasi gempa bumi Android lain yang sejenis, tinggal geser layar dari kiri ke kanan untuk menampilkan pilihan Settings.
                454ffc2ecfec9c342ceee002c7a2f215
              • Kalau kamu masih kurang jelas melihat peta lokasi kejadian, tinggal zoom aja, biar langsung kelihatan lebih dekat.

              5. Earthquake Network

              73558d9a83fc56e045fd9b955a8f28e8

              Earthquake Network dari segi tampilan memang lumayan banyak menampilkan panel informasi. Selain itu, tab-tab yang tersedia juga banyak dan tentu saja aplikasi ini tetap oke buat dijadikan pilihanmu.

              • Fitur andalan dari aplikasi ini adalah real-time notification, dimana kamu akan mendapatkan notifikasi langsung ketika gempa baru saja terjadi. Nah, dengan begini, kamu bisa segera melakukan langkah antisipasi lebih cepat.
              • Untuk melihat data gempa terakhir, kamu cukup berpindah ke tab Seismic Networks. Pada tab tersebut, kamu bisa melihat informasi daftar gempa beserta kekuatan dan waktu kejadian gempa.
              • Nah ada lagi yang unik nih dari aplikasi gempa bumi Android ini. Misalnya setelah gempa, kamu kepikiran keluarga panik, terus gimana dong? Ya gampang aja, pindah ke tab E-Mails.
              • Kalau sudah, kamu tinggal kirim e-mail "I'm Fine" jika kondisi kamu oke oke aja atau kirim e-mail "SOS" kalau kamu butuh bantuan.

                74eece862bee3f7e994e8fef8a77336f
              • Mau melaporkan gempa yang barusan terjadi? Bisa juga loh, tinggal pindah ke tab Report. Baca dulu peraturannya. Kalau sudah, langsung tap tombol merah. Masukkan informasi kekuatan gempa, lalu kirim pesannya.

              • Nantinya, aplikasi untuk Android ini akan mengirim pesan ke pihak pengembang untuk diteruskan ke pihak yang berwenang. Dengan begini, kamu setidaknya bisa membantu menyelamatkan orang lain, walaupun secara tidak langsung.

              Gimana? Pastinya bermanfaat kan buat kalian. Dengan adanya aplikasi-aplikasi di atas, kamu setidaknya bisa menyiapkan langkah antisipasi jika kamu merasakan gempa atau jika kamu mengetahui ada gempa bumi atau tepatnya yang sedang terjadi di dekat wilayah tempat kamu tinggal.

              Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Saran saya sih install aja aplikasi-aplikasi di atas demi mengetahui gempa bumi, tinggal pilih aja. Lumayan lah, buat jaga-jaga daripada nanti saat kejadian baru panik, kan susah, hahaha. Jangan lupa juga, kunjungi terus Jalantikus.com untuk tips dan trik seputar Android dan komputer!

              APPS TERKAIT
              Bmkg Icon
              Info Gempa dan Cuaca 1.1.1
              Apps Tim Website BMKG
              20121226084728_89
              Google Earth 8.0.1.2310
              Apps Google
              Google Earth
              Google Earth for Android 8.0.2.2334
              Apps Google Inc.
              Google Earth Pro Icon Icon
              Google Earth Pro 7.1
              Apps Google Inc.

              Keluar dari JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal