10 Aplikasi Ini Mampu Memaksimalkan Sensor di Smartphone-mu

10 October 2017

Smartphone Android, kecanggihannya tak lepas dari adanya para sensor pendukung yang tersemat bersamanya. Mulai dari sensor cahaya, sidik jari, hingga sensor Gyroscope.

Lantas bagaimana menjalankan tiap fungsi dari sensor yang ada? Oleh karena itu, Jaka telah menyusun 10 Aplikasi untuk memaksimalkan sensor smartphone. Simak ulasannya di bawah ini yuk!

10 Aplikasi Untuk Memaksimalkan Sensor Smartphone Android

1. AndroSensor

androsensor

AndroSensor mendukung seluruh sensor yang ada dalam perangkat android dan akan memberitahu mana yang tidak didukung dalam device milikmu. Kamu dapat melihat dalam satu layar, data dari semua sensor yang ada di perangkat secara real time. Terdapat pula output grafis dan teks yang tersedia untuk masing-masing sensor.

2. Star Chart

star chart

Ini adalah salah satu aplikasi Android keren yang memungkinkan kamu melihat proyeksi-proyeksi objek langit melalui Android kamu. Dengan ini, kamu benar-benar bisa mengetahui tentang bintang dan planet yang berbeda di sekitarmu dengan bantuan GPS.

Didukung dengan tampilan orientasi perangkat yang dinamis. Memungkinkan kamu melihat langit malam dengan Android dari berbagai sudut. Dengan akurat menggambarkan semua bintang yang terlihat dari belahan bumi utara dan selatan. Total lebih dari 120.000 bintang.

3. Runtastic Heart Monitor

runtastic

Aplikasi keren satu ini dirancang khusus untuk kesehatan. Runtastic Heart Monitor memungkinkan kamu memantau tingkat detak jantung kamu melalui Android. Menggunakan kamera dan flash untuk mendeteksi denyut nadi kamu.

4. Wifi Analyzer

wifi analyzer

Mau mengetahui kualitas jaringan WiFi yang kamu pakai? Wifi Analyzer, aplikasi ini dirancang khusus untuk menemukan dan memindai saluran WiFi terbaik dan lokasi terbaik untuk menggunakan WiFi di perangkat android kamu.

5. IR Universal Remote (IR Sensor)

ir universal remote

Bermasalah dengan letak remote yang selalu hilang tiba-tiba? Tenang, kamu bisa menggunakan aplikasi IR Universal Remote sebagai gantinya. Smartphone kamu seketika dapat menjadi pengontrol jarak jauh untuk beragam device.

6. WalkLogger Pedometer

walklogger pedometer

Yang satu ini cocok sekali dengan kamu yang tengah melakukan diet ketat. Dengan memanfaatkan sensor yang ada, WalkLogger Pedometer akan menghitung dari tiap langkah kaki dan juga dapat menghitung kalori yang terbakar.

7. Metal Detector

metal detector

Aplikasi ini mengukur nilai medan magnet dengan menggunakan sensor magnetik yang terpasang pada perangkat milikmu. Metal Detector akan membawa kamu mengeksplorasi hal-hal di sekitar atau sekadar mencari kunci yang terselip di bawah bangku.

8. Gravity Screen

gravity screen

Suka lupa mematikan layar ponsel ketika sedang memasukkannya ke dalam kantung celana? Gravity Screen akan membantu masalah tersebut dengan memanfaatkan sensor di perangkatmu. Ini sangat membantu saat kamu tengah terburu-buru, atau ketika tombol power milikmu rusak. Jadi tak perlu menyentuh tombol apapun cukup membalikkan ponsel untuk mematikan layar dan sebaliknya untuk menyalakan.

9. Thermometer App

thermometer app

Thermometer App menggunakan sensor suhu internal, GPS dan layanan cuaca berbasis internet untuk mengukur secara akurat dan menampilkan hasil pengukuran suhu di dalam maupun di luar ruangan. Satuan yang ditampilkan terdapat dua pilihan, celcius dan fahrenheit.

10. Sound Meter

sound meter

Terakhir ada aplikasi Sound Meter. Menggunakan mikrofon ponsel untuk pengukurannya. Hasil akan menampilkan tingkat tekanan suara, dan volume suara dengan format dB atau desibel. Selain itu juga terdapat grafik yang dapat menambah informasi.

Itulah 10 aplikasi memaksimalkan sensor smartphone Android. Jadi mana menurutmu yang paling ingin kamu coba? Tuliskan di kolom komentar di bawah ini ya!

SUKA
0%
LUCU
0%
KAGET
0%
ANEH
0%
TAKJUB
0%
SEDIH
0%
MARAH
0%
TAKUT
0%

Tentang Penulis

Profile Picture
REPUTASI
KONTRIBUSI

Komentar