Mengupas Tuntas Aplikasi O2 Meter, Yakin Bisa Ngukur Saturasi Oksigen?

Default

Aplikasi O2 Meter sedang viral belakangan karena fitur yang diklaim bisa mengukur saturasi oksigen dalam darah secara akurat dan detail, bahkan tanpa perlu perangkat pulse oximeter yang asli.

Fitur ini memang sedang dibutuhkan saat pandemi Covid-19 seperti sekarang, mengingat salah satu gejala utama yang muncul adalah penurunan kadar oksigen dalam darah, yakni di bawah 94%.

Masalahnya, tidak semua smartphone memiliki sensor oksimeter, dan tanpa sensor ini, smartphone tidak akan bisa mendeteksi kadar oksigen dalam darah.

Maka dari itu, Jaka akan mengupas tuntas keakuratan aplikasi 02 Meter yang saat ini sedang bertebaran di Google Play Store ataupun Apple App Store. Tetap berhati-hati, ya!

Apa Itu Aplikasi O2 Meter?

Aplikasi 02 Meter 1 92920

Aplikasi 02 Meter merupakan sebuah aplikasi yang mengklaim mampu mengukur saturasi oksigen seseorang dengan akurat tanpa membutuhkan peralatan khusus seperti pulse oximeter.

Dikembangkan oleh Animesh Jana, aplikasi ini konon menjadi jawaban para pengguna yang tidak mampu membeli pulse oximeter. Cukup menggunakan HP, kamu sudah bisa mendapatkan rincian kadar oksigen dalam tubuh.

Bahkan, ada cukup banyak orang yang mengungah video perbandingan aplikasi ini dengan oximeter sungguhan di YouTube. Mereka mengaku aplikasi ini cukup akurat dan bisa dipercaya.

Link Download Aplikasi O2 Meter

Aplikasi ini mulai viral saat muncul broadcast WhatsApp yang meminta para pembaca untuk mengunduh aplikasi 02 Meter lewat link di bawah ini.

>>>Download Aplikasi O2 Meter di sini<<<

Sayangnya, ketika Jaka coba mengeklik link di atas, aplikasi 02 Meter sudah hilang dan tidak ditemukan lagi di Google Play Store.

Cara Menggunakan Aplikasi 02 Meter

Aplikasi 02 Meter 2 81e2a

O2 Meter diklaim mampu menguji level SpO2 hanya berbekal kamera HP tanpa perlu tersambung internet. Nantinya, aplikasi ini dapat memproses gambar denyut nadi dan kadar oksigen dalam darah.

Berikut cara kerja aplikasi 02 Meter:

  1. Letakkan ujung jari di atas lensa kamera belakang HP.
  2. Tunggu beberapa saat hingga hasil level SpO2 terbaca.

Dilansir beberapa sumber, agar pembacaan lebih akurat, jangan menekan jari ke lensa kamera karena bisa mengganggu jalannya sirkulasi darah.

Aplikasi 02 Meter Hoax?

Sayangnya, aplikasi 02 Meter tidak terbukti secara empiris bisa dijadikan acuan medis yang akurat. Hal ini terbukti saat IDNTimes dan dr. Andreas Prasadja, RPSGT mencoba menguji alat ini dengan pulse oximeter asli.

Hasilnya, aplikasi 02 Meter terlihat mengada-ada, khususnya saat coba mengukur detak jantung yang nampak tidak akurat. Selain itu, karena HP tidak memiliki sensor oximeter, hasil level Sp02 terlihat tidak meyakinkan.

Bahkan, dr. Andreas menyatakan bahwa pengukuran oksigen yang terbilang normal (99 persen) pada SpO2 adalah false sense of security.

"Mengukur oksigen, pulse, dan laju pernapasan (respiratory rate) tidak semudah menggunakan kamera smartphone dengan menyalakan flash. Gak bakal bisa, karena sensor dan sumber cahayanya pun jelas beda," jelas dr. Andreas.

Lebih lanjut, jika dibaca dalam keterangan resmi yang dikeluarkan aplikasi 02 Meter, mereka mengingatkan bahwa:

  1. O2 Meter tidak bisa digunakan sebagai perangkat/produk medis. Konsultasikan dengan dokter jika pengguna memerlukan tujuan medis.

  2. O2 Meter tidak dimaksudkan untuk digunakan dalam diagnosis penyakit apa pun atau kondisi lain, atau dalam penyembuhan, mitigasi, pengobatan, atau pencegahan penyakit apa pun.

  3. O2 Meter tidak diuji atau diverifikasi, jadi akurasi aplikasi mungkin berbeda pada beberapa perangkat yang didukung. Risiko penggunaan aplikasi ditanggung sendiri.

Saran Jaka untuk Pengguna Aplikasi 02 Meter

Aplikasi 02 Meter 3 08800

Dari sini bisa disimpulkan bahwa aplikasi 02 Meter tidak bisa menjadi acuan yang tepat dan akurat, sehingga lebih baik diuninstall saja.

Selain itu, sejalan dengan pesan dr. Andreas via IDNTimes, Jaka sangat menyarankan kamu untuk membeli pulse oximeter fisik saja karena dinilai jauh lebih detail dan terbukti secara medis.

Jaka pun juga menyarankan kamu untuk membeli smartwatch terbaik yang memang memiliki sensor oximeter, seperti yang Jaka tulis di sini.

Smartwatch Terbaik Berkualitas 442ed
15 Smartwatch Terbaik & Berkualitas 2021 | Harga Mulai 1 Jutaan!
Lagi cari smartwatch terbaik 2021 yang punya performa kaya Apple Watch Series 6? Simak rekomendasi selengkapnya di sini. Mulai harga 1 jutaan saja!
LIHAT ARTIKEL

Akhir Kata

Itulah tadi ulasan khusus Jaka mengenai aplikasi 02 Meter yang diklaim bisa mengukur kadar oksigen dalam darah dengan akurat.

Baca juga artikel seputar Sains atau artikel menarik lainnya dari Diptya.

ARTIKEL TERKAIT
Sin133 F56ff
Vaksin COVID-19 Bisa Memperbesar Penis, Hoaks atau Bukan?
Pageooo 8086d
8 Gorila di Kebun Binatang Ternyata Positif COVID-19, Kok Bisa?
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal