J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

12 Kelebihan dan Kekurangan Aplikasi Lightroom Android

12 Kelebihan dan Kekurangan Aplikasi Lightroom Android

Sabtu, 1 Agt 2020, 10:00 WIB
Aplikasi Lightroom punya segudang fitur canggih untuk membuat hasil foto terlihat memukau. Nah, berikut ini kelebihan dan kekurangan aplikasi Lightroom.

Adobe Lightroom merupakan salah satu aplikasi edit foto Android terbaik saat ini dengan sejumlah kelebihan yang tidak dimiliki oleh aplikasi lainnya.

Adobe memang selalu handal dalam membuat aplikasi editing di PC maupun perangkat mobile. Aplikasi Lightroom ini adalah salah satu contohnya yang dipercayakan untuk mengatasi masalah editing foto yang fokus kepada pencahayaan.

Gambar yang bagus harus memiliki pencahayaan memadai dan aplikasi Lightroom dapat membantu kamu dalam memanipulasi cahaya agar hasil foto lebih maksimal.

Berikut adalah sejumlah kelebihan dan kekurangan aplikasi Lightroom yang menjadikannya sebagai salah satu aplikasi edit foto Android terbaik saat ini. Yuk, cek selengkapnya berikut ini!

Kelebihan dan Kekurangan Aplikasi Lightroom

Aplikasi Lightroom memang semakin digandrungi karena punya segudang fitur menarik. Nah, berikut ini kelebihan dan kekurangan aplikasi Lightroom yang harus kamu tahu!

Keunggulan Aplikasi Lightroom Android

Aplikasi Lightroom lebih dikenal oleh pengguna dari kelebihannya dalam mengedit foto di PC. Bukan hanya bagus dalam mengatur warna dan cahaya dalam foto, tapi juga penggunaanya yang ringkas.

Sejumlah kelebihan Lightroom pun dibawa ke dalam versi mobile-nya. Kamu tetap dapat memanipulasi warna dan pencahayaan sebuah foto dengan hasil yang memukau.

Selain itu, aplikasi Lightroom versi mobile juga dinilai ringan dan dapat digunakan oleh kebanyakan smartphone tanpa ada kendala.

Tak heran kalau Lightroom sering digadang-gadang menjadi aplikasi edit foto iPhone dan Android terbaik saat ini. Berikut adalah keunggulan yang dimiliki aplikasi Lightroom:

1. Memperbaiki Exposure dan Pencahayaan

Lr Kelebihan 1 Custom Efd46

Kelebihan Lightroom yang pertama tentu dari fitur dalam memperbaiki warna foto secara detail dan tepat sasaran. Kamu dapat mengatur exposure dalam menu Light yang dibagi lagi menjadi sejumlah pengaturan.

Pengaturan tersebut antara lain adalah Exposure, Contrast, Highlights, Shadows, Whites, dan Blacks. Tiap fitur ini akan memberikan efek sebagai berikut:

  • Exposure akan mengatur seberapa terang cahaya yang ditampilkan dalam sebuah foto. Semakin besar exposure, maka foto akan semakin terang.
  • Contrast untuk membagi kontras warna dalam satu foto. Semakin kontras maka warna akan semakin menonjol.
  • Highlights digunakan pula untuk mengatur kecerahan warna dan lebih sering digunakan untuk pencahayaan langit. Kamu dapat mengurangi highlight untuk menampilkan detail awan yang lebih baik.
  • Shadows tentu berperan dalam mengatur warna gelap dalam foto.
  • Whites dan Blacks akan mengatur roda warna hitam dan putih dalam satu foto. Kamu dapat mengubah foto menjadi Black and White ala vintage secara manual dengan fitur ini.

Pengaturan ini akan lebih terasa detail jika kamu menggunakan format foto RAW. Kamu juga bisa melihat tabel kurva untuk penggunaan fitur Light yang lebih detail.

2. Mengatur White Balance

Lr Kelebihan 2 Custom Fa67d

White Balance umumnya diatur pada kamera, namun kamu juga bisa mengubahnya dalam aplikasi Lightroom. Perlu diingat bahwa fitur ini tidak akan mengubah secara utuh white balance yang sudah ada dalam foto kecuali berformat RAW.

Fitur White Balance dapat kamu akses melalui menu Color. Fitur ini pun dibagi lagi menjadi 4 pengaturan lainnya seperti Temperature, Tint, Vibrance, dan Saturation.

Pengaturan ini dapat kamu atur sehingga foto dapat diubah warnanya menjadi lebih biru, oranye, hijau, atau magenta dengan manual. Fitur ini jarang dimiliki oleh aplikasi edit foto lain yang lebih cenderung menyediakan white balance preset.

3. Memanipulasi Kecerahan Warna

Lr Kelebihan 3 Custom E798f

Apa yang bisa aplikasi Lightroom lakukan untuk foto dengan warna yang datar? Tentu memanipulasi warna dari fitur Vibrance dan Saturation.

Kamu dapat meningkatkan level Vibrance sehingga warna dalam objek foto dapat lebih menonjol, serta ditambah dengan Saturation agar warna dapat lebih terpisah dengan warna objek lain dalam foto.

Fitur dalam aplikasi edit foto selebgram ini sangat cocok untuk kamu terapkan pada foto alam yang terdiri dari berbagai warna hijau pohon, biru laut, dan merah langit.

Aplikasi Lightroom ini mampu meningkatkan level warna dalam satu foto dengan sangat baik tanpa adanya efek tabrakan warna.

4. Menghilangkan Noise

Lr Kelebihan 4 Custom 7c09b

Bagi orang awam, pengaturan ISO adalah suatu yang sulit untuk dilakukan saat melakukan aktivitas fotografi. Sehingga beberapa foto yang ditangkap dalam keadaan gelap akan menghasilkan noise.

Aplikasi Lightroom ini punya solusinya dengan fitur Noise Reduction dan Color Noise Reduction. Foto yang memiliki bintik noise pun dapat lebih jernih dan warna yang kabur dapat dikembalikan.

Selain itu, kamu juga bisa menambah atau mengurangi detail dalam foto dengan pengaturan Sharpening.

Uniknya selain menghilangkan noise, kamu juga bisa menambahkan noise dengan menambah Grain dalam menu Effect.

5. Menghilangkan Objek

Lr Kelebihan 5 Custom 46a47

Jika kamu seorang yang suka foto selfie di lokasi wisata, pasti sering mengalami masalah jerawat ataupun ada objek mengganggu lain yang merusak pemandangan.

Aplikasi Lightroom ini memiliki sebuah fitur yang bernama Healing untuk menghilangkan objek tertentu dalam gambar. Walau begitu ada batas ukuran objek yang bisa dihilangkan dengan sempurna.

Kamu bisa menghilangkan objek kecil seperti debu ataupun jerawat di muka. Sedangkan untuk menghilangkan objek besar harus diedit secara terpisah.

6. Fitur Selective

Lr Kelebihan 6 Custom 33beb

Nah, kalau yang satu ini adalah kelebihan aplikasi Lightroom yang jarang diketahui yaitu fitur Selective yang dapat membantu kamu dalam mengedit bagian tertentu dalam satu foto.

Fitur ini sangat berguna jika kamu ingin mengedit objek yang ingin difokuskan dalam satu foto. Kamu bisa mengedit objek utama secara terpisah dari background.

7. Mengedit Foto Format RAW

Lr Kelebihan 7 Custom 64172

Salah satu keunggulan dari aplikasi milik Adobe termasuk Lightroom adalah kompatibel dengan foto berformat RAW yang tentunya akan menghasilkan editing lebih presisi.

Berbeda dengan foto berformat non RAW seperti JPEG, jenis format ini memiliki informasi foto yang lebih mendalam. Sehingga kamu bisa mengubah pengaturan secara maksimal bahkan setelah foto sudah tersimpan.

Kamu dapat mengganti White Balance, Exposure, hingga mengatur ketajaman gambar yang lebih baik dibandingkan dengan foto berformat non RAW.

8. Undo dan Redo

Lr Kelebihan 8 Custom 6bbfe

Undo dan Redo adalah fitur yang sangat berguna dalam masalah editing karena pasti saja ada kejadian salah editing oleh pengguna. Kamu dapat mengulang atau membatalkan perintah hingga 12 kali.

Undo adalah fitur untuk membatalkan perintah dalam editing, sehingga akan membantu kamu jika ada salah mengatur editan foto.

Sedangkan Redo akan membantu kamu untuk mengulang editing yang sudah kamu lakukan setelah kamu melakukan Undo.

9. Fitur Kamera

Lr Kelebihan 9 Custom F6db5

Jika kamu memiliki aplikasi kamera yang tidak memiliki fitur manual, kamu bisa mengandalkan aplikasi Lightroom. Tentu fitur ini sangat berguna bagi HP yang tidak support foto manual seperti Google Pixel 3 ataupun sejumlah HP iPhone.

Fitur kamera manual dari Lightroom ini mampu membebaskan kamu untuk mengatur ISO, WB, hingga bukaan lensa sekalipun yang diatur secara digital. Hasil foto yang kamu tangkap pun dapat langsung diedit dalam aplikasi.

10. Cloud Sync

Lr Kelebihan 10 Custom 54e8f

Terakhir adalah fitur sinkronisasi Cloud untuk mengedit foto dalam perangkat apapun yang terhubung dalam satu akun, termasuk di perangkat dengan sistem operasi iOS dan PC.

Kamu bisa mengedit cepat di lapangan saat sedang melakukan fotografi, lalu dilanjutkan dengan editing melalui PC yang lebih presisi.

Tentu fitur ini jarang dimiliki oleh aplikasi edit foto Android biasa, sehingga aplikasi Lightroom ini lebih dipilih oleh para profesional karena kepraktisannya.

Kekurangan Aplikasi Lightroom

Walau aplikasi Lightroom punya kelebihan yang sulit ditandingi oleh rivalnya, bukan artinya Lightroom tidak memiliki kekurangan.

Bahkan beberapa kekurangan ini bisa dianggap bertabrakan dengan fitur lainnya yang disediakan oleh Lightroom sendiri. Apa saja kekurangan Lightroom tersebut?

Cek kekurangan aplikasi Lightroom selengkapnya di bawah ini:

1. Harga Berlangganan Relatif Mahal

Lr Kekurangan 1 Custom Bbc20

Aplikasi Lightroom boleh saja diklaim memiliki fitur unggulan dan kepraktisan yang tidak dimiliki aplikasi lainnya. Namun, satu yang disayangkan adalah harga berlangganan yang relatif mahal untuk versi mobile.

Kamu harus membayar sekitar Rp67 ribu per bulan untuk mendapatkan fitur lengkap dari aplikasi Lightroom Android. Sedangkan dalam versi gratis, hanya sedikit fitur yang dapat kamu gunakan.

Bagi sebagian orang, daripada mengeluarkan uang untuk berlangganan, lebih baik download aplikasi Lightroom gratis atau pindah ke aplikasi edit foto lain di Android.

2. Fitur Kalah dengan Photoshop Mobile

Lr Kekurangan 2 Custom A478d

Adobe memiliki sejumlah aplikasi editing yang tersedia di Android, selain Lightroom ini ada juga Photoshop Express yang jadi akar dari semua kegiatan editing foto.

Beberapa pengguna mengatakan bahwa fitur yang disediakan oleh Photoshop Express lebih lengkap dibandingkan Lightroom. Sehingga menyebabkan berpindahnya sejumlah pengguna ke Photoshop, walaupun masih ke sesama aplikasi milik Adobe.

Download Aplikasi Lightroom Android

Lr Download Custom 72b92

Adobe Lightroom dapat kamu unduh secara gratis di Android dan bisa berlangganan premium setiap bulan untuk mendapat fitur lengkap dari aplikasi.

Kamu dapat menemukan aplikasi Lightroom melalui Google Play Store ataupun mengunduhnya melalui Jalan Tikus. Berikut adalah sejumlah spesifikasi minimal Lightroom yang harus kamu ketahui beserta link untuk download.

Detail Lightroom
Developer Adobe
OS Minimal Android 5.0
Ukuran Bervariasi
Rating 4.3 (547.077 Ratings)
Harga Free (in-app purchase)

Unduh aplikasi Lightroom pada tautan di bawah ini:

Adobe Photoshop Lightroom Icon
Adobe Lightroom - Photo Editor & Pro Camera 5.1
Apps Photo & Imaging Funkata Pte. Ltd.
DOWNLOAD

BONUS: Aplikasi Edit Foto Android Terbaik

Aplikasi Lightroom adalah salah satu aplikasi edit foto terbaik yang bisa kamu gunakan saat ini. Walau begitu, masih ada banyak aplikasi lain dengan fitur unik yang tidak dimiliki oleh Lightroom.

Jika kamu kurang cocok dengan Lightroom, maka ada alternatif pilihan lain yang bisa kamu lirik. Kamu dapat cek selengkpnya di artikel yang sudah Jaka sediakan di bawah ini.

Apk Edit Foto Terbaik Bf25f
10 Aplikasi Edit Foto Terbaik & Terbaru 2020, Hasil Foto Bak Selebgram!
Aplikasi edit foto memang banyak banget, sampai bingung mau pilih yang mana! Nah, berikut ini APK edit foto terbaik di Android yang harus dicoba!
LIHAT ARTIKEL

Akhir Kata

Itu dia kelebihan dan kekurangan aplikasi Lightroom Android yang menjadikannya sebagai salah satu aplikasi edit foto terbaik Android.

Jangan lupa cek artikel lainnya di JalanTikus, serta berikan komentar dan like jika kamu suka dengan artikel ini. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Baca juga artikel seputar Aplikasi atau artikel menarik lainnya dari JalanTikus.

ARTIKEL TERKAIT
10 Aplikasi Edit Foto Jadi Video Terbaik 2020 Di Android Dan Pc Praktis Banget Adee3

10 Aplikasi Edit Foto Jadi Video Terbaik 2020 di Android dan PC, Praktis!

10 Aplikasi Edit Video Di Iphone Dan Ipad Terbaik 2020 Gak Kalah Sama Di Macbook 3955a

10 Aplikasi Edit Video di iPhone dan iPad Terbaik 2020, Gak Kalah Sama di MacBook!

Aplikasi Edit Video Pc 4c49d

10 Aplikasi Edit Video PC Ringan & Terbaik 2020, Banyak yang Gratisan!

12 Aplikasi Edit Video Youtuber Di Android Dan Pc Gratis Dan Mudah 21d9e

12 Aplikasi Edit Video YouTuber di Android dan PC, Gratis dan Mudah!

Cara Membuat Foto Menjadi Kartun 59c52

10 Aplikasi Edit Foto Jadi Kartun Gratis & Terbaik, Nggak Pake Ribet!

Aplikasi Edit Foto Muka Jadi Tokoh Anime Banner 8570c

Auto Wibu! Inilah Aplikasi Edit Foto Muka Jadi Tokoh Anime

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Cara Menggunakan Adobe Lightroom, Biar Mirip Foto Edfitan Selebgram!

Cara Menggunakan Adobe Lightroom, Biar Mirip Foto Edfitan Selebgram!

10 Aplikasi Edit Foto Selebgram Terbaik untuk Android dan iPhone

10 Aplikasi Edit Foto Selebgram Terbaik untuk Android dan iPhone

10 Aplikasi Edit Foto Terbaik & Terbaru 2020, Hasil Foto Bak Selebgram!

10 Aplikasi Edit Foto Terbaik & Terbaru 2020, Hasil Foto Bak Selebgram!

7 Cara Edit Foto Keren & Kekinian ala Selebgram, Cocok buat Pemula!

7 Cara Edit Foto Keren & Kekinian ala Selebgram, Cocok buat Pemula!

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal